Mengenal SBM ITB: Sejarah, Jurusan, Akreditasi, dan Prospek Kerja

Profil SBM ITB

Mau masuk SBM ITB? Ketahui dulu seluk-beluk SBM ITB mulai dari sejarah, daftar jurusan, akreditasi, dan prospek kerja lulusannya.

Suka bisnis dan manajemen? Mau jadi entrepreneur dan pebisnis handal? Nggak hanya bekerja di perusahaan sebagai karyawan, saat ini dibutuhkan lulusan yang memiliki skill dan ide bisnis yang kreatif untuk membuka lapangan pekerjaan. Nah, SBM ITB (Sekolah Bisnis dan Manajemen) merupakan salah satu fakultas di ITB yang bertujuan untuk mencetak profesional muda di bidang bisnis yang dapat memperkuat perkenomoian bangsa.

Terlepas dari berbagai konflik yang sedang berkembang tentang SBM ITB. Yuk, kita cari tahu lebih dalam mengenai SBM ITB. Check these out!

 

Mengenal SBM ITB

Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) didirikan pada tahun 2003. Penamaan “Sekolah” dipilih untuk menandakan otonominya. SBM ITB memiliki wewenang penuh untuk mengambil keputusan di tingkat strategis dan operasional.

“Maksudnya otonomi tuh gimana?”

Jadi, SBM ITB berhak untuk menentukan berbagai keputusannya sendiri tanpa campur tangan pihak kampus. Kewenangan ini dapat berupa wewenang untuk mendirikan program studi baru atau menginisiasi hubungan internasional.

Kampus SBM ITB

Kampus SBM ITB (Sumber: pikiran-rakyat.com)

Otonomi ini juga termasuk untuk bidang keuangan, gengs. Contohnya, SBM ITB memiliki kewenangan untuk mengelola 70% penghasilan yang didapatkan dan 30% sisanya barulah dipegang oleh ITB. Ketersediaan sumber daya keuangan ini memungkinkan SBM ITB untuk merekrut profesional dan mempertahankan anggota fakultas yang luar biasa demi menjaga layanan kualitas yang terbaik bagi mahasiswanya.

SBM ITB juga berwenang untuk mengembangkan kurikulumnya sendiri, mengelola semua program akademik, serta melaksanakan agenda penelitian di lingkungan kampus. Menarik ya?

Baca juga: Ini Daftar Fakultas dan Jurusan di UI, Apa Pilihan Kamu?

 

Sejarah SBM ITB

As it said before, SBM ITB dibentuk pada tahun 2003 lalu. Namun, SBM ITB baru menerima mahasiswa pada tahun 2004 dengan program sarjana Manajemen. Ada 115 mahasiswa pada saat itu yang menjadi angkatan pertama SBM ITB. Untuk memulai perkuliahan, SBM ITB menyiapkan beberapa kuliah inovatif seperti Integrated Business Experience, Management Practice, dan Community Service.

Setelah program S1 berjalan dengan baik, di tahun 2006 SBM ITB mulai mendirikan program Magister Ilmu Manajemen. Disusul dengan program Doktor Sains Manajemen yang berdiri pada tahun 2008. Tak cukup dengan satu program studi, di tahun 2012 SBM ITB mendirikan satu program studi baru untuk jenjang Sarjana yaitu prodi Kewirausahaan.

Sejarah SBM ITB

 

Akreditasi Internasional SBM ITB

Ada dua akreditasi tingkat internasional di bidang bisnis dan manajemen yang berhasil diraih oleh SBM ITB.

 

1. ABEST21

ABEST 21

Akreditasi ABEST21 (Sumber: abest21.org)

Di tahun 2013, SBM ITB berhasil meraih akreditasi ini untuk seluruh program studinya. ABEST21 (The Allliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow) adalah sebuah lembaga akreditasi yang bertujuan untuk menjamin kualitas pendidikan dan penelitian pada sekolah bisnis, termasuk Administrasi Bisnis, Manajemen Teknologi, Pengelolaan Sistem Informasi, Keuangan, dan sebagainya.

 

2. AACSB

AACSB

Akreditasi AACSB (Sumber: aacsb.edu/learners)

SBM ITB menjadi salah satu dari sedikit sekolah di dunia (kurang dari 6%) yang berhasil memperoleh akreditasi dari AACSB (The Association to Advance Collegiate Schools of Business) di tahun 2021. AACSB adalah lembaga akreditasi sekolah bisnis tertua di dunia yang berbasis di Amerika Serikat. AACSB merupakan organisasi keanggotaan nirlaba yang bertujuan untuk memajukan dan mempromosikan manajemen mutu pendidikan di seluruh dunia.

Dilansir dari laman resmi ITB, AACSB menerapkan standar yang tinggi dalam memberikan akreditas pada sekolah bisnis, sehingga hanya sedikit sekolah yang bisa mendapatkannya. AACSB hanya memberikan akreditasi bagi sekolah bisnis yang terbukti unggul di semua hal, termasuk pengajaran, pengembangan kurikulum, penelitian, hingga proses belajar mahasiswa.

UTBK 2022 sudah di depan mata, nih! Ruangguru punya program khusus pelatihan intensif untuk para pejuang UTBK di Pelatnas UTBK. Yuk, simak info selengkapnya dengan klik banner ini!

IDN CTA Blog UTBK Center Ruangguru 2022

 

Program Studi di SBM ITB

 

Program Sarjana (Bachelor)

  • Sarjana Manajemen
  • Sarjana Kewirausahaan

Program Magister (Master)

  • Magister Administrasi Bisnis
  • Magister Sains Manajemen

Program Doktoral (Doctor)

  • Doktor Sains Manajemen

 

Dunia Perkuliahan di SBM ITB

 

1. Pendidikan yang berorientasi pada kerja tim dan kemampuan intra serta interpersonal

Pengusaha yang sukes harus bisa membangun jaringan yang luas. Bener nggak? So, nggak hanya business skill aja yang penting, kamu juga harus punya kemampuan intra dan interpersonal skill untuk membangun reputasi dan kesuksesan bisnis. That’s why, di tingkat satu hingga tingkat tiga kuliah SBM ITB kamu akan dilatih untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama dengan orang lain.

ruang kelas sbm itb

Ruang kelas SBM ITB (Sumber: sbm.itb.ac.id)

 

2. Field trip

SBM ITB selalu mengemas pendidikan bisnis dan manajemen ke dalam bentuk yang seru supaya mudah untuk dipahami. Nah, salah satu caranya adalah dengan field trip.

“Jadi jalan-jalan gitu ya?”

Yap. Selama kegiatan ini, kamu akan melakukan kunjungan selama tiga hari di suatu daerah. Di sana, kamu akan melakukan berbagai kegiatan survey seperti melihat kehidupan di daerah tersebut, mencari solusi atas masalah lingkungan yang ada, dan sebagainya.

 

3. Mata kuliah IBE (Integrated Business Experience)

Sesuai tujuan SBM ITB yang ingin melahirkan pemimpian dan entrepreneur baru, maka dirancanglah mata kuliah IBE ini. Apa sih itu IBE? Basically, di mata kuliah ini kamu akan mencoba untuk menjalankan bisnis sendiri dengan menggunakan modal peminjaman dari bank.

Kamu akan ditugaskan untuk membuat proposal peminjaman dan menyiapkan jaminan ke bank. Bank akan menyetujui pinjaman apabila usaha yang kamu rancang dianggap memungkinkan untuk dijalankan.

Untuk menjalankan ide bisnis kamu dengan mulus, tentu kamu harus mengimplementasikan berbagai ilmu yang sudah kamu pelajari seperti manajemen operasional, hukum bisnis, informasi teknologi, dan sebagainya. Apabila bisnismu berjalan lancar dan sukses, keuntungan akan digunakan untuk kegiatan sosial.

Baca juga: Persiapan Masuk Kuliah untuk Kamu Siswa Kelas 12

 

Prospek Kerja Lulusan dari SBM ITB

Alumni SBM ITB memiliki prospek kerja yang sangat luas. Apa saja sih?

 

1. Entrepreneur

Tak hanya bekerja di perusahaan, kamu juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan menjadi entrepreneur. Dari mata kuliah IBE kamu juga telah dipersiapkan untuk siap memulai bisnis baru dari awal.

 

2. Bidang Keuangan

Kamu juga bisa bekerja di bidang keuangan yang dimiliki oleh setiap perusahaan, auditor publik, atau bank.

 

3. Konsultan

Berbekal pengetahuan yang sudah kamu dapatkan selama kuliah, kamu juga bisa berkarier sebagai konsultan bisnis dan manajemen. Bidang pekerjaannya pun luas, lho. Kamu bisa bekerja sebagai konsultan keuangan, marketing, manajemen bisnis, hingga human resource.

 

4. Ahli manajemen di berbagai industri

Kebutuhan manajemen sangat dibutuhkan hampir di setiap bidang industri. That’s why keahlian kamu akan dibutuhkan di berbagai bidang industri.

 —

Gimana, keren banget ‘kan profil kampusnya? Kita doakan aja semoga konflik di SBM ITB cepat selesai ya dan perkuliahan bisa kembali seperti biasa. Kamu yang mau masuk SBM ITB jangan khawatir, ayo terus semangat dan persiapkan diri untuk raih kampus impian lewat jalur UTBK SBMPTN dengan ruangbelajar.

IDN CTA Blog UTBK Center Ruangguru 2022

Referensi:

Program Studi Sarjana Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB [daring]. Tautan: https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-manajemen (Diakses: 14 Maret 2022)

Sejarah SBM ITB [daring]. Tautan: https://www.sbm.itb.ac.id/id/about/sejarah/ (Diakses: 14 Maret 2022)

ABEST21 [daring]. Tautan: https://spm.itb.ac.id/abest21/ (Diakses: 14 Maret 2022)

ITB Raih Akreditasi dari Lembaga Akreditasi Sekolah Bisnis Internasional AACSB  [daring]. Tautan: https://www.itb.ac.id/news/read/58282/home/itb-raih-akreditasi-dari-lembaga-akreditasi-sekolah-bisnis-internasional-aacsb (Diakses: 14 Maret 2022)

Sumber foto:

Gedung kampus SBM ITB [daring]. Tautan: https://sinarjateng.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1001012792/rani-ummi-fadila-raih-skor-tertinggi-beasiswa-s2-dari-sbm-itb (Diakses: 16 Maret 2022)

ABEST 21 [daring]. Tautan: https://www.abest21.org/ (Diakses: 16 Maret 2022)

AACSB [daring]. Tautan: https://www.aacsb.edu/learners (Diakses: 16 Maret 2022)

Ruang kelas SBM ITB [daring]. Tautan: https://www.sbm.itb.ac.id/facts-figures/attachment/22/ (Diakses: 16 Maret 2022)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D