Rangkuman Acara BERSINAR, Webinar Belajar Bahasa Asing dari Ahlinya

rangkuman acara bersinar - webinar belajar bahasa asing ruangguru

Artikel ini adalah rangkuman kelas webinar belajar bahasa Korea dan Jepang pada rangkaian BERSINAR (Belajar Asik dalam Webinar) oleh tim Ruangguru Privat. Yuk, simak keseruan acaranya!

 

Beberapa waktu lalu, Ruangguru, khususnya Ruangguru Privat, mengadakan webinar belajar bahasa asing nih, yaitu BERSINAR (Belajar Asik dalam Webinar). Apakah kamu salah satu yang ikutan acara tersebut?

Pada rangkaian BERSINAR, menghadirkan beberapa pengajar bahasa asing, seperti Jepang, Korea, Mandarin, dan Jerman. Pematerinya pun nggak kaleng-kaleng, loh! Ada yang merupakan alumni dari universitas luar negeri ternama, menjadi first speaker lomba debat di luar negeri, hingga delegasi ASEAN-Korea Future Oriented Youth Exchange Program. Wah, pantesan aja ya acaranya berlangsung sangat seru. Buat yang kemarin ikutan, pasti nggak nyesel, deh.

Eits, tenang… tenang… bagi kamu yang belum berkesempatan untuk hadir di acara BERSINAR, artikel ini akan menyediakan rangkuman materi webinarnya, nih. Ada dua kelas yang bakal dibahas, yaitu Bahasa Korea dan Bahasa Jepang. Yuk, langsung disimak!

 

Materi Webinar Belajar Bahasa Korea

Korea pada zaman ini, memang memiliki daya tarik tersendiri bagi anak muda. Mulai dari K-Drama, K-Pop, Boys & Girls Band selalu memiliki tempat bagi penggemarnya, khususnya di Indonesia. Tak hanya itu saja, koleksi pernak-pernik, foto idola, bahkan budayanya pun menjadi trend yang akhirnya menyebabkan akulturasi. Akulturasi inilah yang membuat kita mengenal kosakata Bahasa Korea.

Nah, siapa nih di antara kamu yang suka nonton drama Korea (drakor)? Melalui drama, kita bisa lebih mudah belajar Bahasa Korea, loh! Hal ini karena, kita langsung mendengarkan bagaimana cara pengucapannya, familiar dengan kosakata-kosakata yang sering diucapkan, ekspresi, serta intonasinya.

Coba deh, kamu pasti familiar dengan beberapa kata Bahasa Korea ini, kan? Contohnya kayak annyeonghaseyo, gomawo, kamsahamnida, atau sarangheo.

Tanpa sadar, hobi kamu yang suka nonton drakor, bisa sekalian menambah skill Bahasa Korea tipis-tipis, nih. Hehehe

Nah, di kelas webinar Bahasa Korea pada 6 Agustus 2023 lalu, kita kedatangan pemateri bernama Kak Risty. Kak Risty menyampaikan materi seputar tips dan trik belajar Bahasa Korea lewat nonton K-Drama. Berikut cara efektif belajar Bahasa Korea melalui drama, di antaranya:

 

Cara Efektif Belajar Bahasa Korea dari Nonton Drama Korea

 

cara efektif belajar bahasa korea sambil nonton drakor

 

Apa Saja yang Bisa Dipelajari dari Drama Korea?

 

hal yang bisa dipelajari dari drama korea

 

Cara Belajar Bahasa Korea dari Naskah Drama Korea

 

cara belajar bahasa korea dari naskah drama korea

 

Baca Juga: Belajar Huruf Korea (Hangul): Macam-Macam Huruf, Cara Membaca, Pelafalan, dan Cara Menulisnya

Nah, itulah pembahasan tips dan trik belajar Bahasa Korea melalui drama dari Kak Risty. Gimana, seru banget nggak sih? Sambil nonton, sambil belajar! Semoga materi yang disampaikan ini bisa membantu kamu dalam mempelajari Bahasa Korea, ya.

Oke, kita lanjut ke materi webinar berikutnya, yaitu kelas Bahasa Jepang! Belajar apa saja sih kita? Mina-san~~~ yuk, langsung disimak!

 

Materi Webinar Belajar Bahasa Jepang

Kamu tahu kan kalau huruf Jepang itu bentuknya rada unik? Itu karena Bahasa Jepang menggunakan tiga jenis huruf, yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji.

Ketiga huruf jepang tersebut memiliki fungsinya masing-masing dalam penulisannya. Contohnya seperti huruf Hiragana yang digunakan untuk kosakata Jepang fonetik, atau huruf Katakana yang biasanya digunakan untuk kosakata serapan atau kosakata asing, sedangkan Kanji merupakan adaptasi dari sistem penulisan mandarin yang menggunakan cara kunyomi atau cara baca Bahasa Jepang.

perbedaan huruf hiragana, katakana, dan kanji

 

Untuk kelas Bahasa Jepang yang diadakan pada 30 Juli 2023 lalu, kita kedatangan pemateri, yaitu Kak Fania. Kak Fania ini menjelaskan tentang cara menggunakan huruf Katakana. Wah, bagaimana tuh ya?

 

Aturan Penggunaan Huruf Katakana

 

aturan menggunakan huruf katakana

 

Nah, setelah kita tahu kapan penggunaan huruf Katakana, selanjutnya terdapat variasi yang sama dengan penulisan huruf Hiragana, yaitu penulisan variasi Dakuten dan Handakuten.

 

Apa Itu Dakuten dan Handakuten?

Dakuten (濁点) atau kadang disebut dengan ‘ten-ten’ adalah tanda baca yang berbentuk dua buah titik, atau tanda kutip yang digunakan pada huruf Jepang. Sedangkan Handakuten (半濁点) adalah tanda baca yang berbentuk lingkaran kecil yang disebut dengan maru (丸), yang digunakan pada huruf Jepang.

Perbedaan Dakuten dan Handakuten

 

Penggunaan Dakuten dan Handakuten

Dakuten atau ten-ten digunakan pada beberapa huruf jepang. Fungsinya untuk mengubah Hiragana/Katakana yang diawali dengan konsonan nirsuara ([s], [t], [k] dan [h]) menjadi konsonan bersuara ([z], [d], [g] dan [b]). Sementara itu, Handakuten atau maru digunakan pada beberapa huruf Hiragana/Katakana dengan awalan fonem [k] untuk menjadi huruf yang melambangkan fonem [ŋ], dan [h] dibaca [p].

 

Dakuten dan Handakuten Chart

 

Tabel Dakuten dan Handakuten

 

Tabel Huruf Jepang dengan Dakuten dan Handakuten

 

Oke, itulah pembahasan mengenai aturan penggunaan huruf Katakana dalam Bahasa Jepang. Semoga pembahasan di atas juga bisa menambah pengetahuan kamu dalam mempelajari Bahasa Jepang, ya.

Nah, kalau kamu tertarik untuk belajar kedua bahasa asing ini, kamu bisa loh coba cari tutor di Ruangguru Privat. Ruangguru Privat menawarkan fasilitas belajar untuk mendukung kamu dalam belajar bahasa asing secara privat, dan tentunya dengan pengajar berkualitas dan ahli di bidangnya.

Nggak cuma Korea dan Jepang, tapi banyak juga bahasa asing lainnya yang bisa kamu pahami dan kuasai. Yuk, segera lakukan pemesanan untuk privat bahasa asing di Ruangguru Privat!

CTA ruangguru privat

Ruangguru