Rasionalisasi SNMPTN, Bantu Kamu Tentukan Jurusan Paling Tepat

Salsabila Nanda Jan 15, 2021 • 8 min read



cara rasionalisasi snmptn di RuangguruMasih belum yakin dengan pilihan program studi yang akan kamu ambil di SNMPTN? Cari tahu berapa persen peluang masuk PTN dengan rasionalisasi nilai.

---

Apapun yang kita lakukan butuh strategi, termasuk strategi masuk PTN favorit. Ada 3 jalur yang bisa ditempuh untuk bisa lolos ke PTN impian: SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Khusus SNMPTN, diperlukan strategi yang tepat agar nilai rapotmu bisa bersaing demi mendapat universitas dan jurusan yang diinginkan.

Bayangin, udah capek capek belajar selama 3 tahun, masuk daftar siswa eligible, eh nilai rapor gak lolos SNMPTN karena kamu salah strategi. Sedih? Banget. Nyerah? Jangan. Lalu, gimana ya cara menghitung nilai rapor supaya lulus di SNMPTN? Ruangguru punya solusinya!

Baca juga: SNMPTN 2021: Alur Pendaftaran, Jadwal & Perbedaan dengan 2020

Kamu bisa melihat peluang kamu untuk bisa lolos di SNMPTN dengan menggunakan Rasionalisasi SNMPTN di aplikasi Ruangguru. Rasionalisasi ini bisa kamu gunakan secara GRATIS hingga tanggal 31 Januari 2021. Mau tahu caranya? Simak di bawah ini ya!

Langkah Mudah Rasionalisasi SNMPTN di Ruangguru

 

Mulai rasionalisasi nilai rapormu dengan klik postingan Instagram di atas atau ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Aplikasi Ruangguru 

2. Pilih Banner Rasionalisasi SNMPTN

rasionalisasi snmptn ruangguruSudah ketemu banner seperti ini? Tap icon “lihat” untuk melanjutkan proses perhitungan nilai.

3. Isi Data Diri dan Lengkapi Berkas yang Diperlukan

Setelah meng-tap icon yang ada di banner Rasionalisasi SNMPTN, kamu  diminta untuk mengisi data diri dan berkas yang diperlukan pada surveymonkey. Data ini hanya dapat diisi oleh pengguna Android.

Jangan lupa untuk melampirkan file rapor dan prestasi sebagai bukti bahwa data yang kamu isikan sesuai. Data yang akurat akan memudahkan tim Ruangguru untuk menentukan universitas dan jurusan yang sesuai dengan nilai dan prestasi kamu selama di sekolah.

Prestasi yang bisa kamu unggah meliputi:

  • sertifikat OSN
  • sertifikat O2SN
  • sertifikat FLS2N
  • sertifikat lomba (esai, LKTI, debat, baris-berbaris, dan sebagainya)
  • sertifikat organisasi (OSIS, MPK, dan sebagainya)
  • sertifikat pelatihan (khusus SMK)

Data yang sudah kamu isi kemudian diolah oleh Tim Ruangguru menjadi hasil rasionalisasi SNMPTN.

4. Lihat Hasil Rasionalisasi SNMPTN

Yeay, nilai kamu sudah berhasil dihitung sama Tim Ruangguru nih. Hasil rasionalisasi dapat kamu lihat pada tanggal 13 Februari 2021. Berikut hasil rasionalisasi yang akan kamu dapatkan:

  • Prediksi peluang masuk universitas dan prodi yang dituju
  • Daya tampung & jumlah peminat universitas dan prodi yang dituju
  • Tips & trik lulus PTN dari Ruangguru.

Canggih 'kan? Sekarang gak perlu pusing hitung nilai rapor buat nentuin jurusan dan PTN yang kamu inginkan. Serahin aja sama Ruangguru Super App, cobain sekarang yuk!

New call-to-action

Beri Komentar