Ruangkelas: Kemudahan Mengajar Online dalam Satu Aplikasi

Ruangguru Feb 9, 2021 • 6 min read


Fitur Fitur Ruangkelas-1

Artikel ini menginformasikan produk terbaru Ruangguru untuk belajar di rumah lebih efektif yang bernama ruangkelas.

--

Pelaksanaan sistem belajar jarak jauh yang diterapkan akibat pandemi virus COVID-19 menemui beragam kendala. Tak hanya bagi murid dan orang tua di rumah, para Bapak/Ibu Guru juga mengaku mengalami kesulitan. Banyak guru yang mengeluh sulit untuk menyampaikan materi pada murid hingga terkendala saat harus mengawasi siswa belajar. Siswa pun banyak yang tidak mengumpulkan tugas tepat waktu sehingga menghambat guru dalam menyelesaikan penilaian.

Kebanyakan sekolah belum bisa memfasilitasi guru dengan platform yang mendukung proses belajar dari rumah. Guru pun terpaksa harus mencari cara sendiri untuk mengajar siswa-siswanya dengan fasilitas yang terbatas. Apakah Bapak/Ibu juga mengalami masalah ini?

Tak perlu khawatir, dalam rangka menyambut tahun ajaran baru yang mengutamakan kegiatan belajar-mengajar jarak jauh di tengah pandemi, Ruangguru, perusahaan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia, meluncurkan ruangkelas gratis untuk digunakan puluhan juta guru dan siswa di seluruh Indonesia.

Kini, semua kegiatan belajar-mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka di dalam kelas, bisa dilakukan secara daring di ruangkelas tanpa mengeluarkan biaya. Misalnya pemberian materi belajar dan tugas kepada siswa, diskusi antar siswa dan guru, penilaian hasil belajar siswa, dan lainnya, yang dapat diakses oleh guru dan oleh siswa di aplikasi belajar Ruangguru. 

Belva Devara selaku Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru menuturkan bahwa, ruangkelas sebagai sebuah sistem kelola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), merupakan langkah Ruangguru dalam membantu guru dan siswa di seluruh Indonesia untuk memastikan PJJ di tahun ajaran baru ini tetap terlaksana secara mudah, efektif, dan efisien.

“Sebagaimana kita ketahui, proses belajar mengajar jarak jauh masih akan terus diterapkan di tahun ajaran baru yang akan datang. Berkaca dari kegiatan belajar mengajar selama berlakunya PSBB, kami menemukan bahwa banyak guru yang masih merasa kesulitan menciptakan kegiatan belajar mengajar selayaknya kelas tatap muka secara online. Siswa pun merasa kesulitan dalam mengumpulkan informasi yang mereka terima dengan adanya media komunikasi yang berbeda-beda. Berangkat dari keadaan tersebut, kami menghadirkan ruangkelas secara gratis yang kami harap dapat mempermudah guru dalam mengatur kegiatan belajar mengajar jarak jauh, dan siswa pun bisa mengikuti rencana belajar yang sudah ditentukan dengan baik, semua dalam satu platform sistem belajar,” ujar Belva.

Guru dan siswa akan mendapatkan berbagai kemudahan melalui fitur-fitur di dalam produk ruangkelas.

 

Fitur ruangkelas yang bisa dimanfaatkan oleh guru

1. Guru Bisa Membuat Kelas Sendiri

 

Halaman organisasi

Nah untuk fitur yang satu ini, sangat memudahkan untuk guru-guru yang baru menggunakan ruangkelas. Dengan menggunakan ruangkelas, para guru bisa membuat kelasnya sendiri sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Hal ini sangat membantu para guru menerapkan metode belajar seperti yang biasa dilakukan di sekolah. Selain itu, dengan menggunakan fitur ruangkelas yang satu ini, para guru juga bisa mengimpor kelas yang telah dibuat di Google Classroom

2. Materi yang Lengkap

 

Halaman create material - Rubel_2

Produk ruangkelas juga memiliki fitur yang memudahkan guru dalam memberikan materi pelajaran yang lengkap kepada peserta didik. Meskipun sistem belajarnya masih jarak jauh, dengan fitur yang dimiliki ruangkelas ini para guru tidak perlu khawatir. Kenapa? Karena di dalamnya, guru bisa memberikan materi pembelajaran dari video ruangbelajar yang sangat lengkap, plus rangkuman belajarnya. Kemudian bisa unggah materi yang dibuat sendiri dalam bentuk PDF, Ms. Power Point, Ms. Excel, Ms. Word, Video, dan juga Foto. Jadi sangat memudahkan untuk sistem Pembelajaran Jarak Jauh.

3. Tugas

 

Buat Soal Pilihan Ganda

Produk ruangkelas juga menyediakan fitur yang memudahkan guru dalam memberikan tugas kepada peserta didik. Tugasnya bisa dari aplikasi Ruangguru berupa bank soal dan latihan topik, atau membuat soal sendiri dengan model pilihan ganda ataupun esai. Untuk lebih mudahnya, guru bisa mengunggah file dalam bentuk Microsoft Word dalam pemberian tugas, dengan menggunakan template yang tersedia di ruangkelas. Dalam fitur Tugas, guru juga dapat mengatur jadwal pemberian tugas, tenggat waktu pengumpulan tugas, hingga memeriksa tugas secara otomatis.

4. Soal Dapat Diacak

 

Buat Soal Esai

Pada fitur ini, guru dapat meminimalisasi kecurangan pada peserta didik. Karena guru dapat mengacak soal-soal yang diberikan. Hanya dengan 1 kali klik, soal dari tugas yang diberikan oleh guru kepada peserta didik, akan teracak. Maka, integritas peserta didik jadi lebih terjaga. 

5. Obrolan Kelas

 

Chatroom

Produk ruangkelas juga memiliki fitur obrolan kelas, yang bisa memfasilitasi komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik, maupun antar peserta didik. Fitur obrolan kelas ini bisa digunakan melalui grup kelas. Dengan begitu, guru bisa lebih interaktif dalam berdiskusi, dan peserta didik pun bisa lebih produktif.

6. Analisis Nilai dan Tugas

 

LMS_Classroom_Analisa Pengetahuan_sort

Untuk memudahkan guru dalam melihat perkembangan peserta didik selama PJJ, ruangkelas menyediakan fitur yang bisa digunakan guru untuk menganalisis nilai dan tugas para peserta didik. Mulai dari tabel nilai, sampai grafik performa peserta didik dalam mengerjakan tugas dan pengumpulan tugas. Setelah itu, guru juga bisa mendownload hasil analisis nilai dan sikap peserta didik. Sangat membantu bukan?

7. Daftar Hadir (Segera Hadir)

 

Daftar Kehadiran

Nah, ruangkelas juga akan memliki satu fitur yang sangat membantu para guru, yaitu Daftar Hadir. Sama halnya ketika di sekolah, kehadiran peserta didik biasa dipantau melalui absensi. Hal ini pun bisa digunakan di ruangkelas. Para guru bisa memonitor dan merekap kehadiran peserta didik di kelas dengan fitur daftar hadir ini. Dengan teknologi yang dimiliki ruangkelas, guru tidak perlu susah-susah merekapitulasi kehadiran peserta didik, karena akan dengan sendirinya terekapitulasi, bahkan bisa diunduh. 

Baca juga: Fitur dan Cara Akses ruangkelas untuk Murid

Dengan ruangkelas, proses belajar mengajar di rumah diharapkan bisa menjadi lebih praktis dan efektif. Melalui berbagai fitur unggulan dari ruangkelas, Bapak/Ibu Guru bisa menyampaikan materi secara lebih optimal, memberi tugas lebih praktis, dan melakukan penilaian secara lebih mudah. Tak perlu ragu lagi, ayo coba dulu ruangkelas sekarang!

ruangkelas untuk guru

Beri Komentar