5 Rumus Ajaib Matematika yang Bisa Bikin Kamu Makin Pintar!

Rumus Ajaib Matematika

Mau lebih jago Matematika? Yuk, lihat rumus ajaib matematika berikut ini yang bisa membantu kamu menaklukan soal-soal ujian.

--

Hayo, siapa yang kalau belajar Matematika masih ogah-ogahan? Susah? Mumet karena penuh dengan angka dan rumus-rumus? Wah, kamu pasti belum tahu keajaiban angka-angka nih. Matematika itu bisa dipelajari dengan cara menyenangkan lho, asalkan kamu tahu triknya. Tidak percaya? Coba lihat rumus Matematika berikut ini!

 

1. Tabel Perkalian Angka 9

Pernah mendengar tentang trik perkalian angka 9? Angka 9 ini ajaib sekali lho! Apabila dikalikan dengan 1, 2, .., 10 bisa menghasilkan susunan angka yang memperlihatkan sifat palindrom (dibaca dari depan dan dari belakang sama). So, mudah banget untuk kamu menghapalkannya karena kamu tinggal mengurutkan angka 0 hingga 0 untuk hasil angka pertama, dan mengurutkan kebalikannya yaitu angka 9 hingga 0 untuk hasil angka kedua.

tabel perkalian 9

 

2. Cara Menghasilkan Angka Berurut dan Berulang

Mau bermain-main dengan rumus matematika? Coba deh kamu lihat beberapa trik untuk mendapatkan angka berurutan atau berulang di bawah ini.

Pertama, kamu bisa menghasilkan angka berurutan yang dimulai dari angka 9, 8, 7, 6, ..., hingga 1 dengan menggunakan perkalian 8. Gimana caranya? Lihat contohnya berikut ini ya.

  • 1 x 8 + 1 = 9
  • 12 x 8 + 2 = 98
  • 123 x 8 + 3 = 987
  • 1234 x 8 + 4 = 9876
  • 12345 x 8 + 5 = 98765
  • 123456 x 8 + 6 = 987654
  • 1234567 x 8 + 7 = 9876543
  • 12345678 x 8 + 8 = 98765432
  • 123456789 x 8 + 9 = 987654321

"Masih ada contoh lain nggak kak?"

Masih ada dong! Selanjutnya, kamu juga bisa lho menggunakan trik rumus matematika berikut ini untuk mendapatkan hasil pengulangan angka 1 dari hasil perkalian 9. Mau tau caranya?

  • 1  x 9 + 2 = 11
  • 12 x 9 + 3 = 111
  • 123 x 9 + 4 = 1111
  • 1234 x 9 + 5 = 11111
  • 12345 x 9 + 6 = 111111
  • 123456 x 9 + 7 = 1111111
  • 1234567 x 9 + 8 = 11111111
  • 12345678 x 9 + 9 = 111111111
  • 123456789 x 9 + 10 = 1111111111

Contoh lainnya, kamu juga bisa menghasilkan angka berulang 8 dari hasil perkalian 9. Ini dia caranya!

  • 9 x 9 + 7 = 88
  • 98 x 9 + 6 = 888
  • 987 x 9 + 5 = 8888
  • 9876 x 9 + 4 = 88888
  • 98765 x 9 + 3 = 888888
  • 987654 x 9 + 2 = 8888888
  • 9876543 x 9 + 1 = 88888888
  • 98765432 x 9 + 0 = 888888888

Terakhir, kamu bisa membuat angka berurutan hanya dengan menggunakan angka 1 dalam perkaliannya. Kok bisa? Itulah keistimewaan dari angka 1. Simak caranya.

  • 1 x 1 = 1
  • 11 x 11 = 121
  • 111 x 111 = 12321 
  • 1111 x 1111 = 1234321
  • 11111 x 11111 = 123454321
  • 111111 x 111111 = 12345654321
  • 1111111 x 1111111 = 1234567654321
  • 11111111 x 11111111 = 123456787654321
  • 111111111 x 111111111 = 12345678987654321

Gimana, angkanya cantik-cantik banget 'kan?

 

3. Perkalian dengan Angka 11 

Perkalian dengan angka 11 bisa jadi soal perkalian yang paling mudah, lho, jika kamu mengetahui triknya. Untuk perkalian angka 11, kamu hanya perlu meletakkan angka puluhan yang ada pada soal sebagai angka pertama dan angka terakhir pada hasil perkalian. Kemudian, jumlahkan angka puluhan tadi dan letakkan hasilnya di tengah. Lihat contohnya berikut ini.

tabel perkalian 11

Nah, perkalian yang terakhir di atas sudah benar atau belum? Jika hasil penjumlahan lebih dari satu digit seperti contoh ketiga di atas, maka angka puluhan kamu jumlahkan dengan angka pertama. 6 + 7 = 13. Nah, kamu hanya perlu menjumlahkan angka 6 dengan angka pertama dari penjumlahan 6 dan 7. Jadi, hasilnya adalah 737. 

 

4. Cara Menghitung Persentase

Jika kamu ingin menghitung persentase dari suatu nilai, lakukan pembagian terhadap nilai dan persentasenya dengan angka 10. Kemudian, kedua angka dari hasil pembagian tersebut dikalikan. 

Misalnya:

30% dari 250 = ?

Jawaban:

30 : 10 = 3

250 : 10 = 25

Maka, 3 x 25 = 75.

Kamu pasti akan sering dihadapkan dengan situasi harus berpikir cepat untuk menjawab pertanyaan di atas. Misalnya, besaran sesuatu, diskonan, dan masih banyak lagi. Mulai sekarang, coba rumus cepat di atas ya! Semua jadi lebih mudah dan cepat deh.

 

5. Menghitung Nilai Celcius dan Fahrenheit

Siapa yang masih bingung menghitung suhu? Coba cari ini untuk mempermudahmu. 

a. Cara menghitung Celcius ke Fahrenheit: 

Kalikan nilai temperatur dengan 2, dan jumlahkan dengan 30. Untuk hasil yang lebih tepat, kamu bisa kalikan dengan 1,8 dan jumlahkan dengan 32.

b. Cara menghitung Fahrenheit ke Celcius

Kurangkan nilai temperatur dengan 30, dan bagi hasilnya dengan 2. Untuk hasil yang lebih tepat, kurangkan dengan 32 dan bagi hasilnya dengan 1,8.

--

Yuk, coba kerjakan latihan soal Matematika dengan cara-cara di atas! Kalau berhasil, share pengalamanmu di kolom komentar ya. Bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang masih takut dengan Matematika deh. Dijamin mereka akan lebih semangat belajar. Untuk kamu yang suka Matematika, wajib share artikel ini agar seluruh dunia tahu bahwa Matematika itu meyenangkan. Selamat dan semangat belajar! 

New call-to-action

Profile

Theoberia Noverina