Tahapan Pengikhtisaran Akuntansi pada Perusahaan Jasa | Ekonomi Kelas 12

Pengikhtisaran Akuntansi pada Perusahaan Jasa

Bagaimana tahapan pengikhtisaran akuntansi pada perusahaan jasa? Yuk, ketahui pembahasan lengkapnya dengan membaca artikel berikut! 

 

Ada yang tahu arti dari ikhtisar? Yup, artinya adalah ringkasan. Eits, tapi kamu sudah tahu belum, ikhtisar itu nggak cuma ada di dunia linguistik aja lho, tapi juga ada di dunia akuntansi.

“Oh ya? Masa, sih?”

Iya, dong! Di dalam akuntansi, ada yang namanya pengikhtisaran akuntansi. Wah, apa ya itu?

Pengikhtisaran akuntansi adalah tahapan untuk membuat ringkasan dari data keuangan yang sudah diproses sebelumnya. Tujuannya adalah agar data-data keuangan perusahaan menjadi semakin mudah dibaca dan dapat dianalisis.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan fokus membahas pengikhtisaran akuntansi pada perusahaan jasa. Gimana sih, cara melakukan pengikhtisaran akuntansi pada perusahaan jasa? Yuk, kita bahas tahap-tahapnya!

 

Menyusun Neraca Saldo

Pertama, kamu harus menyusun neraca saldo. Neraca saldo disebut juga sebagai neraca percobaan (trial balance). Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu dengan menyalin saldo semua akun yang ada dalam buku besar. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menghitung saldo pada buku besar di tahap pencatatan.

 

Menyusun Jurnal Penyesuaian (Adjusment Entries)

Kedua, kamu harus menyusun jurnal penyesuaian atau dalam Bahasa Inggris disebut sebagai adjusment entries. Jurnal penyesuaian adalah ayat jurnal yang dibuat di akhir periode untuk melakukan koreksi atau menyesuaikan data catatan yang ada dengan data sebenarnya. Jurnal penyesuaian dibuat pada akhir tahun, yakni pada tanggal 31 Desember.

Baca juga: Jenis-Jenis Akun pada Perusahaan Dagang

Pada umumnya, ayat jurnal penyesuaian pada perusahaan jasa mencakup penyesuaian pemakaian perlengkapan, penyusutan aktiva tetap, pengakuan beban terutang atau beban yang masih harus dibayar, beban dibayar di muka, pendapatan yang masih harus diterima, dan pendapatan diterima di muka.

 

Menyusun Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Setelah menyusun jurnal penyesuaian, nilai atau nominal saldo pasti akan mengalami perubahan. Nah, nilai saldo ini perlu kembali disesuaikan dengan cara menyusun neraca saldo setelah penyesuaian. Caranya adalah dengan menjumlahkan atau mengurangkan akun-akun penyesuaian dengan saldonya pada neraca saldo.

 

Menyusun Neraca Lajur (Worksheet)

Langkah berikutnya yaitu menyusun neraca lajur. Neraca lajur atau sering juga disebut kertas kerja (worksheet) adalah lembar kerja yang memudahkan akuntan saat menyusun laporan keuangan yang memuat semua data keuangan perusahaan. Oleh sebab itu, neraca lajur dapat menunjukkan bagaimana perkembangan keuangan suatu perusahaan.

 

susunan neraca lajur

 

Susunan neraca lajur itu terdiri atas neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah penyesuaian, lembar laba rugi, dan neraca. Jika langkah-langkah sebelumnya telah dilakukan, maka neraca lajurmu telah terpenuhi sebanyak 50%. Selanjutnya, kamu tinggal membuat kolom laba rugi dan kolom neraca.

 

Membuat Kolom Laba Rugi dan Kolom Neraca

Terakhir, kamu tinggal membuat kolom laba rugi dan kolom neraca. Kolom laba rugi dan kolom neraca berfungsi sebagai dasar pembuatan laporan keuangan. Ketika membuat kolom laba rugi dan kolom neraca, kamu perlu melihat dan memecah data dari neraca saldo setelah penyesuaian. Jadi, akun-akun yang ada pada neraca saldo setelah penyesuaian dipecah menjadi dua kelompok, yaitu akun nominal (temporal) untuk kolom laba rugi dan akun riil (permanen) untuk kolom neraca.

 

contoh neraca lajur

Contoh pengikhtisaran akuntansi pada perusahaan jasa (Sumber: gramedia.com)

 

Nah, begitulah tahapan pengikhtisaran akuntansi pada perusahaan jasa. Gimana? Mudah, bukan? Semoga pembahasan pada artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kamu, ya. Kalau masih bingung, kamu bisa cari guru privat akuntansi terbaik di Ruangguru Privat! Yuk, cobain sekarang!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Alam S. 2016. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.

Sumber Gambar:

Gambar ‘Neraca Lajur’ [Daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/literasi/contoh-neraca-lajur/ (Diakses: 13 September 2021).

Artikel ini telah diperbarui pada 13 September 2021.

Kenya Swawikanti