Kupas Tuntas Soal HOTS untuk Saintek

soal hots saintek

Artikel ini adalah rangkuman acara NGUPAS (Ngumpul Asyik) Vol. 10 dari tim ruangpengajar pada tanggal 19 Maret 2021 melalui live streaming di Zoom dengan pembicara Ury Ubaydillah, Senior Master Teacher Assessment Leadership Ruangguru

Di artikel ini kita akan kupas tuntas soal HOTS untuk bidang Sains dan Teknologi. Sebelum itu, ketahui dulu apa sih HOTS itu?

Pengertian HOTS

HOTS, atau Higher Order Thinking Skills, didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk berpikir pada tingkat tinggi. Konsep HOTS sebenarnya diturunkan dari konsep pendidikan berupa jenjang menurut Taksonomi Bloom. Tingkat kemampuan berpikir dalam HOTS dan LOTS ditampilkan dalam bentuk piramida. 

Pada tingkat yang paling rendah adalah tentang mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, menciptakan. Soal tipe LOTS hanya menguji tiga kemampuan pada level terendah yaitu memori, pemahaman, dan kreativitas. Jadi, Anda dapat dengan mudah menjawab banyak pertanyaan jenis ini hanya dengan menghafal teorinya. 

Soal HOTS tidak hanya menguji ketiga kemampuan itu saja, tetapi juga menganalisis, mengevaluasi dan mengembangkan model/kesimpulan dari informasi yang diberikan. Inilah sebabnya mengapa pertanyaan HOTS ini sangat sulit dan menantang. Untuk membedakannya dari pertanyaan LOTS, Anda perlu mengetahui sifat dari pertanyaan HOTS. Karakteristik Soal HOTS yang perlu Anda ketahui, antara lain fokus pada teori hubungannya atau penalarannya, berkaitan dengan fenomena sehari-hari, dan soal berbentuk cerita, tabel, dan diagram.

Baca juga: Berpikir Kritis tentang Soal HOTS untuk Sosial dan Humaniora

Soal HOTS dalam bidang Sains dan Teknologi

Dalam penyusunan soal HOTS di bidang Sains dan Teknologi, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan, supaya Bapak/Ibu Guru bisa lebih memahami, berikut akan disajikan infografisnya.

kekuatan dan keterbatasan soal pilihan ganda

soal pilihan ganda

komponen soal pilihan ganda

cara membuat soal tes pilihan ganda

analisis tingkat kesulitan soal

ruangpengajar

Demikian pembahasan tentang kupas tuntas soal HOTS untuk bidang Sains dan Teknologi. Semoga pembahasan ini bisa membantu Anda dalam mengajar. 

Anda senang mengajar? Anda punya kenalan yang suka mengajar? Ruangguru mengajak Anda untuk menjadi Mitra Pengajar Ruangguru. Dapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah sekarang juga! Yuk, daftarkan diri Anda dan ajak rekan Anda untuk daftar di ruangpengajar!

IDN CTA Blog Akademia by Ruangguru

Ruangguru