Berpikir Kritis tentang Soal HOTS untuk Sosial dan Humaniora

Ruangguru Mar 31, 2021 • 2 min read



berpikir kritis soal hots

Artikel ini adalah rangkuman acara NGUPAS (Ngumpul Asyik) Vol. 9 dari tim ruangpengajar pada tanggal 26 Februari 2021 melalui live streaming di Zoom dengan pembicara Novia Fridayanti, Master Teacher Assessment Sosiologi Ruangguru.

---

Pendidikan tidak cukup hanya membekali peserta didik dengan pengetahuan dan proses berpikir sederhana, tetapi menyiapkan mereka untuk memiliki dan mengembangkan kecakapan berpikir. Keterampilan berpikir tingkat tinggi perlu dimiliki oleh setiap peserta didik agar dapat berfungsi optimal sebagai individu yang kritis, mandiri, dan produktif.

Di artikel ini kita akan bahas cara berpikir kritis dengan Soal HOTS untuk bidang mata pelajaran Sosial dan Humaniora (SosHum)

Pengertian HOTS

HOTS adalah singkatan dari Higher Order Thinking Skills, diartikan sebagai keterampilan berpikir tingkat tinggi. HOTS perlu dikembangkan karena berpikir pada dasarnya adalah ciri khas dan keunggulan manusia. Dengan HOTS, kemampuan penalaran murid semakin diasah dan terlatih untuk berpikir kritis.

Tujuan HOTS

HOTS bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir murid pada level yang lebih tinggi, terutama yang berkaitan dengan kemampuan untuk berpikir secara kritis dalam menerima berbagai jenis informasi, berpikir kreatif dalam memecahkan suatu masalah menggunakan pengetahuan yang dimiliki serta membuat keputusan dalam situasi-situasi yang kompleks. HOTS ini meliputi di dalamnya kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, berpikir kritis, kemampuan berargumen, dan kemampuan mengambil keputusan.

Baca juga: Tips Berkomunikasi Secara Efektif dalam Mengajar

HOTS dalam Sosial dan Humaniora

Dalam penyusunan soal HOTS di Sosial dan Humaniora, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan, yakni:

1. Penggunaan stimulus;
2. Menggunakan konteks yang baru; dan
3. Membedakan tingkat kesulitan dan kompleksitas proses berpikir.

 

Supaya Bapak/Ibu Guru bisa lebih memahami informasi di atas, berikut akan disajikan infografisnya

hots - taksonomi bloom

hots - aspek penting dalam soal hots-1

hots - aspek penting dalam soal hots 1

hots - cara membuat soal hots 1

Demikian pembahasan tentang berpikir kritis dengan soal HOTS untuk bidang Sosial dan Humaniora. Semoga pembahasan ini bisa membantu Anda dalam mengajar. Ruangguru mengajak Anda untuk menjadi mitra pengajar di ruangpengajar. Dapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah sekarang juga!

ruangpengajar

Beri Komentar