10 Tips Mengerjakan Tes Literasi Bahasa Indonesia UTBK SNBT 2024

Tips mengerjakan literasi bahasa Indonesia

Simak tips ampuh dan jitu dalam mengerjakan tes Literasi Bahasa Indonesia di UTBK SNBT 2024. Terapkan dari sekarang untuk sukses masuk ke PTN dan jurusan impian!

 

Gimana ya tips belajar tes Literasi Bahasa Indonesia supaya hasil UTBK bisa maksimal? Well, guys, tes literasi menjadi salah satu tes yang akan diujikan pada UTBK SNBT tahun 2024. Kenapa sih tes ini diujikan dan dianggap penting untuk calon mahasiswa?

Hasil penelitian PISA menyebutkan bahwa Indonesia berada di urutan 6 terbawah di bidang kemampuan literasi. Padahal, sebagai mahasiswa kamu harus memiliki kemampuan literasi yang baik agar bisa mengolah data dan informasi. That’s why, tes literasi menjadi salah satu yang diujikan dalam seleksi masuk PTN.

Literasi sendiri itu apa sih? Literasi adalah kemampuan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan. Dalam bahasa, bacaan ini ada dalam ranah wacana. Di UTBK nanti, kamu akan menghadapi 2 tipe tes literasi, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

“Oke, udah paham..”

Nah, agar kamu bisa lebih mudah dan sukses mengerjakan tes literasi, sekarang kita bahas strategi atau tips belajar literasi bahasa Indonesia yang akan diujikan di UTBK-SNBT 2024.

 

1. Menguasai Penggunaan Tata Bahasa

Materi tentang tata bahasa sangat penting untuk mengerjakan tes literasi bahasa Indonesia. Materi tata bahasa menjadi prasyarat untuk memahami suatu bacaan. Sebab, untuk menguasai kemampuan literasi dalam ranah wacana atau teks, kamu harus mulai dari satuan yang terkecil terlebih dahulu, mulai dari huruf, kata, frasa, klausa, kalimat, dan seterusnya. Coba lihat gambar hierarki bahasa di bawah ini ya agar lebih paham.

Baca Juga: Kisi-Kisi Materi UTBK-SNBT 2024 Materi Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi

hierarki bahasa

 

2. Ketahui Prediksi Bentuk Soal

Literasi membaca akan menguji kemampuan kamu dalam memahami beragam tipe soal. Apa saja sih tipe soal yang akan diujikan dalam tes literasi bahasa Indonesia? Ini dia bocorannya:

  • Mencari informasi eksplisit
  • Mencari informasi yang relevan
  • Menyimpulkan informasi atau isi bacaan
  • Menentukan ide pokok atau inti bacaan
  • Menentukan makna kontekstual kata
  • Menentukan/menemukan tema dalam teks sastra
  • Menemukan nilai dalam teks sastra
  • Menyarankan solusi
  • Menghubungkan informasi
  • Menilai informasi
  • Menentukan pilihan
  • Menentukan unsur proses dan sebab-akibat dalam bacaan eksplanatif

 

3. Kuasai Teknik Membaca Cepat

Teknik membaca cepat di sini maksudnya adalah kamu tidak perlu membaca kata per kata di dalam bacaan. Kamu bisa menggunakan teknik membaca yang tepat untuk menemukan informasi tertentu. Teknik ini juga dapat membantu kamu untuk mengerjakan soal secara efektif berdasarkan tipe soalnya. Apa aja tuh teknik membaca cepat yang bisa dicoba?

A. Skimming

Skimming artinya membaca cepat untuk menentukan gambaran umum atau isi keseluruhan bacaan. Skimming akan memudahkan dalam menemukan gagasan inti dari sebuah paragraf.

B. Scanning

Scanning atau membaca memindai sering juga disebut sebagai membaca loncat. Teknik scanning akan memudahkan kamu untuk mencari informasi yang spesifik atau berdasarkan kata kunci.

Baca Juga: Skimming dan Scanning, Rahasia Membaca Cepat!

 

4. Lebih Rajin Membaca

Jangan malas membaca! Mulailah biasakan diri kamu untuk lebih rajin membaca dan mengerjakan soal-soal UTBK, khususnya tes literasi bahasa Indonesia. Ini penting banget, supaya kamu lebih terbiasa untuk mengerjakan soal-soal dan membaca teks. Apalagi, teks yang akan disajikan dalam tes literasi kebanyakan adalah teks-teks yang panjang. Kalau kamu tidak terbiasa, maka akan lebih sulit untuk mengerjakannya.

 

5. Terapkan Trik 4 Langkah Mengerjakan Soal Literasi Bahasa Indonesia

Psst, ada trik dari Master Teacher Ruangguru nih untuk mengerjakan soal literasi bahasa Indonesia. Kamu bisa mencoba untuk menerapkan trik 4 langkah di bawah ini:

  • Cari kata kunci pada soal
  • Baca opsi jawaban dan temukan kata kunci
  • Baca teks dan sesuaikan dengan kata kunci yang sudah kamu temukan
  • Eliminasi jawaban!

 

Trik jitu mengerjakan soal dalam 4 langkah ini bisa membantu kamu menyelesaikan seluruh soal dengan lebih cepat. Kalau kamu hanya fokus pada teksnya saja, waktu kamu pasti akan habis, guys.

 

6. Sering Berlatih Soal

Banyak banget nih yang nanya, untuk mengerjakan tes literasi bahasa Indonesia apakah harus menghafal kata di KBBI? Jawabannya, tentu aja nggak perlu ya. Waktu dan memori otak kamu pastinya nggak akan cukup untuk menghafal kata-kata di KBBI yang banyak banget.

Kunci untuk mengerjakan tes literasi adalah sering-sering berlatih. Makin banyak latihan soal akan lebih mengasah kemampuan kamu dalam membaca dan memahami kata-kata bahasa Indonesia.

Baca Juga: Contoh Soal Literasi Bahasa Indonesia UTBK SNBT 2024 dan Pembahasannya

 

7. Skimming Soal untuk Menentukan Soal Mudah dan Sulit

Saat mengerjakan soal literasi bahasa Indonesia nanti, kamu juga perlu melakukan tips ini nih, guys. Skimming seluruh soal yang disajikan untuk menentukan mana soal yang mudah dan soal yang sulit. Manfaat melakukan ini adalah untuk menentukan prioritas dalam mengerjakan soal. Kamu bisa mulai dari soal yang mudah dulu, baru lanjut ke soal yang lebih sulit. Tips ini bisa membantu kamu untuk mengerjakan soal secara lebih efektif.

 

8. Abaikan Koteks atau Informasi di Luar Teks

Pernah dengar nggak apa itu koteks? Koteks adalah informasi yang ada di luar teks. Hal ini berhubungan dengan tipe jawaban yang akan kamu temui dalam tes literasi bahasa Indonesia. Dalam tes ini ada 3 tipe opsi jawaban yaitu true, false, dan cannot say. Nah, tipe jawaban cannot say termasuk ke dalam koteks atau informasi yang tidak dimuat dalam teks.

Jadi, kalau kamu menemukan opsi jawaban yang tidak dibahas dalam teks bisa langsung kamu abaikan saja karena opsi tersebut bisa dianggap salah. Sebab, jawaban dalam tes literasi bahasa Indonesia harus berdasarkan isi yang ada dalam teks.

 

9. Ikut Tryout

Kunci sukses di tes literasi dalam bahasa Indonesia adalah pembiasaan. Semakin kamu terbiasa membaca informasi yang ada di dalam teks, kamu juga akan akan semakin mahir dalam mengolah informasinya. Dengan rajin ikut tryout, kamu juga jadi terbiasa untuk mencocokan antara pertanyaan dengan teksnya.

Ikut tryout punya banyak banget manfaat, lho, guys. Kamu jadi bisa tahu berbagai macam tipe-tipe soal, terbiasa mengerjakan soal, dan tahu perkembangan belajar kamu.

Baca Juga: Tryout UTBK SNBT Series 2024 Ruangguru, Yuk Ikutan!

 

10. Batasi Waktu Pengerjaan

Waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes literasi bahasa Indonesia di UTBK nanti adalah 45 menit untuk 30 soal. Perhatikan durasi waktu ini dan buat target waktu personal berdasarkan durasi dan pengerjaan soal tersebut. Gimana cara membuat target pengerjaannya? Kamu bisa ikut tryout untuk mengetahui berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tes literasi bahasa Indonesia ini.

Baca Juga: Contoh Soal Tes Literasi Bahasa Inggris UTBK SNBT 2024 dan Pembahasannya

 

Well, sekarang sudah tahu kan apa saja yang harus kamu lakukan dengan mengikuti tips mengerjakan tes literasi bahasa Indonesia UTBK di atas. Buat kamu yang mau ikut tryout, langsung aja buka ruanguji dari ikuti tryout UTBK sekarang!

CTA ruanguji

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D