Contoh Soal Literasi Bahasa Indonesia UTBK SNBT 2024 & Pembahasannya

Pojok Kampus - Latihan Soal Tes Skolastik_ Literasi Bahasa Indonesia

Yuk, lihat kumpulan contoh soal Literasi Bahasa Indonesia UTBK yang akan diujikan pada SNBT 2024 beserta pembahasannya berikut ini.

 

Apa sih yang ada di bayangan kamu saat mendengar tes Literasi Bahasa Indonesia? Nggak hanya membaca teks, lho, di subtes ini kamu juga akan menemukan soal-soal yang menuntut kamu memahami poster hingga menganalisis informasi pendek yang disediakan.

Hmm, seperti apa tuh contohnya? Yuk, kita lihat contoh soal Literasi Bahasa Indonesia UTBK SNBT 2024 berikut ini.

 

Apa itu Tes Literasi Bahasa Indonesia?

Tes Literasi Bahasa Indonesia adalah tes yang digunakan untuk menguji kemampuan kamu dalam memahami esensi suatu bacaan serta menganalisis argumen yang ada di dalamnya. Tes ini juga akan menguji kemampuan memahami makna yang tersurat dan tersirat dalam kalimat, paragraf, serta keseluruhan teks sebagai satu kesatuan.

 

Jumlah Soal dan Materi Tes Literasi Bahasa Indonesia

Tes Literasi Bahasa Indonesia berjumlah 30 soal dengan waktu pengerjaan selama 45 menit. Berikut beberapa kisi-kisi materi yang akan diujikan dalam Tes Literasi Bahasa Indonesia:

  • Teks personal inspiratif
  • Menentukan inti bacaan
  • Menyimpulkan isi bacaan
  • Makna teks umum
  • Makna kontekstual kata
  • Tema dalam teks sastra
  • Unsur eksplanatif teks popular saintek dan sosial humaniora
  • Tema dalam teks sastra
  • Nilai dalam teks sastra
  • Unsur proses dalam bacaan eksplanatif
  • Sebab-akibat bacaan eksplanatif
  • Kelengkapan paparan kekhasan objek bahasan dalam bacaan ulasan
  • Keakuratan paparan kelebihan dan kekurangan objek bahasan dalam bacaan ulasan
  • Ketepatan opini atas objek bahasan dalam bacaan ulasan
  • Gagasan pendirian yang relevan/tidak relevan dengan isi bacaan argumentatif
  • Fakta atau data dan simpulan yang relevan atau tidak relevan dengan gagasan pendirian dalam bacaan argumentatif
  • Inferensi meyakinkan dalam bacaan argumentatif

 

 

Contoh Soal Literasi Bahasa Indonesia UTBK 2024

Lihat contoh soal Literasi Bahasa Indonesia UTBK-SNBT untuk beserta dengan pembahasannya.

 

1. Topik: Pemahaman Bacaan

 

Perhatikan ilustrasi berikut!

Budi melihat bahwa salah satu syarat dalam tugas esai tentang tindak korupsi adalah berciri esai persuasif. Untuk memenuhi syarat tersebut, Budi menyisipkan infografik berikut ke dalam esainya.

Picture1-Oct-18-2022-08-32-30-16-AM

 

Siapa sasaran pembaca esai Budi?

  1. Penduduk desa
  2. Perangkat desa
  3. Aktivis antikorupsi
  4. Aparat penegak hukum
  5. Peneliti pemerintahan desa

 

 

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Infografik yang tercantum merupakan teks persuasi yang mengandung argumen dan langkah-langkah untuk membangun desa. Infografik tersebut menyampaikan bahwa warga desa adalah subjek pembangunan dan bahwa kesejahteraan desa ditujukan dan ditentukan oleh warga. Informasi tersebut menyiratkan bahwa infografik tersebut dibuat untuk dibaca oleh warga desa. Dengan demikian, pilihan A tepat.

Pilihan B, C, D, dan E tidak tepat karena kelompok-kelompok pembaca dalam pilihan-pilihan tersebut tidak mewakili warga desa secara luas (terlalu spesifik).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

2. Topik: Pemahaman Bacaan

 

Perhatikan ilustrasi berikut!

Agus, seorang murid kelas 12, sedang memikirkan jurusan kuliah yang tepat. Karena tidak tahu apa saja yang harus dipertimbangkannya, dia melakukan pencarian informasi di internet dan menemukan artikel berikut.

Tips  Memilih Jurusan Kuliah

(1) Perhatikan  Hobi

Ketika sedang melakukan hobi, kamu sangat terfokus dan merasakan kesenangan dari kegiatan yang sedang kamu lakukan. Artinya, kegiatan hobimu merupakan ekspresi minat dan bakat yang kamu miliki tapi mungkin belum kamu sadari. Oleh sebab itu, perhatikan jenis hobimu. Jurusan kuliah yang tepat adalah jurusan yang mengembangkan minat dan bakatmu yang sejati.

(2) Dengarkan Orang Terdekat

Orang bisa saja keliru atau tidak lengkap dalam menilai dirinya sendiri. Oleh sebab itu, kamu memerlukan masukan dari orang-orang terdekatmu. Mereka memiliki sudut pandang yang berbeda sehingga penilaian mereka atas dirimu barangkali belum atau bahkan tidak akan pernah terpikirkan olehmu. Pilihlah orang-orang dekat yang kamu percayai dan tanya mereka tentang kelebihan dan kekuranganmu.

(3) Ikuti Tes Minat dan Bakat

Tes minat dan bakat merupakan cara termudah mengetahui jurusan yang tepat untuk kamu. Tes ini dikembangkan dari hasil penelitian-penelitian psikologis. Kamu diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar aktivitas kesukaanmu dan masa depan impianmu. Selain itu, ada juga pertanyaan-pertanyaan yang mengevaluasi kemampuan deduktif, induktif, aritmatika, spasial, dan penalaran. Hasil tes ini akan memperlihatkan 10 rekomendasi jurusan kuliah yang tepat untuk kamu.

(4) Perhatikan Nilai Rapor

Laporan hasil pembelajaran di sekolah juga dapat menjadi bahan pertimbanganmu saat memilih jurusan kuliah. Perhatikan nilai-nilaimu yang tinggi, sedang dan kurang. Ingat kembali faktor-faktor penyebab kamu mendapatkan nilai-nilai tersebut. Perenungan ini akan mengungkapkan besar kecilnya minatmu terhadap mata-mata pelajaran tertentu.

(5) Survei Lapangan Pekerjaan

Pada akhirnya, lulusan universitas diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bukan hanya bagi sang lulusan sendiri tapi juga bagi masyarakat luas. Melakukan survei lapangan pekerjaan dapat membantumu memperkecil jumlah pilihan jurusan kuliah sehingga proses pertimbanganmu menjadi lebih mudah. Memilih jurusan kuliah yang tidak berprospek perkembangan ekonomi di masa depan tentunya hanya akan menjadi usaha menjaring angin.

Jika Agus hanya ingin menjalankan tips yang berlandasan ilmiah, ia seharusnya menjalankan tips nomor ….

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5

 

 

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Tips yang berlandasan ilmiah adalah tips yang mengusulkan suatu kegiatan yang dirancang dengan metode ilmiah. Kegiatan semacam itu diusulkan dalam tips nomor 3, mengikuti tes minat dan bakat. Jadi, pilihan C tepat.

Keterangan tips tersebut menyatakan bahwa tes minat dan bakat dikembangkan dari hasil penelitian-penelitian psikologis. Karena psikologi merupakan bidang keilmuan akademis, penelitian psikologis tentunya untuk menerapkan metode penelitian ilmiah. Dengan demikian, tes minat dan bakat adalah tips yang berlandasan ilmiah.

Pilihan A, B, D, dan E tidak tepat karena keterangan tips nomor 1, 2, 4, dan 5 tidak menyatakan secara tersurat maupun tersirat keilmiahan landasan tips-tips tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Baca Juga: Contoh Soal Tes Skolastik Literasi Bahasa Inggris UTBK/SNBT 2024 dan Pembahasannya

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

3. Topik: Pemahaman Bacaan

 

Perhatikan ilustrasi berikut!

Agus menjalankan semua tips yang ia baca dari artikel “Tips Memilih Jurusan Kuliah.” Saat menjalani tes minat dan bakat, tiba-tiba muncul rasa ingin tahu dalam diri Agus. Ia ingin tahu cara kerja tes tersebut. Dalam beberapa hari berikutnya, Agus pun menggunakan waktu-waktu luangnya untuk mencari dan mempelajari banyak tulisan perihal tes minat dan bakat. Salah satunya adalah sebagai berikut.

Enam Model Kepribadian Holland

Tes minat dan bakat juga dapat dilandaskan pada Teori Pemilihan Karir yang dikembangkan oleh John Holland, seorang profesor psikologi dari Universitas Johns Hopkins. Dalam teorinya, Holland merumuskan enam model kepribadian.

Kepribadian Realistis

Orang-orang yang berkepribadian realistis suka terlibat dalam kegiatan-kegiatan fisik. Mereka lebih suka bekerja dengan benda-benda mati ketimbang dengan ide-ide abstrak atau orang-orang. Orang-orang dalam kelompok kepribadian ini umumnya lebih mudah belajar melalui praktik daripada melalui paparan yang teoritis.

Kepribadian Investigatif

Orang-orang dalam kelompok kepribadian investigatif cenderung menyukai kegiatan-kegiatan yang mengandalkan kekuatan pikiran. Mereka suka melakukan observasi, menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah, khususnya masalah rumit yang bersifat ilmiah. Mereka lebih suka berkutat dalam alam pikiran daripada menjalani kegiatan sosial.

Kepribadian Artistik

Orang yang berkepribadian artistik selalu mencari kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas dan orisinal. Hal tersebut membuat mereka sulit mematuhi suatu peraturan atau konvensi. Estetika menjadi keutamaan mereka dan hal tersebut diekspresikan dalam kegiatan-kegiatan kesenian yang kreatif dan imajinatif.

Kepribadian Sosial

Kepribadian ini dimiliki oleh orang-orang yang menikmati bekerja dengan orang lain. Mereka suka membantu, melatih, mengajar, dan merawat orang lain. Ketika menghadapi kesulitan, mereka akan mengajak orang lain untuk berdiskusi dan memutuskan solusi bersama. Orang-orang dalam kelompok ini umumnya tidak dapat menikmati pekerjaan fisik dengan benda-benda mati.

Kepribadian Pengusaha

Orang-orang yang berkepribadian usahawan suka bekerja dengan orang lain dalam rangka mencapai suatu tujuan atau sasaran tertentu. Mereka suka berada di posisi pemimpin atau pengatur strategi. Mereka cakap dalam mengatur, mengarahkan, dan memengaruhi orang lain supaya tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dapat tercapai secara efisien.

Kepribadian Konvensional

Orang dalam kelompok kepribadian konvensional cenderung menikmati bekerja dengan data. Ia lebih memerhatikan rincian-rincian daripada orang-orang pada umumnya. Ia juga lebih menyukai struktur yang baku dan jelas serta sulit menghadapi situasi-situasi yang bersifat ambigu.

 

Apa model kepribadian yang tepat untuk mendeskripsikan Agus jika kamu sedang menilai Agus?

  1. Realistis dan Sosial
  2. Sosial dan Pengusaha
  3. Investigatif dan Artistik
  4. Pengusaha dan Konvensional
  5. Konvensional dan Investigatif

 

 

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Ilustrasi menyatakan Agus sebagai orang yang tiba-tiba ingin tahu perihal tes minat dan bakat. Untuk memuaskan rasa ingin tahunya itu, Agus dikatakan menggunakan waktu-waktu luangnya di beberapa hari untuk “mencari dan dan mempelajari banyak tulisan perihal tes minat dan bakat.”

Bagian ilustrasi tentang Agus tersebut mengungkapkan ciri-ciri yang sesuai dengan kepribadian investigatif dan konvensional. Jadi, pilihan E tepat. Keterangan tentang kepribadian investigatif menyatakan bahwa orang dengan kepribadian ini suka melakukan observasi dan menganalisis. Pernyataan ini bersesuaian dengan ilustrasi perilaku Agus yang menggunakan waktu-waktu luang untuk mencari dan mempelajari banyak tulisan hanya demi memuaskan rasa ingin tahunya.

Selain itu, keterangan tentang kepribadian konvensional menyatakan bahwa orang dengan kepribadian ini cenderung menikmati bekerja dengan data dan lebih memperhatikan rincian-rincian daripada orang-orang pada umumnya. Pernyataan ini bersesuaian dengan ilustrasi perilaku Agus yang ingin tahu cara kerja sebuah tes sementara pada umumnya orang hanya ingin mengerjakan dan menyelesaikan tes tersebut.

Pilihan A, B, C, dan D tidak tepat karena setiap pilihan tersebut menyebutkan kepribadian yang tidak bersesuaian dengan ilustrasi perilaku Agus (Realistis, Sosial, Pengusaha, dan Artistik).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

4. Topik:  Kesesuaian Pernyataan

 

Perhatikan ilustrasi berikut!

Agus memutuskan untuk berkuliah di jurusan Psikologi. Keputusannya itu dibuat saat ia menyadari kalau ia senang mempelajari perihal kepribadian dan lega karena dapat menghindari matematika, momoknya selama ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh mata kuliah program studi Psikologi yang wajib dijalani oleh mahasiswa jurusan Psikologi:

  1. Antropologi Psikologi
  2. Sosiologi
  3. Sejarah dan Aliran Psikologi
  4. Biopsikologi
  5. Filsafat Ilmu dan Logika
  6. Perilaku dan Proses Mental
  7. Filsafat Manusia
  8. Statistika Psikologi
  9. Teori Perkembangan
  10. Teori Kepribadian
  11. Dasar-dasar Metode Penelitian
  12. Psikometri
  13. Kognisi Sosial

 

Berdasarkan contoh-contoh mata kuliah tersebut, apa yang membuat keputusan Agus dapat dikatakan tidak tepat?

  1. Beberapa mata kuliah di jurusan psikologi menuntut sikap investigatif sekaligus sosial.
  2. Mahasiswa psikologi wajib mempelajari bidang-bidang ilmu yang baru bagi Agus.
  3. Ia memiliki asumsi yang keliru tentang perkuliahan di jurusan psikologi.
  4. Kemampuan matematika Agus di bawah standar.
  5. Psikologi tidak hanya mempelajari kepribadian.

 

 

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Ilustrasi menyebutkan bahwa Agus merasa lega karena ia berasumsi bahwa dengan memilih jurusan Psikologi, ia dapat menghindari matematika yang merupakan momoknya.

Namun, daftar beberapa contoh mata kuliah program studi Psikologi menunjukan mata kuliah Statistika Psikologi dan Psikometri yang merupakan ilmu-ilmu turunan dari matematika. Kata “statistika,” yang merupakan cabang ilmu matematika, dan unsur kata “-metri,” yang berasal dari kata “metrik” yang berarti “berhubungan dengan ukuran,” dapat menjadi petunjuk keterkaitan dua mata kuliah tersebut dengan matematika.

Dengan demikian, keputusan Agus tidak tepat karena ia memiliki asumsi yang keliru tentang perkuliahan di jurusan Psikologi dan pilihan C tepat.

Pilihan A tidak tepat karena teks bacaan tidak memberikan petunjuk yang membenarkan pernyataan pada pilihan ini.

Pilihan B tidak tepat karena teks bacaan tidak menyatakan bahwa kebaruan bidang-bidang ilmu yang akan dipelajari Agus adalah faktor yang akan menyulitkan Agus saat berkuliah di jurusan Psikologi.

Pilihan D tidak tepat karena pernyataan bahwa matematika adalah momok bagi Agus tidak serta merta berarti bahwa kemampuan matematika Agus berada di bawah standar.

Pilihan E tidak tepat karena teks bacaan tidak menyebutkan baik secara tersurat maupun tersirat bahwa Agus memilih jurusan Psikologi atas dasar asumsi bahwa Psikologi hanya mempelajari kepribadian.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

5. Topik: Pemahaman Bacaan

 

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal!

Bahaya Mengonsumsi Hamburger

Hamburger merupakan salah satu makanan asal Kota Hamburg, Jerman, yang memiliki rasa yang enak, daging juicy yang gurih, dan berbagai macam isian yang lezat. Sayangnya, makanan yang memperoleh gelar junk food ini dipercaya memiliki efek buruk pada kesehatan jika dikonsumsi sering dan berlebih. Sebagian besar orang mengaitkannya dengan “penggagal diet”, “penambah berat badan”, atau “makanan berkalori tinggi”. Selain meningkatkan berat badan, hamburger juga memberikan dampak lain bagi tubuh menurut Lisa Moskovitz, ahli gizi sekaligus CEO dari New York Nutrition Group.

Saat seseorang memakan hamburger berukuran besar, tugas yang dilakukan oleh tubuh menjadi lebih berat dari biasanya. Selain mencerna dan mengubah sisa kalori menjadi lemak, tubuh akan mengalami peningkatan gula darah 10 menit setelah hamburger itu dimakan. Kandungan natrium (garam) dan fruktosa (gula) yang tinggi dalam hamburger memicu keinginan untuk mengonsumsi makanan berlemak. Hal ini terjadi sekitar 20 menit setelah gigitan pertama sehingga setangkup hamburger seringkali terasa tak cukup. Lalu, sekitar 30 menit kemudian, ginjal bekerja ekstra menyingkirkan lebihan natrium dalam tubuh dan jantung bekerja keras memompa darah ke pembuluh darah.

Karena energi tubuh sudah digunakan untuk mencerna sebuah hamburger, tak heran bila seporsi hamburger, yang mengandung sekitar 540 kalori, hanya bisa membuat seseorang merasa kenyang selama 40 menit hingga 1 jam. Setelah itu, pemakan hamburger akan merasa lapar kembali dan menginginkan makanan lain yang bisa membuatnya kenyang lebih lama.

Meskipun kecepatan metabolisme orang bervariasi, tubuh tetap membutuhkan waktu selama 2-3 hari untuk dapat mengolah dengan tuntas semua zat yang terkandung dalam seporsi hamburger berukuran besar. Oleh sebab itu, tak salah jika hamburger berada di urutan atas dalam daftar junk food yang tinggi kalori, kaya lemak, sulit mengenyangkan, dan berat diolah.

Wisnubrata. 2020. Bahaya Junk Food yang Mengintai Kesehatan Kita. Kompas. Diadaptasi pada 18 Oktober 2020. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/13/153844820/bahaya-junk-food-yang-mengintai-kesehatan-kita?page=all.

 

Pernyataan mana yang benar menurut informasi dari teks tersebut?

  1. Setiap orang yang memakan hamburger dapat merasakan gula darahnya naik.
  2. Jantung dan ginjal merupakan bagian tubuh yang membutuhkan energi terbanyak.
  3. Jantung harus bekerja ekstra karena menyingkirkan lebihan natrium dalam tubuh.
  4. Memakan hamburger yang besar membuat organ-organ tubuh tertentu bekerja lebih keras dan lama.
  5. Tubuh manusia dapat menyerap semua nutrisi yang ada di dalam hamburger dengan baik dan cepat kurang dari satu jam.

 

 


Jawaban: D

Pembahasan:

Dari kelima pilihan yang tersedia, hanya pilihan D yang berisi pernyataan yang sesuai dengan informasi dari teks. 

Informasi dalam paragraf kedua menyatakan bahwa ginjal (organ pembuangan) dan jantung (organ peredaran darah) bekerja ekstra setelah pengonsumsian hamburger berukuran besar. Selain itu, informasi di paragraf keempat menyatakan bahwa, terlepas dari kecepatan metabolisme, tubuh tetap memerlukan waktu 2-3 hari untuk dapat dengan tuntas mengolah hamburger berukuran besar. Informasi ini mengindikasikan durasi yang lama.

Pilihan A tidak tepat karena teks tidak memberikan informasi mengenai apakah orang yang memakan hamburger dapat merasakan gula darahnya naik atau tidak sehingga pernyataan di pilihan A tidak dapat dipastikan kebenarannya.

Pilihan B tidak tepat karena teks tidak memberikan informasi mengenai jumlah energi yang dibutuhkan oleh jantung dan ginjal untuk bekerja sehingga pernyataan di pilihan B tidak dapat dipastikan kebenarannya.

Pilihan C tidak tepat karena menurut informasi dalam paragraf kedua, organ yang berfungsi menyingkirkan lebihan natrium adalah ginjal, bukan jantung.

Pilihan E tidak tepat karena menurut informasi dalam paragraf keempat, tubuh manusia membutuhkan 2-3 hari, bukan 1 jam, untuk dapat mengolah dengan tuntas semua zat yang terkandung dalam hamburger berukuran besar. Sementara itu, informasi yang berkaitan dengan durasi 1 jam terletak di paragraf ketiga dan durasi tersebut adalah durasi rasa kenyang setelah memakan hamburger berukuran besar, bukan durasi penyerapan nutrisinya.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Baca Juga: Contoh Soal Tes Skolastik Potensi Kognitif UTBK/SNBT 2024 dan Pembahasannya

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

6. Topik: Tata Kata dan Makna

 

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal!

Bahaya Mengonsumsi Hamburger

Hamburger merupakan salah satu makanan asal Kota Hamburg, Jerman, yang memiliki rasa yang enak, daging juicy yang gurih, dan berbagai macam isian yang lezat. Sayangnya, makanan yang memperoleh gelar junk food ini dipercaya memiliki efek buruk pada kesehatan jika dikonsumsi sering dan berlebih. Sebagian besar orang mengaitkannya dengan “penggagal diet”, “penambah berat badan”, atau “makanan berkalori tinggi”. Selain meningkatkan berat badan, hamburger juga memberikan dampak lain bagi tubuh menurut Lisa Moskovitz, ahli gizi sekaligus CEO dari New York Nutrition Group.

Saat seseorang memakan hamburger berukuran besar, tugas yang dilakukan oleh tubuh menjadi lebih berat dari biasanya. Selain mencerna dan mengubah sisa kalori menjadi lemak, tubuh akan mengalami peningkatan gula darah 10 menit setelah hamburger itu dimakan. Kandungan natrium (garam) dan fruktosa (gula) yang tinggi dalam hamburger memicu keinginan untuk mengonsumsi makanan berlemak. Hal ini terjadi sekitar 20 menit setelah gigitan pertama sehingga setangkup hamburger seringkali terasa tak cukup. Lalu, sekitar 30 menit kemudian, ginjal bekerja ekstra menyingkirkan lebihan natrium dalam tubuh dan jantung bekerja keras memompa darah ke pembuluh darah.

Karena energi tubuh sudah digunakan untuk mencerna sebuah hamburger, tak heran bila seporsi hamburger, yang mengandung sekitar 540 kalori, hanya bisa membuat seseorang merasa kenyang selama 40 menit hingga 1 jam. Setelah itu, pemakan hamburger akan merasa lapar kembali dan menginginkan makanan lain yang bisa membuatnya kenyang lebih lama.

Meskipun kecepatan metabolisme orang bervariasi, tubuh tetap membutuhkan waktu selama 2-3 hari untuk dapat mengolah dengan tuntas semua zat yang terkandung dalam seporsi hamburger berukuran besar. Oleh sebab itu, tak salah jika hamburger berada di urutan atas dalam daftar junk food yang tinggi kalori, kaya lemak, sulit mengenyangkan, dan berat diolah.

Wisnubrata. 2020. Bahaya Junk Food yang Mengintai Kesehatan Kita. Kompas. Diadaptasi pada 18 Oktober 2020 dari https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/13/153844820/bahaya-junk-food-yang-mengintai-kesehatan-kita?page=all.

 

Mengapa hamburger sering dijuluki sebagai “penggagal diet”?

  1. Karena rata-rata seporsi hamburger mengandung sekitar 540 kalori
  2. Karena junk food hanyadapat memberikan efek kenyang selama 40 menit hingga 1 jam
  3. Karena metabolisme tubuh setiap individu membutuhkan waktu 3 hari untuk mencerna
  4. Karena hamburger selalu memberikan efek buruk pada kesehatan jika dikonsumsi berlebih
  5. Karena hamburger mengandung zat tertentu yang membuat tubuh sulit memberikan sinyal kenyang

 

 

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Soal menanyakan alasan hamburger sering dijuluki “penggagal diet.”

Informasi yang berkaitan dengan istilah “penggagal diet” terdapat dalam paragraf pertama teks. Namun, penjelasan maknanya ada di paragraf kedua. Paragraf kedua menyebutkan bahwa kandungan natrium (garam) dan fruktosa (gula) yang tinggi dalam hamburger memicu keinginan untuk mengonsumsi makanan berlemak sehingga setangkup hamburger seringkali terasa tak cukup.

Kesimpulannya, jawaban yang tepat adalah pilihan E karena kandungan natrium dan fruktosa membuat tubuh sulit memberikan sinyal kenyang. Karena kandungan dua zat tersebut, pemakan hamburger justru terpicu untuk makan makanan berlemak sehingga ia akan kesulitan menjalani diet.

Pilihan A tidak tepat karena teks tidak memberikan informasi tentang kaitan kadar kalori hamburger dengan sifat hamburger sebagai makanan yang dapat menggagalkan diet. Dalam teks, sifat tersebut dikaitkan dengan kandungan zat-zat tertentu (natrium dan fruktosa) dalam hamburger.

Pilihan B tidak tepat karena pernyataan di pilihan ini membicarakan subjek (junk food) yang tidak sesuai dengan subjek yang semestinya (hamburger).

Pilihan C tidak tepat karena teks tidak memberikan informasi yang mengaitkan durasi pencernaan hamburger (2-3 hari) dengan sifat hamburger yang dapat menggagalkan diet.

Pilihan D tidak tepat karena teks tidak memberikan informasi yang mengaitkan efek buruk hamburger jika dikonsumsi secara berlebih dengan dengan sifat hamburger yang dapat menggagalkan diet.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

 

 

 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

7. Topik: Pemahaman Bacaan

 

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal!

Bahaya Mengonsumsi Hamburger

Hamburger merupakan salah satu makanan asal Kota Hamburg, Jerman, yang memiliki rasa yang enak, daging juicy yang gurih, dan berbagai macam isian yang lezat. Sayangnya, makanan yang memperoleh gelar junk food ini dipercaya memiliki efek buruk pada kesehatan jika dikonsumsi sering dan berlebih. Sebagian besar orang mengaitkannya dengan “penggagal diet”, “penambah berat badan”, atau “makanan berkalori tinggi”. Selain meningkatkan berat badan, hamburger juga memberikan dampak lain bagi tubuh menurut Lisa Moskovitz, ahli gizi sekaligus CEO dari New York Nutrition Group.

Saat seseorang memakan hamburger berukuran besar, tugas yang dilakukan oleh tubuh menjadi lebih berat dari biasanya. Selain mencerna dan mengubah sisa kalori menjadi lemak, tubuh akan mengalami peningkatan gula darah 10 menit setelah hamburger itu dimakan. Kandungan natrium (garam) dan fruktosa (gula) yang tinggi dalam hamburger memicu keinginan untuk mengonsumsi makanan berlemak. Hal ini terjadi sekitar 20 menit setelah gigitan pertama sehingga setangkup hamburger seringkali terasa tak cukup. Lalu, sekitar 30 menit kemudian, ginjal bekerja ekstra menyingkirkan lebihan natrium dalam tubuh dan jantung bekerja keras memompa darah ke pembuluh darah.

Karena energi tubuh sudah digunakan untuk mencerna sebuah hamburger, tak heran bila seporsi hamburger, yang mengandung sekitar 540 kalori, hanya bisa membuat seseorang merasa kenyang selama 40 menit hingga 1 jam. Setelah itu, pemakan hamburger akan merasa lapar kembali dan menginginkan makanan lain yang bisa membuatnya kenyang lebih lama.

Meskipun kecepatan metabolisme orang bervariasi, tubuh tetap membutuhkan waktu selama 2-3 hari untuk dapat mengolah dengan tuntas semua zat yang terkandung dalam seporsi hamburger berukuran besar. Oleh sebab itu, tak salah jika hamburger berada di urutan atas dalam daftar junk food yang tinggi kalori, kaya lemak, sulit mengenyangkan, dan berat diolah.

Wisnubrata. 2020. Bahaya Junk Food yang Mengintai Kesehatan Kita. Kompas. Diadaptasi pada 18 Oktober 2020 dari https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/13/153844820/bahaya-junk-food-yang-mengintai-kesehatan-kita?page=all.

 

Apakah dampak yang akan terjadi dalam masyarakat jika hamburger menjadi makanan nomor satu yang digemari dalam masyarakat tersebut?

  1. kenaikan berat badan seseorang
  2. peningkatan angka kematian yang signifikan
  3. pemantauan kandungan gizi masyarakat oleh pemerintah
  4. gangguan tatanan sosial karena masalah kesehatan
  5. lonjakan angka ketergantungan dan suplai bahan pangan

 

 

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Soal menanyakan dampak yang terjadi dalam sebuah masyarakat jika hamburger banyak dikonsumsi oleh anggota-anggota masyarakat tersebut. Dari lima pilihan yang tersedia, pilihan yang paling tepat adalah pilihan D karena dampak yang disebutkan dalam pilihan ini adalah hipotesis yang sahih yang dapat dibuat dari teks bacaan.

Teks mengungkapkan bahwa hamburger adalah makanan yang menyebabkan beberapa organ tubuh bekerja di luar batas normal. Hal ini berimplikasi pada permasalahan kesehatan pada diri individu pemakan hamburger. Lalu, jika individu-individu tersebut tergabung dalam sebuah masyarakat, mereka menjadi agen-agen yang mempopulerkan dan menormalkan konsumsi hamburger. Hasilnya, makin banyak orang dalam masyarakat tersebut yang berpotensi memiliki permasalahan kesehatan yang kemudian menjadi beban ekonomi dalam keluarga mereka masing-masing. Beban ekonomi tersebut pada gilirannya dapat memicu masalah-masalah sosial yang meluas sehingga tatanan sosial dalam masyarakat tersebut terancam.

Pilihan A tidak tepat karena hanya mencantumkan dampak dalam cakupan individu.

Pilihan B tidak tepat karena teks tidak menyebutkan bahwa kematian adalah dampak yang dapat dipastikan dari konsumsi hamburger.

Pilihan C tidak tepat karena pengadaan kegiatan pemantauan kesehatan oleh pemerintah tidak ditentukan dari jenis makanan nomor satu, melainkan dari keputusan pemerintah itu sendiri.

Pilihan E tidak tepat karena fakta bahwa sebuah makanan menjadi kegemaran nomor satu tidak serta merta berimplikasi pada lonjakan angka ketergantungan dan suplai bahan pangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Baca Juga: Contoh Soal Tes Skolastik Penalaran Matematika UTBK/SNBT 2024 dan Pembahasannya

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

8. Topik: Pemahaman Bacaan

 

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal!

Bahaya Mengonsumsi Hamburger

Hamburger merupakan salah satu makanan asal Kota Hamburg, Jerman, yang memiliki rasa yang enak, daging juicy yang gurih, dan berbagai macam isian yang lezat. Sayangnya, makanan yang memperoleh gelar junk food ini dipercaya memiliki efek buruk pada kesehatan jika dikonsumsi sering dan berlebih. Sebagian besar orang mengaitkannya dengan “penggagal diet”, “penambah berat badan”, atau “makanan berkalori tinggi”. Selain meningkatkan berat badan, hamburger juga memberikan dampak lain bagi tubuh menurut Lisa Moskovitz, ahli gizi sekaligus CEO dari New York Nutrition Group.

Saat seseorang memakan hamburger berukuran besar, tugas yang dilakukan oleh tubuh menjadi lebih berat dari biasanya. Selain mencerna dan mengubah sisa kalori menjadi lemak, tubuh akan mengalami peningkatan gula darah 10 menit setelah hamburger itu dimakan. Kandungan natrium (garam) dan fruktosa (gula) yang tinggi dalam hamburger memicu keinginan untuk mengonsumsi makanan berlemak. Hal ini terjadi sekitar 20 menit setelah gigitan pertama sehingga setangkup hamburger seringkali terasa tak cukup. Lalu, sekitar 30 menit kemudian, ginjal bekerja ekstra menyingkirkan lebihan natrium dalam tubuh dan jantung bekerja keras memompa darah ke pembuluh darah.

Karena energi tubuh sudah digunakan untuk mencerna sebuah hamburger, tak heran bila seporsi hamburger, yang mengandung sekitar 540 kalori, hanya bisa membuat seseorang merasa kenyang selama 40 menit hingga 1 jam. Setelah itu, pemakan hamburger akan merasa lapar kembali dan menginginkan makanan lain yang bisa membuatnya kenyang lebih lama.

Meskipun kecepatan metabolisme orang bervariasi, tubuh tetap membutuhkan waktu selama 2-3 hari untuk dapat mengolah dengan tuntas semua zat yang terkandung dalam seporsi hamburger berukuran besar. Oleh sebab itu, tak salah jika hamburger berada di urutan atas dalam daftar junk food yang tinggi kalori, kaya lemak, sulit mengenyangkan, dan berat diolah.

Wisnubrata. 2020. Bahaya Junk Food yang Mengintai Kesehatan Kita. Kompas. Diakses dan diadaptasi pada 18 Oktober 2020 dari https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/13/153844820/bahaya-junk-food-yang-mengintai-kesehatan-kita?page=all.

 

Tono baru saja memakan habis satu porsi hamburger. Efek apa yang paling cepat dirasakan Tono?

  1. perubahan natrium dan fruktosa menjadi lemak
  2. peningkatan tenaga dan rasa ingin makan
  3. peningkatan gula darah dalam tubuh
  4. pembuangan lebihan natrium oleh ginjal
  5. jantung memompa darah lebih cepat

 

 

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Soal menanyakan efek yang paling cepat dirasakan orang setelah memakan satu porsi hamburger.

Informasi yang berkaitan dengan efek setelah pengonsumsian hamburger ada di paragraf kedua, ketiga dan keempat. Berikut ini rangkuman efek-efek tersebut yang disusun berdasarkan urutan pembicaraan dalam teks.

  1. Tubuh mencerna dan mengubah sisa kalori menjadi lemak.
  2. Dalam waktu 10 menit setelah makan, kadar gula darah meningkat.
  3. Dalam waktu 20 menit setelah makan, muncul keinginan untuk makan makanan berlemak
  4. Dalam waktu 30 menit setelah makan, ginjal menyingkirkan lebihan natrium dan jantung memompa darah lebih keras.
  5. Selama 40 menit hingga 1 jam, pemakan merasa kenyang.
  6. Setelah itu, pemakan merasa lapar kembali
  7. Dalam waktu 2-3 hari, tubuh tuntas mengolah zat-zat yang dikandung dalam hamburger tersebut.

 

Karena soal menanyakan efek yang dapat dirasakan, hanya efek nomor 3, 5, dan 6 yang dapat menjadi kandidat jawaban. Lalu, dari lima pilihan yang tersedia, hanya pilihan B yang mengandung salah satu dari ketiga efek tersebut. Oleh sebab itu, pilihan A, C, D, dan E dapat diabaikan. Meskipun efek peningkatan tenaga di pilihan B tidak dibicarakan secara tersurat di teks, efek tersebut dapat disimpulkan dari efek nomor 1, tubuh mengubah sisa kalori menjadi lemak. Frasa “sisa kalori” menyiratkan penggunaan kalori. Kalori adalah satuan nilai energi dalam makanan. Dengan demikian, efek tersebut menyiratkan peningkatan energi atau tenaga.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

9. Topik: Pemahaman Bacaan

 

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal!

Indonesia Darurat Sampah Plastik

Sampah plastik selalu menjadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan baik pencemaran tanah maupun laut. Sifat sampah plastik tidak mudah terurai, proses pengolahannya menimbulkan toksit dan bersifat karsinogenik, butuh waktu sampai ratusan tahun bila terurai secara alami.

Untuk pencemaran di laut, Indonesia merupakan penghasil sampah plastik laut terbesar kedua di dunia. Penelitian dari UC Davis dan Universitas Hasanuddin yang dilakukan di pasar Paotere Makassar menunjukkan 23% sampel ikan yang diambil memiliki kandungan plastik di perutnya. Jika diolah dengan baik, sampah plastik daur ulang dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp16.379.472 per bulan dari produksi 48 ton sampah plastik.

Pemerintah pusat maupun daerah melakukan berbagai upaya untuk dapat mengurangi dampak negatif sampah plastik. Seperti yang dilakukan di Bali, tepatnya Kabupaten Badung, disana dilakukan pengelohan sampah menjadi Bahan Makar Minyak (BBM). Begitu juga kota Surabaya, diluncurkan Suroboyo Bus, untuk tiketnya dapat diperoleh dengan menukarkan sampah plastik.

Andrean W. Finaka. (2019). Indonesia Darurat Sampah Plastik. Diambil 15 September 2022 dari https://indonesiabaik.id/infografis/indonesia-darurat-sampah-plastik.

 

Inti paragraf kedua teks tersebut menjelaskan ….

  1. pengolahan sampah yang baik
  2. pencemaran sampah plastik di laut
  3. penelitian mengenai sampah plastik
  4. potensi sumber daya perikanan
  5. keuntungan penjualan sampah plastik

 

 

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Inti paragraf sama saja dengan ide pokok sebuah paragraf. Ide pokok adalah informasi yang menjadi permasalahan utama yang disampaikan dalam satu paragraf. Ide pokok/gagasan utama memiliki ciri yang umum sehingga mampu mewakili keseluruhan informasi.

Ide pokok yang terdapat dalam paragraf kedua adalah mengenai pencemaran sampah plastik di laut. Hal ini terungkap di dalam kalimat pertama. Informasi pertama dikuatkan dengan kalimat kedua yaitu, hasil penelitian dari UC Davis dan Universitas Hasanuddin yang dilakukan di pasar Paotere Makassar menunjukkan 23% sampel ikan yang diambil memiliki kandungan plastik di perutnya.

Jadi, jawaban yang tepat ada pada pilihan B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

10. Topik: Pemahaman Bacaan

 

Perhatikan teks berikut!

Pro Kontra Aturan Larangan Kantong Plastik Sekali Pakai

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengeluarkan kebijakan larangan kantong plastik sekali pakai di tempat perbelanjaan, seperti toko, swalayan, dan pasar rakyat mulai 1 Juli 2020. Meski telah disahkan, aturan yang tertuang dalam Pergub Nomor 142 tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan itu tetap memicu pro dan kontra. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta, Andono Warih, menerangkan bahwa kebijakan tersebut dilakukan lantaran kantong plastik sekali pakai merupakan sampah yang jumlahnya sangat signifikan. Sebanyak 34 persen dari 39 juta ton sampah di TPST Bantargebang adalah kantong plastik sekali pakai. Jakarta terhitung sebagai daerah yang masih baru dalam menangani kasus pengurangan sampah plastik sekali pakai jika dibandingkan daerah-daerah lain, seperti Balikpapan, Banjarmasin, dan Bogor.

Kebijakan ini disambut baik oleh Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat. Beliau mengaku telah melakukan sosialisasi dan memberikan pengawasan kepada para pedagang eceran agar menyediakan kantong belanja yang dapat dipakai berulang.

Namun, Ketua Akumindo, Ikhsan Ingratubun, menyatakan bahwa kebijakan ini akan memperberat para pelaku usaha kecil. Beliau juga berpendapat bahwa saat pandemi Covid-19, seharusnya ekonomi lebih diutamakan dibandingkan dengan lingkungan. Oleh karena itu, kebijakan tersebut perlu ditinjau ulang dan dievaluasi kembali.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas), Budi Susanto Sadiman, juga mengaku keberatan karena kebijakan ini akan memukul industri dan berpotensi membuat sekitar 5.000 pekerja di pabrik plastik kehilangan pekerjaan. Dampak kebijakan ini akan meluas sampai ke industri bahan baku. Budi Susanto memperkirakan, industri bahan baku plastik bisa kehilangan pasar senilai Rp2,1 miliar per tahun untuk DKI Jakarta dan sekitarnya.

Apabila larangan serupa meluas, ada potensi kehilangan pasar sampai Rp6 miliar per tahun. Padahal, pemerintah sedang membangun pabrik petrokimia untuk menekan impor bahan baku plastik dari 40 persen ke 30 persen. Pembangunan dan investasi puluhan miliar dolar bisa sia-sia apabila salah satu pasar industrinya ditutup.

Setiawan, R. (2020). Pro Kontra Aturan Larangan Kantong Plastik Sekali Pakai ala Anies. Diambil 15 September 2022 dari https://tirto.id/pro-kontra-aturan-larangan-kantong-plastik-sekali-pakai-ala-anies-fMKY.

 

Hal apa yang membuat pekeja pabrik kehilangan pekerjaannya?

  1. Dampak adanya pandemi covid-19.
  2. Kesulitan bahan baku di industri plastik.
  3. Pembatasan investasi pada industri plastik.
  4. Adanya penurunan produksi di industri plastik.
  5. Pembangunan pabrik petrokimia oleh pemerintah.

 

 

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Berdasarkan teks pada soal tersebut dijelaskan pada paragraf 4, dengan adanya kebijakan penggunaan kantong plastik sekali pakai, kebijakan ini akan memukul industri dan berpotensi membuat sekitar 5.000 pekerja di pabrik plastik kehilangan pekerjaan. Dampak kebijakan ini akan meluas sampai ke industri bahan baku. Hal tersebut disebabkan dampak penurunan produksi di industri plastik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin D.  

Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal Tes Skolastik UTBK-SNBT 2024 & Pembahasannya 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

11. Topik: Kalimat dan Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)

Konsep: Simpulan  (UTBK!)

 

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11 dan 12.

(1) Serial Money Heist Season 5 tayang perdana pada tanggal 3 September 2021 di Netflix. (2) Perlu diketahui bahwa serial itu akan dibagi menjadi dua volume yang tayang pada waktu yang berbeda. (3) Volume pertama akan tayang pada 3 September 2021, sedangkan volume kedua tayang pada 3 Desember 2021.

(4) Sebagai musim terakhir dari serial fenomenal ini, penayangan Money Heist Season 5 tentu telah banyak dinantikan oleh penonton setia Netflix. (5) Money Heist Season 4 dilaporkan mendapatkan jumlah penonton sebanyak 65 juta di seluruh belahan dunia. (6) Serial dengan judul Spanyol La Casa de Papel ini juga berhasil mendapatkan penghargaan di 64th International Emmy Awards dalam kategori Best Drama Series. (7) Menurut penilaian IMDb (Internet Movie Database), rating Money Heist adalah 8,4 dari 10.

(8) Menurut laporan Variety, kesuksesan Money Heist membawa Netflix untuk melakukan adaptasi versi Korea. (9) Netflix akan membuat versi drama Korea dari serial Money Heist yang berasal dari Spanyol. (10) Kim Hong Sun yang dikenal telah memimpin produksi drama action-thriller, seperti Voice dan Black, akan menjadi sutradara dalam series Money Heist versi Korea. (11) Sementara itu, Ryu Yong Jae yang dikenal dengan karyanya My Holo Love dan Psychopath Diary dipercaya menjadi penulis skenario Money Heist versi Korea.

Nursaniyah, F. (2021). Fenomena Serial Money Heist: Tak Laku di Negara Sendiri hingga Jadi Drama Terlaris di Dunia. Diambil 1 November 2021 dari https://www.kompas.com/hype/read/2021/09/03/091444966/fenomena-serial-money-heist-tak-laku-di-negara-sendiri-hingga-jadi-drama?page=all.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah …

  1. Money Heist Season 5 akan dibagi menjadi dua season yang tayang pada waktu yang berbeda.
  2. Money Heist Season 5 dilaporkan mendapatkan jumlah penonton sebanyak 65 juta di seluruh belahan dunia.
  3. La Casa de Papel mendapatkan penghargaan di 64th International Emmy Awards dalam kategori Best Drama Series.
  4. Menurut laporan Netflix, kesuksesan Money Heist membawa Variety memutuskan untuk melakukan adaptasi versi Korea.
  5. Kim Hong Sun dan Ryu Yong Jae akan menjadi sutradara dan penulis naskah dalam serial Money Heist versi Korea.

 

 

Jawaban: C

Pembahasan: 

Pernyataan yang sesuai dengan teks adalah pernyataan yang disebutkan dalam teks ataupun tersirat dalam teks. Pernyataan yang tepat sesuai dengan teks adalah pernyataan yang ada di pilihan jawaban C. Hal tersebut sesuai dengan kalimat nomor (6). Sementara itu, pilihan jawaban lainnya tidak tepat. Berikut adalah analisis setiap pilihan jawaban.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena Money Heist Season 5 dibagi menjadi dua bagian, bukan dua season.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena yang mendapatkan jumlah penonton sebanyak 65 juta di seluruh belahan dunia adalah Money Heist Season 4.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena yang melaporkan adalah Variety dan hendak membuat Money Heist versi Korea adalah Netflix.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena Kim Hong Sun dan Ryu Yong Jae memiliki peran yang berbeda. Kim Hong Sun adalah sutradara, sedangkan Ryu Yong Jae merupakan penulis naskah Money Heist versi Korea.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

12. Topik: Kalimat dan Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)

Konsep: Kepaduan Paragraf (UTBK!)

 

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 12 dan 13.

(1) Facebook Inc. kini telah resmi berganti nama menjadi Meta. (2) Perubahan nama ini merupakan cara Facebook agar lebih dikenal sebagai perusahaan Metaverse, sebuah lingkungan virtual bersama yang diproyeksikan menjadi penerus internet seluler. (3) CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengumumkan secara langsung pergantian nama ini dalam acara konferensi tahunan Connect pada Kamis (28/10/2021). (4) Ia mengatakan bahwa Meta mencerminkan fokus perusahaan yang berinvestasi pada Metaverse.

(5) Menurut Zuck, nama baru perusahaannya, berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘melampaui’, melambangkan bahwa selalu ada yang lebih banyak untuk dibangun. (6) Dari nama baru itu, juga tercermin bahwa seiring waktu pengguna tidak perlu menggunakan Facebook untuk mengakses layanan lainnya. (7) Pada Kamis (28/10/2021), perusahaan juga telah meluncurkan logo baru untuk menggantikan ikon ibu jarinya dengan bentuk infinity biru. (8) Meski Facebook berganti nama dan akan menyatukan berbagai aplikasi dan teknologi besutannya di bawah satu merek baru, struktur perusahaan disebut tidak akan berubah.

(9) Pekan lalu, Facebook, sebelum berganti nama, mengumumkan bahwa mereka akan membuka 10.000 lowongan pekerjaan baru di Eropa terkait Metaverse. (10) Selain merekrut banyak tenaga kerja, Facebook juga menyiapkan akses ke pasar konsumen hingga pusat penelitian yang menunjang Metaverse. (11) Perusahaan juga baru-baru ini mengumumkan investasi 50 juta dolar AS untuk proyek pengembangan Metaverse.

Fajrian, H. (2021). Facebook Inc. resmi berganti nama menjadi Meta, Fokus pada Metaverse. Diambil 1 November 2021 dari https://katadata.co.id/happyfajrian/digital/617b48a5eddc7/facebook-inc-resmi-berganti-nama-menjadi-meta-fokus-pada-metaverse.

Mengapa pada paragraf kedua perlu ditambahkan kalimat?

  1. Filosofi nama Meta perlu dijelaskan
  2. Alasan mengganti nama Facebook menjadi Meta perlu dijelaskan 
  3. Tidak ada pengantar mengenai penjelasan mengganti logo
  4. Logo infinity biru perlu dijelaskan lebih rinci
  5. Aplikasi yang disebut di kalimat (8) perlu dirinci

 

 

Jawaban: C

Pembahasan: 

Penambahan kalimat pada sebuah paragraf dilakukan jika paragraf tersebut mengandung masalah seperti lompatan ide atau kekurangan ide. Pada kalimat (6) ke kalimat (7) terdapat lompatan ide. Kalimat (6) membicarakan perihal pergantian nama, sedangkan kalimat (7) membicarakan logo. Sementara itu, kalimat (8) kembali membahas pergantian nama. Ketiga kalimat tersebut bisa menjadi padu apabila ada kalimat di antara kalimat (6) dan (7) yang bisa menjembatani keduanya).

Oleh karena itu, dibutuhkan kalimat di antara kalimat (6) dan (7) yang berkaitan dengan logo agar ide antara kalimat (6) dan (7) menjadi padu. Perihal logo tertulis pada pilihan jawaban C.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena filosofi Meta sudah dijelaskan.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena alasan mengganti nama Facebook menjadi Meta sudah dijelaskan melalui filosofi yang tertulis di paragraf 2.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena penjelasan logo infinity biru bisa diterangkan di paragraf lain.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena tidak perlu ada perincian lebih lanjut terkait aplikasi di kalimat (8).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

13. Topik: Kalimat dan Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)

Konsep: Ide Pokok (UTBK!)

 

Apakah ide pokok paragraf kedua dalam teks tersebut?

  1. Filosofi nama baru Facebook
  2. Etimologi nama baru Facebook
  3. Proses lahirnya nama baru perusahaan Facebook
  4. Nama baru dan tujuan Metaverse pengganti Facebook
  5. Pengaruh nama baru Facebook pada struktur perusahaan

 

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Ide pokok adalah hal yang dibahas dalam sebuah paragraf. Biasanya ide pokok terletak dalam kalimat utama yang posisinya bisa di awal, akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Akan tetapi, ide pokok juga bisa tersebar di seluruh kalimat dalam teks. Paragraf yang ide pokoknya tersebar biasanya berupa paragraf naratif atau deskriptif.

Langkah yang harus dilakukan untuk menentukan ide pokok dari sebuah paragraf adalah dengan membaca teksnya dan menentukan hal penting apa yang diterangkan dalam paragraf tersebut.

Hal yang secara umum dibicarakan dalam paragraf kedua terletak pada awal paragraf, yakni nama baru Facebook dan filosofinya. pernyataan ini sesuai dengan pilihan jawaban A.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena teksnya tidak membahas asal-usul nama baru Facebook.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena paragraf tersebut tidak membahas proses lahirnya nama baru Facebook.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena paragraf 2 tidak membahas tujuan penggantian nama Facebook. Ada pula kesalahan informasi karena Metaverse tidak dibuat untuk menggantikan nama Facebook.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena paragraf 2 tidak membahas pergantian struktur.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

14. Topik: Kalimat dan Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)

Konsep: Simpulan (UTBK!)

 

Teks ini digunakan untuk menjawab soal berikut.

(1) Dalam sosialisasi daring “Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022”, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyosialisasikan sejumlah ketentuan terkait penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2022. (2) Terkait dengan pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2022, Ketua Pelaksana LTMPT, Budi P. Widyobroto, menyampaikan ada perbedaan dalam materi tes di Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022. (3) Jika di UTBK 2021 materi tes berupa tes potensi skolastik (TPS) dan tes kemampuan akademik (TKA), di UTBK 2022 ada tambahan materi tersendiri berupa Bahasa Inggris.

(4) Dalam pengerjaannya, lanjut Budi, jadwal ujian Bahasa Inggris dilaksanakan bersamaan dengan TPS. (5) Namun, nilai dari hasil ujian tes Bahasa Inggris akan dimasukkan dalam sertifikat UTBK, tidak digabung dengan nilai tes TPS. (6) Sementara untuk hal lainnya, pelaksanaan UTBK 2022 dan 2021 masih relatif sama. (7) Budi juga menyampaikan bahwa pelaksanaan UTBK gelombang satu ataupun kedua akan dilakukan setelah Idulfitri 2022.

Kasih, A. P. (2021). SBMPTN 2022, LTMPT: Ada Tambahan Materi Ujian UTBK 2022. Diambil 31 Desember 2021 dari https://www.kompas.com/edu/read/2021/12/13/102859971/sbmptn-2022-ltmpt-ada-tambahan-materi-ujian-utbk-2022.

Simpulan yang dapat kita ambil dari teks tersebut adalah …

  1. Dapat disimpulkan bahwa UTBK 2022 sama dengan UTBK 2021.
  2. Dengan demikian, Bahasa Inggris tidak diujikan di TPS pada UTBK 2022.
  3. Simpulan yang dapat diambil adalah jadwal ujian Bahasa Inggris dilaksanakan bersamaan dengan TPS.
  4. Pemaparan tersebut membawa kita pada simpulan bahwa nilai Bahasa Inggris akan dimasukkan dalam sertifikat.
  5. Uraian tersebut menunjukkan bahwa UTBK 2022 dilaksanakan setelah Idul Fitri.

 

 

Jawaban: B

Pembahasan: 

Simpulan sebuah teks dapat ditentukan dengan melihat ide pokok pada setiap paragrafnya. Sebelum menentukan simpulan, tentukan ide pokok tiap-tiap paragraf tersebut.

Paragraf 1 membicarakan bahwa ada perubahan pada UTBK 2022 dengan 2021, yakni adanya penambahan tes Bahasa Inggris di samping TPS dan TKA. Kemudian, paragraf 2 membicarakan teknis dari tes Bahasa Inggris tersebut.

Yang bisa disimpulkan dari kedua informasi tersebut adalah bahwa Bahasa Inggris tetap akan ada dalam UTBK 2022, tetapi tidak dimasukkan ke dalam subtes TPS. Bahasa Inggris akan menjadi tes tersendiri.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena UTBK 2021 dan 2022 memiliki perbedaan, yakni pada tes Bahasa Inggris.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena informasi tersebut merupakan penjelas pada paragraf 2.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena pernyataan ini merupakan penjelas dari paragraf 2.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena informasi tersebut hanya menjadi penjelas pada paragraf 2.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

15. Topik: Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Tujuan dan Keberpihakan Penulis (NEW!)

Konsep: Tujuan Penulisan Teks (UTBK!)

 

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 15—17.

(1) Baru-baru ini, sejumlah ilmuwan menemukan spesies tokek teranyar yang diberi nama jackie’s day (Cnemaspis jackieii). (2) Nama ini terinspirasi dari tokoh bela diri yang sekaligus aktor tenar, Jackie Chan. (3) Penamaan ini disebabkan oleh kelincahan si tokek yang membuat para ilmuwan teringat akan sosok Jackie Chan yang gesit. (4) Selain kelincahannya, ada alasan lain yang mendasari penamaan tokek tersebut. (5) Penamaan yang menarik perhatian itu akan memudahkan pelestariannya karena orang-orang akan lebih mengenal spesies tersebut.

(6) Jenis tokek ini pertama kali ditemukan oleh herpetolog di Pegunungan Ghats Barat, India. (7) Dari ciri-ciri fisiknya, Cnemaspis jackieii memiliki tubuh yang cukup kecil dengan ukuran 3—4 sentimeter. (8) Sebagai makhluk diurnal, tokek jenis ini mempunyai sepasang mata dengan pupil sirkular. (9) Hal ini berbeda dengan tokek nokturnal yang memiliki pupil irisan.

(10) Saat penemuan itu, para ilmuwan tidak hanya menemukan spesies Cnemaspis jackieii, tetapi juga menemukan sebelas spesies lainnya. (11) Jenis-jenis tersebut juga memiliki nama yang tak kalah unik. (12) Contohnya adalah Cnemaspis balerion yang diambil dari laga “Game of Thrones”, Cnemaspis smaug yang terinspirasi dari laga “Lord of the Rings”, dan Cnemaspis galaxia yang tubuhnya mirip dengan galaksi dan bintang-bintang.

Nurhapy, M. F. (2021). Fakta Jackie’s Day Gecko, Tokek Baru Bernama Jackie Chan. Diambil 20 November 2021 dari https://www.idntimes.com/science/discovery/mikhaangelo-fabialdi-nurhapy/fakta-jackie-day-gecko.

Paragraf 2 bacaan tersebut berfungsi untuk ….

  1. menggambarkan spesies tokek Cnemaspis jackieii
  2. mendeskripsikan penemuan spesies tokek terbaru
  3. menegaskan adanya penemuan spesies tokek jackie’s day
  4. menunjukkan bukti tentang penemuan spesies tokek terbaru
  5. memberikan pemahaman baru tentang penemuan spesies jackie’s day

 

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Sebuah teks yang padu memiliki hubungan antara paragraf satu dengan paragraf lainnya yang terjalin secara logis. Hubungan antarparagraf dapat berupa perincian, contoh, pemaparan, penjelasan, akibat, penambahan, simpulan, atau pertentangan. Untuk mengetahui hubungan setiap paragrafnya, pembaca perlu mengetahui gagasan pokok yang dibahas pada setiap paragrafnya.

  1. Paragraf pertama teks tersebut menginformasikan bahwa ada penemuan spesies tokek terbaru.
  2. Paragraf kedua teks tersebut mendeskripsikan spesies tokek terbaru dengan menyebutkan lokasi penemuannya dan ciri-ciri fisiknya.
  3. Paragraf ketiga teks tersebut menjelaskan bahwa selain spesies Cnemaspis jackieii, para ilmuwan menemukan sebelas spesies tokek lainnya yang diberi nama unik.

 

Berdasarkan penjelasan tersebut, paragraf 2 teks tersebut berfungsi untuk menggambarkan spesies tokek terbaru, yaitu Cnemaspis jackieii.

Pilihan jawaban B tidak tepat. Yang dideskripsikan dalam paragraf 2 adalah spesies tokek terbaru, bukan penemuannya.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena pada paragraf 2 tidak ada penegasan tentang penemuan spesies tokek terbaru.

Pilihan jawaban D  tidak tepat karena pada paragraf 2 tidak terdapat bukti tentang penemuan spesies tokek terbaru.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena paragraf 2 masih membahas informasi yang sama dengan paragraf sebelumnya, yaitu tentang spesies tokek terbaru.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

16. Topik: Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Ide Pokok dan Simpulan (NEW!)

Konsep: Kepaduan Paragraf (UTBK!)

 

Frasa jenis-jenis tersebut pada kalimat (11) merujuk pada ….

  1. sebelas tokek
  2. spesies lainnya
  3. Cnemaspis jackieii
  4. spesies tokek terbaru
  5. tokek dengan nama unik

 

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Salah satu syarat sebuah paragraf dapat dikatakan padu adalah adanya kohesi. Kohesi menjadi penanda bahwa kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf memiliki keterkaitan. Kohesi dapat berupa kata ganti orang, kata tunjuk, konjungsi antarkalimat, repetisi, atau sinonim. Pada kalimat (11) terdapat frasa jenis-jenis tersebut yang mengandung sebuah kohesi, yaitu kata tersebut. Karena terdapat kohesi, kalimat (11) merujuk pada kalimat sebelumnya. Frasa jenis-jenis tersebut pada kalimat (11) merujuk pada sebelas spesies tokek lainnya yang dijelaskan pada kalimat (10). Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat (11) menjelaskan bahwa sebelas spesies tokek lainnya juga memiliki nama yang unik.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena frasa tersebut merujuk pada sebelas spesies tokek lainnya, bukan sebelas tokek.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena spesies yang dimaksud pada kalimat (11) adalah spesies lainnya, bukan spesies Cnemaspis jackieii.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena pada kalimat (11) tidak ada penjelasan mengenai sebelas tokek terbaru, tetapi spesies tokek terbaru.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena nama yang unik baru dijelaskan pada kalimat (11).

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Baca Juga: Contoh Soal Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis TPS UTBK 2024 & Pembahasannya

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

17. Topik: Konjungsi dan Kalimat

Subtopik: Konsep Kilat Kalimat (NEW!)

Konsep: Variasi Kalimat (UTBK!)

 

Gagasan pada kalimat (5) dapat disampaikan melalui kalimat …

  1. Karena penamaan yang menarik perhatian itu, orang-orang akan lebih mengenal spesies tersebut dan akan memudahkan pelestariannya.
  2. Melalui penamaan yang menarik perhatian itu, spesies tersebut menjadi lebih mudah dilestarikan dan dikenali oleh orang-orang.
  3. Penamaan yang menarik perhatian itu membuat orang-orang akan lebih mengenal spesies tersebut karena akan memudahkan pelestariannya.
  4. Pelestarian spesies tersebut menjadi lebih mudah karena penamaan yang menarik perhatian itu membuat orang-orang akan lebih mengenalnya.
  5. Orang-orang akan mengenal spesies tersebut dan akan lebih mudah untuk melestarikannya sebab penamaan yang menarik perhatian itu.

 

 

Jawaban: D

Pembahasan: 

Gagasan adalah informasi yang disampaikan, baik dalam kalimat maupun dalam paragraf. Gagasan pada kalimat dapat ditentukan berdasarkan struktur intinya, yaitu subjek dan predikat. Berikut analisis pola kalimat (6).

Penamaan yang menarikS

perhatian itu akan memudahkanP

pelestariannyaO

karena Konj.

orang-orangS

akan lebih mengenal P

spesies tersebut. O

Kalimat (6) memiliki tiga informasi yang saling berkaitan, yaitu

  1. penamaan yang menarik perhatian
  2. pelestarian spesies tersebut menjadi mudah
  3. orang-orang akan lebih mengenal spesies tersebut

 

Dari informasi tersebut, poin 1 menyebabkan poin 2 (penamaan yang menarik perhatian menyebabkan pelestarian spesies menjadi mudah), sedangkan poin 2 terjadi karena poin 3 (pelestarian spesies yang menjadi mudah terjadi karena orang-orang-orang lebih mengenal spesies tersebut).

Berdasarkan penjelasan tersebut, gagasan pada kalimat (6) dapat diungkapkan melalui kalimat yang ada di pilihan jawaban D.

Pilihan jawaban A dan B tidak tepat karena terdapat ketidaksesuaian informasi Dalam pilihan jawaban A dan B, “penamaan yang menarik perhatian itu” menyebabkan dua hal, yaitu “orang-orang akan lebih mengenal spesies tersebut” dan “memudahkan pelestariannya”.

Pilihan jawaban C tidak tepat. Informasi dalam pilihan jawaban C tidak sesuai. Pada pilihan jawaban C, “penamaan yang menarik perhatian itu” menyebabkan “orang-orang akan lebih mudah mengenalnya”, lalu “orang-orang akan lebih mudah mengenalnya terjadi karena akan memudahkan pelestariannya”.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena terdapat informasi yang tidak sesuai dengan kalimat (6). Informasi pada pilihan jawaban E adalah “orang-orang akan mengenal spesies tersebut dan akan lebih mudah untuk melestarikannya” menjadi akibat dari “penamaan yang menarik perhatian itu”.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

18. Topik: Kalimat dan Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)

Konsep: Kepaduan Paragraf (UTBK!)

 

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 18 dan 19.

(1) Infertilitas adalah masalah yang ditakuti oleh pasangan suami istri yang berharap mendapatkan momongan. (2) Banyak faktor yang dapat menyebabkan ketidaksuburan, salah satunya adalah obat-obatan yang rutin dikonsumsi. (3) Pada perempuan, siklus menstruasi dikontrol secara ketat oleh interaksi antara otak, ovarium, dan rahim. (4) Masalah kesehatan atau obat apa pun yang mengganggu komunikasi ini dapat berdampak buruk pada ovulasi dan membuat perempuan sulit untuk hamil.

(5) NSAID atau non-steroidal anti-inflammatory drugs adalah obat yang digunakan untuk meredakan nyeri. (6) Beberapa obat ini bisa didapatkan secara bebas tanpa resep dokter. (7) Perempuan muda yang secara rutin mengonsumsi NSAID dapat mengalami penurunan kesuburan. (8) Dijelaskan dalam laman WebMD, obat obatan NSAID dapat menghambat ovulasi dan menurunkan kadar hormon progesteron perempuan. (9) Efek ini sebenarnya tidak permanen, tetapi seorang perempuan tidak akan hamil jika dia terus menggunakan NSAID. (10) Oleh karena itu, perempuan yang berencana hamil disarankan untuk berhenti minum obat-obatan NSAID.

Ami, E. (2021). Kenali 5 Obat yang Bikin Susah Hamil, Gunakan dengan Bijak. Diambil 20 Desember 2021 dari https://www.idntimes.com/health/medical/eka-amira/kenali-5-obat-yang-bikin-susah-hamil-c1c2.

Kalimat yang dapat melemahkan argumen pada paragraf pertama adalah …

  1. Masa ovulasi sebaiknya digunakan sebaik mungkin agar peluang hamil menjadi lebih besar.
  2. Siklus menstruasi pada setiap perempuan berbeda-beda bergantung pada teratur atau tidaknya siklus tersebut.
  3. Tidak menutup kemungkinan konsumsi obat-obatan juga dapat membantu untuk memperbesar peluang kehamilan.
  4. Setiap obat memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga harus diteliti sebelum dikonsumsi.
  5. Stres berlebihan pun dapat mengganggu komunikasi antara otak, ovarium, dan rahim.

 

 

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Kalimat yang dapat melemahkan argumen adalah kalimat yang membantah pernyataan pada sebuah paragraf. Untuk menjawab soal seperti ini, kita perlu mengetahui hal apa yang dibicarakan pada paragraf yang hendak dilemahkan. Dalam soal ini, paragraf yang ditanyakan adalah paragraf pertama.

Ide pokok paragraf pertama adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan infertilitas pada perempuan adalah konsumsi obat-obatan. Pernyataan ini dapat dilemahkan oleh kalimat pada jawaban C karena jawaban C membicarakan obat-obatan, tetapi dari sisi yang lebih positif terhadap perempuan, yakni obat-obatan yang dapat membantu memperbesar peluang kehamilan.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena tidak membicarakan obat-obatan sehingga kalimat ini tidak bisa digunakan untuk melemahkan argumen pada paragraf 1.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena tidak membicarakan obat-obatan, tetapi siklus menstruasi sehingga kalimat ini tidak bisa digunakan untuk melemahkan argumen pada paragraf 1.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena sifatnya memperkuat argumen yang ada di paragraf 1.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena tidak membicarakan obat-obatan sehingga kalimat ini tidak bisa digunakan untuk melemahkan argumen pada paragraf 1.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

19. Topik: Kalimat dan Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)

Konsep: Hubungan Antarparagraf (UTBK!)

 

Mengapa perlu ditambahkan paragraf di antara kedua paragraf tersebut?

  1. Masalah ovulasi pada perempuan perlu dibahas lebih lanjut.
  2. Kaitan antara infertilitas dan obat-obatan secara umum harus dibahas.
  3. Perlu disebutkan NSAID yang kerap kali dikonsumsi oleh perempuan.
  4. Perlu dibahas obat-obatan yang termasuk ke dalam NSAID.
  5. Alasan NSAID berbahaya hanya pada perempuan.

 

 

Jawaban: C

Pembahasan: 

Informasi yang harus ditambahkan sebaiknya berupa informasi yang penting, tetapi belum ada di dalam teks. Sebelum menentukan gagasan utama yang tepat disisipkan di antara paragraf 1 dan 2 teks tersebut, kita harus mengetahui ide pokok paragraf 1 dan 2.

Paragraf 1 membicarakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan infertilitas pada perempuan adalah konsumsi obat-obatan, sedangkan ide pokok paragraf 2 adalah akibat bagi perempuan jika rutin mengonsumsi NSAID.

Di antara kedua paragraf itu perlu kita tambahkan sebuah paragraf yang membicarakan jenis obat-obatan apa saja yang termasuk NSAID dan sering dikonsumsi oleh perempuan. Informasi ini penting untuk disampaikan agar informasi dalam teks ini menjadi lengkap.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena informasi yang dijelaskan dalam teks adalah obat-obatan yang termasuk NSAID, bukan masalah ovulasi.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena membahas obat-obatan secara umum akan terlalu memperluas pembahasan.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena informasi tentang obat-obatan yang termasuk NSAID lebih tepat jika diletakkan setelah paragraf 2.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena informasi ini lebih tepat jika diletakkan setelah paragraf 2.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

20. Topik: Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Ide Pokok dan Simpulan (NEW!)

Konsep: Simpulan (UTBK!)

 

Teks ini digunakan untuk menjawab soal berikut.

(1) Seiring dengan meningkatnya penularan virus omicron, sebanyak lima organisasi profesi yang bergerak di bidang medis menyurati Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Dalam Negeri. (2) Kelima organisasi profesi tersebut adalah Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Indonesia Intensif Indonesia (PERDATIN), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular (PERKI), serta Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). (3) Kelima organisasi tersebut meminta agar pelaksanaan PTM bagi anak sekolah yang berusia di bawah 11 tahun dievaluasi. (4) Mereka meminta agar anak-anak dan keluarganya dapat memilih antara mengikuti PTM atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). (5) Pilihan tersebut disesuaikan dengan kondisi dan profil risiko keluarga masing-masing.

(6) Permintaan ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya tingkat kepatuhan anak yang berusia di bawah 11 tahun terhadap protokol kesehatan. (7) Selain itu, anak-anak tersebut belum mendapatkan vaksinasi Covid-19. (8) Kedua hal itu berisiko meningkatkan penyebaran kasus Covid-19 varian omicron pada anak. (9) Ketua Umum PDPI, Dr. Agus Dwi Susanto, mengatakan bahwa berdasarkan laporan beberapa negara, jumlah anak yang terpapar omicron lebih banyak daripada varian sebelumnya. 

Tim CNN. (2022). Omicron Menggila, Organisasi Medis Minta Evaluasi PTM 100 Persen. Diambil 23 Januari 2022 dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220123205227-20-750204/omicron-menggila-organisasi-medis-minta-evaluasi-ptm-100-persen.

Berdasarkan bacaan tersebut, dampak langsung yang sangat mungkin muncul apabila pelaksanaan PTM bagi anak yang berusia di bawah 11 tahun dievaluasi adalah …

  1. Orang tua akan melarang anak mereka yang berusia di bawah 11 tahun tersebut untuk mengikuti PTM.
  2. PTM bagi anak yang berusia di bawah 11 tahun ditunda sementara sampai waktu yang belum ditentukan.
  3. Anak-anak berusia di bawah 11 tahun yang akan mengikuti PTM ditentukan oleh profil risiko kesehatan keluargamasing-masing.
  4. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Dalam Negeri akanmengeluarkan larangan PTM.
  5. Kementerian Kesehatan akan mengoptimalkan vaksinasi Covid-19 bagi anak yang berusia di bawah 11 tahun.

 

 

Jawaban: C

Pembahasan: 

Analisis terhadap masalah diperlukan sebelum menjawab soal ini. Kita harus mengetahui konteks dalam bacaan agar prediksi terhadap dampak dari suatu masalah tepat dan sesuai dengan isi bacaan. Dalam bacaan disebutkan pada kalimat (4) bahwa kelima lembaga profesi di bidang medis yang menyurati beberapa kementerian meminta agar PTM dilakukan berdasarkan profil risiko kesehatan keluarga anak-anak yang berusia di bawah 11 tahun. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat terhadap dampak yang paling mungkin terjadi setelah PTM bagi anak yang berusia di bawah 11 tahun dievaluasi adalah Anak-anak berusia di bawah 11 tahun yang akan mengikuti PTM ditentukan oleh profil risiko kesehatan keluarga masing-masing.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena orangtua tidak akan langsung melarang anaknya sebelum adanya imbauan hasil evaluasi dari lembaga terkait, jadi pilihan A bukan termasuk dampak langsung yang terjadi setelah PTM dievaluasi.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena yang diminta oleh kelima lembaga profesi di bidang medis yang menyurati beberapa kementerian adalah agar PTM bagi anak usia di bawah 11 tahun dilakukan berdasarkan profil risiko kesehatan keluarga masing-masing.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena yang dibahas dalam teks adalah perlunya mengevaluasi kembali PTM bagi anak yang berusia di bawah 11 tahun. Dampak yang dibahas dalam piljaw D terlalu luas karena tidak dijelaskan PTM untuk anak umur berapa.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena tidak secara langsung berhubungan dengan PTM bagi anak-anak usia di bawah 11 tahun. Dampak tersebut terlalu luas dan tidak langsung berhubungan dengan PTM.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Baca Juga: Contoh Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum TPS UTBK 2024 & Pembahasannya

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

21. Topik: Bedah Contoh Soal Literasi Bahasa Indonesia

Subtopik: Memahami Informasi

 

Teks ini digunakan untuk menjawab soal berikut.

Virus Covid-19 masih menjadi musuh bersama bagi masyarakat Indonesia. Hal ini didasari oleh masih banyaknya kasus positif Covid-19 dan angka kematian akibat Covid-19 hingga akhir Desember 2022, terlebih setelah masuknya subvarian koronavirus yang baru ke Indonesia sejak Juni 2022 lalu, yaitu Omicron BA.4 dan BA.5 yang dianggap lebih mudah menyerang kekebalan tubuh manusia dan lebih cepat menyebar. Hal inilah yang mengakibatkan munculnya wacana program pemberian vaksin ke-4 untuk masyarakat umum. Wacana pemberian vaksin ke-4 untuk masyarakat ini mengundang reaksi dari berbagai pihak dan salah satunya adalah Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). ITAGI berpendapat bahwa pelaksanaan pemberian vaksin dosis ke-4 akan berbahaya jika tetap dipaksakan oleh pemerintah sebab ada masyarakat yang belum mendapatkan vaksin sama sekali. Untuk bisa mendapatkan vaksin ke-4 ini, masyarakat harus mendapatkan vaksin ke-1 hingga ke-3 terlebih dahulu. Meskipun begitu, sejak akhir bulan September 2022, vaksin Covid-19 dosis ke-4 ini telah diberikan kepada tenaga kesehatan Indonesia dengan pertimbangan bahwa imunitas vaksin pada dosis ke-3 yang mulai menurun. Terlepas dari pertimbangan positif tersebut, faktanya capaian vaksinasi Covid-19 dosis ke-3 di Indonesia masih tergolong rendah.

Dengan menggunakan informasi di atas, manakah pernyataan di bawah ini yang TIDAK sesuai dengan teks?

A. Vaksin dosis ke-4 berfungsi sebagai pelengkap imunitas.
B. Masyarakat Indonesia masih berperang melawan Covid-19.C. Pemberian vaksin dosis ke-3 belum merata ke seluruh masyarakat.
C. Tenaga kesehatan telah mendapatkan vaksin dosis ke-4 terlebih dahulu.
D. Sebelum Juni 2022, belum ada subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia.

 

 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan :

Soal menanyakan pernyataan di bawah ini yang TIDAK sesuai dengan teks. Untuk menjawab soal ini, kita perlu memahami isi teks secara menyeluruh.

Paragraf 1 membahas wacana program pemberian vaksin ke-4 untuk masyarakat umum akibat masih banyaknya kasus Covid-19. Sementara itu, paragraf 2 memberikan informasi tentang tanggapan dari wacana vaksinasi dosis ke-4 dan pemberian vaksinasi dosis ke-4 kepada tenaga kesehatan. Setelah membaca teks secara menyeluruh, ditemukan bahwa tidak ada penjelasan yang menyatakan atau mengindikasikan bahwa pemberian vaksin dosis ke-4 berfungsi sebagai pelengkap imunitas. Pada paragraf 1 dan 2, dijelaskan bahwa pemberian vaksin ke-4 ini didasarkan pada pertimbangan masih adanya penyakit Covid-19 di Indonesia dan mulai menurunnya imunitas vaksin pada dosis ke-3. Oleh karena itu, pernyataan pada opsi jawaban A TIDAK sesuai dengan teks dan merupakan pilihan jawaban yang tepat.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Contoh Soal Isian Tabel

Teks ini digunakan untuk menjawab soal berikut.

Cancel culture dapat diartikan sebagai sebuah praktik boikot massal terhadap seseorang atau suatu kelompok. Pemboikotan ini bisa terjadi di dunia nyata, media sosial, atau keduanya. Cancel culture dilakukan dengan cara mengumpulkan dukungan untuk memboikot seseorang atau suatu kelompok yang telah melakukan hal yang tidak pantas atau melanggar nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, seperti mengatakan hal yang rasis atau melakukan tindakan kriminal.

Orang-orang atau kelompok yang mengalami cancel culture biasanya akan diboikot, baik dalam pekerjaannya hingga kehidupan sosialnya. Pada prosesnya, mereka juga akan mendapatkan ujaran kebencian dan dimasukkan ke dalam daftar hitam (blacklist). Hal ini dilakukan masyarakat sebagai bentuk penolakan keberadaan diri mereka di ruang publik. Cancel culture ini sering dialami para figur publik, seperti selebritas dan politisi.

Jika ditelusuri lebih lanjut, cancel culture memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif dari gerakan cancel culture adalah gerakan ini bisa berfungsi sebagai alat pengendalian sosial. Hal ini terjadi karena gerakan ini bisa membuat masyarakat, terutama figur publik, akan berhati-hati ketika berucap dan bertindak. Sementara itu, dampak negatifnya adalah menimbulkan cyber bullying terhadap seseorang dan menciptakan rasa malu, tidak percaya diri, hingga depresi pada orang yang mengalaminya. Selain itu, jika terjadi pada figur publik, cancel culture ini tentunya berpotensi besar merusak kehidupan mereka sebagai figur publik.

 

Berdasarkan informasi pada teks, tentukanlah apakah pernyataan dalam tabel berikut termasuk ke dalam kalimat fakta atau opini dan tentukan pula apakah kalimat tersebut sesuai dengan informasi pada teks!

Catatan: Tabel terdiri dari enam baris dan lima kolom

Contoh Isian Tabel pada Soal Literasi

 

 

Kunci Jawaban: Opini Sesuai; Opini Sesuai; Opini Tidak Sesuai; Opini Tidak Sesuai; Opini Sesuai

Pembahasan:

Soal meminta kita untuk mengklasifikasikan kalimat dalam tabel ke dalam kalimat fakta atau opini dan mengecek kesesuaian pernyataan dengan informasi pada teks. Berikut ini adalah hasil analisis dari setiap pernyataan.

Pernyataan 1 merupakan kalimat opini. Kata harus pada pernyataan menunjukkan bahwa kalimat tersebut berisikan saran terhadap suatu hal. Kalimat ini sesuai dengan isi teks. Menurut teks, cancel culture biasanya dilakukan pada orang atau kelompok yang melakukan hal yang tidak pantas sehingga mereka bisa malu atas tindakannya itu dan tidak mengulanginya lagi.

Pernyataan 2 merupakan kalimat opini. Kata bisa menunjukkan adanya kemungkinan terjadinya suatu hal. Pernyataan ini sesuai dengan informasi pada paragraf 3 yang menjelaskan bahwa cancel culture bisa menimbulkan cyber bullying terhadap seseorang.

Pernyataan 3 merupakan kalimat opini. Hal ini ditandai dengan keberadaan kata sangat yang menunjukkan pendapat seseorang terkait suatu hal dan pendapat ini bisa berbeda dengan orang lainnya. Namun, pernyataan ini tidak sesuai dengan isi teks karena teks tidak menjelaskan pihak yang menggemari gerakan cancel culture.

Pernyataan 4 merupakan kalimat opini. Kata bisa pada pernyataan menunjukkan adanya kemungkinan terjadinya suatu hal. Namun, pernyataan ini tidak sesuai dengan isi teks karena teks tidak menjelaskan bahwa cancel culture bisa menyebabkan pikiran seseorang menjadi terbuka.

Pernyataan 5 merupakan kalimat opini. Kalimat ini menunjukkan adanya kemungkinan terjadinya suatu hal yang belum dipastikan kebenarannya Pernyataan ini sesuai dengan isi teks karena teks menjelaskan bahwa cancel culture dapat dilakukan di media sosial dan gerakan ini biasanya dialami para publik figur, seperti selebritas dan politisi, yang telah melakukan hal yang tidak pantas atau melanggar nilai dan norma yang berlaku. Selebgram merupakan selebritas yang ada di media sosial Instagram sehingga termasuk publik figur.

Jadi, jawaban secara berurutan adalah opini sesuai, opini sesuai, opini tidak sesuai, opini tidak sesuai, dan opini sesuai.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Tips Mengerjakan Soal Literasi Bahasa Indonesia

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat mengerjakan soal Literasi Bahasa Indonesia, yaitu:

  1. Dahulukan membaca soal yang sedang ditanyakan, setelah itu baca paragraf sesuai permintaan dari soal.
  2. Gunakan teknik membaca cepat.
  3. Gunakan teknik membaca cermat untuk menjawab soal yang menanyakan informasi dari sebuah paragraf.
  4. Perbanyak kosa kata di KBBI dan tambah pemahaman tentang PUEBI.

 

Mudah dipahami kan guys? Nggak perlu takut atau panik, dengan banyak berlatih contoh soal Literasi Bahasa Indonesia UTBK-SNBT, pasti kamu bisa lebih mudah untuk mengerjakannya di hari ujian nanti.

Yuk, maksimalkan lagi persiapan UTBK-SNBT kamu dengan mengikuti tryout dari dari ruanguji. Dapatkan benefit berupa fasilitas lengkap dan diskon yang murah abiiss!

Tryout ruanguji

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D