10 Variasi Ucapan Terima Kasih (Thanking Expression) | Bahasa Inggris Kelas 7

Variasi Ucapan Terima Kasih (Thanking Expression)

Apa sih yang biasa kamu ucapkan saat ingin berterima kasih dalam bahasa Inggris? Nggak hanya thank you, masih banyak ungkapan lainnya lho. Yuk, simak variasinya dan cara membalasnya di pelajaran Bahasa Inggris Kelas 7.

--

Guys, tahu nggak bahwa hanya perlu tiga kata ajaib untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain? Yup, tiga kata tersebut adalah terima kasih (thanks), maaf (sorry), dan tolong (please). Kalau kamu selalu menggunakan kata-kata ini ketika berbicara dengan orang lain, dijamin kamu akan disenangi banyak orang.

Nah, sekarang kita akan belajar tentang variasi ucapan terima kasih dalam bahasa Inggris. Sebelum kita belajar lebih lanjut, simak dulu percakapan di bawah ini, yuk!

 

Bagus: “Emooon! Please help me!” (Emooon! Tolong bantu aku!)

Emon: “Hah, what is it Bagus?” (Hah, ada apa Bagus?)

Bagus: “I just remember that we need to bring colored pencil to school tomorrow. But I haven’t bought them and it’s already late at night! Can I borrow your colored pencil?” (Aku baru ingat kalau kita perlu membawa pensil warna ke sekolah besok. Tapi aku belum membelinya dan sekarang sudah larut malam! Bisakah aku meminjam pensil warnamu?)

Emon: “Hmm, ok, ok, I already bought extra colored pencil anyway.” (Hmm, oke, oke. Lagipula, aku juga sudah membeli pensil warna tambahan.)

Bagus: “Thank you! That’s very kind of you, Emon.” (Terima kasih! Kamu baik sekali, Emon.”

Emon: “My pleasure, Bagus.” (Dengan senang hati, Bagus.)

 

Dari percakapan di atas, kira-kira apa ungkapan yang bisa kamu gunakan untuk mengucapkan terima kasih? Yup, thank you. Namun, masih banyak lagi lho variasi lainnya. Yuk, pelajari bersama!

 

Definisi Ungkapan Terima Kasih (Definition of Thanking Expression)

Ungkapan terima kasih dalam bahasa Inggris disebut dengan thanking. Ungkapan ini biasanya diungkapkan saat ada orang lain yang memberikan bantuan atau pujian kepada kamu. Well, bagaimana ya cara kamu berterima kasih kepada orang lain dalam bahasa Inggris?

Baca Juga: Contoh Ungkapan Permintaan Maaf (Apologizing) dalam Bahasa Inggris

 

Contoh Ungkapan Terima Kasih (Thanking Expression)

Ungkapan terima kasih dalam bahasa Inggris bisa kamu gunakan untuk berbagai situasi, baik itu di situasi informal atau percakapan sehari-hari, maupun di situasi formal seperti di kelas.

Kata yang paling umum digunakan untuk mengucapkan terima kasih adalah “Thanks” atau “Thank you”. Tapi, masih ada lagi ungkapan lain yang bisa kamu gunakan.

Kamu bisa mengucapkan “Terima kasih” secara singkat dengan mengatakan:

  1. Thanks.
  2. Thank you!

Kamu juga bisa mengucapkan “Terima kasih banyak” dengan mengatakan:

  1. Thank you so much.
  2. Thank you very much.
  3. Thanks a lot.
  4. Thanks a bunch.
  5. Thanks a million.
  6. Many thanks.

Selain itu, masih ada variasi ucapan terima kasih lainnya yang bisa kamu ucapkan, seperti:

  1. I appreciate it. (Aku menghargainya.)
  2. It’s very kind of you. (Kamu baik sekali.)

Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris

 

Ternyata banyak ‘kan cara untuk mengucapkan terima kasih dalam bahasa Inggris sekalin thank you saja. Lalu, kalau ada orang yang berterima kasih kepada kita, bagaimana ya cara kita membalasnya?

Baca Juga: Contoh Ungkapan Perpisahan (Parting) dalam Bahasa Inggris

 

Contoh Ungkapan Membalas Ucapan Terima Kasih (Thanking Responses)

Apabila ada seseorang yang berterima kasih kepada kamu, pastinya kamu harus membalas ucapan orang tersebut. Misalnya dalam bahasa Indonesia, saat ada orang yang mengatakan terima kasih, kita akan membalas dengan mengatakan “sama-sama” atau “terima kasih kembali”.

Nah, sama juga halnya dengan bahasa Inggris. Kamu juga bisa merespon ucapan terima kasih dengan berbagai ungkapan, lho. Apa saja? Yuk, lihat beberapa contoh ungkapan membalas atau merespon ucapan terima kasih dalam bahasa Inggris (thanking responses) berikut ini.

  1. You’re welcome. (Sama-sama.)
  2. You’re most welcome. (Sama-sama.)
  3. No problem. (Tidak masalah.)
  4. No worries. (Jangan khawatir.)
  5. No big deal. (Bukan masalah besar.)
  6. No need to thank me. (Tidak perlu berterimakasih padaku.)
  7. My pleasure. (Dengan senang hati.)
  8. Anytime. (Kapanpun.)
  9. Don’t mention it. (Jangan menyebutkannya.)
  10. That’s alright. (Tidak apa-apa.)

membalas ucapan terima kasih dalam Bahasa Inggris

 

Now, kamu sudah punya banyak variasi ucapan yang bisa digunakan untuk merespon ucapan terima kasih kan? So, nggak harus dibalas hanya dengan you’re welcome saja.

Baca Juga: Cara Menyapa Orang dalam Bahasa Inggris (Greetings)

 

Contoh Percakapan Thanking Expression

Oke, guys, sekarang kamu sudah mengetahui apa saja macam-macam ucapan terima kasih dalam bahasa Inggris (expression of thanking), ya. Biar makin expert lagi dengan materi ini, kita simak beberapa contoh dialog expression of thanking berikut ini, yuk!

Dialog 1

Emon: Hi, Bintang! How was your holiday in Bali? (Hai, Bintang! Bagaimana liburanmu di Bali?)

Bintang: Hello, Emon! It's amazing! Bali has many beautiful beaches. Oh, I bring you some souvenirs. Hope you like it! (Halo, Emon! Itu luar biasa! Bali punya banyak pantai yang indah. Oh, aku membawakanmu suvenir. Semoga kamu menyukainya, ya!)

Emon: Wow, thank you, Bintang! I really like it. (Wow, terima kasih, Bintang! Aku sangat menyukainya.)

Bintang: You're welcome! (Sama-sama!)

Dialog 2

Clara: Hi, Michelle! Your dress is so pretty. (Hai, Michelle! Gaun kamu sangat cantik.)

Michelle: Oh, thank you so much, Clara! This is my birthday gift from my mom. (Oh, terima kasih banyak, Clara! Ini hadiah ulang tahun dari ibuku.)

Clara: You're welcome. (Sama-sama)

Dialog 3

Bagus: Excuse me, sir! Do you know where the nearest pharmacy is? (Permisi, pak! Apa bapak tau di mana apotek terdekat?)

Teddy: Oh, the nearest one is called K25. You just have to turn left, then just go straight. The pharmacy would be in your right. (Oh, apotek terdakat itu K25. Kamu harus belok kiri, kemudian lurus saja. Apoteknya ada di sebelah kanan.)

Bagus: Thank you very much, sir! (Terima kasih banyak, pak!)

Teddy: My pleasure! (Dengan senang hati)

---

Well, nggak ada alasan lagi dong untuk kamu lupa bilang terima kasih? Nice! Sekarang, kamu sudah tidak perlu ragu lagi untuk mengungkapkan ucapan terima kasih dalam bahasa Inggris. Masih butuh contoh ungkapan lainnya? Langsung aja buka video belajar beranimasi yang super seru dan interaktif di ruangbelajar.

ruangbelajar

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)