Unik! Ini 5 Kampus Khusus Perempuan di Korea Selatan

Shabrina Alfari Des 9, 2020 • 5 min read


kampus khusus perempuan di korea selatan

Tahukah kamu jika di Korea Selatan terdapat beberapa kampus khusus perempuan? Yuk, cari tahu lebih dalam tentang kampus-kampus ini.

---

Pernah nonton drama Sky Castle? Di drama itu, kamu bisa melihat perjuangan seseorang untuk bisa masuk ke kampus top di Korea Selatan. Yap, tak hanya terkenal dengan K-Drama atau K-Pop, Korea Selatan juga memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik. Bahkan, beberapa kampus di Korea berhasil meraih peringkat dunia.

Ada satu hal yang unik nih dari kampus di Korea Selatan. Di negeri Ginseng ini ada banyak perguruan tinggi khusus perempuan. Hal ini membuktikan bahwa Korea sangat fokus mengembangkan pendidikan bagi perempuan. Penasaran seperti apa kampusnya? Yuk, kenali lebih dalam, siapa tahu kamu bisa jadi salah satu mahasiswinya, lho.

1. Ewha Womans University

1. Ewha Womans UniversityKampus Ewha Womans University (Sumber: scholarsofficial.com)

Kampus yang telah berdiri sejak 1886 ini menjadi salah satu dari lima kampus paling prestisius di Korea Selatan. Bahkan, Ewha Womans University menjadi salah satu universitas perempuan terbesar di dunia, lho. Arti nama Ewha sendiri adalah pear blossom, yang diberi nama oleh Raja Gojong pada waktu itu karena kampus Ewha dipenuhi oleh pohon-pohon bunga yang memiliki kemiripan dengan bunga sakura.

Para lulusan Ewha banyak sekali yang berkarya di berbagai bidang, mulai dari politik, bisnis, jurnalisme, ilmu pengetahuan, hingga aktris terkenal. Bagi kamu yang akan berkunjung ke Korea, juga bisa lho melihat keindahan bangunan dari Ewha yang memiliki perpaduan kuno dan modern.

2. Dongduk Women’s University

Dongduk Women’s UniversityKampus Dongduk Women's University (Sumber: archdaily.com)

Universitas khusus perempuan yang kerap disingkat dengan DWU ini didirikan oleh seorang aktivis perempuan Korea bernama Cho Dong-Shik pada tahun 1950. DWU memiliki fokus pada bidang sosial humaniora dan seni.  Tak heran, banyak sekali entertainer perempuan Korea yang berkuliah di kampus ini. Beberapa artis alumni dari kampus ini antara lain Hyerin EXID, Minah Girls Day, Jo Eun-aw Sonamo, dan masih banyak lagi.

3. Sookmyung Women's University

Sookmyung Women's UniversityKampus Sookmyung Women's University (Sumber: smapse.com)

Sookmyung Women's University adalah salah satu universitas perempuan tertua di Korea yang disponsori langsung oleh Ratu Sunheon pada tahun 1906. Hal paling menonjol dari kampus ini adalah program Reserve Officer Training Corps atau Akademi Kepolisian Khusus Perempuan pertama di Korea. ROTC dari kampus ini juga telah mendapatkan ranking tertinggi dalam latihan militer di tahun 2012, lho. Tak hanya itu, Sookmyung Women's University juga menerbitkan kumpulan jurnal berjudul “Asian Women”, yang membahas isu gender yang dihadapi perempuan di Asia.

4. Sungshin Women’s University

Sungshin Women’s UniversityKampus Sungshin Women’s University (Sumber: korea.net.vn)

Sungshin Women’s University merupakan kampus perempuan yang didirikan oleh seorang dokter bernama Lee Sook-chong pada tahun 1936. Kampus ini menjadi yang paling ternama di bidang pendidikan guru di Korea pada tahun 60-an hingga 70-an. Sungshin Women’s University juga menjadi universitas pertama yang sukses mendirikan pendidikan keperawatan di Korea Selatan.

Untuk bisa masuk ke kampus ini, kamu harus melewati proses keketatan yang tinggi. Mahasiswi yang berhasil masuk biasanya merupakan pelajar yang selalu mendapatkan peringkat top 10% di kelas mereka.

5. Seoul Women’s University 

Seoul Women’s UniversityKampus Seoul Women’s University (Sumber: studyinkorea.go.kr)

Seoul Women’s University didirikan pada tahun 1960. Di kampus ini kamu bisa memilih berbagai program unggulan dan kerjasama dengan universitas asing. Inilah mengapa banyak perempuan Korea yang memilih berkuliah di sini. Universitas ini juga cukup banyak membuka peluang untuk pelajar internasional atau asing melakukan pertukaran pelajar.

Gimana, jadi mau masuk ke salah satu kampus khusus perempuan di Korea Selatan di atas? Beberapa kampus ini memang dibuat untuk memberdayakan perempuan. So, bagi kamu para perempuan teruslah kejar cita-citamu setinggi-tingginya. Buktikan kalo perempuan juga bisa memajukan dirinya dan bahkan negara dengan prestasinya. Mau punya prestasi cemerlang? Ayo, belajar dengan video beranimasi di ruangbelajar.

New Call-to-action

Referensi:

Menarik! Ini Loh 5 Universitas Khusus Wanita Paling TOP di Korea! [daring]. Tautan: https://koreanfirst.net/wow-ini-loh-5-universitas-khusus-wanita-paling-top-di-korea-perguruan-tinggi-perempuan/ (Diakses: 8 Desember 2020)

Begini Penampakan Kampus Khusus Perempuan di Korsel [daring]. Tautan: https://www.inews.id/multimedia/video/begini-penampakan-kampus-khusus-perempuan-di-korsel (Diakses: 8 Desember 2020)

5 Universitas di Korea Selatan ini Melahirkan Banyak Artis dan Idol [daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/afina-kurniasari/5-universitas-di-korea-selatan-ini-melahirkan-banyak-artis-dan-idol-c1c2/5 (Diakses: 8 Desember 2020)

Sumber foto:

Foto Kampus Ewha Womans University [daring]. Tautan: http://www.scholarsofficial.com/info-beasiswa/beasiswa-s1-s2-s3-di-ewha-womans-university-korea-selatan/ (Diakses: 8 Desember 2020)

Foto Kampus Dongduk Women's University [daring]. Tautan: https://www.archdaily.com/867750/dongduk-womens-university-centennial-memorial-hall-hyundai-architects-and-engineers/58d34195e58ece2ed50000ac-dongduk-womens-university-centennial-memorial-hall-hyundai-architects-and-engineers-photo (Diakses: 8 Desember 2020)

Foto Kampus Sookmyung Women's University [daring]. Tautan: https://smapse.com/sookmyung-women-39-s-university-sookmun-women-39-s-university/ (Diakses: 8 Desember 2020)

Foto Kampus Sungshin Women’s University [daring]. Tautan: https://korea.net.vn/chuong-trinh-sungshin-university.html (Diakses: 8 Desember 2020)

Foto Kampus Seoul Women’s University [daring]. Tautan: https://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/college_info/college_info.do?ei_code=530610 (Diakses: 8 Desember 2020)

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar