Hari Pramuka: 7 Manfaat Pramuka yang Sering Disepelekan

Squad, tahukah kamu bahwa setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Nasional? Sebagai anak Indonesia tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan Pramuka yang berciri khas seragam cokelat ini. Pramuka atau Praja Muda Karana memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Pramuka diwajibkan oleh pemerintah sebagai aktivitas sekolah di jenjang SD, SMP dan SMA. Selain itu, Pramuka juga menjadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah. Biasanya Pramuka mengharuskan kamu untuk berpanas-panasan di lapangan untuk berlatih, jadi banyak anak yang tidak suka dengan kegiatan ini. Eits, untuk kamu yang nggak suka sama Pramuka coba dulu baca manfaat Pramuka berikut ini. Pasti kamu akan berpikir ulang deh.

1. Menjadi Pribadi yang Lebih Mandiri

manfaat pramukaMenjadi lebih mandiri (Sumber: youtube.com)

Pernahkah kamu mengikuti kemah? Kegiatan Pramuka biasanya dilaksanakan jauh dari rumah dan tidak melibatkan orang tua, seperti halnya berkemah. Saat berkemah kamu dituntut untuk tinggal bersama anggota Pramuka lainnya dan mengurus semua kebutuhan sendiri, mulai dari memasak, mencuci baju atau alat makan, membersihkan tempat yang ditinggali, dan lainnya. Apalagi saat ini banyak anak yang lebih terbiasa untuk dibantu oleh orang tua atau asisten rumah tangga untuk mengurus segala kebutuhan. Nah, dengan mengikuti kegiatan Pramuka ini kamu akan dilatih untuk mandiri. Belajar mandiri akan membentuk karakter kamu menjadi lebih baik dibandingkan dengan anak lain yang biasa dilayani.

2. Melatih Kedisiplinan

manfaat pramukaMelatih kedisiplinan (Sumber: wordpress.com)

Saat kamu mengikuti Pramuka, pelajaran paling dasar yang akan kamu pelajari adalah pembentukan karakter dengan terbiasa disiplin. Dalam kegiatan Pramuka semua hal biasanya akan diatur dengan jadwal dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota. Kamu harus melakukan semuanya dengan tepat waktu, seperti saat datang upacara apel, mengumpulkan tugas, istirahat pada waktu yang ditentukan, hingga mengenakan atribut lengkap, seperti sepatu hitam, kaos kaki hitam, topi, dasi, tongkat pramuka dan lainnya.

3. Gotong Royong dan Kebersamaan

manfaat pramukaMelatih gotong royong (Sumber: youtube.com)

Dalam beberapa kegiatan Pramuka, seperti berkemah, pastinya kamu tidak hanya sendirian ‘kan Squad? Satu tenda biasanya akan diisi oleh beberapa orang. Keadaan tersebut mengharuskan kamu untuk saling membantu, seperti misalnya saat mendirikan tenda untuk beristirahat dan melindungi diri dari ancaman alam. Selain itu, kamu juga harus berbagi tempat tidur dan saling membantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, misalnya memasak atau mencuci piring. Jika ada teman yang sakit juga kamu dan teman yang lain harus merawatnya bersama. Hal ini akan menumbuhkan rasa solidaritas dan kebersamaan dalam diri kamu.

4. Meningkatkan Kepedulian

manfaat pramukaMeningkatkan kepedulian (Sumber: blogspot.com)

Dasa Dharma Pramuka mengajarkan kita untuk menyayangi antara manusia, sopan, rela menolong, dan selalu bersahaja. Dalam kegiatan Pramuka kamu biasanya juga akan melaksanakan kegiatan bakti sosial melalui penggalangan bantuan dari anggotanya. Selain itu, kamu juga akan diajarkan untuk saling membantu teman yang sedang sakit atau kesusahan.

5. Belajar Mencintai Alam

manfaat pramukaMencintai alam (Sumber: pramukapos.com)

Kegiatan Pramuka kerap kali dilakukan di alam bebas. Kamu akan diajak untuk melihat dan merasakan alam secara nyata. Semakin kamu dekat dengan alam, maka rasa cinta kamu terhadap alam juga akan timbul. Kegiatan di alam bebas ini diharapkan akan memunculkan kepedulian kamu untuk melestarikan lingkungan. Selain itu, dengan rasa cinta kepada alam tiap anggota Pramuka tidak akan melakukan tindakan yang merusak alam.

6. Belajar Organisasi dan Bekerjasama

manfaat pramukaMelatih kebersamaan (Sumber: idntimes.com)

Saat kamu aktif mengikuti kegiatan Pramuka, maka kamu akan sering bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki karakter berbeda-beda. Kesempatan untuk bertemu dengan berbagai macam orang dengan karakter uniknya masing-masing ini akan membuat kamu belajar menekan rasa egois, belajar bersosialisasi untuk melakukan kegiatan bersama, dan belajar untuk memecahkan masalah bersama. Untuk kamu yang pemalu atau pendiam, dengan bertemu banyak orang akan melatih kamu untuk lebih berani berbicara dan menyampaikan pendapat.

7. Melatih Kepemimpinan dan Kreativitas

manfaat pramukaMelatih kepemimpinan (Sumber: pramukapos.com)

Kamu akan mendapatkan kesempatan untuk memimpin regu jika kamu aktif mengikuti kegiatan Pramuka. Saat mendapatkan kesempatan itu, kamu akan belajar mengenai gaya kepemimpinan dan bagaimana caranya memecahkan masalah yang terbaik untuk semua anggota tim. Secara tidak sadar kamu juga dituntut untuk lebih kreatif. Banyak aktivitas yang akan membuat kamu harus menyelesaikan tugas dengan menggunakan ide-ide cemerlang.

Masih banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan Pramuka. Walaupun tidak langsung terlihat, manfaat ini pasti akan kamu rasakan kok di kemudian hari. Jika kamu sudah mendapatkan manfaat dari Pramuka, jangan lupa ya untuk terus mengimbanginya dengan tetap menjaga prestasi akademikmu. Mau belajar tapi nggak ngebosenin? Tonton aja video beranimasi di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D