4 Peluang Beasiswa untuk Kuliah Gratis di Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)

beasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)

Raih kesempatan kuliah gratis di Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) dengan beasiswa. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Mau kuliah di salah satu kampus terbaik yang ada di Purwokerto dengan beasiswa? Berhasil mendapatkan beasiswa tentu akan menjadi kebanggan serta prestasi sendiri bagi seorang mahasiswa. Untuk mewujudkan impian kamu, saat ini Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) sedang membuka banyak kesempatan beasiswa untuk kamu, lho.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) merupakan salah satu kampus milik Telkom yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Untuk meningkatkan kualitas, ITTP juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional maupun internasional. Antara lain kerjasama dengan Hanbat National University di Korea untuk Credit Transfer dan program internasional, kemudian ada juga kerjasama dengan Industrial Technical Institute (Cambodia), Guangdong University of Finance & Economics (China), NIIT Antilles (Netherlands) untuk program pengembangan dan sinergi perguruan tinggi, dan beberapa mitra lainnya.

Saat ini, ITTP memberikan kesempatan yang luas bagi lulusan SMA/SMK/MA sederajat untuk mempersiapkan masa depannya melalui beasiswa. Tak tanggung-tanggung, kesempatan yang diberikan untuk tahun ajaran 2021/2022 mencapai total Rp5 miliar, lho. Menarik banget ‘kan? Yuk, simak beberapa informasi beasiswa yang ditawarkan.

Baca juga: Beasiswa YBM BRI untuk Pelajar dan Mahasiswa, Raih Peluang Dapat Tunjangan Prestasi dan Pembinaan!

1. Jalur Prestasi Siswa (JPS)

Untuk beasiswa Jalur Prestasi Siswa (JPS) ada 2 kriteria yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Beasiswa Prestasi Akademik: beasiswa yang diperuntukan untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi dibidang akademik seperti peringkat sekolah, kejuaraan cerdas cermat, osn, nilai tryout, dll
  • Beasiswa Prestasi Non Akademik: beasiswa yang diperuntukan untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi dibidang non-akademik seperti juara olahraga, juara seni, dll

Beasiswa JPS dibuka mulai dari tanggal 16 April – 17 Juni 2021. Dengan biaya pendaftarannya sebesar Rp250.000, kamu bisa memilih 3 program studi.

Beasiswa Jalur Prestasi Siswa ITTP

Beasiswa Jalur Prestasi Siswa (Sumber: dok. ITTP)

Persyaratan Beasiswa JPS

  • Siswa SMA/SMK/MA yang lulus tahun 2021, 2020, 2019, atau 2018
  • Nilai rapor semester 1 – 5 rata-rata minimal 70 untuk 3 pelajaran: matematika, bahasa indonesia, dan bahasa inggris
  • Peringkat 1 – 5 sekolah
  • Memiliki sertifikat/piagam prestasi minimal level kabupaten
  • Tanpa tes/ujian

Beasiswa yang Diberikan

  • Beasiswa penuh (Kuliah Gratis)
  • Beasiswa FREE Dana Pembangunan (UP3 dan SDP2)
  • Beasiswa FREE UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan)
  • Beasiswa FREE SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan)

 

2. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) d/h Bidikmisi

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa yang kurang mampu dalam ekonomi dan mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sesuai ketentuan pemerintah. Beasiswa KIP-Kuliah ini diberikan dengan syarat dan ketentuan sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah.

Syarat Beasiswa KIP Kuliah

  • Siswa SMA/SMK/Sederajat yang lulus tahun 2021, 2020, atau 2019
  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di Program Studi yang telah terakreditasi. 

Program KIP Kuliah ITTPProgram KIP Kuliah ITTP (Sumber: dok. ITTP)

 

3. Beasiswa Ngapak

Beasiswa ini diperuntukkan secara khusus bagi siswa yang lulus SMA/SMK/MA dari sekolah di wilayah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, CIlacap dan Kebumen yang memiliki peringkat 1 – 20 di sekolah. Kamu sudah bisa mulai mendaftarkan diri untuk mendapatkan Beasiswa Ngapak dari sekarang hingga 10 September 2021.

Ketentuan Beasiswa Ngapak

  • Setiap sekolah mendapatkan kuota 2 siswa yang akan mendapatkan Beasiswa Ngapak, tanpa seleksi/tes. Pemilihan 2 siswa tersebut sepenuhnya menjadi wewenang sekolah untuk menetapkan dari siswa yang memiliki peringkat 1 – 20 di sekolah.
  • Beasiswa Ngapak ditetapkan sebesar 6.000.000 (UP3 -Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan) untuk setiap siswa.
  • Siswa yang diajukan oleh sekolah, tetap harus mengikuti proses pendaftaran secara online dan membayar biaya pendaftaran Rp. 250.000 sampai ke tahap cetak kartu peserta.
  • Pendaftar harus membawa surat pengantar dari sekolah
  • Kuota beasiswa ini tidak dapat digantikan oleh siswa lain apabila siswa yang telah diajukan dan telah mendaftar lalu mengundurkan diri.
  • Penerima beasiswa ini hanya dari sekolah yang mendapatkan Surat Undangan resmi dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

 

4. Beasiswa Hafidz

Beasiswa yang diperuntukkan bagi siswa yang lulus SMA/SMK/MA yg memiliki hafalan Al Quran minimal 10 Juz. Kamu sudah bisa mulai mendaftarkan diri untuk mendapatkan Beasiswa Hafidz dari sekarang hingga 10 September 2021.

Rinciannya:

  • Hafal minimal 10 Juz, mendapat Beasiswa FREE UP 3
  • Hafal minimal 15 Juz, mendapat Beasiswa FREE Dana Pembangunan
  • Hafal 30 Juz, mendapat BEASISWA FULL

 

Kontak dan Konsultasi

Admin-1: wa.me/6281228319222

Admin-2: wa.me/6282135398050

Email: pmb@ittelkom-pwt.ac.id

Instagram: https://www.instagram.com/join_ittp/

 

Informasi lengkap pendaftaran dapat diakses melalui laman: https://pmb.ittelkom-pwt.ac.id/. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan ini ya. Ayo, tingkatkan terus prestasimu agar bisa mendapatkan beasiswa pilihan dengan belajar di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Info Beasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) [daring]. Tautan: https://pmb.ittelkom-pwt.ac.id/info-beasiswa/ (Diakses: 12 April 2021)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D