Beasiswa Jardine 2021 untuk Kuliah S1 Gratis di Inggris, Yuk Daftar!

Beasiswa Jardine 2021 untuk Kuliah S1 Gratis di Inggris, Yuk Daftar!

Raih impianmu kuliah di universitas top dunia, seperti Oxford dan Cambridge melalui Beasiswa Jardine 2021. Simak artikel ini hingga selesai, ya!

Apakah kamu punya impian untuk kuliah di salah satu universitas terbaik dunia? Saat ini ada kesempatan buatmu! Jardine Foundation, sedang membuka pendaftaran beasiswa kuliah full funded untuk pelajar internasional di kawasan Asia, termasuk Indonesia!

Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi kamu untuk bisa meneruskan kuliah program Bachelor atau S1 di kampus top dunia, yakni University of Cambridge dan University of Oxford. Gimana, apakah kamu siap untuk kuliah di negeri sepakbola?

 Perpustakaan di University of CambridgePerpustakaan umum Universitas Cambridge (sumber: Cambridge)

Tentang Beasiswa Jardine 2021

Beasiswa Jardine diberikan atas kontribusi dari Grup Jardine Matheson untuk pendidikan. Beasiswa ini sudah berdiri selama 39 tahun dan hingga saat ini, sudah ada 379 peserta yang mendapatkan manfaat beasiswa untuk kuliah program sarjana dan magister di Oxford dan Cambridge.

Pada kedua universitas tersebut, beasiswa ini memiliki preferensi, atau diutamakan untuk para pendaftar dengan tujuan studi khusus, yakni:

  1. Untuk Oxford, diutamakan pada Exeter College, Oriel College, The Queen’s College, Trinity College.  Untuk informasi mengenai jurusan di Oxford, bisa diakses melalui halaman berikut.
  2. Untuk Cambridge, diutamakan pada Downing College, Magdalene College, Peterhouse, dan Trinity College.  Untuk informasi mengenai jurusan di Cambridge, bisa diakses melalui halaman berikut.

Para penerima be1asiswa ini berasal dari negara-negara tempat Jardine Matheson Group beroperasi, yaitu di Indonesia, dan negara di kawasan Asia tenggara lainnya. 

Baca juga: Kenalan dengan Macam-Macam Beasiswa Kuliah Sebelum Memilih

Tujuan dari beasiswa ini adalah untuk mencetak pemimpin-pemimpin masa depan yang akan banyak berkontribusi pada komunitas sekitar dan tempat Grup Jardine beroperasi. Tertarik untuk mendaftar? Yuk, perhatikan detail pendaftaran beasiswa Jardine 2021 berikut ini.

Manfaat Beasiswa

Beasiswa Jardine menawarkan pembiayaan studi untuk pelajar yang mencakup berbagai biaya dan pengeluaran yang diperlukan selama masa studi. Rinciannya adalah:

  1. Biaya kuliah yang langsung dibayarkan ke universitas.
  2. Tunjangan biaya hidup tahunan yang akan ditentukan oleh panitia untuk biaya hidup sehari-hari dan tempat tinggal, serta biaya tak terduga lainnya. 
  3. Biaya visa belajar di Keimigrasian Inggris.
  4. Biaya asuransi kesehatan.
  5. Tiket pesawat PP kelas ekonomi untuk berangkat menuju Inggris pada awal masa studi, dan untuk perjalanan pulang ke Indonesia setelah menyelesaikan masa studi.
  6. Pertemuan rutin dan program magang musim panas.

Baca juga: Tips Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa

Gedung Universitas OxfordPemandangan gedung Universitas Oxford (sumber: Unsplash)

Syarat Peserta Beasiswa

Untuk dapat terpilih sebagai penerima beasiswa, pelamar harus mencapai standar akademik yang luar biasa. Penyelenggara beasiswa akan menilai lebih tinggi kepada individu yang menunjukkan nilai kepemimpinan, dan juga memiliki kepedulian yang tinggi pada komunitas tempat mereka tinggal.

  1. Pelajar kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/Sederajat. Pastikan telah mendapatkan Sertifikat Ujian A-Level atau Sertifikat International Baccalaureate (IB).
  2. Memiliki kewarganegaraan di salah satu negara sasaran beasiswa Jardine Matheson (Termasuk salah satunya Indonesia).   
  3. Memiliki kondisi kesehatan yang baik untuk dapat menyelesaikan studi.
  4. Bagi pendaftar yang telah menerima beasiswa dari pihak lain, maka tidak diperkenankan untuk mendaftar beasiswa Jardine 2021.
  5. Beasiswa Jardine ditujukan bagi pendaftar yang ingin menempuh gelar sarjana/magister pertama bagi mereka. Bila kamu sudah lulus/pernah menempuh pendidikan setara S1, maka tidak diperkenankan mendaftar program S1 di beasiswa Jardine.
  6. Memiliki kualifikasi untuk dapat diterima pada kampus sasaran dari program beasiswa Jardine, yakni University Of Oxford, dan University Of Cambridge
  7. Untuk persyaratan pendaftaran secara rinci, dapat dilihat melalui web berikut

University Of Oxford

University Of Cambridge 

Berkas dan Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Foto diri ukuran paspor. 
  2. Jika kamu mendaftar untuk program S1, diperlukan salinan berkas pendaftaran UCAS (Universities & Colleges Admissions Service). Pendaftaran ini penting karena menjadi semacam sistem penerimaan terpusat, semacam panitia LTMPT di Inggris. Info pendaftaran dapat dicek disini.
  3. Salinan resmi transkrip GCSE, A/AS Level dan IB, atau ijazah yang setara dengan gelar sekolah menengah atas/sederajat di Inggris.
  4. Surat rekomendasi oleh kepala sekolah, dengan rincian:
    -Pencapaian atau prestasi hasil akademik sebelumnya.
    -Catatan khusus yang akan menjadi pertimbangan panitia dalam menyeleksi.
    -Informasi relevan lainnya yang bisa disampaikan untuk membantu proses pendaftaran.

Baca juga: Beasiswa Unggulan Kemdikbud untuk Mahasiswa S1, S2, dan S3, Ini Syaratnya!

Jika rekomendasi langsung disampaikan oleh kepala sekolah, maka panitia penyelenggara akan mengirimkan email langsung ke pihak sekolah. Lalu, pihak sekolah dapat mengirimkannya secara langsung tanpa melalui pendaftar. Pelamar beasiswa diminta untuk memberikan nama dan rincian kontak kepala sekolah pada formulir pendaftaran.

Catatan:

Seluruh dokumen pendaftaran yang akan dikirim, harus dalam bahasa pengantar bahasa Inggris, atau telah diterjemahkan dengan penerjemah tersumpah. 

Tahapan Seleksi

  1. Peserta diharapkan telah menyelesaikan pendaftaran di UCAS.
  2. Jika sudah menyelesaikan proses di UCAS, bisa langsung mengisi formulir pendaftaran pada halaman berikut. Batas waktu pendaftaran dapat dilakukan hingga 21 Oktober 2021.
  3. Kandidat yang terpilih akan diumumkan dan diundang untuk melakukan sesi wawancara pada bulan November 2021.
  4. Kandidat yang lolos pada sesi wawancara, akan diundang untuk melakukan seleksi akhir berupa wawancara akhir di Hongkong pada Januari 2022. 

Informasi lengkap untuk pendaftaran program beasiswa Jardine 2021, dapat di akses pada halaman  www.jardine-foundation.org.

Buat kamu yang masih sekolah, yuk makin semangat belajarnya agar punya peluang lolos yang besar untuk mendaftar beasiswa di luar negeri. Mari gabung belajar bareng di Brain Academy Online! Dengan bimbingan dari Star Master Teacher terbaik,  beragam fitur keren seperti Live Teaching, kelas Softskill dan juga tryout rutin yang bisa mendukung kamu untuk tetap ambis. Cobain sekarang!

BA online - Brain Academy

 

Referensi

Study UK [Daring] sumber: https://study-uk.britishcouncil.org/ (diakses 8 Oktober 2021)

Jardine Scholarships Award 2022 [Daring] sumber: www.jardine-foundation.org (diakses 8 Oktober 2021)

 

Sumber Foto

Cambridge University Library [Daring] sumber: https://www.cam.ac.uk/stories/ReopeningLibraries (diakses 8 Oktober 2021)

Seymour, B. The Radcliffe Camera, Oxford University [Daring] sumber: https://unsplash.com/photos/nqBUTBsDQNM  (diakses 8 Oktober 2021)

Leo Bisma