Beasiswa Kuliah S1 Gratis Program Global Korea Scholarship 2022, Yuk Segera Daftar!

Leo Bisma Sep 24, 2021 • 11 min read


PK_-_Beasiswa_Global_Korea_Scholarship-01

Punya impian kuliah di Korea Selatan? Daftar program Global Korea Scholarship (GKS) dan dapatkan fasilitas beasiswa full dan biaya hidup di negeri ginseng!

---

Annyeonghaseyo yeorobun!~

Ada kabar baik nih bagi kamu yang punya cita-cita kuliah di Korea! Tahun ini, Pemerintah Korea Selatan menawarkan program beasiswa kuliah sarjana (S1) bagi mahasiswa asing untuk melanjutkan studi secara gratis di Universitas terbaik Korea.

Program ini bernama Global Korea Scholarship (GKS). Dahulunya bernama Korean Government Scholarship Program (KGSP) dan merupakan salah satu program beasiswa unggulan untuk kuliah di Korea, lho! Istimewanya beasiswa ini, seluruh pengeluaran selama masa studi, termasuk biaya keberangkatan dan uang saku akan ditanggung!

Program ini diadakan untuk memberikan kesempatan kepada pelajar internasional untuk dapat melanjutkan program sarjana dan pascasarjana di Republik Korea dan dapat mempromosikan pertukaran budaya internasional dalam bidang pendidikan. Selain itu, juga untuk persahabatan timbal balik antarnegara.

Baca juga: Annyeonghaseyo! Mau Kuliah Ke Korea? Ini 4 Tipsnya!

Fasilitas Beasiswa

  • Bebas biaya pendaftaran dan biaya perkuliahan.
  • Tiket pesawat kelas ekonomi PP dari Indonesia-Korea untuk keberangkatan dan pulang setelah selesai studi.
  • Tunjangan kedatangan setelah sampai di Korea sebesar 200,000 KRW (Diberikan satu kali).
  • Biaya hidup yang diberikan setiap bulan sebesar 900,000 KRW.
  • Tunjangan kemampuan bahasa Korea, diberikan setiap bulan sebesar 100,000 KRW (apabila peserta memiliki skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean) level 5 atau 6).
  • Tunjangan penyelesaian studi sebesar 100,000 KRW (diberikan satu kali setelah menyelesaikan perkuliahan dan akan kembali ke Indonesia).
  • Pelatihan bahasa Korea gratis selama 1 tahun sebelum masa perkuliahan dimulai.
  • Asuransi kesehatan gratis yang akan diperbarui setiap semester.

Masa Studi yang Ditanggung Beasiswa

Program GKS menanggung biaya pendidikan penerima beasiswa untuk durasi 5-7 tahun dengan rincian masa studi, yakni:

  • 1 tahun kursus bahasa Korea
  • 4-6 tahun perkuliahan

Detail Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa S1 GKS 2022 diterima lewat 2 jalur pendaftaran, yaitu melalui University Track atau pendaftaran melalui Universitas, dan Embassy Track atau pendaftaran melalui Kedutaan Besar Republik Korea di Jakarta.

Adapun perbedaan dari jalur pendaftaran University Track dengan Embassy Track adalah dari berkas yang harus dikumpulkan, pilihan bidang studi, universitas, dan kuota penerima program beasiswa.

Kuota Penerima Beasiswa

Kuota penerima beasiswa asal Indonesia pada program GKS 2022 sebanyak:

  • Embassy Track: 5 Orang
  • University Track: 3 Orang

Baca juga: Kuliah di Korea Selatan dengan Beasiswa KAIST 2020

Persyaratan Beasiswa 

1. Kewarganegaraan

  • Merupakan warga negara dari daftar negara yang bekerja sama dengan Pemerintah Republik Korea (salah satunya Indonesia). 
  • Pendaftar beasiswa tidak tercatat sebagai warga negara Korea Selatan/keturunan dari warga negara Korea Selatan.

2. Tingkat Pendidikan

  • Bagi lulusan SMA dan sederajat dapat mendaftar untuk Program Bachelor's degree (S1) atau program Associate Degree (Diploma).
  • Bagi lulusan setara Diploma hanya dapat mendaftar program Bachelor’s degree (S1).

3. Tingkat Pendidikan

  • Memiliki nilai rata-rata kumulatif di atas 80 (skala 100) atau berada dalam peringkat 20 persen teratas dalam satu kelas; Atau
  • Mempunyai CGPA (Cumulative Grade Point Average): 2.64/4.0, 2.80/4.3, 2.91/4.5, 3.23/5.0.
  • Apabila transkrip nilai peserta tidak mencantumkan informasi mengenai CGPA atau tidak dapat mengkonversi nilainya pada salah satu skala GPA (skala 4.0, 4.3, 4.5, 5.0, atau 100), maka peserta juga wajib melampirkan dokumen tambahan dari pihak sekolah berisi penjelasan sistem penilaian yang digunakan.

4. Umur

Berusia tidak lebih dari 25 tahun (lahir setelah 1 Maret 1997).

5. Status Kesehatan

Semua peserta harus dalam keadaan sehat, baik mental maupun fisik untuk belajar di Korea hingga menyelesaikan masa studi. Jika peserta pada saat seleksi terbukti:

  • Positif pada tes narkotika.
  • Memiliki penyakit serius yang menghalanginya untuk belajar di luar negeri selama durasi waktu yang lama.

Maka peserta akan didiskualifikasi sebagai penerima program beasiswa di tahap akhir seleksi.

6. Ketentuan Tambahan

  • Peserta yang telah lulus dari sekolah menengah Korea (termasuk sekolah internasional) atau yang memiliki gelar sarjana TIDAK memenuhi syarat untuk mendaftar. Bagi yang hanya mengikuti program pertukaran pelajar di Korea Selatan, diperkenankan mendaftar.
  • Peserta yang sebelumnya pernah mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Republik Korea tidak diperkenankan mendaftar beasiswa ini.
  • Peserta hanya dapat memilih salah satu jalur pendaftaran (University Track atau Embassy Track), tidak diperbolehkan keduanya. Apabila diketahui mendaftar pada kedua jalur pendaftaran, maka berkas pendaftaran tidak akan diproses pada tahapan seleksi ke-2.
  • Peserta yang pernah mengundurkan diri setelah terpilih menjadi penerima beasiswa GKS (KGSP) sebelumnya, maupun yang pernah didiskualifikasi selama masa penerimaan beasiswa GKS sebelumnya tidak dapat mendaftar kembali.

Baca juga: 9 Fakta Mengejutkan Sekolah Korea yang Belum Kamu Ketahui

Berkas Pendaftaran Beasiswa

Formulir yang dibutuhkan untuk mendaftar program GKS 2022 dapat di download pada halaman ini

  1. Application Form (Form 1).
  2. Personal Statement (Form 2).
  3. Study Plan/rencana studi (Form 3).
  4. 1 (satu) Surat Rekomendasi (Form 4), bisa dari kepala sekolah, guru, atau ketua jurusan. Surat rekomendasi tersebut harus dimasukkan ke dalam amplop dan disegel. Khusus pendaftaran Embassy Track, peserta melampirkan 2 (dua) Surat Rekomendasi.
  5. GKS Applicant Agreement (Form 5).
  6. Personal Medical Assessment (Form 6).
  7. Bukti kewarganegaraan peserta (contoh: Akta Kelahiran atau Kartu Keluarga).
  8. Salinan resmi terlegalisir ijazah SMA dan sederajat atau ijazah sekolah tinggi setara Diploma/Vokasi.
  9. Salinan transkrip nilai SMA sederajat dan Diploma. Apabila transkrip nilai tidak menggunakan sistem penilaian skala 4.0, 4.3, 4.5, 5.0, atau 100, maka nilai harus dikonversi dulu ke salah satu sistem penilaian skala 4.0, 4.3, 4.5, 5.0, atau 100 dengan menyertakan dokumen pendukung yang dikeluarkan oleh sekolah/institusi.
  10. Salinan sertifikat kemampuan bahasa Korea (TOPIK) atau salinan sertifikat resmi kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/TOEIC/IELTS) (Dokumen ini sifatnya tidak wajib dilampirkan. Jika ada, boleh dilampirkan).
  11. Sertifikat prestasi/keahlian yang dimiliki (Opsional)
  12. Salinan paspor pemohon (Opsional).

Catatan:

  • Semua dokumen dikirimkan pada panitia dalam format ukuran kertas A4.
  • Seluruh berkas dokumen harus menggunakan bahasa Inggris atau Korea. Apabila dokumen (misal: ijazah atau transkrip nilai) masih dalam bahasa Indonesia, bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkannya dokumen tersebut.
  • Berkas dokumen yang dikumpulkan harus sesuai urutan berdasarkan daftar, dan diberi nomor serta label pada bagian pojok kanan atas.
  • Untuk pendaftaran University Track, peserta melampirkan 1 set berkas dokumen yang telah diperlukan.
  • Untuk jalur Embassy Track, peserta melampirkan 1 set berkas dokumen termasuk 2 Surat Rekomendasi asli dalam satu amplop.

Baca juga: 7 Rekomendasi Drama Korea Sesuai Pilihan Jurusan Kuliah Kamu

Info Pendaftaran Jalur University Track

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, masing-masing jalur terdapat perbedaan dari segi bidang studi, dan juga daftar Universitas yang dapat dipilih. Khusus University Track, program S1 hanya dapat memilih bidang yang ditawarkan, yakni berhubungan dengan saintek, seperti teknik, natural science, dan teknologi. Sementara untuk Associate Degree, dapat memilih semua bidang keilmuan. Daftar Universitas yang bisa dipilih dapat di cek pada file Application Guideline (English).

Pada jalur pendaftaran ini, beasiswa akan diseleksi dari masing-masing universitas di Korea. Untuk itu, pendaftar harus memperhatikan tata cara pendaftaran beasiswa GKS dan juga deadline pendaftaran pada universitas yang dituju.

Perlu kamu perhatikan juga, kalau deadline pendaftaran universitas berbeda-beda. Akan tetapi, untuk pendaftaran program GKS, tidak melebihi tanggal 20 Oktober 2021.

Info Pendaftaran Jalur Embassy Track

Bagi pendaftaran beasiswa GKS Embassy Track (melalui Kedutaan Besar Republik Korea di Jakarta), peserta dapat memilih semua jurusan yang ditawarkan di universitas pilihan. Daftar universitas yang bisa dipilih dapat dicek pada file Application Guideline (English).

Untuk mendaftar program beasiswa GKS 2022 pada jalur Embassy Track, seluruh peserta wajib mengirimkan dokumen cetak dari persyaratan yang disebutkan di atas dan kirimkan pada alamat berikut:

[ Full Name ]

2022 Global Korea Scholarship

Embassy of the Republic of Korea

JL. Gatot Subroto Kav.57 Jakarta 12950

Tel: 021-2967-2555

Khusus pendaftaran via Embassy Track, selain mengirimkan berkas pendaftaran ke Kedutaan Besar Republik Korea, peserta juga wajib mengisi formulir online. Pastikan seluruh informasi yang kamu cantumkan sesuai dengan apa yang ada di dokumen berkas pendaftaran kamu, ya!

Timeline Seleksi Beasiswa

  1. Pengumuman pembukaan seleksi: 17 September 2021
  2. Deadline pengumpulan berkas:
    University Track (Menyesuaikan universitas, paling lambat 20 Oktober 2021).
    Embassy Track (Menyesuaikan kebijakan setiap Kedubes Republik Korea di masing-masing negara).
  3. Seleksi Dokumen:
    University Track: Hasil seleksi akan dilakukan menurut universitas.
    Embassy Track : Hasil seleksi pada 15 Oktober 2021.
  4. Seleksi Wawancara:
    University Track: Hasil seleksi pada 12 November 2021.
    Embassy Track : Hasil seleksi pada 22 Oktober 2021.
  5. Pengumuman lolos seleksi tahap 1
    University Track: Hasil seleksi pada 12 November 2021.
    Embassy Track : Hasil seleksi pada 3 November 2021.
  6. Seleksi tahap 2:
    Setiap peserta yang lolos pada tahap sebelumnya, akan diseleksi oleh NIIED, dan peserta yang lolos akan diumumkan pada akhir November 2021.
  7. Pengumpulan berkas status kesehatan
    Semua peserta yang lolos harus mengumpulkan berkas pemeriksaan kesehatan paling lambat 17 Desember 2021.
  8. Seleksi tahap 3 (Khusus University Track): 17 Desember 2021
  9. Pemberitahuan universitas pilihan: 22 Desember 2021
  10. Pengumuman akhir penerima program Beasiswa GKS 2022: Akhir Desember 2021

Untuk informasi lengkap dan lebih detail dari pendaftaran beasiswa GKS 2022, kamu bisa cek di Website Study in Korea. Untuk kontak resmi dari panitia penyelenggara program, bisa dihubungi melalui email kgspniied@korea.kr, atau Kedutaan Besar Republik Korea di Jakarta.

Yuk, bisa nih mulai mempersiapkan berkas-berkas dengan teliti. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan ini, ya. Segera siapkan seluruh berkas dan segera mendaftar beasiswa ini karena pendaftaran tak lama lagi akan ditutup. Bagi kamu yang akan lulus tahun depan, informasi ini bisa jadi persiapan kamu dari jauh-jauh hari, ya!

Semoga dengan informasi ini dapat membantu untuk meraih cita-citamu kuliah di Korea, ya! Tingkatkan terus prestasimu dan belajar dengan giat dengan materi belajar berkualitas dan menyenangkan di ruangbelajar.

New Call-to-action

Referensi:

2022 Global Korea Scholarship Program for Undergraduate Degree [daring]. Tautan: https://www.studyinkorea.go.kr/in/sub/gks/allnew_invite.do

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru

Beri Komentar