Cara Mengerjakan Tugas dari Guru di ruangkelas

Ruangguru Des 29, 2020 • 5 min read


cara mengerjakan tugas dari guru di ruangkelas

Artikel ini memberikan informasi mengenai cara mengerjakan tugas dari guru melalui ruangkelas.

--

Sebentar lagi kamu akan memasuki tahun ajaran baru. Namun, disituasi pandemi saat ini masih belum dipastikan apakah sistem pembelajaran akan dilakukan secara tatap muka atau tetap belajar dari rumah. Nah, menjawab permasalahan tersebut, Ruangguru telah meluncurkan ruangkelas, produk terbaru Ruangguru yang dibuat untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara virtual (daring) melalui layanan Learning Management System (LMS) bagi guru dan murid.  

Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh ruangkelas, beberapa di antaranya adalah fitur materi belajar, pengerjaan tugas, ruang chat kelas, sampai mengecek hasil tugas yang dikirimkan oleh gurumu.

Baca juga: Cara Daftar Akun ruangkelas Lewat Website dan Aplikasi

Nah, bagi kamu yang sudah punya akun ruangkelas dan masih bingung gimana sih caranya mengerjakan tugas di ruangkelas, yuk, simak penjelasannya lewat artikel berikut ini!

Pertama-tama, untuk mengakses tugas yang telah dipublish oleh gurumu, pastikan kamu sudah bergabung di kelas di mana tugas tersebut dibagikan, ya. Nah, jika sudah, baru deh langkah selanjutnya adalah kamu dapat mengakses tugas dengan cara sebagai berikut:

1. Akan muncul notifikasi tugas ketika guru mengirim tugas. Kamu hanya perlu meng-klik notifikasi tersebut.

2. Untuk melihat tugas lainnya, kamu dapat membuka aplikasi ruangguru.

3. Kemudian, klik “Kolom Ruangkelas”. Tepat di bawah profil akun di halaman home aplikasi ruangguru, terdapat “jumlah tugas aktif dan obrolan kelas”.

4. Setelah itu, kamu bisa pilih kelas > klik tab “Tugas”.

5. Pada tab tugas, ada 3 pilihan menu, nih, yaitu:

  • Aktif
    Tugas yang belum dikerjakan oleh kamu.
  • Selesai
    Tugas yang telah diselesaikan oleh kamu, tentunya dilengkapi dengan nilai yang kamu dapatkan.
  • Semua
    Semua tugas yang belum dan telah selesai kamu lakukan.

Nah, di sini kamu bisa perhatikan juga ya, pada list tugas, terdapat detail apakah tugas tersebut memiliki deadline dan apakah tugas tersebut sudah dinilai oleh guru kamu.

cara mengerjakan tugas di ruangkelas
 

Berikut ini adalah jenis tugas yang terdapat di ruangkelas. Pada setiap jenis tugas, ada beberapa detail yang harus diperhatikan. Di antaranya sebagai berikut:

1. Bank Soal dari ruangbelajar

  • Pastikan organisasi sudah premium.
  • Akun guru sudah berlangganan ruangbelajar.
  • Akun kamu sudah berlangganan ruangbelajar.

2. Latihan Topik dari ruangbelajar

  • Pastikan organisasi sudah premium.
  • Akun guru sudah berlangganan ruangbelajar.
  • Akun kamu sudah berlangganan ruangbelajar.

3. Soal Esai

  • Tugas yang kamu dapatkan dari guru berupa soal-soal essay dan kamu bisa melampirkan beberapa file sebagai jawabannya.

Catatan: Kolom jawaban harus tetap diisi pada saat melampirkan file sebagai jawabannya.

4. Soal Pilihan Ganda

  • Kamu akan mendapatkan tugas berupa soal-soal pilihan ganda, sehingga kamu hanya perlu memilih jawaban yang tepat.

ruangkelas menyimpan proses pengerjaan tugas kamu. Itu artinya, semua jawaban yang kamu isi pada tugas akan otomatis tersimpan. Ketika kamu mengalami kendala saat pengerjaan tugas, kamu masih bisa mengerjakan tugas di lain waktu, lho! Nah, saat kamu kembali, kamu tidak perlu mengerjakan tugas tersebut dari awal lagi. Cukup kerjakan pengerjaan tugas kamu yang tertunda.

cara mengerjakan tugas di ruangkelas
 

Setelah selesai mengerjakan tugas, jangan khawatir kamu tidak tahu pembahasannya. Di ruangkelas, kamu tetap bisa melihat pembahasan yang diberikan oleh gurumu (jika jenis tugas adalah soal esai dan pilihan ganda) atau melihat pembasahan yang tersedia di ruangbelajar (jika jenis tugas adalah bank soal dan latihan topik, syarat bisa dilihat kembali pada jenis tugas).

Jika tugas memiliki deadline, kamu bisa mengakses pembahasan setelah deadline tugas berakhir. Jika deadline belum berakhir, kamu hanya bisa melihat jawaban kamu aja. Kamu bisa klik “Lihat Lembar Kerja”

cara mengerjakan tugas di ruangkelas

 

Kamu juga bisa klik “Lihat Hasil” untuk melihat kunci jawaban serta pembahasannya, ketika deadline tugas sudah berakhir dan sudah ada nilainya.

cara mengerjakan tugas di ruangkelas
 

Berikut adalah contoh pembahasan tugas di ruangkelas

1. Contoh pembahasan soal pilihan ganda, akan terlihat 2 warna pada pilihan ganda (jawaban kamu berwarna merah yang menandakan jawaban kamu salah, dan jawaban yang benar akan berwarna hijau). Jika pada pembahasan hanya 1 warna yaitu warna hijau, itu menandakan jawaban kamu benar.

cara mengerjakan tugas di ruangkelas

Kamu scroll ke bawah aja deh untuk mendapatkan pembahasan dari soal tersebut.

cara mengerjakan tugas di ruangkelas

2. Untuk tipe soal esai, pembahasannya akan muncul pada bagian bawah, setelah kolom jawaban kamu.

cara mengerjakan tugas di ruangkelas
 

Nah, itu dia cara mengerjakan tugas dari gurumu lewat ruangkelas. Bagaimana, mudah bukan? Lewat ruangkelas, baik siswa maupun guru dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar jarak jauh dengan lebih mudah. Melalui fitur-fitur unggulannya juga, semua aktivitas dapat dilakukan secara gratis atau tanpa dipungut biaya. Untuk itu, yuk, buat suasana belajar yang lebih produktif dan praktis bersama ruangkelas. Gabung sekarang juga, ya!

ruangkelas untuk murid

Profile

Ruangguru

Beri Komentar