Cara Menulis Daftar Pustaka dan Contohnya, Lengkap!

cara menulis daftar pustaka dan contohnya

Menulis daftar pustaka ternyata tidak bisa sembarangan, loh, guys! Ada berbagai gaya penulisan daftar pustaka dan setiap jenisnya memiliki karakteristiknya masing-masing.

--

Hayo, siapa di sini yang saat mengerjakan tugas sering mengambil bahan di internet? Tenang, kamu boleh saja mengutip atau menggunakan sumber informasi dari berbagai media termasuk internet, tetapi jangan lupa cantumkan sumbernya di daftar pustaka, ya! Lewat daftar pustaka, kita bisa menghargai penulis dari sumber informasi yang kita ambil.

gambar Buku

Gambar: Buku (sumber: britannica.com)

Apa sih sebenarnya daftar pustaka itu? Tenang saja, yuk, mari kita bahas daftar pustaka di sini. Sekaligus kita belajar cara menyusunnya dengan baik dan benar agar tugas sekolah atau kuliahmu tidak dicap plagiat oleh pembaca.

Baca Juga: Penggunaan Tanda Baca, Fungsi, dan Contohnya, Lengkap!

 

Apa itu Daftar Pustaka? 

Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang berisikan berbagai sumber bacaan untuk dijadikan dasar informasi dalam mengerjakan tugasmu. Sumber informasi yang kamu gunakan bisa berasal dari berbagai media, lho. Buku, jurnal, artikel internet, skripsi, dan lainnya bisa kamu jadikan rujukan dalam membuat tugas.

 

Fungsi Daftar Pustaka

Fungsi daftar pustaka adalah untuk menginformasikan kepada pembaca, dasar dari tulisan yang kamu buat. Jadi, para pembaca dapat percaya terkait kebenaran tulisan yang kamu buat. Selain itu, daftar pustaka juga sebagai sarana menghargai penyedia informasi rujukan, sehingga tulisanmu tidak terindikasi plagiat.

Daftar pustaka berisi beberapa keterangan mengenai sumber rujukan yang kita gunakan, mulai dari nama penulis, judul tulisan, tanggal tulisan diterbitkan, dan sebagainya. Banyaknya keterangan di daftar pustaka bertujuan agar pembaca bisa mengetahui dasar penulisan dan dari mana sumber itu bisa diakses.

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Berdasarkan Jenis Sumbernya

Secara umum gaya penulisan daftar pustaka yang banyak digunakan adalah menggunakan format Chicago Manual Style atau yang biasa disingkat CMS. Yuk, kita belajar menulis daftar pustaka dengan format CMS ini sesuai dengan jenis sumbernya:

 

1. Cara menulis daftar pustaka yang bersumber dari buku

 

gambar buku 02

Gambar: buku (Sumber: theatreroyalglasgow.com)

Jika kamu menggunakan referensi dalam bentuk buku, format daftar pustaka yang harus disusun adalah: 

[Nama belakang penulis, nama depan penulis. Judul buku (ditulis miring). Tempat kota terbit: penerbit, tahun terbit.] 

Jika nama penulis ada dua orang, tulis nama penulis kedua tanpa terbalik dan dihubungkan dengan kata “dan”.

Contoh jika ditulis oleh satu orang: Tibi, Bassam. The Challenge of Fundamentalism. London: University Of California Press, 1998.

Contoh jika ditulis oleh dua orang: Dwipayana, Ari, dan Suroto Eko. Membangun Good Governance di Desa. Yogyakarta: IRE Press, 2003.

 

2. Cara menulis daftar pustaka yang bersumber dari jurnal

 

jurnal

Gambar: jurnal (sumber: kagama.co)

Jika kamu menggunakan jurnal sebagai sumber rujukan materi susunan penulisan daftar pustakanya adalah: 

[Nama belakang penulis, nama depan penulis. "Judul artikel jurnal.” Nama jurnal volume, nomor/issue (tahun terbit): halaman.]

Contoh: Sulismadi. “Model Penguatan Kapasitas Pemerintah Desa.” Jurnal Sosial Politik dan Humaniora 05, no. 2 (2017): 217.

 

3. Cara menulis daftar pustaka yang bersumber dari website

 

website

Gambar: Internet (sumber Naviri,org)

Jika kamu mengambil rujukan dari suatu website di internet seperti artikel dan sebagainya, kamu bisa menggunakan format daftar pustaka: 

[nama belakang penulis, nama depan penulis. “judul artikel” website artikel. Tanggal diakses. Link URL website.

Contoh: Ridlo, Muhamad. “Canggihnya Pilkades Sistem E-voting di Pemalang” www.liputan6.com. Diakses pada kamis 11 Oktober 2019. https://www.liputan6.com/regional/read/3634211/canggihnya-pilkades-sistem-e-voting-di-pemalang.

 

4. Cara menulis daftar pustaka yang bersumber dari skripsi

 

skripsi

 

Gambar: skripsi (Sumber: feb.ulb.ac.id) 

Jika kamu menggunakan Skripsi sebagai bahan rujukan, kamu bisa menulis daftar pustakanya dengan format, [Nama belakang penulis, nama depan penulis. “Judul pustaka.” Jenis pustaka, instansi penerbit, tahun terbit.]

Contoh: Nanda, Galang Kris. “Strategi Pemenangan Sigit Pujiono dalam Pemilihan Kepala Desa Bulakan Tahun 2018.” Skripsi, Universitas Jenderal Soedirman, 2021.

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Berdasarkan Jenisnya

 

Secara garis besar begitulah cara menulis daftar pustaka. Yuk, berlatih menulisnya sesuai dengan rujukan dari tugas yang sedang kamu kerjakan. Selain menghargai penulis sumber rujukan, daftar pustaka membuat tulisanmu layak sebagai bahan bacaan yang memiliki dasar kuat.  

Ingin mengetahui lebih banyak tentang cara menulis dan mengerjakan tugas dengan baik? Yuk, belajar bersama dengan para master teacher di ruangbelajar. Tentunya akan dipandu dengan para guru yang asik, agar belajarmu tidak membosankan.

New Call-to-action

Referensi: 

Sabine Fasawwa, Syaima. “Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal, Buku, Website, Skripsi” Tirto.id. Diakses pada 4 Desember 2021. https://tirto.id/contoh-penulisan-daftar-pustaka-dari-jurnal-buku-website-skripsi-glTb. 

Sumber Foto: 

Chmielewski, Kenny. Editions of The Encyclopedia Britannica. [online] https://www.britannica.com/topic/Encyclopaedia-Britannica-English-language-reference-work. (Diakses 4 Desember 2021) 

Theatre Royal Glasgow. Book. [online] http://www.theatreroyalglasgow.com/berbagai-buku-paling-berpengaruh-sepanjang-masa-dan-para-penulisnya/ (Diakses 4 Desember 2021)

Youthmanual. Jurnal. [online] kagama.co/2019/06/19/rekomendasi-situs-jurnal-ilmiah-untuk-mahasiswa/. (diakses 4 Desember 2021)

Naviri Magazine. Internet. [online] https://www.naviri.org/2021/05/apa-perbedaan-internet-dan-intranet-ini.html. (Diakses 4 Desember 2021) 

FEB ULB. Skripsi. [online] http://feb.ulb.ac.id/format-penulisan-skripsi-tahun-2019/. (diakses 4 Desember 2021)

Profile

Galang Kris Nanda