Contoh Daftar Pustaka & Cara Menulisnya Berdasarkan Sumber

Contoh Daftar Pustaka dan Cara Penulisannya

Menulis daftar pustaka tidak bisa sembarangan, loh! Ada berbagai gaya atau cara penulisan daftar pustaka, dan setiap jenisnya memiliki karakteristiknya masing-masing. Yuk, simak masing-masing contoh daftar pustaka berikut!

 

Hayo, siapa di sini yang saat mengerjakan tugas sering mengambil bahan dari internet? Tenang, kamu boleh saja mengutip atau menggunakan sumber informasi dari berbagai media termasuk internet, tetapi jangan lupa cantumkan sumbernya di daftar pustaka, ya! Lewat daftar pustaka, kita bisa menghargai penulis dari sumber informasi yang kita ambil.

cara menulis daftar pustaka dari buku

Gambar: Buku (sumber: britannica.com)

 

Tapi, jangan salah, teman-teman, menulis daftar pustaka itu tidak bisa sembarangan, loh! Ada beberapa cara penulisan yang memiliki karakteristiknya masing-masing berdasarkan sumbernya. Yuk, mari kita ulas contoh daftar pustaka secara lengkap di sini. Sekaligus kita belajar cara menyusunnya dengan baik dan benar agar tugas sekolah atau kuliahmu tidak dicap plagiat oleh pembaca.

 

Apa itu Daftar Pustaka?

Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang berisikan berbagai sumber bacaan untuk dijadikan dasar informasi dalam mengerjakan tugasmu. Sumber informasi yang kamu gunakan bisa berasal dari berbagai media, lho! Contohnya itu buku, jurnal, artikel internet, skripsi, dan lainnya bisa kamu jadikan rujukan dalam membuat tugas.

 

Fungsi Daftar Pustaka

Fungsi daftar pustaka adalah untuk menginformasikan kepada pembaca, dasar dari tulisan yang kamu buat. Jadi, para pembaca dapat percaya terkait kebenaran tulisan yang kamu buat. Selain itu, daftar pustaka juga sebagai sarana menghargai penyedia informasi rujukan, sehingga tulisanmu tidak terindikasi plagiat.

Sudah tahu belum, di Aplikasi belajar Ruangguru, ada fitur Drill Soal yang berisi kumpulan contoh soal latihan beserta pembahasannya, loh. Pas banget kan buat mempersiapkan diri kamu dalam menghadapi ujian nanti. Yuk, klik banner di bawah ini untuk coba fitur Drill Soal! 

Fitur Drill Soal Ruangguru

 

 

Apa Saja Isi Daftar Pustaka?

Kita bisa menulis daftar pustaka yang berasal dari buku, jurnal, website, karya ilmiah, majalah, maupun hasil wawancara. Daftar pustaka berisi beberapa keterangan mengenai sumber rujukan yang kita gunakan tersebut, mulai dari nama penulis, judul tulisan, tanggal tulisan diterbitkan, nama penerbit, kota penerbit, dan sebagainya. Banyaknya keterangan di daftar pustaka bertujuan agar pembaca bisa mengetahui dasar penulisan dan dari mana sumber itu bisa diakses.

Baca Juga: Pengertian dan Penulisan Daftar Pustaka yang Baik

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Berdasarkan Jenis Sumbernya

Secara umum, gaya penulisan daftar pustaka yang banyak digunakan adalah menggunakan format Chicago Manual Style atau yang biasa disingkat CMS. Yuk, kita belajar cara membuat daftar pustaka dengan format CMS ini, sesuai dengan jenis sumbernya:

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Chicago Manual Style dari Buku

 

1. Jika pengarang berjumlah satu orang

Jika kamu menggunakan referensi dalam bentuk buku, format daftar pustaka yang harus disusun adalah:

[Nama belakang penulis, nama depan penulis. Judul buku (ditulis miring). Tempat kota terbit: penerbit, tahun terbit.]

Contoh: Tibi, Bassam. The Challenge of Fundamentalism. London: University Of California Press, 1998.

 

2. Jika pengarang berjumlah dua orang

Jika nama penulis ada dua orang, tulis nama penulis kedua tanpa terbalik dan dihubungkan dengan kata “dan”.

Contoh: Dwipayana, Ari, dan Suroto Eko. Membangun Good Governance di Desa. Yogyakarta: IRE Press, 2003.

 

3. Jika pengarang berjumlah tiga orang

Jika nama penulis ada tiga orang, penulis kedua dan ketiga tidak dibalik, dan dihubungkan dengan kata “dan” pada penulis kedua dan ketiga.

Contoh: Seruni, Laras Sekar, Imam Budiman, dan Fena Basafiana. Ensiklopedia Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Rusabesi, 2018.

 

4. Jika pengarang berjumlah banyak

Hapsari, Ratna, et al. Sejarah Peminatan Kelas XII untuk SMA dan MA. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2013.

 

5. Jika pengarang tidak diketahui atau anonim

Sejarah Peminatan Kelas XII untuk SMA dan MA. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2013.

 

6. Jika memiliki banyak volume

Murakami, Haruki. IQ84. Vol. 3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

 

7. Jika diproduksi oleh editor

Lapian, A.B., dan Taufik Abdullah, ed. Indonesia dalam Arus Sejarah. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, 2007.

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Chicago Manual Style dari Jurnal

Jika kamu menggunakan jurnal sebagai sumber rujukan materi susunan penulisan daftar pustakanya adalah:

[Nama belakang penulis, nama depan penulis. “Judul artikel jurnal.” Nama jurnal volume, nomor/issue (tahun terbit): halaman.]

Contoh: Sulismadi. “Model Penguatan Kapasitas Pemerintah Desa.” Jurnal Sosial Politik dan Humaniora 05, no. 2 (2017): 217.

Baca Juga: Penggunaan Tanda Baca, Fungsi, dan Contohnya, Lengkap!

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Chicago Manual Style dari Website atau Internet

 

1. Jika mengambil artikel dari website 

[nama belakang penulis, nama depan penulis. “judul artikel” website artikel. Tanggal diakses. Link URL website.

Contoh: Ridlo, Muhamad. “Canggihnya Pilkades Sistem E-voting di Pemalang” www.liputan6.com. Diakses pada kamis 11 Oktober 2019. https://www.liputan6.com/regional/read/3634211/canggihnya-pilkades-sistem-e-voting-di-pemalang.

 

2. Jika mengambil sumber e-book dan e-journal

Pengambilan sumber e-book dan e-journal secara garis besar formatnya sama seperti pengambilan dari buku dan jurnal tercetak. Hanya saja, ditambahkan penulisan url dari situs sumber yang diambil di bagian belakang setelah tahun.

Contoh: Salinger, J.D. The Catcher in The Rye. New York: Little, Brown and Company, 1951. http://emedia.netlibrary.com

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Chicago Manual Style dari Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah Lain

Jika kamu menggunakan Skripsi sebagai bahan rujukan, kamu bisa menulis daftar pustakanya dengan format, [Nama belakang penulis, nama depan penulis. “Judul pustaka.” Jenis pustaka, instansi penerbit, tahun terbit.]

Contoh: Nanda, Galang Kris. “Strategi Pemenangan Sigit Pujiono dalam Pemilihan Kepala Desa Bulakan Tahun 2018.” Skripsi, Universitas Jenderal Soedirman, 2021.

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Chicago Manual Style dari Koran

Jika kamu menggunakan referensi tulisan yang bersumber dari koran, kamu bisa menuliskan daftar pustakanya dengan format sebagai berikut:

[Nama belakang penulis, nama depan penulis. Tahun penerbitan. “Judul artikel yang dipublikasikan”. Nama koran. Tanggal penerbitan.]

Contoh: Wahyudi, Johan. 2013. “Protes Cerdas Pendidik”. Suara Merdeka. 3 Oktober 2013.

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Chicago Manual Style dari Majalah

Selain dari koran, kamu juga menjadikan majalah atau tabloid sebagai sumber penulisan. Berikut adalah cara menuliskan daftar pustakanya:

[Nama belakang penulis, nama depan penulis. Tahun penerbitan. “Judul artikel yang dipublikasikan”. Nama majalah dan nomor edisi.]

Contoh: Lestari, Sri Puji. 2021. “Orang Tua Guru Pertama’. Literasi Indonesia V.

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Chicago Manual Style dari Hasil Wawancara

 

1. Jika menggunakan hasil wawancara yang belum dipublikasikan sebagai sumber dari tulisan

[Nama narasumber, nama pewawancara. Bulan Tahun Wawancara. Sumber]

Contoh: Vony Wester, diwawancarai oleh Jonathan Smith, September 1924, Oral History Archive, National Library, Australia.

 

2. Jika wawancara dilakukan oleh penulis itu sendiri 

Apabila wawancara dilakukan oleh kamu sendiri atau penulis, maka bisa menuliskan pewawancara dengan ‘oleh penulis’.

[Nama narasumber, nama pewawancara. Bulan Tahun Wawancara. Sumber]

Contoh: Vony Wester, diwawancarai oleh penulis, September 1924, Oral History Archive, National Library, Australia.

cara menulis daftar pustaka berdasarkan sumbernya

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Chicago Manual Style dari Sumber Lain

 

1. Contoh menulis daftar pustaka Chicago Manual Style dari Musik

Daftar pustaka juga bisa berupa penggunaan skor dari musik tertentu, berikut adalah contohnya yang bisa kamu jadikan referensi:

Mozart, Wolfgang Amadeus. Sonatas and Fantasies for the Piano. Prepared from the autographs and earliest printed sources by Nathan Broder. Rev. Ed. Bryn Mawr, PA: Theodore Presser, 1960.

 

2. Contoh menulis daftar pustaka Chicago Manual Style dari Video

Nggak cuman musik, kamu juga bisa menjadikan video yang sudah dipublikasikan sebagai sumber penulisan. Jangan lupa untuk menuliskan tanggal video dipublikasikan, panjang atau durasi video, serta URL video pada daftar pustaka ya. Pada contoh di bawah, kamu bisa melihat ‘12:29’ yang menandakan durasi video. Berikut formatnya:

[Pembuat video. Judul video. Sumber video, durasi. Tanggal video dipublikasikan. URL video.]

Contoh: Satu Persen. Kenapa Orang Sukses Selalu Punya Ritual. YouTube Video, 12:29. 31 Agustus 2022. https://www.youtube.com/watch?v=gZtasmDc1Xw

 

3. Contoh menulis daftar pustaka Chicago Manual Style dari Audio

Last but least, untuk menuliskan daftar pustaka penggunaan audio dari internet, kamu harus menyertakan tanggal diaksesnya audio, URL audio dan durasi panjangnya audio. Ini dia formatnya:

[Nama audio. Nama pelaku yang ada di dalam audio. Tanggal diaksesnya video. Durasi audio. URL audio]

Contoh: “Allegro Molto Appassionato”, Violin Concerto in E minor, Op. 64. Dimainkan oleh Franziska Früh (violin) with the Fulda Symphony Orchestra, Grosser Saal der Orangerie Fulda. 31 Maret 2001. 13 menit, 27 detik. https:// commons .wikimedia.org /wiki/File: Felix_Mendelssohn__Violinkonzert_e-moll _1._Allegro_molto_appassionato.ogg

Baca Juga: Pahami Pengertian, Jenis, dan Contoh Karya Tulis Ilmiah, Yuk!

Secara garis besar begitulah cara dan contoh penulisan daftar pustaka yang benar berdasarkan sumbernya. Yuk, berlatih cara buat daftar pustaka sesuai dengan rujukan dari tugas yang sedang kamu kerjakan! Selain menghargai penulis sumber rujukan, daftar pustaka membuat tulisanmu layak sebagai bahan bacaan yang memiliki dasar yang kredibel, juga kuat.  

Ingin mengetahui lebih banyak tentang cara menulis dan mengerjakan tugas dengan baik? Yuk, belajar bersama dengan para master teacher di ruangbelajar. Tentunya akan dipandu dengan para guru yang asik, agar belajarmu tidak membosankan.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi: 

Sabine Fasawwa, Syaima. “Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal, Buku, Website, Skripsi” Tirto.id. Diakses pada 4 Desember 2021. https://tirto.id/contoh-penulisan-daftar-pustaka-dari-jurnal-buku-website-skripsi-glTb. 

Ahmad. “Cara menulis daftar pustaka daru buku, jurnal, skripsi, artikel, website”. gramedia.com. Diakses pada 17 Oktober 2022. https://www.gramedia.com/best-seller/cara-menulis-daftar-pustaka/

“Cara menulis daftar pustaka dari jurnal hingga hasil wawancara”. kumparan.com. Diakses pada 17 oktober 2022. https://kumparan.com/kabar-harian/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-jurnal-hingga-hasil-wawancara-1xkeROW794C/full

Sumber Foto: 

Chmielewski, Kenny. Editions of The Encyclopedia Britannica. [online] https://www.britannica.com/topic/Encyclopaedia-Britannica-English-language-reference-work. (Diakses 4 Desember 2021) 

Galang Kris Nanda