Cara Menulis dan Menyatakan Hari, Tanggal, Bulan, Tahun dalam Bahasa Inggris | Bahasa Inggris Kelas 7

Konsep Pelajaran - Date and Time - Bahasa Inggris kelas 7-01

Yuk, kita belajar bersama-sama mengenai cara menulis dan menyebutkan tanggal, bulan, serta tahun dalan bahasa Inggris lewat artikel ini!

--

Halo! Kali ini, kita akan mempelajari sebuah tema yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari kita, yaitu Time and Date. Waktu dan tanggal merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan kita. Bagaimana tidak, jika kita tidak mengetahui waktu ataupun tanggal, tentu kita akan kebingungan saat melakukan kegiatan.

Jika sebelumnya kita sudah belajar bagaimana cara menyebutkan waktu yang tepat dalam bahasa Inggris, sekarang kita akan belajar tentang tanggal, bulan, dan tahun. Apakah kamu bisa membaca tanggal, bulan, dan tahun dalam bahasa Inggris? Nah, daripada berlama-lama lagi, mari langsung kita pelajari.

 

Mengenal Cardinal dan Ordinal Numbers

Sebelum kamu tau gimana cara menulis dan menyebut tanggal, bulan, dan tahun dalam bahasa Inggris, kamu harus mengenal dahulu mengenai cardinal numbers dan ordinal numbers. Cardinal numbers adalah angka yang digunakan untuk menerangkan jumlah sesuatu dalam bilangan bulat. Contohnya 1, 2, 3, 4, dan seterusnya. Kamu bisa lihat contoh lainnya di tabel berikut ini, ya!

cardinal numbers

Sementara itu, ordinal numbers adalah angka yang menunjukkan urutan, seperti kesatu (first), kedua (second), ketiga (third), dan seterusnya. Contoh lainnya seperti pada tabel di bawah ini.

Ordinal Numbers

Cardinal numbers ini digunakan untuk menyatakan tahun dalam bahasa Inggris, sedangkan ordinal numbers berguna untuk menyatakan tanggal dalam bahasa Inggris. Nah, materi tentang cardinal dan ordinal numbers sebenarnya sudah dibahas di artikel ini, nih. Jadi, kalau kamu ingin belajar lebih lengkap lagi, tinggal klik link berikut aja, ya!

Oke, sekarang, kita masuk ke bahasan utama kita, yaitu cara menulis dan menyebutkan tanggal, bulan, dan tahun dalam bahasa Inggris.

 

Cara Menyatakan Hari dalam Bahasa Inggris

Kamu pasti sudah tau ya nama-nama hari dalam bahasa Indonesia. Tapi, bagaimana dengan bahasa Inggrisnya, nih? Hari dalam bahasa Inggris berarti "day". Nah, coba perhatikan gambar berikut:

nama hari dalam bahasa inggris

Oke, kakak punya pertanyaan, coba tulis di kolom komentar nama hari saat kamu baca artikel ini dalam bahasa Inggris?

Untuk menyatakan hari dalam bahasa Inggris, kita bisa menggunakan kata keterangan today, tomorrow, dan yesterday

Today itu artinya hari ini. Jadi, kalau kamu ingin mengatakan, "hari ini adalah hari Jumat", maka kamu bisa nyatakan, "today is friday". Kemudian, tomorrow itu artinya besok. Kalau kamu ingin mengatakan, "besok adalah hari Sabtu", maka "tomorrow is Saturday". Terakhir, yesterday itu artinya kemarin. Jadi, kalau kamu ingin mengatakan, "kemarin adalah hari kamis", maka "yesterday was Thursday". 

cara menyatakan hari dalam bahasa inggris

Selain itu, kita juga bisa menggunakan kata before yang artinya sebelum, dan after yang artinya sesudah. Contohnya gini, misalnya ada pertanyaan,

"What is the day before Monday?"

(Hari apa sebelum hari Senin?)

Maka kamu bisa menjawabnya dengan,

"The day before Monday is Sunday."

(Sebelum hari Senin adalah hari Minggu.)

Gimana, paham, ya? Sekarang kalau kakak tanya, what is the day after Friday?, jawabannya apa, nih?

 

Cara Menyatakan Bulan dalam Bahasa Inggris

Nah, setelah kamu tau macam-macam nama hari dalam bahasa Inggris dan cara menyatakannya, kita lanjut ke cara menyatakan bulan dalam bahasa Inggris, yuk!

Ada yang tau bahasa Inggrisnya bulan? Kalau di antara kamu menjawab moon, ya nggak salah juga sih, ya. Hehehe... Tapi, khusus untuk penanggalan, bulan dalam bahasa Inggris berarti "month".

nama bulan dalam bahasa inggris

Untuk menyatakan bulan dalam bahasa Inggris, kita bisa menggunakan kata keterangan, this month, next month, dan last month. Wah, apa aja tuh perbedaannya?

This month artinya bulan ini. Kalau kamu ingin menyatakan, "bulan ini adalah bulan Desember, maka "this month is December". Lalu, next month artinya bulan depan. Kalau kamu ingin menyatakan, "bulan depan adalah bulan Januari, maka bahasa Inggrisnya, "next month is January". Selanjutnya, last month itu artinya bulan lalu. Jadi, kalau kamu ingin menyatakan, "bulan lalu adalah bulan November" dalam bahasa Inggris, maka "last month was November". 

Perhatikan baik-baik, guys. Ketika kita ingin menyampaikan sesuatu di masa sekarang atau masa depan, kita gunakan "is". Tapi, ketika kita ingin menyampaikan sesuatu di masa lampau, kita gunakan, "was".

cara menyatakan bulan dalam bahasa inggris

Cara Menyatakan Tahun dalam Bahasa Inggris

Oke, cara menyatakan hari dalam bahasa Inggris, sudah. Cara menyatakan bulan dalam bahasa Inggris, sudah juga. Selanjutnya, kita belajar cara menyatakan tahun dalam bahasa Inggris, ya.

Tahun dalam bahasa Inggris berarti year. Kamu masih ingat nggak, di awal tadi, dikasih tau kalau untuk menyatakan tahun dalam bahasa Inggris, kita gunakan cardinal numbers. Ada 2 cara, nih. Pertama, kita bisa baca seperti angka ribuan biasa. Tapi, ini cuma berlaku pada tahun 2000-an dan tahun sesudahnya. 

Misalnya, tahun 2009 bahasa Inggrisnya two thousand nine, kita bisa baca two thousand and nine.

Nah, cara yang kedua, kita bisa baca dua angka di awal dan dua angka di belakang. Cara ini bisa dipakai untuk menyatakan tahun sebelum 2000 dan tahun sesudah 2000 (2019 ke atas).

Contohnya, tahun ini 2021, bisa kita baca dua angka di depan, yaitu twenty, dan dua angka di belakang, yaitu twenty-one. Jadi, tahun 2021 dalam bahasa Inggris adalah twenty twenty-one.

cara menyatakan tahun dalam bahasa inggris

Cara Menyatakan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Tanggal dalam bahasa Inggris berarti date. Untuk menyatakan tanggal dalam bahasa Inggris, kita gunakan ordinal numbers. Ada dua cara, yaitu British format dan American format. Bedanya apa, sih?

British format adalah cara penulisan dan membaca tanggal yang biasa digunakan di Inggris dan kebanyakan negara di Eropa. Nah, urutan penulisan dan membacanya sama seperti di Indonesia ya, yaitu di awali dengan tanggal, bulan, dan tahun. Pada British format, tanggal ditulis dan dibaca dengan ordinal numbers.

Sementara itu, American format adalah cara penulisan dan membaca tanggal yang biasa digunakan di Amerika Serikat. Berbeda dengan British format, kalau American format, di awali dengan bulan terlebih dahulu, lalu ke tanggal dan tahun. Pada American format, tanggal ditulis dengan cardinal numbers, tapi dibaca dengan ordinal numbers.

Contohnya masing-masing dapat kamu perhatikan pada gambar di bawah ini, ya! 

cara menyatakan tanggal dalam bahasa Inggris

 

Oke, guys, itu tadi penjelasan mengenai cara menyatakan hari, tanggal, bulan, dan tahun dalam bahasa Inggris. Mudah sekali bukan? Coba sekarang kamu sebutkan hari ulang tahun kamu, ulang tahun orang tua kamu, atau tanggal-tanggal penting lainnya dalam bahasa Inggris ya. Tulis di kolom komentar! Jika masih bingung, kamu bisa belajar bersama guru privat berkualitas di Ruangguru Privat. Yuk, cari guru favorit yang sesuai dengan kriteriamu sekarang!

New call-to-action

Profile

Hani Ammariah

Anaknya seneng ngitung, tapi nggak perhitungan. Dulu pernah kuliah di Institut Pertanian Bogor jurusan Matematika. Sekarang jadi tukang nulis a.k.a Content Writer di Ruangguru.