15 Contoh Pidato Persuasif Singkat dalam Berbagai Tema | Bahasa Indonesia Kelas 9

Bahasa Indonesia Kelas 9 - Contoh Pidato Persuasif

Butuh contoh teks pidato persuasif singkat dengan beragam tema? Yuk, perhatikan selengkapnya di artikel Bahasa Indonesia kelas 9 ini!

 

Halo, teman-teman! Pada artikel ini: Pidato Persuasif: Pengertian, Ciri, Struktur & Contoh, kita sudah membahas tentang pidato persuasif, meliputi pengertian, ciri-ciri, tujuan, hingga jenisnya, ya. Nah, kali ini, kita akan fokus membahas tentang contoh pidato persuasif beserta strukturnya yang perlu kamu tahu. 

Tapi, untuk mengingatkan kembali mengenai pidato persuasif, kamu bisa membaca pengertian pidato persuasif berikut ini.

 

Pengertian Pidato Persuasif

Pidato persuasif adalah pidato yang isinya mempersuasi, mempengaruhi, atau mengajak masyarakat untuk melakukan sesuatu. Biasanya, pidato persuasif mengandung gagasan, isu, konsep, atau produk tertentu yang relevan dengan topik yang dibicarakan agar audiens terdorong untuk melakukan suatu hal tertentu.

 

Struktur Pidato Persuasif

Struktur teks pidato persuasif terdiri atas beberapa bagian sebagai berikut:

1. Pembukaan

Sama dengan pidato-pidato lainnya, bagian pembukaan pidato persuasif berisikan salam pembuka, ucapan penghormatan atau sapaan kepada tamu undangan dan hadirin, serta ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Isi Pidato

Isi pidato merupakan bagian utama pidato di mana pembicara akan menyampaikan pendapat, gagasan, alasan, serta informasi-informasi penting yang relevan dengan topik pidato. Bagian ini juga bertujuan untuk mengajak atau mendorong para pendengar untuk melakukan sesuatu.

3. Penutup Pidato

Bagian penutup pidato persuasif umumnya berisi kesimpulan, saran, harapan, serta kalimat atau pernyataan terakhir yang semakin menguatkan dan meyakinkan para audiens untuk melakukan sesuatu yang tadi sudah dibahas di isi pidato. Pembicara juga bisa menyampaikan ucapan terima kasih serta permohonan maaf apabila terdapat salah kata selama menyampaikan pidato.

Baca Juga: Teks Pidato, Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur & Metodenya

ciri ciri teks pidato

 

Contoh Pidato Persuasif Singkat Berbagai Tema

Nah, sekarang yuk perhatikan beberapa contoh pidato persuasif berikut ini supaya kamu memiliki referensi dalam membuat pidato persuasif!

1. Contoh Pidato Persuasif tentang Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati,

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT. Berkat nikmat dan hidayah-Nya, kita bisa berkumpul dalam acara peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Hadirin yang berbahagia,

Dalam mencari ilmu, Allah SWT pernah menguji para malaikat-Nya bahwa ternyata tidak ada seorang pun di dunia yang memiliki ilmu pengetahuan kecuali Allah SWT. Ilmu yang kita miliki sekarang merupakan titipan dari Allah, bahkan malaikat tidak akan memiliki ilmu pengetahuan selain dari apa yang diajarkan.

Sebagai manusia biasa, kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang dimiliki, bahkan dengan apapun. Ilmu yang kita miliki bukan untuk disombongkan tetapi harus diamalkan agar ilmu tersebut tidak berhenti di kita. Mengamalkan ilmu yang kita memiliki akan memberikan pahala yang tidak terputus.

Hadirin yang saya hormati,

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bahkan sejak kita dilahirkan. Tidak ada batasan untuk menuntut ilmu. Karena itu, marilah kita semangat untuk terus mengejar pendidikan setinggi-tingginya. Bahkan dalam pepatah dikatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina.

Sebagian keutamaan orang mencari ilmu yaitu dimudahkan dan dibimbing melalui jalan kebenaran. Betapa pentingnya menuntut ilmu sehingga kita diberikan pengetahuan luar biasa. Dalam hal ini, peran tenaga pengajar juga penting agar generasi muda terus semangat mengejar pendidikan setinggi-tingginya.

Sekian pidato singkat dari saya, semoga ada manfaatnya dan kita semua diberikan ilmu bermanfaat serta diridhai Allah, aamiin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

2. Contoh Pidato Persuasif tentang Lingkungan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

Selamat pagi untuk kita semua.

Pertama-tama dan paling utama, marilah kita ucapkan syukur kepada Allah SWT yang sudah memberi limpahan rezeki bagi kita semua. Tak lupa selawat dan salam, mari kita gaungkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, sampai kepada kita selaku umatnya.

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan kali ini izinkan saya berbicara mengenai pentingnya menjaga lingkungan di sekolah. Sebab isu lingkungan sudah menjadi isu di seluruh negara. Maka, menjaganya sudah menjadi tugas bersama.

Menjaga lingkungan tak melulu soal menjaga kebersihan. Lebih dari itu, menjaga lingkungan dapat diupayakan lewat menanam tanaman di lingkungan sekolah, menghemat air, dan mengupayakan untuk meminimalkan penggunaan plastik.

Lalu, kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah? Sebab, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menjadi tempat pertama untuk memupuk kebiasaan menjaga lingkungan.

Hadirin yang berbahagia,

Hal-hal yang saya singgung di atas, seperti menanam tanaman, menghemat air, dan meminimalkan penggunaan plastik merupakan hal yang kecil. Namun percayalah, aktivitas kecil punya dampak besar bila dilakukan bersama dan menjadi kebiasaan.

Semoga dengan aktivitas positif di sekolah bisa dibawa juga ke rumah, sehingga kegiatan menjaga lingkungan dapat dilakukan terus menerus. Alangkah lebih baik lagi bila kita mampu untuk mempengaruhi saudara, orang tua, dan teman di rumah untuk sama-sama menjaga lingkungan.

Demikianlah pidato lingkungan hidup tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang saya sampaikan. Meski singkat, semoga ada manfaatnya.

Terima kasih atas atensinya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

 

3. Contoh Pidato Persuasif tentang Narkoba

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru yang hadir pada acara ini,

Serta temen-teman seperjuangan yang saya banggakan.

Teman-teman, kita semua tahu bahwa bangsa kita sedang dilanda masalah yang sangat serius. Masalah tersebut adalah penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda. Hampir setiap saat kita mendapatkan berita, baik di media elektronik atau media cetak yang menyebutkan kondisi generasi kita semakin buruk.

Pemerintah telah menyatakan bahwa narkoba sebagai bahaya nasional yang harus diantisipasi dan diberantas oleh siapapun. Hal ini berarti bahwa setiap orang harus ikut andil dalam mencegah dan mengatasi masalah tersebut.

Generasi muda adalah harapan bangsa, di puncak merekalah masa depan bangsa ini diletakkan. Karena itu, dalam kesempatan ini kami ingin mengajak kepada kalian semua para generasi muda untuk katakan tidak pada narkoba. Jangan biarkan narkoba menghancurkan masa depan kita.

Teman-temanku sekalian,

Narkoba adalah pembunuh berdarah dingin yang akan mematikan siapa saja secara perlahan. Narkoba menyebabkan kerusakan fisik seperti matinya saraf dan fungsi otak hingga kesadaran moral.

Bagi pelajar, narkoba akan membuat mereka kehilangan semangat belajar. Mereka menghabiskan banyak uang hanya untuk mendapatkan kebahagiaan sesaat. Mereka beranggapan bahwa narkoba dapat membuatnya bahagia, namun nyatanya mereka menderita.

Hadirin sekalian,

Poin penting dalam pidato saya kali ini adalah narkoba dapat menyebabkan kondisi generasi bangsa semakin buruk. Narkoba merupakan pembunuh masa depan bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Narkoba membuat orang tua dan masyarakat menjadi khawatir. Jadi, kita harus bertekad untuk tidak memakai narkoba, “No narkoba! Selamatkan bangsa ini.”

Hadirin sekalian, demikian pidato singkat tentang bahaya narkoba yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam bertutur kata.

Waasalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

4. Contoh Pidato Persuasif tentang Kesehatan

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Yang terhormat Bapak Kepala sekolah, Ibu dan Bapak guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Segala puji dan syukur selalu kita panjatkan bagi Sang Pencipta seluruh jagat raya, Allah SWT. yang telah memberikan kita kesehatan, dengan pemberian kesehatan tersebut kita bisa berkumpul di sini.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat mengenai, ‘Pentingnya Menjaga Kesehatan Sejak Dini’, agar kita semua yang ada di sini sadar akan kesehatan tubuh kita.

Ibu bapak guru dan teman-teman, pasti kita pernah mendengar kata pepatah yang mengatakan bahwa, ‘Di dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat’. Pepatah tersebut secara tidak langsung telah menyadarkan kita bahwa memiliki tubuh yang sehat tentu akan membuat pikiran dan jiwa kita menjadi sehat juga.

Ada pula slogan yang mengatakan bahwa, ‘Kesehatan Sangat Mahal’, secara tidak langsung slogan ini juga menyadarkan kita bahwa betapa mahalnya harga untuk menjadi sehat.

Ibu Bapak guru dan teman-teman, dengan keadaan kita saat ini, kita harus bersyukur karena masih diberikan napas untuk dapat menikmati udara segar. Namun, bayangkan jika tiba-tiba kita terkena penyakit stroke atau serangan jantung, tentu menakutkan?

Karena selain harus mengeluarkan biaya besar untuk mengobati penyakit tersebut, kita juga membuang banyak waktu kita secara sia-sia karena harus dirawat di rumah sakit. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh terbukti menjadi satu hal yang sangat penting.

Ibu, bapak guru, dan teman-teman, jika kita dapat menjaga kesehatan maka kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Dengan tubuh yang sehat akan membuat kita lebih berkonsentrasi dalam belajar serta bekerja sehingga daya tangkap dan ingat kita menjadi lebih baik karena tubuh sehat yang memacu otak kita untuk dapat bekerja secara optimal.

Menjaga kesehatan tidak hanya baik untuk diri kita, tetapi juga untuk masa depan bangsa kita. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang dihuni oleh masyarakat yang sehat, baik secara jasmani maupun rohani. Namun, jika suatu bangsa dihuni oleh masyarakat yang tidak sehat apalagi rohaninya maka masa depan bangsa tersebut pula akan hancur karena ulah masyarakatnya sendiri.

Ibu, bapak, dan teman-teman, demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Semoga yang telah saya sampaikan ini berguna buat kita semua terutama dalam menjaga kesehatan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatian ibu, bapak, dan teman-teman saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Pidato beserta Struktur, Tujuan & Jenis

 

5. Contoh Pidato Persuasif tentang Bullying

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi Robbil alamin, washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya’i wal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in amma ba’du.

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat karunianya kita bisa hadir di sini dalam keadaan sehat lahir dan batin, shalawat serta salam semoga selalu terlimpahkan ke junjungan kita yakni Nabi Muhammad SAW.

Bapak/ibu kepala sekolah yang saya hormati,

Bapak dan ibu guru yang saya hormati,

Teman-teman yang saya sayangi dan berbahagia.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan pidato persuasif singkat tentang bullying atau perundungan.

Tindakan bullying merupakan segala bentuk penindasan atau perisakan, baik itu secara verbal maupun non verbal, yang dilakukan satu orang atau kelompok yang lebih kuat kepada orang lain, yang tentunya rata-rata terlihat lebih lemah dari mereka.

Tindakan bullying bisa menyebabkan mental seseorang terganggu dan drop, bahkan beberapa kasus menyebabkan korbannya depresi.

Teman-teman yang saya banggakan, mulai sekarang stop melakukan bullying atau perundungan, hentikan perisakan kepada siapapun karena tak mempunyai manfaat sama sekali bagi kita semua.

Coba tanya hati nurani kalian yang terdalam, apa setelah melakukan bullying terhadap anak yang kalian anggap lemah itu timbul rasa bahagia? Bagaimana jika kalianlah justru yang menjadi korban? Coba posisikan diri kalian jadi korban perundungan.

Tindakan bullying merugikan berbagai pihak, bahkan bisa menyebabkan hal fatal semacam kematian, masih lekat di ingatan kisah seorang siswa di Tasikmalaya yang meninggal setelah dibully habis-habisan oleh teman-temannya, lalu direkam saat melakukan hal tak pantas dengan seekor kucing.

Apa harus ada korban dulu baru berhenti? Tolong berhenti, jangan lagi ada tindak bullying di mana pun, kemajuan teknologi di zaman ini janganlah membuat kita menjadi tidak punya simpati dan empati.

Lebih pedulilah sesama teman, jangan mengejek dan menindas teman yang lebih lemah. Daripada melakukan bullying lebih baik melakukan hal positif.

Mulai sekarang ayo kita stop tindakan bullying, jika melihat ada yang melakukannya langsung tegur dan laporkan ke guru atau kalau di lingkungan rumah bisa dilaporkan kepada RT setempat agar tak ada lagi yang namanya pembullyan.

Rupanya pidato persuasif singkat dari saya dicukupkan sekian, mohon maaf jika ada kesalahan ucapan yang tak disengaja.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

6. Contoh Pidato Persuasif tentang Kebersihan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak-bapak, Ibu-ibu yang saya hormati dan teman-temanku yang baik hati.

Kemarin, saya ikut kakak ke kampus salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta. Yang namanya kampus, tentu saja bangunannya besar-besar dan pada umumnya bertingkat. Itu biasa. Tetapi, ada hal luar biasa yang saya rasakan.

Begitu masuk lingkungan kampus, perasaan saya menjadi tenang dan senang. Mengapa? Suasananya sejuk karena banyak pohon rindang, jalan-jalan beraspal mulus dan bersih. Rumput hijau tampak terawat rapi.

Taman-taman diatur bagus dengan bunga aneka warna bermekaran. Demikian juga tembok dan lantai bangunan sangat bersih. Barang-barang dan perabot berada di tempatnya dan tersusun rapi. Itulah yang menyebabkan saya betah dan senang tinggal berlama-lama di sana menunggu kakak yang masih ada urusan di kampus itu.

Bagaimana keadaan lingkungan kita masing-masing? Apakah sudah bersih, indah, dan nyaman? Syukur kalau sudah begitu. Akan tetapi, kita melihat bahwa pada umumnya lingkungan kita kurang baik. Kurang memenuhi syarat keindahan dan kesehatan.

Rumput dibiarkan tumbuh liar. Sampah berserakan di mana-mana. Banyak barang yang tidak berada di tempatnya. Anehnya, banyak orang tidak peduli. Semuanya dibiarkan apa adanya. Itu mengakibatkan keadaan lingkungan kita menjadi kurang menarik, terkesan jorok, dan amburadul.

Bagaimana perasaan kita jika tinggal di tempat seperti itu? Dapatkah kita merasa tenang dan senang? Tentu saja tidak. Dapatkah kita berpikir jernih? Tentu tidak. Dapatkah kita hidup sehat? Mungkin sekali tidak.

Mengapa di lingkungan yang kotor kita sulit mempertahankan kesehatan? Itu disebabkan memang ada hubungan yang erat antara kebersihan dan kesehatan. Bersih pangkal sehat, kata orang bijak. Makin bersih diri dan lingkungan kita, makin besar kemungkinan kita menjadi sehat. Sebaliknya, semakin kotor dan makin banyak sampah di lingkungan kita, semakin kecil kemungkinan kita menjadi sehat.

Hal itu memang masuk akal sebab sampah selain menimbulkan pemandangan menjijikkan, menimbulkan bau tak sedap, dan juga menjadi sarang penyakit. Bibit-bibit penyakit yang bersarang di dalam sampah itu mengancam kesehatan kita.

Makin banyak sampah di sekitar kita, makin banyak bibit penyakit bersarang. Makin banyak bibit penyakit di sekitar kita, makin besar ancaman terhadap kesehatan kita. Jika daya tahan tubuh kita tidak kuat, kita akan mudah jatuh sakit. Beruntung, jika sakitnya ringan-ringan saja seperti sakit flu. Bagaimana jika sakitnya tergolong berat? Kita harus mengeluarkan dana yang amat besar untuk menyembuhkannya.

Mengapa lingkungan kita pada umumnya kurang bersih dan rapi? Hal ini sebenarnya disebabkan oleh ulah kita sendiri. Kebanyakan kita kurang peduli terhadap keindahan dan kebersihan lingkungan.

Kebanyakan kita beranggapan bahwa masalah kebersihan dan kerapian lingkungan menjadi tanggung jawab petugas kebersihan. Memang benar, ada petugas kebersihan.

Akan tetapi, upaya petugas kebersihan itu kurang ada hasilnya jika kita tidak membantunya. Misalnya, petugas sudah membersihkan sampah di lingkungan kita, tetapi jika kita lalu membuang sampah seenaknya, lingkungan kita akan menjadi kotor lagi. Makin banyak yang membuang sampah seenaknya, makin kotor.

Jadi, kita harus punya kesadaran untuk berperilaku bersih. Kita harus ikhlas menjaga kebersihan lingkungan. Kita buang sampah di tempatnya. Kita jaga taman di sekitar kita dengan tidak menerobos melewatinya, menginjak rumputnya, dan memetik bunganya. Dengan cara seperti itu, lingkungan kita tetap bersih dan keadaan taman tetap rapi dan indah.

Oleh karena itu, mari kita bulatkan tekad untuk memulai hidup bersih. Kita buang sampah di tempatnya. Kita jaga keindahan lingkungan kita. Semuanya itu akan terasa mudah dan ringan jika kita semua melakukannya. Hasilnya pun dapat segera kita rasakan. Lingkungan kita menjadi bersih dan indah. Dalam lingkungan seperti itu, kita dapat menikmati hidup sehat dan nyaman.

Sekian, 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

7. Contoh Pidato Persuasif tentang Kemerdekaan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya, kita dapat mengikuti kegiatan berpidato dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 dalam keadaan sehat walafiat aamiin aamiin aamiin ya rabbal alamin.

Para hadirin sekalian, hari ini merupakan momen yang sangat penting bagi kita. Indonesia berhasil merdeka berkat jasa para pahlawan yang tidak gentar melawan penjajah dari bumi pertiwi tercinta.

Oleh karena itu, patutlah kita berterima kasih, mengenang, serta mendoakan para pahlawan kemerdekaan pada momen HUT RI ke-78 ini.

Kita tidak boleh sedikitpun melupakan sejarah bangsa Indonesia dan jasa para pahlawan. Ingat pesan Presiden Soekarno yaitu “Jas Merah” atau “Jangan sekali-kali melupakan sejarah”.

Para hadirin sekalian yang saya hormati, jika kita mengenang perjuangan para pahlawan muda disaat merebut kemerdekaan bangsa ini, maka sudah jelas terlintas di benak kita, bahwa semangat persatuan mereka bagaikan api yang membara begitu hebatnya menyatu pada jiwa dan raga.

Kita harus menanamkan dan meneladani sikap nasionalisme serta patriotisme dari pahlawan kemerdekaan, bisa dengan cara melestarikan kekayaan Indonesia agar tidak tenggelam dalam perkembangan zaman saat ini.

Terutama untuk para pemuda dan pemudi yang menjadi penerus bangsa Indonesia, harus mampu mempertahankan dasar negara agar dapat mensejahterakan masyarakat bangsa dan menjaga keutuhannya sebagai bukti bakti kepada pertiwi.

Para hadirin sekalian, perlu diingat setiap saat bahwa Bhinneka Tunggal Ika semboyan negara kita yang akan selalu menjadi panutan generasi penerus bangsa.

Kiranya cukup sekian pidato kemerdekaan HUT RI ke-78 tentang nasionalisme kali ini. Jika ada salah kata, saya meminta maaf.

Semoga semangat kita dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa akan selalu diberkahi rahmat Allah SWT.

Merdeka! Merdeka!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

8. Contoh Pidato Persuasif tentang Jangan Buang Sampah Sembarangan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama-tama, marilah kita bersyukur atas nikmat sehat dan kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT sehingga kita bisa berkumpul di sini pada kesempatan yang baik ini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak kita untuk membahas tentang masalah lingkungan, khususnya mengenai kebiasaan membuang sampah sembarangan.

Saudara-saudaraku sekalian, mungkin di antara kita masih ada yang sering kali membuang sampah sembarangan. Padahal, kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan banyak dampak negatif bagi lingkungan, seperti banjir, pencemaran air dan tanah, serta kerusakan habitat satwa liar. Belum lagi, kondisi lingkungan yang kotor dapat memicu timbulnya berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk mengubah kebiasaan buruk ini. Mulailah dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan membawa tas belanja sendiri ke toko.

Jangan pula membuang sampah sembarangan, terutama di area yang tidak tersedia tempat sampah. Kita juga bisa memisahkan sampah organik dan anorganik agar lebih mudah didaur ulang.  Saudara-saudaraku sekalian, menjaga lingkungan bersih dan sehat bukanlah tanggung jawab satu orang saja, tetapi merupakan tanggung jawab kita semua.

Mari kita berkomitmen untuk memulai dari diri sendiri dan mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama. Kita harus menyadari bahwa upaya kecil yang kita lakukan dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan dan kehidupan kita di masa depan.

Terakhir, marilah kita berdoa kepada Allah SWT agar kita senantiasa diberikan kekuatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan serta terus berupaya menjadi pelopor bagi orang-orang di sekitar kita untuk peduli terhadap lingkungan. 

Demikianlah pidato singkat dari saya mengenai pentingnya tidak membuang sampah sembarangan. Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat dan memotivasi kita untuk melakukan perubahan yang lebih baik untuk lingkungan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

9. Contoh Pidato Persuasif tentang Pergaulan Bebas

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang saya hormati, Bapak dan Ibu guru yang saya cintai. Yang saya banggakan, teman-teman sekalian. Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat iman, islam, dan ihsan. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman pencerahan.

Hadirin semuanya, 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya menyampaikan pidato dengan tema “Pergaulan Bebas, Musuh Terbesar Remaja”.

Teman-teman yang saya sayangi,

Kita semua tahu bahwa remaja adalah masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Masa ini adalah masa yang penuh dengan tantangan, godaan, dan peluang. Masa ini juga adalah masa yang menentukan arah dan kualitas hidup kita di masa depan.

Namun, sayangnya, banyak remaja yang tidak menyadari hal ini. Banyak remaja yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Pergaulan bebas adalah perilaku yang melanggar norma agama, hukum, dan moral, seperti berzina, minum-minuman keras, narkoba, tawuran, dan lain-lain.

Pergaulan bebas adalah musuh terbesar remaja. Mengapa demikian? Karena pergaulan bebas dapat menimbulkan dampak negatif yang sangat besar, antara lain:

  • Dampak fisik, seperti penyakit kelamin, HIV/AIDS, kehamilan tidak diinginkan, aborsi, dan kematian.
  • Dampak psikologis, seperti stres, depresi, trauma, rasa bersalah, dan hilangnya rasa percaya diri.
  • Dampak sosial, seperti terisolasi dari lingkungan, dicap buruk oleh masyarakat, dan terlibat masalah hukum.
  • Dampak pendidikan, seperti menurunnya prestasi, putus sekolah, dan tidak memiliki keterampilan.
  • Dampak ekonomi, seperti boros, tergantung, dan tidak mandiri.
  • Dampak spiritual, seperti jauh dari Allah, tidak taat beribadah, dan tidak berakhlak mulia.

 

Teman-teman yang berbahagia,

Apakah kita mau hidup kita hancur karena pergaulan bebas? Tentu tidak, bukan? Maka dari itu, kita harus berusaha untuk menjauhi pergaulan bebas dan melindungi diri kita dari godaan setan. Bagaimana caranya?

  • Pertama, kita harus memperkuat iman dan takwa kita kepada Allah SWT. Kita harus selalu ingat bahwa Allah Maha Melihat, Maha Mendengar, dan Maha Mengetahui segala perbuatan kita. Kita harus selalu berdoa dan memohon perlindungan dari Allah dari segala kejahatan.
  • Kedua, kita harus memilih teman yang baik dan sholeh. Kita harus bergaul dengan orang-orang yang bisa memberi pengaruh positif, nasihat, dan motivasi kepada kita. Kita harus menjauhi teman-teman yang suka mengajak kita ke hal-hal yang buruk dan maksiat.
  • Ketiga, kita harus mengisi waktu luang kita dengan kegiatan yang bermanfaat dan produktif. Kita bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, organisasi kemasyarakatan, atau hobi yang positif. Kita juga bisa belajar, membaca, atau berolahraga untuk meningkatkan pengetahuan dan kesehatan kita.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjauhi pergaulan bebas dan menyelamatkan masa depan kita. Saya berharap kita semua bisa menjadi remaja yang beriman, berilmu, berakhlak, dan berprestasi. 

Akhir kata, saya mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam pidato saya. Semoga pidato saya bermanfaat dan memberi inspirasi bagi kita semua. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

 

10. Contoh Pidato Persuasif tentang Anti Kekerasan Anti Tawuran

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah, ibu guru, dan para rekan-rekan yang saya banggakan.

Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan pidato mengenai tawuran sebagai bentuk kekerasan yang wajib kita hindari sebagai seorang pelajar. Tawuran adalah salah satu bentuk kekerasan yang sering terjadi di kalangan remaja. 

Biasanya tawuran terjadi antara dua kelompok pelajar dari sekolah yang berbeda. Aktivitas tersebut dapat menimbulkan kerugian materi dan nonmateri, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Ada banyak faktor yang menyebabkan tawuran terjadi. Seperti persoalan gengsi, balas dendam, perselisihan antar kelompok, dan kesalahpahaman.

Seperti yang kita tahu, tawuran merupakan tindakan yang tidak dibenarkan.  Sejatinya, tawuran tidak akan menyelesaikan masalah, justru akan memperburuk keadaan dan hanya akan menimbulkan kebencian serta permusuhan. 

Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama mencegah terjadinya tawuran.  Sebagai seorang pelajar, ada banyak cara untuk mencegah tawuran. Misalnya dengan menanamkan nilai-nilai moral, nilai-nilai agama, meningkatkan kesadaran akan pentingnya, dan berusaha hidup rukun.

Saya mengajak kita bersama-sama menjaga lingkungan kita agar terhindar dari tawuran.  Mari kita jadikan sekolah kita sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk belajar.

Itulah pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Mengenal Teks Pidato dan Cara Menganalisinya

 

11. Contoh Pidato Persuasif tentang Polusi Udara

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hadirin yang terhormat,

Pada kesempatan ini, mari kita bahas tentang sebuah isu yang mendesak, yaitu bahaya polusi udara. Polusi udara telah menjadi ancaman serius bagi kesehatan dan lingkungan kita. Kualitas udara yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pernapasan, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kematian prematur. 

Anak-anak dan lansia adalah kelompok yang paling rentan terhadap dampak buruk polusi udara ini. Di sisi lain, polusi udara juga merusak ekosistem dan lingkungan, mengganggu pertumbuhan tanaman, mengurangi kualitas tanah dan air, serta mengancam keanekaragaman hayati. Selain itu, polusi udara juga menjadi penyumbang utama perubahan iklim global, menyebabkan perubahan cuaca ekstrem dan kerusakan lingkungan yang tidak dapat diperbaiki.

Untuk mengatasi bahaya polusi udara ini, kita perlu bertindak segera dan bersama-sama. Pemerintah perlu mengadopsi kebijakan yang mendukung penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan, serta menegakkan regulasi yang ketat terhadap industri dan kendaraan bermotor. Industri juga perlu berinovasi dalam teknologi bersih guna mengurangi emisi gas beracun. 

Di sisi lain, sebagai individu, kita dapat berkontribusi dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, menggunakan energi terbarukan, dan mengedukasi masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga lingkungan. Dengan tindakan kolektif ini, kita dapat melindungi kesehatan dan keberlanjutan lingkungan bagi generasi masa depan.

Mari kita bersatu dalam upaya melawan polusi udara. Setiap langkah kecil yang kita ambil dapat memberikan dampak besar bagi kehidupan kita dan bumi kita. Melalui kesadaran dan tindakan nyata, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan bagi kita dan anak cucu kita. 

Terima kasih atas perhatian dan kontribusi Anda dalam menjaga kelestarian bumi.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

12. Contoh Pidato Persuasif tentang Bahaya Merokok

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati ibu kepala sekolah,

Yang saya hormati bapak dan ibu guru beserta jajarannya,

Yang saya sayangi teman-teman dan adik-adik semuanya,

Hadirin yang budiman,

Tiada kata yang sanggup kita ucapkan selain tasyakur dan tahmid yang tiada henti-hentinya. Karena berkat inayah-Nya kita bisa berkumpul semua disini di hari yang cerah dan penuh berkah ini.

Tak lupa selalu shalawat serta salam yang kita tujukan kepada nabi besar, nabi Muhammad SAW, para sahabat, dan seluruh umatnya diseluruh dunia ini yang selalu kita harapkan pertolongannya di hari akhir.

Teman-teman yang berbahagia,

Gaya hidup yang modern membuat kita lupa akan kesehatan yang sejatinya sangatlah penting. Salah satu gaya hidup yang kini sedang tren di berbagai kalangan masyarakat adalah merokok. 

Bagi sebagian kalangan, merokok menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Mengingat bagi mereka dengan merokok dapat membuat kepercayaan diri mereka meningkat, berbanding terbalik jika tidak merokok. Maka mereka akan dianggap sebagai orang-orang yang culun dan tidak keren. 

Tetapi tanpa mereka sadari, justru merokok memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Selain itu, merokok juga menjadi gerbang awal dari berbagai macam pergaulan bebas mulai dari narkoba, mabuk-mabukan, perjudian, dll.

Hadirin semuanya,

Perlu sama-sama kita ketahui beberapa dampak buruk dari merokok agar kita bisa menyadari jika merokok bukanlah hal yang patut kita contoh. 

Pertama, merokok dapat menyebabkan paru-paru kita menjadi kotor. Bahkan, jika kita ketergantungan dengan rokok dalam jangka waktu yang lama bisa membuat paru-paru berlubang dan berujung pada kematian.

Kedua, merokok juga bisa menyebabkan ketergantungan. Mengingat di dalam rokok terkandung zat nikotin yang dapat membuat siapa saja yang menghisapnya menjadi ingin merokok secara terus menerus.

Tanpa disadari, kita pun akan merasakan ketergantungan dan dalam satu waktu kita akan terus mencari rokok yang kadar nikotinnya lebih tinggi lagi.

Ketiga, jika kita sudah ketergantungan dengan rokok, maka dapat menjadi pemicu berbagai jenis kanker datang ke tubuh kita. Beberapa jenis kanker yang dapat menyerang para perokok adalah kanker mulut, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, dll.

Yang terakhir, merokok juga dapat melumpuhkan syaraf-syaraf yang menghubungkan langsung ke otak kita. Oleh karena itu kita dapat dengan mudah membedakan daya serap sesorang perokok dan non perokok. Seorang yang tidak ketergantungan dengan rokok akan cenderung lebih cepat dalam menerima informasi dan sebaliknya.

Sampai disini bisa kita simpulkan jika merokok sama sekali tidak membawa dampak positif untuk kita. Ini artinya, merokok tidak akan akan memberikan manfaat, namun sebaliknya malah akan menyengsarakan diri sendiri.

Marilah kita sebagai generasi muda, untuk peka dan jangan merusak masa depan kita dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna seperti merokok. Mari mulai memilah dan memilih teman merupakan salah satu bentuk antisipasi kita agar tidak terjerumus hal-hal buruk.

Yuk kita sama-sama perangi tindakan-tindakan yang dapat merusak generasi bangsa kita ini, jauhkan rokok dari anak-anak karena rokok awal kehancuran.

Terima kasih, sekian pidato saya ini.

Saya akhiri wassalamualaikum Wr. Wb.

 

13. Contoh Pidato Persuasif tentang Pentingnya Menghemat Air

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Mari kita awali pertemuan kali ini dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena sudah diberi banyak nikmat dan berkah. Tak lupa, semoga selawat selalu berlimpah kepada Nabi Muhammad saw sampai kepada kita selaku umatnya.

Hadirin yang saya hormati,

Sudah menjadi pengetahuan umum, jika air adalah salah satu elemen yang paling penting untuk keberlangsungan hidup. Tidak hanya bagi manusia, tapi air sangat penting bagi seluruh makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan.

Tanpa adanya air, mungkin kehidupan tak akan pernah ada. Namun seiring waktu, ketersediaan air bersih di beberapa daerah mulai terancam. Bukan terjadi di luar negeri, tapi isu tersebut pun sudah mulai ada di Indonesia.

Lantas, apa yang harus kita lakukan? Tak perlu neko-neko, ayo kita lakukan hal kecil dan ada di sekitar kita. Apa itu? Yaitu menghemat air dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air, misalnya mematikan keran bila tak dipakai, selalu rawat pipa dan bak untuk menghindari kebocoran air, lalu bijaklah menggunakan air ketika mandi atau mencuci.

Hal-hal kecil itu bila dilakukan terus menerus dan bersama, akan punya dampak besar bagi lingkungan sekitar. Kemudian kamu pun punya peran untuk menekan risiko krisis air di lingkungan sekitar. Sebab pada hakikatnya, menghemat air bisa membawa manfaat, seperti kamu punya cadangan air lebih banyak, menjaga keseimbangan jumlah air, dan menjaga ekosistem air.

Lebih konkret lagi, menghemat air bukan hanya punya manfaat bagi lingkungan, tapi pengeluaran pun akan lebih hemat. Jadi, ayo kita segera menghemat air untuk lingkungan yang lebih baik lagi.

Itulah pidato tema lingkungan yang ingin saya sampaikan. Semoga pidato ini bermanfaat.

Terima kasih,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

14. Contoh Pidato Persuasif tentang Kesehatan Mental

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati kepada Bapak dan Ibu guru.

Serta rekan-rekan yang banggakan yang telah hadir pada acara ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang melimpah kepada kita. 

Tidak lupa kita sampaikan shalawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya. Semoga kita semua mendapatkan syafaat dan petunjuk di hari kiamat nanti.

Hadirin yang terhormat,

Dilihat melalui sosial media dan televisi, kasus bunuh diri pada remaja semakin meningkat.

Kasus bunuh diri yang terjadi ini karena gangguan kesehatan mental yang membuat gelap mata untuk mengakhiri hidup.

Dilansir dari laman Kemenkes kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Namun apabila kondisi mental kita terganggu akan menyebabkan orang akan mengalami kecemasan yang berlebihan. Selain itu akan dapat menyebabkan kesulitan mengontrol emosi sehingga dapat melakukan tindak kejahatan.

Masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai pentingnya kesehatan mental. Kesehatan mental juga perlu diobati, supaya terhindar dari hal-hal yang membuat menyesal di akhir. Bunuh diri juga bukan merupakan sesuatu hal yang dapat menyelesaikan masalah, karena dengan bunuh diri, kita tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Maka dari itu apabila kita mempunyai masalah alangkah lebih baik kita menceritakan ke orang yang tepat, misal sahabat, orang tua, pacar, atau bisa datang ke Psikolog.

Demikian pidato singkat yang bisa saya sampaikan.

Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

15. Contoh Pidato Persuasif tentang Teknologi

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Salam hormat, salam sejahtera untuk kita semua. Terima kasih teman-teman sudah hadir di acara khusus anak muda dengan penuh rasa semangat. 

Pada kesempatan ini, saya ingin berbicara tentang kemajuan teknologi masa kini yang membawa dampak besar bagi kehidupan kita. 

Teknologi telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir, membuka pintu bagi inovasi yang luar biasa dan memberikan peluang besar tidak terbatas. 

Pertama-tama, marilah kita lihat terlebih dahulu bagaimana teknologi telah mempengaruhi komunikasi kita. Teknologi memudahkan untuk saling bertukar pikiran, memperkuat hubungan internasional dan mendorong pemahaman lintas budaya. 

Tidak sampai di situ saja, kemajuan teknologi ini juga telah berimbas pada dunia kerja dimana semuanya sudah menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan adanya cloud server, proses kolaborasi jarak jauh menjadi lebih mudah dari sebelumnya. 

Tim kerja yang terpisah oleh jarak dan zona waktu, dapat bekerja bersama secara efisien. Berbagi dokumen hingga berkomunikasi jadi lancar melalui platform komunikasi pesan video digital. 

Bahkan perkembangan teknologi robotik serta kecerdasan buatan membuka peluang baru dalam otomatisasi industri, sehingga membuat pekerjaan jadi lebih efisien dan produktif. 

Sahabatku sekalian,

Kemajuan teknologi telah membawa dampak positif di dalam bidang pendidikan. Dengan adanya platform pembelajaran online, siswa bisa akses pengetahuan dari mana saja. Video pembelajaran interaktif, kursus daring dan forum diskusi memperkaya pengalaman belajar mereka. 

Teknologi memungkinkan adanya pelatihan khusus dari jarak jauh, mempermudah semua orang belajar hal baru tanpa perlu meninggalkan tempatnya sendiri. Selain itu, kemajuan teknologi ini juga telah membantu dalam sektor kesehatan, pelayanan medis dan pelayanan publik. 

Perkembangan teknologi medis seperti peralatan baru, telemedicine dan perangkat medis telah meningkatkan kualitas perawatan pasien. Teknologi itu juga mendukung riset dan pengembangan obat baru, memberikan harapan baru bagi pasien yang sedang menderita penyakit kronis.

Dengan segala kemajuan teknologi, penting bagi kita untuk menggunakan teknologi secara bijak. Kita harus memastikan bahwa semua peralatan teknologi masa kini tidak menggantikan interaksi sosial di dunia nyata dan kegiatan fisik yang penting bagi kesejahteraan tubuh kamu. 

Jangan lupa, kita juga harus memperhatikan seperti isu keamanan dan privasi dalam penggunaan teknologi. Mari pastikan bersama teknologi dapat diakses oleh semua orang tanpa memperdalam kesenjangan sosial, mengurangi interaksi dan menimbulkan jarak di lingkungan sekitar.

Kesimpulannya, kemajuan teknologi di masa kini telah memberikan dampak besar bagi kehidupan kita. Dari komunikasi, pekerjaan, pendidikan hingga kesehatan, teknologi telah membuka pintu bagi masyarakat luas untuk menemukan peluang baru dan mengikuti perubahan positif. 

Namun sebagai pengguna, kita juga punya tanggung jawab untuk menggunakan teknologi dengan bijak. Dengan begitu, kita dapat mengoptimalkan manfaatnya dalam sektor tertentu. Diharapkan kemajuan teknologi ini dapat membawa dunia ke masa depan yang lebih baik.

Terima kasih, para saudaraku yang terhormat. Semoga kemajuan teknologi terus membawa kita ke arah yang lebih baik.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Demikian artikel yang membahas secara lengkap tentang contoh pidato persuasif dengan berbagai tema. Semoga contoh-contoh di atas dapat menjadi referensimu dalam membuat pidato persuasif, ya. Jangan lupa untuk cek materi tentang pidato lainnya di aplikasi Ruangguru!

cta ruangbelajar

Referensi:

https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/Bahasa-Indonesia-Kelas-IX (Diakses pada 7 Maret 2024)

https://www.merdeka.com/trending/contoh-pidato-persuasif-berbagai-tema-yang-mudah-dipraktikkan-kln.html (Diakses pada 7 Maret 2024)

Sumber Gambar:

https://www.freepik.com/free-vector/rostrum-with-microphone-public-speech-stage_38352019.htm#page=5&query=lecture&position=37&from_view=keyword&track=sph&uuid=0589a729-d7ec-4e61-8ccb-19fea5b49334 (Diakses pada 12 Mei 2024)

Kenya Swawikanti