15 Contoh Teks Inspiratif Singkat berdasarkan Strukturnya | Bahasa Indonesia Kelas 9

Header - Bahasa Indonesia Kelas 9 - Contoh Teks Inspirasi

Di artikel sebelumnya, kamu telah belajar mengenai pengertian teks inspiratif, ciri-ciri, jenis, hingga kebahasaannya, ya. Sekarang, mari lihat beberapa contoh teks inspiratif berdasarkan strukturnya di artikel Bahasa Indonesia kelas 9 ini!

Sebagai manusia, pasti pernah mengalami stuck atau terjebak, seperti nggak ada ide dalam melakukan atau membuat sesuatu. Bingung, sedih, merasa hilang arah dan perasaan lainnya yang muncul adalah wajar jika dirasakan ketika kamu tidak dapat mendapatkan ide.

Apabila kamu sedang dalam situasi ini, kamu perlu berusaha untuk dapat untuk mengembalikan ide-ide kreatif atau inspirasi yang dibutuhkan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan tentu saja dengan mencari inspirasi itu sendiri. 

Kamu bisa mencari inspirasi dengan menyibukan diri terlebih dahulu dengan berbagai hal, misalnya menonton film atau series, mendengarkan musik atau podcast, dan membaca pengalaman-pengalaman orang lain melalui buku bacaan. Biasanya, pengalaman-pengalaman yang dapat memberikan inspirasi disebut dengan cerita inspirasi atau teks inspiratif.

 

Pengertian Teks Inspiratif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inspirasi adalah ilham. Jadi, teks inspirasi adalah bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan. 

 

Tujuan Teks Inspiratif

Teks inspiratif bertujuan untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri untuk menghadapi semua tantangan yang mungkin akan dihadapi dalam mencapai tujuan yang diharapkan secara positif.

Dengan demikian, teks inspirasi merupakan teks yang berisi kisah nyata dan pengalaman hidup seseorang, yang dapat dijadikan inspirasi untuk menambah semangat dalam mencapai tujuan pembacanya. 

 

Struktur Teks Inspiratif

Sama seperti teks narasi lainnya, teks inspiratif memiliki struktur, lho! Struktur teks inspiratif di antaranya abstraksi, orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Mari kita bahas penjelasannya satu per satu, ya!

Struktur Teks Inspirasi-1

 

Baca Juga: Pengertian Teks Inspiratif, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur, dan Kaidah Kebahasaannya

Abstraksi

Abstraksi merupakan gambaran tentang isi teks. Bagian pertama ini bersifat opsional, yang artinya pembaca boleh menulisnya ataupun tidak. Tapi umumnya, bagian ini seringkali tidak ditulis.

Orientasi

Struktur teks inspiratif berikutnya adalah orientasi. Bagian ini berisi pengenalan tokoh dan latar, baik latar waktu, tempat, dan suasana. Biasanya, pengenalan tokoh terdapat pada paragraf pertama, sedangkan latar digambarkan pada paragraf pertama dan kedua.

Komplikasi

Komplikasi dipahami sebagai tahap pemunculan berbagai masalah. Dalam struktur teks inspirasi sendiri, komplikasi berkaitan dengan hal-hal problematik yang dialami atau dilalui tokoh. Adapun permasalahan yang seringkali dimunculkan berkaitan dengan perekonomian, seperti kemiskinan atau pengangguran.

Resolusi 

Setiap tokoh inspiratif tentu saja memiliki beragam cara untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapinya. Hal ini dikategorikan sebagai resolusi, yaitu tahap penyelesaian masalah atau konflik.

Koda

Koda adalah tahap akhir dalam struktur teks inspiratif yang berisi kesimpulan dari keseluruhan peristiwa termasuk konflik yang terjadi. Sehingga pada bagian ini, pembaca dapat memetik nilai-nilai atau pesan moral untuk diteladani dan direalisasikan dalam kehidupan. Bagian koda biasanya terdapat pada paragraf terakhir.

 

Contoh Teks Inspiratif

Setelah kamu mengetahui pengertian, tujuan, dan struktur teks inspiratif, berikut ini disediakan kumpulan contoh teks inspiratif singkat berdasarkan strukturnya.

 

Contoh Teks Inspiratif 1 berjudul “Hilda dan Ulangan Fisika”

Abstraksi:

Hilda merupakan siswa kelas 9 di SMA Ruang Raya, Bandung. Dia merupakan anak pendiam yang jarang bersosialisasi dengan teman-temannya. Ia merupakan anak tunggal, sementara kedua orang tuanya sibuk bekerja. Bahkan dalam kesehariannya di sekolah, Hilda juga jarang berkumpul dengan temannya.

Orientasi:

Suatu hari, Hilda akan menghadapi ulangan yang paling tidak dia sukai, yaitu mata pelajaran Fisika. Selena adalah teman sekelas Hilda yang juara Fisika. Setiap ulangan, dia selalu mencetak nilai terbaik di kelasnya. Hilda sebenarnya ingin meminta bantuan Selena untuk mengajarinya belajar Fisika, tapi dia tidak berani bertanya.

Komplikasi:

Selena merupakan anak yang mudah bergaul. Bahkan, teman-temannya sering kali meminta bantuan mengajari semua pelajaran, termasuk Fisika. Melihat hal itu, Hilda ingin sesekali menyapa dan mengobrol dengan Selena untuk mengajarinya Fisika.

Resolusi:

Suatu hari, Selena menyadari jika Hilda tidak berani menyapanya duluan. Waktu jam istirahat, Selena menghampiri Hilda dan mengajaknya mengobrol. Setelah beberapa lama, akhirnya Hilda berani mengungkapkan keinginannya untuk belajar Fisika bersama Selena.

Setelah pulang sekolah, Hilda mengajak teman-temannya untuk belajar bersama untuk persiapan ulangan Fisika besok. Hilda juga diajak untuk bergabung dengan teman-teman lainnya. Selama belajar bersama, mereka semua akhirnya bisa memahami soal-soal Fisika yang dianggap sulit dikerjakan.

Koda:

Keesokan harinya, semua anak-anak kelas 9 sukses mengerjakan ulangan Fisika. Bahkan, semuanya mendapatkan nilai yang bagus, termasuk Hilda. Setelah kejadian itu, Hilda semakin mudah bergaul dengan teman-teman lainnya. Semua siswa akhirnya menyadari jika setiap masalah akan bisa dicari jalan keluarnya jika mereka berusaha dengan baik.

 

Contoh Teks Inspiratif 2 berjudul “Tabungan Adinda”

Abstraksi:

Sejak SD, Adinda telah mengenal istilah “menabung pangkal kaya”. Sejak saat itu, Adinda menjadi gemar menabung. Ia menyimpan uangnya di celengan ayam, plastik, dan berbagai celengan lainnya.

Orientasi:

Tidak ada kesulitan bagi Adinda untuk menyisihkan sebagian uangnya agar dapat menabung setiap hari. Namun, sejak keluarganya mengalami kesulitan, Adinda terpaksa membuka tabungannya. Ada saja yang dialami di keluarganya, baik kakaknya yang sakit, lalu ibu dan juga ayahnya.

Komplikasi:

Ada rasa kekesalan pada diri Adinda saat uang yang selama ini dia sisihkan untuk ditabung harus habis begitu saja. Ia juga kesal, kenapa kakaknya tidak menabung seperti dirinya. Dia juga menyayangkan kenapa kedua orang tuanya juga tidak memiliki tabungan sama sekali.

Resolusi:

Pikiran-pikiran tersebut terus menghantui Adinda. Namun, Adinda sadar bahwa lebih baik jika dia lebih rajin menabung. Sejak saat itu, Adinda memisahkan tabungannya. Satu tabungan untuk keluarganya dan satunya lagi untuk dirinya.

Koda:

Adinda akhirnya berhasil membeli sesuatu yang dia inginkan dengan tabungannya. Adinda tetap percaya bahwa menabung pangkal kaya. Ia telah berhasil membantu orang tuanya di saat kesulitan. Hal itu membuat Adinda semakin semangat untuk menabung.

 

Contoh Teks Inspiratif 3 berjudul “Kuliah atau Kerja?”

Abstraksi:

Rival adalah lulusan SMK jurusan Teknik Mesin. Ibunya bekerja sebagai pedagang nasi kuning, sedangkan ayahnya adalah kuli bangunan. Rencananya, setelah lulus Rival ingin sekali masuk ke jenjang perkuliahan agar bisa mendapatkan gelar ijazah untuk bekerja nantinya.

Orientasi:

Namun, beberapa waktu lalu, orang tua Rival memintanya untuk bekerja. Apalagi adiknya masih kelas 6 SD dan membutuhkan biaya besar karena tahun depan, adiknya masuk ke jenjang SMP. Hal inilah yang membuat Rival dilanda pilihan berat. Karena sebenarnya, Rival ingin kuliah dan belum siap jika harus bekerja.

Komplikasi:

Setelah itu, Rival melamar ke sejumlah pabrik yang ada di dekat rumahnya. Bahkan, dia juga mengirimkan lamaran pekerjaan di luar kota, namun belum juga mendapatkan panggilan. Akhirnya, saat sedang galau, Rival memutuskan untuk bermain ke beberapa teman sekolah dulu untuk menanyakan lowongan pekerjaan.

Tibalah di rumah Rudi, salah satu teman sekelasnya dulu. Rudi kini bekerja bersama ayahnya, salah satu orang pemilik pabrik besar. Kebetulan, di pabrik ayah Rudi sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi beberapa lowongan yang kosong.

Resolusi:

Keesokan harinya, Rival diminta datang ke pabrik milik ayah Rudi. Setelah ada interview singkat, akhirnya Rival diterima bekerja di pabrik. Ayah Rudi juga sangat baik dan sangat memahami kondisi keluarga Rival.

Koda:

Beberapa bulan setelah bekerja, akhirnya Rival bisa menabung dari gaji yang sudah ia kumpulkan. Biaya sekolah adiknya bisa ditanggung, dan bisa menyisihkan uang untuk membayar biaya pendaftaran kuliah. Akhirnya pada tahun berikutnya, Rival bisa bekerja sambil kuliah setelah memiliki penghasilan sendiri.

 

Contoh Teks Inspiratif 4 berjudul “Menjadi Diri Sendiri”

Abstraksi:

Tak perlu menjadi siapa-siapa, tetaplah jadi diri sendiri karena setiap orang itu unik dengan kehidupan yang masing-masing mereka jalani. Begitulah kiranya kisah perjalanan seorang manusia untuk menemukan dirinya sendiri.

Orientasi:

Namun, tak demikian kenyataannya, menemukan diri sendiri atau bahkan mencintai diri sendiri bukanlah perkara mudah. Aku selalu merasa takut menjadi diri sendiri karena aku tahu betul seberapa buruk diriku ini.

Komplikasi:

Sering aku mengecewakan orang-orang yang berharap kepadaku, sebab aku tak sanggup mengizinkan mereka masuk ke duniaku. Setiap ada yang berusaha mendekat, detik itu pula aku menghapus keberadaanku dari kehidupan mereka.

Resolusi:

Namun, tidak demikian di hadapan orang yang baru aku kenal ini. Ia menyadarkanku bahwa menjadi diri sendiri bukanlah sebuah kesalahan. “Tetaplah jadi dirimu sendiri, tapi kamu harus tahu bagaimana cara mengendalikannya,” begitu katanya.

Koda:

Tak perlu takut menjadi diri sendiri, sebab ketika kamu melakukannya, kamu bisa menembus batas-batas dirimu dan menjadi lebih baik. 

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Tanggapan Singkat beserta Strukturnya

 

Contoh Teks Inspiratif 5 berjudul “Serangkai Bunga untuk Ibu”

Abstraksi:

Gerai bunga milik Pak Dimas tengah ramai dikunjungi oleh pembeli. Ia pun sibuk memindahkan ratusan karangan bunga ke atas mobil pikap miliknya. 

Orientasi:

Di tengah kesibukannya, seorang bocah laki-laki menghampirinya dan berkata, “Maaf, Pak, kalau harga karangan bunga yang kecil itu berapa?”

Pak Dimas menghiraukannya untuk beberapa saat, kemudian menjawab, “Lima puluh ribu, dik”, jawabnya.

“Maaf, Pak, apakah ada yang tiga puluh ribu saja?” balas bocah itu.

Kali ini, pak Dimas menatap wajah bocah itu dan tersadar. Tampaknya bocah itu masih duduk di bangku SD. Pak Dimas kemudian melanjutkan percakapan,

“Untuk siapa bunganya, Dik? Bunganya boleh diambil dengan tiga puluh ribu saja,” jawabnya sambil tersenyum.

“Terima kasih, Pak, untuk Ibu saya”.

“Adik ke sini jalan kaki? Pulangnya ke mana?”

“Ke arah Cimahi, Pak”, jawab bocah itu.

“Saya juga kebetulan menuju ke arah sana, kalau mau sekalian bapak antar saja”.

Awalnya, bocah itu tampak ragu, namun akhirnya menerima tawaran Pak Dimas.

Pak Dimas lantas berangkat bersama dengan bocah yang membeli satu karangan bunga tersebut.

“Adik nanti bilang aja berhentinya di mana ya”.

“Iya, Pak, sebentar lagi juga sampai”. jawab si bocah.

Komplikasi:

Tak lama, dari kejauhan, Pak Dimas melihat kerumunan di dekat gapura pemakaman umum.

“Inalillahi, sepertinya ada yang sedang dimakamkan, Dik”, ucap Pak Mulham sambil memelankan laju kendaraannya.

Bocah itu tidak menggubrisnya dan malah meminta pak Dimas untuk menghentikan mobilnya.

“Saya turun di depan, Pak”.

Pak Dimas kemudian menepikan mobilnya tepat di depan gapura pemakaman umum yang telah ia lihat dari kejauhan. Bocah laki-laki itu lalu turun dan mengucapkan terima kasih kepada Pak Dimas dengan senyum yang menutupi air matanya.

Pak Dimas terdiam sejenak sambil melihat bocah itu memasuki gerbang pemakaman.

Resolusi:

Ia lantas memutarbalikkan mobilnya dan menancap gas sekencang-kencangnya. Ia sudah tidak mempedulikan pesanan bunga yang harus diantarkannya. Pikirannya hanya tertuju pada rumah orang tuanya yang berjarak cukup jauh dari kota itu.

Koda:

Sudah dua tahun lebih Pak Dimas belum sempat pulang untuk menjenguk ibunya. Melihat peristiwa tadi, ia sadar betapa beruntungnya bahwa ibunya masih diberi kesehatan, sehingga masih mampu menginjakkan kakinya di dunia ini. Padahal, bocah laki-laki tadi masih kecil dan kemungkinan besar ibunya pun meninggal di usia yang jauh lebih belia dibandingkan dengan orang tua Pak Dimas. Terkadang, apa yang kita miliki baru terasa ketika cerminan pahitnya berdiri di depan kita.

 

Contoh Teks Inspiratif 6 berjudul “Belajar dari Sebuah Kepompong”

Abstraksi:

Seorang anak sedang bermain dan menemukan kepompong kupu-kupu di sebuah dahan yang rendah. Diambilnya kepompong tersebut dan tampak ada lubang kecil di sana.

Orientasi:

Anak itu tertegun mengamati lubang kecil tersebut karena terlihat ada seekor kupu-kupu yang sedang berjuang untuk keluar membebaskan diri melalui lubang tersebut. Lalu, tampaklah kupu-kupu itu berhenti mencoba. Kupu-kupu itu kelihatan sudah berusaha semampunya dan nampaknya sia-sia untuk keluar melalui lubang kecil di ujung kepompongnya.

Melihat fenomena itu, si anak menjadi iba dan mengambil keputusan untuk membantu si kupu-kupu keluar dari kepompongnya. Dia pun mengambil gunting, lalu mulai membuka badan kepompong dengan guntingnya agar kupu-kupu bisa keluar dan terbang dengan leluasa.

Komplikasi:

Begitu kepompong terbuka, kupu-kupu pun keluar dengan mudahnya. Akan tetapi, ia masih memiliki tubuh gembung dan kecil. Sayap-sayapnya nampak masih berkerut. Anak itu pun mulai mengamatinya lagi dengan seksama, sambil berharap agar sayap kupu-kupu tersebut berkembang, sehingga bisa membawa si kupu-kupu mungil terbang menuju bunga-bunga yang ada di taman.

Resolusi:

Harapan tinggal harapan, apa yang ditunggu-tunggu si anak tidak kunjung tiba. Kupu-kupu tersebut terpaksa menghabiskan sisa hidupnya dengan merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap yang masih berkerut serta tidak berkembang dengan sempurna. Kupu-kupu itu akhirnya tidak mampu terbang seumur hidupnya.

Koda:

Si anak rupanya tidak mengerti bahwa kupu-kupu perlu berjuang dengan usahanya sendiri untuk membebaskan diri dari kepompongnya. Lubang kecil yang perlu dilalui akan memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu masuk ke dalam sayap-sayapnya, sehingga dia akan siap terbang dan memperoleh kebebasan.

 

Contoh Teks Inspiratif 7 berjudul “Orang Bijak”

Abstraksi:

Suatu hari, ada orang bijak yang dikunjungi beberapa orang yang mengeluh tentang masalah yang sama berulang-ulang kali. Orang bijak itu menceritakan lelucon kepada mereka, hingga mereka tertawa terbahak-bahak.

Orientasi:

Setelah diam beberapa menit, orang bijak itu kemudian menceritakan lelucon yang sama lagi dan hanya sedikit yang tersenyum. Beberapa dari mereka bahkan mulai memasang wajah masam.

Komplikasi:

Setelah beberapa detik, orang bijak itu kembali menceritakan lelucon yang sama. Kali ini tidak ada satu pun yang tersenyum maupun tertawa.

Resolusi:

Akhirnya, orang bijak itu memandang mereka semua sambil tersenyum. Kemudian ia berkata, “Kalau kalian tidak bisa menertawakan lelucon yang sama berulang kali, kenapa kalian selalu mengeluhkan masalah yang sama?”

Koda:

Merasakan kesenangan akan hal yang sama berulang kali saja terasa sulit. Maka jangan pula mengeluhkan hal yang sama berulang kali, karena itu pasti menyulitkan dirimu dengan lebih parah. Berhenti membuang waktumu dengan mengeluh, karena itu tidak berguna.

 

Contoh Teks Inspiratif 8 berjudul “Petani dan Tukang Roti”

Abstraksi:

Ada seorang petani yang sering menjual mentega ke seorang tukang roti. Si petani juga rutin membeli satu pon roti dari tukang roti itu.

Orientasi:

Suatu hari, tukang roti menimbang mentega yang ia beli dari si petani untuk mengetahui apakah ia mendapatkan jumlah yang sesuai dengan permintaannya. Ia mendapati bahwa jumlahnya kurang. Jadi, ia membawa petani itu ke pengadilan.

Komplikasi:

Hakim menanyakan takaran apa yang digunakan untuk menimbang mentega kepada si petani. Petani itu mengatakan bahwa ia adalah seorang primitif, sehingga ia tidak memiliki takaran untuk menimbang menteganya. Hakim pun bertanya, “Lalu bagaimana Anda menimbangnya?”

Resolusi:

Petani itu menjawab, “Yang Mulia, jauh sebelum tukang roti itu mulai membeli mentega saya, saya telah membeli satu pon rotinya. Setiap saat ia membawakan roti, saya menimbangkannya dan memberikan mentega dengan berat yang sama. Jadi, jika memang ada yang harus disalahkan, itu adalah si tukang roti.”

Koda:

Dari cerita teks inspiratif di atas, dapat ditarik pembelajaran bahwa di dalam kehidupan, kamu akan mendapatkan apa yang kamu berikan. Jadi, jangan pernah coba menipu orang lain.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Diskusi, Lengkap dengan Strukturnya

 

Contoh Teks Inspiratif 9 berjudul “Anak Kecil dan Pelayan”

Abstraksi:

Beberapa tahun lalu, ketika harga es krim di Amerika masih jauh lebih murah, seorang anak kecil memasuki kedai es krim. Setelah ia menduduki salah satu kursi, seorang pelayan menanyakan pesanannya.

Orientasi:

Tidak langsung memesan, anak terlebih dahulu bertanya, “Berapa harga es krim Sundae?”. Pelayan menjawab datar, “Harganya 50 sen.” Anak itu menghitung uangnya, kemudian bertanya lagi, “Berapa sen untuk es krim biasa?”

Komplikasi:

Melihat para pelanggan lainnya yang sedang menunggu, si pelayan jadi tak sabar dan menjawabnya dengan ketus, “35 sen.” Anak itu kembali menghitung uangnya lalu berkata, “Baiklah, aku pesan es krim biasa.” Setelah mengantarkannya, si pelayan pergi melayani yang lain.

Resolusi:

Saat ia kembali ke meja itu untuk membersihkannya, anak itu sudah pulang usai menghabiskan es krimnya. Namun, ia menemukan sesuatu di samping piring kosong. Betapa kaget dirinya ketika mendapati bahwa itu adalah tip untuknya sejumlah 15 sen.

Koda:

Dari cerita inspiratif di atas, dapat ditarik pembelajaran bahwa, jangan pernah menghakimi, apalagi menghina seseorang dari penampilan atau bahkan hartanya. Mungkin saja, orang yang kamu hakimi dan hina itu menjadi penolongmu di masa depan, sehingga kamu akan merasa tak enak.

 

Contoh Teks Inspiratif 10 berjudul “Pagar yang Berlubang”

Abstraksi:

Seorang anak kecil yang pemarah tinggal bersama ayahnya yang mulai muak dengan sikapnya. Ingin memberinya pelajaran. Sang ayah akhirnya memberinya sekantong paku. Setiap anak itu marah, ia harus menancapkan satu paku ke pagar.

Orientasi:

Di hari pertama, anak itu menancapkan 37 paku. Beberapa hari kemudian ia mulai sadar bahwa lebih mudah untuk mengendalikan amarahnya daripada menancapkan banyak paku ke pagar. Maka, ia mulai bisa mengendalikan amarahnya, terlebih lagi beberapa minggu ke depannya.

Komplikasi:

Akhirnya, tibalah saatnya anak itu tidak marah sama sekali. Ia pun memberitahu ayahnya. Kemudian, sang ayah menyarankannya untuk melepaskan paku-paku yang telah tertancap itu agar amarahnya semakin terkendali lagi.

Resolusi:

Hari-hari pun berlalu, akhirnya anak itu bisa memberitahu ayahnya bahwa semua paku telah terlepas. Sang ayah mengajaknya ke pagar itu. Saat sampai di depan pagar, sang ayah berkata, “Kamu berhasil melakukannya, Nak. Tetapi lihat lubang-lubangnya. Kini pagar itu berbekas dan tak akan menjadi sama lagi. Begitu pula ketika kamu menancapkan amarah kepada orang lain.”

Koda:

Dari cerita inspirasi di atas, dapat ditarik pelajaran bahwa, tak peduli berapa kali kamu minta maaf, hati orang yang kamu marahi akan tetap terluka. Jadi, kendalikan emosimu, jangan sampai kamu menyesal karena sesuatu yang kamu katakan ketika sedang marah dan tak bisa berpikir jernih. Jadi, ketika kamu ingin marah, tenangkan dulu dirimu agar bisa berpikir jernih dan menemukan solusi terbaik.

 

Contoh Teks Inspiratif 11 dengan Tema Pahlawan

Abstraksi:

Pada saat pandemi mulai mengguncang Indonesia, seorang perawat muda bernama Mbak Mayang diberi tugas di sebuah rumah sakit besar. Sosoknya yang masih muda, begitu sepenuh hati saat akan melayani pasien. Selama tinggal bersama orang tuanya, mereka begitu menghargai setiap kinerja Mbak Mayang.

Orientasi:

Walaupun Mbak Mayang sudah begitu sepenuh hati selama bekerja, namun tetap saja di lingkungan pekerjaannya kerap kali disepelekan karena usianya masih dianggap muda. Ia sering dianggap belum mempunyai pengalaman yang mumpuni.

Tentu saja hal ini membuatnya sakit hati. Akan tetapi, ia menguatkan niatnya untuk terus bekerja dengan baik dan sepenuh hati agar semua pasiennya bisa sembuh.

Komplikasi:

Nasib Mbak Mayang sudah ditakdirkan untuk tidak seenak saat dia tinggal di rumah orang tuanya. Karena bukan hanya di rumah sakit dianggap sepele oleh orang-orang yang berada di sekelilingnya, nyatanya di lingkungan sekitar kontrakannya pun, begitu sering orang menjauh melihatnya.

Orang-orang merasa takut jika dia akan membawa virus dan menular kepadanya. Bahkan, Mbak Mayang pernah dengar kalau corona adalah sebuah konspirasi.

Resolusi:

Walaupun seperti itu, dari semua masalah yang dihadapinya, ia tetap berusaha untuk fokus bekerja ketika akan membantu orang yang sedang membutuhkan jasanya. Bahkan, beberapa pasien yang telah sembuh memuji kinerja Mbak Mayang dan rekannya.

Mereka mengatakan, jika pahlawan itu ternyata para dokter, perawat, serta tenaga medis yang merawat mereka. Orang-orang telah melayani para pasien dengan baik dan totalitas. Mbak Mayang berharap, semoga dunia segera kembali seperti semula. Ia juga berharap supaya semua orang bisa mematuhi protokol kesehatan dan mulai peduli akan kesehatan.

Koda:

Dari teks inspiratif di atas dapat diperoleh kesimpulan bahwa, kerja dengan sepenuh hati yang diaplikasikan Mbak Mayang akhirnya memunculkan keikhlasan. Diuji oleh berbagai ujian, namun terbukti ia tetap kuat. Dia lah salah satu pahlawan yang memang layak di apresiasi.

 

Contoh Teks Inspiratif 12 tentang Kisah Michael Jordan

Abstraksi:

Kisah ini menceritakan seorang anak bernama Jordan. Sejak kecil, ia sudah tertarik dalam bidang olahraga, yaitu bermain basket. Ini adalah salah satu cabang olahraga yang selalu dia cita-citakan.

Orientasi:

Ketika masih SMA, ia pernah ditolak untuk ikut tes masuk tim basket di sekolahnya. Alasannya karena badannya yang terlalu pendek. Bukan hanya itu saja, ia juga dinilai kurang mahir dalam permainan ini.

Komplikasi:

Jordan sangat sedih mendengar hal itu, namun ia tidak pernah menyerah. Ia selalu berlatih dengan rutin setiap harinya di rumah. Bukan hanya mengatasi masalah tekniknya, namun ia juga melatih fisiknya dengan disiplin setiap harinya. Hingga beberapa tahun berikutnya, ia pun kembali mengikuti tes di sekolahnya dan akhirnya diterima.

Resolusi:

Pada kompetisi SMA di tahun 1981, Jordan pun akhirnya membuktikan kerja kerasnya selama ini. Pada game pertamanya, ia berhasil mencetak 40 angka. Bahkan, ia mampu meraih rekor yang mengesankan. Dimana mendapat rata-rata 25 angka per game serta memenangkan kompetisi SMA di tahun yang sama juga.

Koda:

Tapi, ia pensiun tahun 2003 dan tercatat sebagai satu dari pemain yang mampu mencetak angka terbanyak kedua di dalam satu musim. Saat ini, Jordan menjadi pemilik klub NBA, pebisnis, juga salah satu legenda basket sepanjang masa.

 

Contoh Teks Inspiratif 13 dengan Tema Kehidupan

Abstraksi:

Suatu hari, ada seorang pria dan keledainya yang jatuh ke dalam lubang yang cukup dalam. Pria itu tidak bisa menarik keledainya keluar. Namun, seperti apapun situasinya, ia tidak peduli dan tetap mencobanya. Akhirnya, ia menyerah dan memilih untuk mengubur diri dan keledainya hidup-hidup.

Orientasi:

Tanah itu pun ditimbun ke lubang tempat keledai berada. Ketika keledainya tertimpa tanah, ia mulai menggoyangkan tubuhnya untuk menjatuhkan tanah yang ada di atas tubuhnya. Lalu, secara perlahan melangkah di atas tanah tersebut.

Komplikasi:

Keledai itu pun mengibaskan kembali tubuhnya dan menaiki tanah yang ditimbun itu. Sebab semakin tanah ditimbun, maka semakin tinggi tanah tersebut sehingga keledai bisa naik.

Resolusi:

Akhirnya menuju sore hari, ia dan keledainya bisa keluar dari lubang. Keledai itu pun bisa kembali makan rumput di padang rumput yang hijau.

Koda:

Dari teks inspiratif di atas, bisa ditarik pembelajaran bahwa, setiap ada masalah dan kamu berusaha melangkah, maka suatu saat ketika terlepas dari masalah tersebut, kamu akan mampu meraih apa yang sedang dimimpikan.

 

Contoh Teks Inspiratif 14 dengan Tema Sahabat 

Abstraksi:

Ada kisah mengenai dua orang sahabat yang sudah kenal sejak lama, yaitu Fuji dan Fauzan. Fuji adalah orang yang pendiam dan selalu mengerti bagaimana karakter Fauzan. Sebaliknya, Fauzan adalah orang yang blak-blakan dan apa adanya.

Orientasi:

Walaupun ikatan persahabatan mereka sudah terjalin lama, sifat Fauzan yang blak-blakan itu seringkali menyakiti orang lain. Fuji sering berpikir bahwa kenapa sifat sahabatnya ini tidak kunjung berubah sejak dulu.

Komplikasi:

Di suatu hari, Fuji pernah menasehati Fauzan supaya ia harus merubah sifatnya dengan berkata,

“Fauzan, cobalah untuk merubah sifatmu. Jika kelakuan terus seperti ini, banyak orang yang di sekitar akan menjauh, termasuk juga aku!”

Fauzan pun menjawabnya dan berkata,

“Kamu itu sahabatku. Pastilah sudah sejak dulu memahami sifatku seperti ini. Tapi kalau kamu sudah tidak tahan dengan karakterku, tidak apa-apa jika ingin menyudahi pertemanan ini”.

Resolusi:

Fuji memang memiliki sifat yang baik sebagai sahabat. Ia memberikan nasehat untuk Fauzan agar berubah karena karakternya yang terlalu blak-blakan dan tidak memahami situasi.

Meskipun Fuji kerap kali kesal, jika mengingat kebaikan Fauzan selama ini, dia akan meredakan rasa kesalnya itu.

Di hari-hari selanjutnya, bahkan hingga mereka lulus kuliah, Fuji tidak meminta Fauzan untuk merubah sikapnya lagi. Ia yakin meskipun tanpa diminta, Fauzan pasti akan sadar bahwa sifatnya yang terlalu blak-blakan dan tidak melihat perasaan orang lain akan berubah.

Koda:

Dari cerita inspiratif di atas, dapat disimpulkan bahwa, dalam sebuah hubungan persahabatan, memang sesekali harus memberikan nasehat untuk sahabat. Namun, saat dia mengatakan dengan mudah ingin memutuskan ikatan persahabatan, pikirkan kembali. Alasannya, bisa jadi sahabat tersebut memang sudah memberikan begitu banyak kebaikan untuk kita. Seiring berjalannya waktu dan tumbuh dewasa, pasti sifatnya akan berubah menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Cerpen Singkat dan Menarik beserta Strukturnya

 

Contoh Teks Inspirasi 15 berjudul “Gajah yang Diikat Tali”

Abstraksi:

Seorang lelaki berjalan melewati tenda gajah. Dia menemukan gajah itu tidak dimasukkan ke dalam kandang atau diikat menggunakan tali.

Orientasi:

Sesuatu yang menahan si gajah untuk keluar dari tenda hanyalah seutas tali yang diikat ke salah satu kaki gajah tersebut.

Komplikasi:

Ketika lelaki itu memandangi gajah itu, dia benar-benar bingung mengapa gajah itu tidak menggunakan kekuatannya untuk memutus tali agar bisa melarikan diri dari kemah. Gajah itu dapat melakukan ini dengan mudah. Tetapi sebaliknya, mereka tidak bekerja keras sama sekali.

Karena penasaran dan ingin tahu jawabannya, ia bertanya kepada pelatih di dekatnya mengapa gajah itu hanya berdiri di sana dan tidak pernah mencoba melarikan diri.

Resolusi:

Kemudian pelatih itu menjawab, “Ketika mereka (gajah) kecil, kami mengikat mereka dengan seutas tali berukuran sama. Meskipun gajah tumbuh besar, mereka masih percaya bahwa mereka tidak dapat melarikan diri dari tali tersebut dan dapat menangkapnya, sehingga mereka tidak pernah mencoba untuk melarikan diri”.

Satu-satunya alasan gajah tidak bisa melarikan diri dari tenda adalah karena mereka pikir itu tidak mungkin terjadi.

Koda:

Dari teks inspirasi di atas, dapat kita peroleh pembelajaran bahwa, tidak peduli berapa banyak dunia berusaha untuk menghentikan, selalu percaya bahwa apa yang ingin dicapai adalah mungkin. Percaya bahwa bisa sukses adalah langkah paling penting untuk mencapai kesuksesan.

Oke, itulah penjelasan mengenai pengertian, tujuan, serta contoh teks inspiratif singkat berdasarkan strukturnya. Setelah membaca cerita inspirasi di atas, apakah kamu mulai bisa mencoba menganalisis dan membuat cerita sendiri? Nah, buat kamu yang masih belum paham, yuk belajar lewat video beranimasi di ruangbelajar! Selain video belajar beranimasi, ada juga soal latihan beserta pembahasannya dan rangkuman.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Trianto, Agus dkk. (2018). Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Yuda, Alfi. 2023. 4 Contoh Cerita Inspiratif beserta Strukturnya, Menarik Dicermati (Daring) https://www.bola.com/ragam/read/5188788/4-contoh-cerita-inspiratif-beserta-strukturnya-menarik-dicermati [diakses pada 14 Februari 2023]

Mamikos. 2023. Contoh Teks Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya Lengkap dengan Jenis-jenisnya (Daring) https://mamikos.com/info/contoh-teks-inspiratif-pljr/ [diakses pada 14 Februari 2023]

Nur. 2023. 15 Contoh Teks Cerita Inspiratif beserta Struktur yang Mudah Dipahami (Daring) https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6542493/15-contoh-teks-cerita-inspiratif-beserta-struktur-yang-mudah-dipahami [diakses pada 14 Februari 2023]

Nurul Hidayah