20 Contoh Teks Tanggapan Singkat beserta Strukturnya | Bahasa Indonesia Kelas 9

Konsep Pelajaran - Contoh Teks Tanggapan beserta Strukturnya

Pada artikel Bahasa Indonesia kelas 9 ini, kita akan belajar tentang contoh teks tanggapan yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, belajar sama-sama! 

 

Masih ingat nggak, beberapa waktu yang lalu, sempat viral kalimat “Gimana tanggapan Lesti?” di sosial media? Setiap ada kejadian atau peristiwa tertentu, utamanya kejadian yang viral, selalu diiringi dengan caption “Gimana tanggapan Lesti?”.

Nah, tapi kamu tahu nggak sih, ternyata saat kita menulis teks tanggapan, kita nggak bisa menulisnya dengan sembarangan, lho! Teks tanggapan yang kita buat harus objektif dan dibuat berdasarkan data-data yang ada di lapangan.

Di artikel kali ini, kita akan bahas contoh teks tanggapan berdasarkan strukturnya. Tapi, sebelum itu, cari tahu dulu yuk, apa itu teks tanggapan?

 

Pengertian Teks Tanggapan

Teks tanggapan adalah jenis teks yang berfungsi untuk menyampaikan respons atau tanggapan seseorang terhadap suatu topik, peristiwa, karya seni, ataupun bentuk teks lainnya, seperti berita, artikel, atau teks sastra. Biasanya, teks tanggapan dapat berupa kritik, saran, maupun pujian.

Bentuk teks tanggapan bisa berupa tulisan panjang dengan argumentasi mendalam, namun bisa juga berupa tulisan atau komentar singkat akan sesuatu. Teks tanggapan yang ditulis harus objektif, logis, sopan, dan jelas. Selain itu, teks tanggapan yang ditulis juga sebaiknya dibuat berdasarkan fakta dan alasan-alasan logis yang bisa menguatkan.

Baca Juga: Teks Tanggapan: Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh, dan Cara Membuatnya

 

Struktur Teks Tanggapan

Struktur teks tanggapan terdiri atas konteks, deskripsi, dan penilaian. Untuk lebih memahaminya, perhatikan penjelasan berikut, ya!

Konsep Pelajaran - Struktur Teks Tanggapan

 

1. Konteks

Konteks adalah bagian teks tanggapan yang terletak di awal dan berisi pernyataan umum atau penjelasan tentang topik yang akan ditanggapi. Misalnya seperti penjelasan mengenai apa topik atau peristiwa yang akan ditanggapi, kapan dan di mana peristiwa tersebut terjadi, dan sebagainya.

 

2. Deskripsi

Pada bagian deskripsi, disampaikan alasan yang dapat mendukung pernyataan maupun menolak pernyataan. Bagian deskripsi juga bisa berisi identifikasi dan klasifikasi. Jadi, kita bisa menuliskan tentang jenis, ciri, dan bagian-bagian dari topik atau peristiwa yang akan kita tanggapi.

 

3. Penilaian

Bagian terakhir struktur teks tanggapan, yaitu penilaian. Pada bagian inilah kita menuliskan pernyataan yang mengandung tanggapan kita akan topik atau peristiwa yang dibahas. Kita juga bisa mengungkapkan penilaian kita yang dapat berupa pujian, kritik, atau saran. Namun, perlu diingat bahwa tanggapan yang disampaikan harus disertai dengan data dan fakta yang mendukung.

 

Contoh Teks Tanggapan

Terdapat beberapa contoh teks tanggapan yang bisa kamu jadikan referensi saat kamu ingin menulis teks tanggapanmu sendiri. Berikut kumpulan contoh teks tanggapan, mulai dari contoh teks tanggapan singkat, maupun contoh teks tanggapan kritis untuk kamu!

 

1. Contoh Teks Tanggapan Kritis di Bidang Teknologi

Pengaruh Gadget terhadap Remaja

Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan gadget di kalangan remaja. Banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bermain gadget seperti bermain game dan membuka situs-situs yang dilarang. Hal tersebut pasti dapat membawa dampak dan pengaruh negatif terhadap perkembangan pola pikir dan lingkungan remaja. Selain itu, hal ini juga dapat menurunkan konsentrasi mereka dalam belajar.

Gadget juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh, karena gadget mengeluarkan banyak radiasi yang secara tidak langsung dapat merusak mata dan saraf otak. Terlebih lagi, remaja tersebut tidak memperhatikan jarak antara mata dan gadget saat mempergunakannya.

Namun, banyak juga sisi positif yang bisa didapatkan oleh remaja jika mereka mempergunakan gadget dengan benar. Remaja bisa lebih mudah mencari informasi mengenai tugas-tugas mereka di sekolah ketika informasi dari buku pelajaran dirasa kurang. Tentunya, hal ini dapat meningkatkan prestasi dan pengetahuan mereka.

Dengan adanya gadget, orangtua juga bisa dengan mudah mengontrol anaknya saat berada di luar rumah. Remaja bisa dengan mudah memberi kabar kepada orangtua jika ada sesuatu yang mendadak. Selain itu, mereka juga bisa menghubungi teman maupun sanak saudara mereka yang lokasinya berjauhan. Canggihnya gadget juga bisa membuat remaja mengetahui perkembangan dunia IPTEK dengan mudah.

Secara umum, saya setuju dengan alasan-alasan yang mendukung penggunaan gadget di lingkungan remaja. Tetapi ada juga dampak negatif yang bisa timbul akibat pemakaian gadget. Jadi, sebaiknya para orang tua tidak memberikan kebebasan dan memberikan batasan tertentu kepada anaknya untuk bermain dan memiliki gadget, karena gadget dapat membawa dampak negatif pada kehidupan remaja.

Contoh teks tanggapan “Pengaruh Gadget Terhadap Remaja” dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

Baca Juga: Menelaah Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan berdasarkan Contohnya

 

2. Contoh Teks Tanggapan tentang Fenomena Alam

Gerhana Matahari

Berbicara mengenai gerhana matahari, mungkin banyak diantara kita yang bertanya, apa benar melihat gerhana matahari secara langsung bisa menyebabkan buta?

Gerhana matahari adalah sebuah fenomena dimana posisi bumi, matahari, dan bulan, sejajar dan berada pada satu garis lurus. Pada saat itu, bulan akan melintas di antara bumi dan matahari, sehingga untuk beberapa waktu, cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan bulan. Ketika fase itu terjadi, korona matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi oleh bulan.

Lantas apa hubungan fenomena tersebut dengan kebutaan mata?

Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN, melihat gerhana matahari total secara langsung bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern.

Faktanya yang benar adalah cahaya matahari pada saat gerhana maupun dalam kehidupan sehari-hari sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat matahari secara langsung sebab dapat merusak mata, lebih tepatnya pada bagian retina. Kerusakan pada retina yang dimaksud adalah terjadinya solar retinopathy, suatu penyakit pada mata yang gejalanya muncul titik hitam pada setiap kita memandang. Penyakit ini terbilang sulit untuk disembuhkan.

Penyebabnya, bisa jadi ketika fase gerhana matahari total terjadi, suasana menjadi sangat gelap dan pupil mata membesar mencoba untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin . Tetapi, ketika fase total berakhir dan bulan mulai bergeser, cahaya matahari akan terang kembali, perpindahan dari gelap menjadi terang itulah yang sangat berbahaya.

Melihat dari faktor yang sudah diuraikan tersebut, pertanyaan melihat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern. Faktanya, sinar matahari sangat berbahaya jika kita melihatnya secara langsung, baik ketika gerhana atau dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh teks tanggapan “Gerhana Matahari” dikutip dari gramedia.com dengan beberapa penyesuaian.

 

3. Contoh Teks Tanggapan Sebab Akibat

Memilih Pendidikan SMA atau SMK?

Bagi kamu yang telah selesai menempuh pendidikan di SMP, tentu akan banyak sekali mengalami kebingungan dalam 2 pilihan, yakni memilih antara lanjut ke SMA atau ke SMK. Setiap pilihan akan berujung pada konsekuensinya masing-masing di masa depan. Menentukan pilihan antara SMA atau SMK, tentu harus dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan.

Jika memilih lanjut di SMA akan memudahkan kita untuk memasuki perguruan tinggi nantinya. Namun, tentu saja sesuai dengan bidang yang kita pilih saat di SMA. Contohnya, jika kita memilih jurusan IPA di SMA, maka pilihan jurusan di perguruan tinggi pun akan lebih mudah dimasuki jika berkaitan dengan ilmu IPA. Begitu pula dengan jurusan IPS ataupun Bahasa. Ketika memilih lanjut di SMK, nantinya setelah lulus, kita bisa langsung bekerja tanpa harus kuliah terlebih dahulu. Pekerjaan tersebut tentunya sesuai dengan jurusan yang dipilih saat di SMK.

Kemudian, apabila ditinjau dari segi praktik lapangan, di SMK tentunya kita akan lebih banyak mendapat praktik lapangan. Sedangkan di SMA, kita akan lebih fokus pada teori. Kalaupun ada praktik, biasanya hanya untuk mata pelajaran tertentu.

Dari penjelasan tersebut, tentunya kita bisa menyadari bahwa baik SMA maupun SMK memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal kita yang memilih apakah lebih ingin masuk SMK atau SMA.

Contoh teks tanggapan “Memilih Pendidikan SMA atau SMK?” dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

 

4. Contoh Teks Tanggapan Kritis di Lingkungan Sekolah

SMP Duta Kebanjiran

Hujan deras yang terus-menerus terjadi membuat SMP Duta tergenang banjir. Selokan sekolah tersumbat oleh sampah sehingga tidak kuat menampung dan mengalirkan air hujan karena volume air meningkat drastis. Akibatnya, sejumlah ruang kelas tidak dapat digunakan. Para siswa dan guru mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Banjir juga melanda di sekitar kantin sehingga waktu istirahat siswa terganggu. Genangan yang tak kunjung surut ini mengotori lantai sekolah karena bercampur dengan tanah dan lumpur.

Sayangnya, pihak sekolah belum melakukan tindakan yang mampu mencegah banjir. Kurangnya kesadaran para warga sekolah untuk membuah sampah pada tempatnya dan membersihkan selokan secara berkala mengakibatkan banjir sering terjadi. Sudah seharusnya pihak sekolah memberikan sanksi bagi siswa yang membuang sampah sembarangan. Sekolah juga harus mengadakan kerja bakti secara rutin untuk membersihkan area sekolah, terutama area selokan.

Contoh teks tanggapan “SMP Duta Kebanjiran” dikutip dari katadata.com dengan beberapa penyesuaian.

 

5. Contoh Teks Tanggapan Berita

Jakarta Termasuk dalam Daftar 10 Kota Termacet di Dunia

Dulu, saya selalu menganggap bahwa Jakarta itu lebih identik sebagai kota yang macetnya dimana-mana, meskipun sampai sekarang pun juga masih ada saja kemacetan yang kita temui di jalan.

Sebagai salah satu pengguna transportasi umum, tentunya keberadaan Transjakarta dan juga MRT sudah sangat membantu mengurangi kemacetan dan memudahkan orang untuk pergi kemana-mana. Namun, ada kalanya juga MRT dan Transjakarta membuat saya tidak nyaman akibat armadanya yang selalu penuh. Akhirnya orang akan menghabiskan terlalu banyak waktu di perjalanan karena harus menunggu armada selanjutnya. Hal ini dapat menyebabkan banyak orang beralih kembali ke kendaraan pribadi agar bisa menggunakan tol yang lebih hemat waktu.

Namun, dikutip dari Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta, pada tahun 2020, akhirnya Jakarta keluar dari urutan 10 kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index dan berada di peringkat ke-31 dari total 416 kota. Sebuah pencapaian yang tentunya bisa kita banggakan, bahwa Jakarta semakin membaik dalam mengatasi kemacetan karena sebelumnya, pada tahun 2019, Indonesia masih menduduki peringkat ke-10 sebagai kota termacet di dunia dengan tingkat kemacetan sebanyak 53%.

Oleh karena itu, saya menanggapi hal ini dengan ingin memberikan pujian bagi Pemprov DKI yang sudah mampu menangani kemacetan Jakarta menuju arah yang lebih baik. Meskipun harus diakui bahwa masih banyak hal yang perlu diperbaiki dan terus ditingkatkan.

Selain itu, upaya dalam mengajak masyarakat untuk naik transportasi umum juga perlu ditingkatkan lagi, seperti dengan memperbanyak kawasan dan wilayah yang terjangkau oleh Transjakarta, MRT, dan juga angkutan umum lainnya. Tentunya hal ini juga diiringi dengan penambahan armada sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Contoh teks tanggapan “Jakarta Termasuk dalam Daftar 10 Kota Termacet di Dunia” dikutip dari gramedia.com dengan beberapa penyesuaian.

 

6. Contoh Teks Tanggapan Kritis di Bidang Kesehatan dan Sosial

Dampak Merokok bagi Pelajar

Sebagai manusia, tentunya kita ingin tubuh kita sehat. Cara untuk mendapatkan hidup sehat adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang dapat mengganggu kesehatan. Salah satu hal yang menjadi faktor terganggunya kesehatan adalah rokok. Rokok adalah silinder dari kertas yang berisi cacahan tembakau dan mengandung zat kimia.

Akhir-akhir ini, banyak pelajar SMP dan SMA yang sudah mengkonsumsi rokok dengan bebas. Padahal sejatinya, mereka masih tergolong di bawah umur. Merokok pastinya sangat mempengaruhi kehidupan pelajar. Lalu, apakah dampak dan bagaimana cara mengatasinya?

Saat ini, terdapat 1.100 juta penghisap rokok di dunia. Setiap tahunnya. 4 juta orang meninggal karena rokok. Berdasarkan laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 250 juta anak beresiko meninggal apabila tidak segera dicegah untuk merokok.

Di Indonesia sendiri, fenomena pelajar di bawah umur yang merokok juga sudah semakin marak. Hasil dari survei di beberapa SMP menunjukkan sebanyak 40 persen siswa sudah pernah mencoba rokok. Berdasarkan data Yayasan Jantung Indonesia, sebanyak 77 persen dari siswa yang merokok melakukan hal tersebut karena ditawari teman.

Mayoritas siswa beranggapan bahwa dengan merokok, mereka akan terlihat lebih keren dan dewasa. Selain itu, siswa juga beranggapan bahwa dengan merokok, mereka akan lebih mudah mendapatkan teman bergaul. Alasan lain yang membuat siswa merokok adalah menurut mereka, rokok dapat menghilangkan kantuk, suntuk, dan stres.

Padahal, pada dasarnya merokok lebih banyak dampak negatifnya dibanding dengan dampak positifnya. Dampak negatif bagi pelajar adalah menyebabkan prestasi menurun karena siswa akan tidak fokus pada pelajaran. Bau menyengat yang ditimbulkan oleh rokok juga menyebabkan orang lain merasa risih.

Selain itu, zat kimia yang dikandung oleh rokok juga menyebabkan hancurnya organ-organ tubuh. Zat kimia yang dikandung rokok juga menimbulkan berbagai komplikasi pada tubuh seperti kanker, serangan jantung, penyakit paru-paru, penyakit tenggorokan, gangguan pada pita suara, dan lain-lain.

Oleh karena itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk meminimalisir jumlah perokok. Sudah banyak slogan-slogan yang melarang kita untuk merokok. Bahkan semua produk rokok, sekarang sudah tertera bahaya merokok di kemasannya.

Pemerintah juga telah melarang untuk tidak merokok sembarangan, karena asapnya juga menyebabkan polusi. Pemerintah juga telah memasukkan materi bahaya merokok pada kurikulum sekolah dengan slogan ‘Hindarkan dan Jauhkan Sekolah dari Asap Rokok’ di buku pegangan siswa.

Secara umum, merokok hanya menimbulkan kerugian. Banyak orang meninggal dan menderita penyakit kronis karena mengkonsumsi rokok. Oleh karena itu, perlu ditumbuhkan kesadaran bagi pelajar dan masyarakat lainnya terhadap bahaya merokok. Orang tua sangat berperan penting dalam mengawasi pergaulan anak agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah. Selain itu, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalisir jumlah perokok.

Contoh teks tanggapan “Dampak Merokok bagi Pelajar” dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Diskusi, Lengkap dengan Strukturnya!

 

7. Contoh Teks Tanggapan Pujian 

Siapa Bilang Perempuan Tak Bisa Merajai Dunia?

Saat ini, sudah bukan zamannya lagi mempercayai stereotip bahwa perempuan tidak perlu sekolah terlalu tinggi. “Ujung-ujungnya hanya di rumah, menjadi ibu rumah tangga”, demikian pandangan umum zaman dahulu.

Di era modernisasi ini, perempuan justru bisa berkarya dengan optimal hingga membanggakan tanah air. Contohnya Menteri Keuangan Sri Mulyani, beliau berprestasi di kancah global dan mendapat penghargaan sebagai Menteri Terbaik Dunia dalam ajang World Government Summit tahun 2018 di Dubai, Uni Emirat Arab. Prestasi ini tentunya dapat menjadi contoh bahwa perempuan bisa sukses dan menjadi teladan bagi banyak orang. Oleh karena itu, perempuan tentunya memiliki hak untuk mendapat pendidikan setinggi-tingginya.

Contoh teks tanggapan “Siapa Bilang Perempuan Tak Bisa Merajai Dunia?” dikutip dari katadata.com dengan beberapa penyesuaian.

 

8. Contoh Teks Tanggapan Kritik di Bidang Pelestarian Lingkungan

Penggunaan Galon Sekali Pakai

Penggunaan galon sekali pakai saat ini beredar cukup luas di kalangan masyarakat dengan tujuan untuk alasan kebersihan dan lebih steril. Namun, menurut saya gagasan ini merupakan tindakan yang tidak mempedulikan efek dan dampaknya bagi lingkungan, yaitu menyebabkan peningkatan sampah plastik.

Selama ini, bumi kita sudah cukup kesakitan akibat berbagai pencemaran lingkungan dan juga pemanasan global yang setiap tahunnya semakin memperburuk keadaan. Dilansir dari NASA, tercatat suhu permukaan rata-rata bumi telah meningkat sekitar 2,05 derajat Fahrenheit (1,14 derajat Celcius) sejak akhir abad ke-19.

Peningkatan suhu bumi ini berdampak nyata setiap tahunnya, seperti gletser es di kutub yang terus mencair serta terjadinya perubahan iklim. Dengan beredarnya galon sekali pakai, tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini akan membawa dampak buruk bagi lingkungan tempat tinggal kita sekarang.

Saya berharap pemerintah dapat mempertimbangkan kembali kebijakan untuk peredaran galon sekali pakai ini dan mengoptimalkan upaya penggunaan produk-produk yang merupakan hasil daur ulang. Sehingga, dapat mengurangi adanya limbah-limbah plastik dan juga terjadinya pencemaran lingkungan.

Contoh teks tanggapan “Penggunaan Galon Sekali Pakai” dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

 

9. Contoh Teks Tanggapan Dampak Positif Negatif di Bidang Kesehatan dan Olahraga

Olahraga

Banyak orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan olahraga, karena olahraga menjadi sumber kesehatan manusia. Banyak sekali olahraga yang bisa kita lakukan saat ini, seperti jogging, bermain bola, bersepeda, dan sebagainya.

Olahraga merupakan satu di antara aktivitas yang digemari sebagian orang. Olahraga memiliki manfaat untuk membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Olahraga juga bisa membantu terhindar dari berbagai penyakit, seperti membantu pencegahan hipertensi, mengurangi penyakit stroke, mencegah kanker, mengurangi kegelisahan, dan sebagainya.

Namun, olahraga juga dapat menimbulkan efek negatif apabila dilakukan secara berlebihan, seperti menyebabkan gagal jantung, menyebabkan cedera, gangguan menstruasi pada wanita, sulit tidur, melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan depresi.

Kita memang bisa menjaga kesehatan dengan cara rutin berolahraga. Namun, jangan melakukan olahraga secara berlebihan karena justru akan menyebabkan dampak buruk pada tubuh. Lakukan olahraga sesuai kondisi tubuh masing-masing, sehingga kita bisa menjadi sehat dan bugar untuk melakukan berbagai aktivitas.

Contoh teks tanggapan “Olahraga” dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

 

10. Contoh Teks Tanggapan Dampak Positif Negatif di Bidang Teknologi

Penggunaan Telepon Pintar Selama Pelajaran

Aturan yang melarang siswa menggunakan telepon pintar selama pelajaran perlu digalakkan karena penggunaan telepon pintar sebenarnya hanya diperlukan pada kondisi tertentu saja saat di sekolah. Selama pelajaran berlangsung, tidak jarang siswa yang ketahuan bermain telepon pintar. Baik itu bermain medsos, bermain video game, maupun kegiatan lainnya.

Telepon pintar terkadang juga dijadikan bahan ajang pamer di kalangan siswa. Perilaku semacam ini tentunya dapat mengganggu proses belajar-mengajar. Belum lagi adanya peristiwa kehilangan telepon pintar yang membuat kecurigaan antarsiswa menjadi meningkat.

Namun, dalam keadaan tertentu, adanya telepon pintar juga memiliki dampak yang baik dan sangat membantu siswa dalam belajar. Misalnya, pada saat pelajaran berlangsung, guru meminta siswa untuk mencari referensi atau membaca sumber tertentu. Oleh karena itu, saya mendukung larangan penggunaan telepon pintar selama pelajaran, kecuali atas izin dari guru. Siswa tidak perlu dilarang membawa telepon pintar ke sekolah, namun penggunaannya harus bijaksana dan tepat guna.

Contoh teks tanggapan “Penggunaan Telepon Pintar Selama Pelajaran” dikutip dari sonora.id dengan beberapa penyesuaian.

 

11. Contoh Teks Tanggapan Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Laskar Pelangi merupakan judul novel pertama karya Andrea Hirata, yang berhasil menjadi Best Seller di pasaran Indonesia. Novel tersebut menceritakan kisah 10 anak yang kehidupannya kurang mampu dari segi ekonomi, namun tetap berani bermimpi. Sepanjang cerita dipenuhi dengan rasa suka, duka, nestapa, dan tentu saja jenaka. Novel Laskar Pelangi mengandung banyak hal-hal yang bisa ditiru oleh anak-anak zaman sekarang.

Meskipun dalam novel Laskar Pelangi, terdapat sedikit bagian-bagian yang dibesar-besarkan atau tidak sesuai dengan fakta, contohnya seperti tokoh Lintang yang kepintarannya tidak masuk akal, namun novel tersebut telah memberikan saya berbagai motivasi dan nilai-nilai moral yang sangat tinggi. Setelah membaca novel Laskar Pelangi, semangat saya seperti berkobar-kobar dalam meraih mimpi.

Sejujurnya, novel Laskar Pelangi merupakan novel yang pertama kali saya baca dan sangat mengesankan bagi saya. Ceritanya sangat bermakna karena bisa memotivasi saya untuk lebih rajin dan menghargai apa yang telah saya miliki. Mungkin itu saja sekedar pendapat yang bisa saya utarakan mengenai novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini.

 

12. Contoh Teks Tanggapan tentang Sekolah

Senyum, Salam, dan Sapa

SMP Merdeka memiliki kegiatan yang cukup menarik dan menyenangkan setiap pagi di pintu gerbang sekolah. Semua guru menyambut kehadiran para siswa dengan penuh keceriaan.

Senyum para guru mengembang ketika menyambut mereka, kemudian para siswa pun mengucapkan salam dan mencium tangan para guru sebagai penghormatan. Situasi keceriaan itu sudah berlangsung sejak setahun yang lalu.

Kebiasaan dalam bentuk aktivitas senyum, salam, dan sapa seperti yang berlangsung di SMP Merdeka merupakan kegiatan yang sangat baik dan memberikan dampak positif bagi para siswa. Selain berakibat datang di sekolah tepat waktu, mereka juga merasakan keceriaan sebelum mengikuti aktivitas pembelajaran di kelas.

Situasi ini pun menciptakan suasana yang akrab antara guru dan siswa. Jadi, kegiatan pagi di SMP Duta yang cukup kreatif dan menarik ini layak dicontoh sekolah-sekolah lain.

Contoh teks tanggapan “Senyum, Sama, dan Sapa” dikutip dari Kumparan.com dengan beberapa penyesuaian.

Baca Juga: Teks Diskusi: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kebahasaan & Contoh

 

13. Contoh Teks Tanggapan tentang Sampah

Pembuangan Sampah Organik

Dari dulu, sampah menjadi masalah yang tak kunjung selesai. Ya, tumpukan sampah berdampak buruk pada lingkungan. Satu di antara sampah yang banyak ditemukan adalah sampah organik.

Sampah ini merupakan jenis sampah yang bisa terurai sendiri. Adapun jenis-jenis sampah organik, di antaranya sampah sayuran, buah-buahan, dedaunan, atau sampah lainnya yang bisa terurai.

Nah, meskipun sampah organik bisa terurai dengan sendirinya, tetapi perlu pengolahan yang tepat agar tidak menimbulkan efek buruk pada lingkungan sekitar. Namun, banyak masyarakat yang belum bisa mengelola pembuangan sampah organik dengan baik.

Mereka masih beranggapan bahwa sampah organik itu bisa terurai begitu saja di tanah. Padahal, jika tidak diolah dengan baik, itu akan mencemari lingkungan sekitar. Sampah dengan baik, sampah jenis ini tetap akan menimbulkan bau busuk yang bisa mengganggu.

Akibatnya, banyak masalah kesehatan yang timbul dari sampah organik. Tumpukan sampah organik akan mengundang lalat. Lalat tersebut kemudian masuk ke rumah dan menjangkau sudut rumah. Mereka juga membawa penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

Contoh teks tanggapan “Pembuangan Sampah Organik” dikutip dari Bola.com dengan beberapa penyesuaian.

 

14. Contoh Teks Tanggapan Deskriptif

Saya ingin memberikan tanggapan terhadap acara musik live yang diadakan kemarin malam di kota kami. Secara keseluruhan, acara ini berjalan lancar dalam menyajikan beragam bakat musik lokal.

Pertama-tama, saya menilai dari segi penyelenggaraan acaranya. Lokasi yang dipilih, yaitu taman kota yang luas, memberikan suasana yang santai dan ramah. Kemudian, panggung utama ditempatkan dengan baik, sehingga semua penonton dapat dengan mudah melihat dan menikmati penampilan. Penataan tempat duduk dan area berdiri juga terorganisir, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Selanjutnya, berbagai bakat musik lokal yang ditampilkan menurut saya sangat menghibur, mulai dari grup musik rock alternatif hingga solois akustik. Acara ini menyajikan genre musik yang beragam.

Pilihan artis yang mencakup berbagai gaya musik membuat acara ini menarik bagi berbagai kalangan penonton. Saya khususnya menyukai bagaimana setiap penampil memberikan sentuhan uniknya sendiri, menciptakan pengalaman mendengarkan yang sangat beragam.

Terkait aspek teknis, sistem suara yang digunakan juga memuaskan. Kualitas suara dari panggung sangat baik, dan volume suara diatur dengan baik, sehingga tidak terlalu keras atau terlalu lembut. Hal ini membuat pengalaman mendengarkan menjadi lebih menyenangkan.

Dengan menggarisbawahi kualitas penyelenggaraan, variasi bakat musik, dan aspek teknis yang memuaskan, saya ingin menegaskan bahwa acara ini benar-benar memberikan pengalaman musik live yang positif.

Saya berharap untuk melihat lebih banyak acara semacam ini di masa depan dan memberikan apresiasi kepada penyelenggara dan semua musisi yang berpartisipasi.

Contoh teks tanggapan deskriptif ini dikutip dari cnnindonesia.com dengan beberapa penyesuaian.

 

15. Contoh Teks Tanggapan Sanggahan

Setelah membaca artikel terbaru yang berjudul “Manfaat Diet Ketogenik untuk Kesehatan,” saya ingin menyampaikan beberapa sanggahan terhadap pandangan yang disajikan dalam artikel tersebut.

Meskipun saya menghargai upaya penulis dalam menyajikan informasi tentang diet ketogenik. Namun ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan lebih lanjut.

Pertama, artikel tersebut cenderung mengesampingkan risiko kesehatan akibat diet ketogenik. Meskipun diakui bahwa diet ini dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi sedikitnya asupan karbohidrat dapat berdampak negatif pada keseimbangan gizi tubuh dan kesehatan jangka panjang. Seharusnya, artikel memberikan gambaran yang lebih seimbang tentang manfaat dan risiko dari pendekatan diet ini.

Selanjutnya, penjelasan tentang proses ketosis mungkin terlalu sederhana. Sebagai pembaca yang tidak memiliki latar belakang medis yang mendalam, saya merasa artikel seharusnya lebih bisa memberikan informasi yang rinci mengenai bagaimana ketosis bekerja dalam tubuh dan potensi risikonya.

Dengan menyoroti sanggahan-sanggahan tersebut, saya ingin menegaskan bahwa untuk sementara ini, artikel memberikan wawasan yang baik tentang diet ketogenik. Tapi, akan lebih baik lagi jika artikel menyajikan informasi lebih jelas dan mendalam.

Contoh teks tanggapan sanggahan ini dikutip dari cnnindonesia.com dengan beberapa penyesuaian.

 

16. Contoh Teks Tanggapan Film Dilan 1990

Dilan 1990 merupakan sebuah film yang di sutradarai oleh Fajar Bustomi dan merupakan adaptasi dari sebuah novel berjudul Dilan 1990 karya Pidi Baiq. Film ini adalah sebuah karya sinematik yang mampu membawa penontonnya dalam perjalanan nostalgis ke masa lalu, merenungkan kenangan cinta remaja yang indah dan penuh warna. Film ini tidak hanya sekadar kisah cinta antara Dilan dan Milea, tetapi juga sebuah potret yang menggambarkan kehidupan sosial dan budaya Indonesia pada tahun 1990-an.

Salah satu aspek yang paling menonjol dari film ini adalah kemampuan sutradara dan para pemeran dalam membawakan suasana romansa yang hangat dan tulus. Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla berhasil menghidupkan karakter Dilan dan Milea dengan keakraban dan chemistry yang mengesankan, membuat penonton terbawa dalam kisah mereka.

Selain itu, penyutradaraan yang cerdas dan sinematografi yang apik memberikan sentuhan visual yang memukau. Pemilihan lokasi yang autentik dan pemakaian musik era 90-an turut menyumbangkan nuansa nostalgia yang menyentuh hati.

Meskipun fokus pada unsur romansa, film ini juga berhasil menyelipkan elemen humor yang ringan dan pesan-pesan moral yang dapat diresapi. Tema persahabatan, kejujuran, dan kesetiaan menjadi inti cerita, memberikan kedalaman pada plot yang sejatinya sederhana.

Namun, sebagian penonton, mungkin ada yang mengkritik bahwa beberapa aspek cerita terasa klise atau dapat ditebak. Meskipun begitu, bagi mereka yang menghargai cerita cinta klasik dengan sentuhan segar, Dilan 1990 dapat menjadi pengalaman sinematik yang memuaskan.

Secara keseluruhan, Dilan 1990 berhasil menyampaikan pesan emosional dengan penuh kehangatan dan keindahan. Film ini bukan hanya sekadar romansa remaja, tetapi juga sebuah perjalanan melintasi waktu yang mengingatkan kita akan keunikan dan keindahan cinta pertama dalam hidup.

 

17. Contoh Teks Tanggapan Lukisan Monalisa

Monalisa, lukisan ikonik karya Leonardo da Vinci, merupakan sebuah karya seni yang menarik dan penuh misteri. Lukisan ini berhasil menangkap perhatian dunia selama berabad-abad dan terus menjadi sumber inspirasi bagi seniman dan pengagum seni rupa lainnya.

Pertama-tama, saya menilai bahwa daya tarik utama lukisan Monalisa terletak pada senyum misterius yang terpahat di wajah wanita itu. Senyumnya yang tipis dan sulit diartikan, telah memicu berbagai spekulasi dan teori sejak lama, memberikan lukisan ini dimensi psikologis yang mendalam. Setiap orang mungkin akan melihat dan merasakan sesuatu yang berbeda ketika melihat senyuman itu.

Selanjutnya, penggunaan teknik sfumato oleh da Vinci dalam menggambar Monalisa memberikan kesan realisme dan kelembutan yang luar biasa pada lukisan. Teknik ini menciptakan transisi yang halus antara warna dan bayangan, menciptakan tampilan wajah yang tampak hidup dan bernyawa. Leonardo da Vinci berhasil menunjukkan keahliannya dalam merepresentasikan detail dan nuansa yang membuat lukisan Monalisa menjadi mahakarya yang dikenal seluruh dunia.

Tidak hanya itu, latar belakang lukisan yang menampilkan lanskap pegunungan dan air di kejauhan, juga memberikan kedalaman visual pada lukisan tersebut. Penggunaan warna-warna lembut dan harmonis, memberikan kesan damai dan elegan pada keseluruhan karya.

Namun, misteri seputar identitas wanita di lukisan tersebut juga menambah daya tariknya. Siapakah Monalisa sebenarnya? Pertanyaan ini telah menjadi subjek spekulasi dan teori sepanjang waktu, menambah elemen misteri yang melekat pada lukisan.

Dalam keseluruhan konteks, Monalisa tidak hanya sekadar lukisan wajah seorang wanita, tetapi merupakan karya seni yang menciptakan dialog antara pengamat dan karya seni itu sendiri. Keunikan dan ketidakpastian yang melingkupi Monalisa memberikan keabadian pada pesonanya dan menjadikannya salah satu lukisan paling terkenal dalam sejarah seni.

 

18. Contoh Teks Tanggapan tentang Pendidikan

Metode Ajar

Foxfire merupakan salah satu metode ajar baru yang sedikit berbeda dari metode sebelumnya. Metode ajar ini memberikan tugas kepada murid dengan melakukan berbagai kajian. Nantinya, hasil kajian yang didapatkan murid tersebut akan ditulis dalam bentuk laporan.

Implementasi metode belajar foxfire mempunyai tujuan untuk memberikan bimbingan kepada murid mengenai pentingnya melestarikan warisan budaya. Selain itu, metode ini juga menyadarkan siswa mengenai pentingnya aspek sosial pada masyarakat Indonesia.

Dalam proses pembelajarannya, guru memiliki peran sebagai seorang mentor. Guru akan membimbing siswa dalam mengembangkan sikap kreatif, aktif, dan inovatif. Namun, metode foxfire memiliki kelemahan, yakni membutuhkan waktu cukup lama dalam penerapannya. Jadi, terkadang tidak cocok apabila diterapkan pada jadwal sekolah sesuai dengan kurikulum.

 

19. Contoh Teks Tanggapan tentang Bullying

Bahaya bullying pada anak merupakan isu serius yang memiliki dampak jangka panjang bagi kesejahteraan psikologis dan fisik mereka. Bullying termasuk masalah kompleks yang memerlukan perhatian dari semua pihak, termasuk orang tua, guru, juga masyarakat secara keseluruhan.

Bullying pada anak akan menimbulkan stres, rasa cemas berlebih, depresi, hingga merasa terisolasi. Bahkan, beberapa anak dapat mengalami trauma psikologis yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional mereka di masa depan.

Selain itu, bullying pada anak juga berdampak pada kesehatan fisik mereka, loh. Anak yang menjadi korban bullying mungkin mengalami gangguan tidur, penurunan nafsu makan, sakit kepala, dan gangguan kesehatan lainnya. Kondisi ini, tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik mereka.

Efek bullying tidak hanya dirasakan oleh korban, tetapi juga pelaku dan saksi. Jika tidak mendapatkan intervensi dan pembinaan yang tepat, para pelaku bullying berpotensi tumbuh menjadi seseorang yang berperilaku agresif dan kurang empati, yang berpengaruh pada hubungan sosial mereka di masa depan. Saksi bullying juga dapat merasa terbebani oleh pengalaman tersebut, dan mengalami rasa bersalah atau takut.

Untuk mengatasi bahaya bullying, perlu adanya upaya bersama dari orang tua, guru, sekolah, dan masyarakat. Pembinaan sikap empati, toleransi, dan saling menghargai terhadap perbedaan perlu diterapkan secara aktif.

Selain itu, program anti-bullying yang efektif, pendidikan tentang dampak bullying, dan dukungan psikologis bagi korban dan pelaku adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi semua anak. Dengan demikian, anak-anak dapat terlindung dari bahaya bullying dan memberikan mereka lingkungan yang positif untuk tumbuh kembang.

 

20. Contoh Teks Tanggapan tentang Pergaulan Bebas

Saat ini, pergaulan bebas banyak menjerumuskan para remaja. Tentunya, hal itu membawa dampak negatif, seperti mabuk-mabukan, penyalahgunaan narkoba, hingga sex bebas.

Terdapat beberapa penyebab seorang remaja terjerumus dalam pergaulan bebas. Di antaranya rasa ingin tahu yang besar, hawa nafsu, korban broken home, tidak memiliki iman yang kuat, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, faktor yang sangat berpengaruh saat ini adalah teknologi internet. Kurangnya pengawasan dari orang tua dapat menjadi pemicu dilakukannya hal-hal yang menyalahi norma.

Oleh karena itu, diharapkan bagi para orang tua untuk memberikan pengawasan lebih banyak agar anaknya tidak terpengaruh ke dalam pergaulan bebas. Caranya, bisa dengan memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya, memberikan pengawasan dan pemantauan yang tepat terhadap aktivitas anak, serta memberikan pendidikan atau sosialisasi mengenai bahaya pergaulan bebas.

Itu tadi penjelasan mengenai contoh teks tanggapan, beserta pengertian dan strukturnya. Sudah paham? Jika kamu ingin belajar lebih jauh tentang materi teks tanggapan, yuk belajar bersama di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Sasmita, P. 2022. 6 Contoh Teks Tanggapan Singkat beserta Strukturnya, Materi Kelas 9, [Daring]. Tautan: https://www.sonora.id/read/423446145/6-contoh-teks-tanggapan-singkat-beserta-strukturnya-materi-kelas-9?page=all (Diakses: 18 Januari 2023)

Laily, I. N. 2022. Contoh Teks Tanggapan Singkat Beserta Struktur dan Kaidah Kebahasaan, [Daring]. Tautan: https://katadata.co.id/iftitah/berita/624e83bea2c96/contoh-teks-tanggapan-singkat-beserta-struktur-dan-kaidah-kebahasaan (Diakses: 18 Januari 2023)

Wutsqaa, U. 2022. 16 Contoh Teks Tanggapan Singkat, Struktur dan Ciri-cirinya, [Daring]. Tautan: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6457464/16-contoh-teks-tanggapan-singkat-struktur-dan-ciri-cirinya (Diakses: 18 Januari 2023)

Umam. Pengertian Teks Tanggapan: Ciri-Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis, dan Contohnya, [Daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/literasi/teks-tanggapan/ (Diakses: 18 Januari 2023)

Kenya Swawikanti