Teks Inspiratif: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur & Kebahasaannya | Bahasa Indonesia Kelas 9

Teks Inspirasi

Pernah baca buku-buku self improvement, buku motivasi, atau kisah tokoh yang menginspirasi? Bacaan model tersebut disebut dengan cerita inspiratif/teks inspiratif, loh! Nah, di artikel Bahasa Indonesia kelas 9 ini, kita akan mengulas tentang pengertian teks inspirasi, tujuan, jenis-jenis, ciri-ciri, struktur, dan kaidah kebahasaannya!

 

Teman-teman, pernahkah kamu merasa putus asa dan kehilangan inspirasi? Rasanya seperti kehilangan segala motivasi untuk melakukan sesuatu, ya. Bahkan, untuk bangun dari tempat tidur pun rasanya enggan.

Nah, biasanya, ketika situasi seperti ini melanda, salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan motivasi pada diri kita adalah dengan mencari inspirasi dari berbagai sumber. Misalnya seperti menonton film atau series, mendengarkan musik atau podcast, dan juga membaca.

Bacaan yang dibaca pun bisa dalam berbagai bentuk, seperti buku, artikel, majalah, ataupun kisah hidup seseorang yang dibagikan melalui media sosial. Nah, teks bacaan yang mengandung inspirasi ini disebut juga sebagai teks inspirasi/teks inspiratif.

 

Pengertian Teks Inspiratif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inspirasi adalah ilham. Secara umum, pengertian teks inspirasi atau bisa juga disebut teks inspiratif adalah bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan, yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

 

Tujuan Teks Inspiratif

Berdasarkan definisi tersebut, tujuan teks inspiratif adalah meningkatkan dan menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri untuk menghadapi semua tantangan yang mungkin dihadapi dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

 

Ciri-Ciri Teks Inspiratif

Teks inspirasi memiliki beberapa ciri, antara lain sebagai berikut:

1. Umumnya diangkat dari kisah nyata

Teks inspirasi umumnya diangkat atau diadaptasi dari kisah nyata seorang tokoh. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran bahwa hal-hal positif yang terjadi dalam kisah tersebut, ternyata bisa juga dirasakan dan dilalui oleh pembaca. Tapi, ada juga teks inspirasi yang kisahnya merupakan cerita fiksi yang masih masuk akal.

2. Memiliki tema tertentu

Selain kisah nyata, setiap bentuk tulisan teks inspiratif dapat dikembangkan dari satu tema tertentu menjadi kisah inspiratif yang menarik.

3. Memiliki judul yang menarik

Setiap teks inspirasi harus memiliki judul yang memudahkan pembaca mengidentifikasi tentang gambaran isi teks.

4. Memiliki alur yang menarik

Dalam teks inspiratif terdapat alur cerita yang memberikan pemahaman awal, inti, dan akhir cerita atau kisah. Oleh karena itu, teks inspirasi juga dapat disebut sebagai teks cerita karena adanya penggambaran urutan waktu kejadian yang dialami tokoh dari awal hingga akhir.

5. Bersifat naratif

Teks inspiratif tentunya bersifat naratif karena menguraikan urutan kejadian suatu peristiwa. Salah satunya dibuktikan dengan adanya alur cerita.

6. Ada tokoh inspiratif yang diceritakan

Pada teks inspiratif, terdapat tokoh cerita dengan beragam kisah hidup dan latar belakang yang dijadikan sebagai sumber inspirasi atau suri teladan bagi pembaca.

Pada umumnya, tokoh dalam cerita inspiratif adalah manusia yang menorehkan segudang prestasi, memiliki pengaruh terhadap dunia, hingga seseorang dengan keterbatasan fisik karena tekadnya untuk terus berkarya dan menggapai kesuksesan. Tapi, ada juga tokoh inspiratif yang diwujudkan dalam bentuk tokoh fiksi atau binatang.

Baca Juga: Bahasan Lengkap Teks Diskusi: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kebahasaan & Contoh

 

Jenis-Jenis Teks Inspiratif

Teks inspiratif memiliki beberapa jenis, dan dikelompokkan berdasarkan sifat peristiwanya dan tokohnya. Untuk Penjelasan lebih lengkapnya, yakni sebagai berikut:

Jenis-Jenis Teks Inspirasi

 

1. Berdasarkan Sifat Peristiwa

Berdasarkan sifat peristiwanya, teks inspirasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu nonfiksi dan fiksi.

a. Nonfiksi

Merupakan jenis teks inspiratif yang menceritakan peristiwa nyata seorang tokoh beserta latar sebenarnya.

b. Fiksi

Merupakan jenis teks inspiratif yang menceritakan kisah fiksi atau khayalan.

 

2. Berdasarkan Tokoh

Berdasarkan tokohnya, teks inspiratif dibagi menjadi 3 jenis, yaitu teks inspirasi dengan tokoh orang terkenal, sufi, dan binatang.

a. Orang terkenal

Merupakan jenis teks inspirasi yang menceritakan kisah-kisah orang terkenal.

b. Sufi

Merupakan jenis teks inspirasi yang menceritakan tokoh-tokoh sufi atau ahli agama.

c. Binatang

Merupakan jenis teks inspirasi yang diwujudkan dalam bentuk cerita binatang atau fabel.

Kita istirahat sebentar, yuk! Gimana nih, sudah mulai paham belum dengan pengertian, ciri, dan jenis-jenis teks inspiratif? Kakak mau ngenalin kamu dengan fitur canggih di aplikasi Ruangguru satu ini, yaitu ADAPTO. Melalui fitur ini, kamu bisa eksplor materi belajar lebih dalam lagi, dengan konten yang adaptif serasa belajar bareng guru privat. Penasaran, klik banner di bawah ini untuk info lebih lanjut!

IDN CTA Blog Adapto Ruangguru 2022

 

Struktur Teks Inspirasi

Oke, lanjut! Seperti teks lainnya, teks inspiratif juga memiliki struktur, yaitu abstraksi, orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Nah, apa sih maksud dari istilah-istilah tersebut? Berikut penjelasannya!

Struktur Teks Inspirasi

 

1. Abstraksi

Abstraksi merupakan gambaran tentang isi teks. Bagian pertama ini bersifat opsional, yang artinya pembaca boleh menulisnya ataupun tidak. Tapi umumnya, bagian ini seringkali tidak ditulis.

2. Orientasi

Bagian ini berisi pengenalan tokoh dan latar, baik latar waktu, tempat, dan suasana. Biasanya, pengenalan tokoh terdapat pada paragraf pertama, sedangkan latar digambarkan pada paragraf pertama dan kedua.

3. Komplikasi

Komplikasi dipahami sebagai tahap kemunculan berbagai masalah. Dalam teks inspirasi sendiri, komplikasi berkaitan dengan hal-hal problematik yang dialami atau dilalui tokoh. Misalnya, kemiskinan atau pengangguran.

4. Resolusi 

Setiap tokoh inspiratif tentu saja memiliki beragam cara untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapinya. Hal ini dikategorikan sebagai resolusi, yaitu tahap penyelesaian masalah atau konflik.

5. Koda

Koda adalah tahap akhir dalam teks inspiratif yang berisi kesimpulan dari keseluruhan peristiwa, sehingga pada bagian ini, pembaca dapat memetik nilai-nilai atau pesan moral untuk diteladani dan direalisasikan dalam kehidupan. Bagian koda biasanya terdapat pada paragraf terakhir.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Menulis Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

 

Kaidah Kebahasaan Teks Inspiratif

Teks inspiratif memiliki beberapa kaidah kebahasaan yang perlu kamu tahu, antara lain sebagai berikut:

Kaidah Kebahasaan Teks Inspirasi

 

1. Menggunakan kata ekspresif

Teks inspiratif umumnya menggunakan kata-kata ekspresif yang menggambarkan emosi tokoh, seperti menggambarkan perasaan simpati, empati, kepedulian, dan perasaan pribadi tokoh.

2. Menggunakan kalimat deskriptif

Teks inspiratif umumnya menggunakan kalimat deskriptif, yaitu kalimat yang berisi penggambaran atau pemaparan secara rinci mengenai suatu objek.

3. Menggunakan konjungsi

Teks inspiratif umumnya menggunakan konjungsi yang menyatakan:

  • Penjumlahan → dan
  • Waktu → ketika, tatkala, pada, sewaktu, seraya
  • Simpulan → jadi, oleh karena itu, dengan demikian
  • Pemilihan → atau
  • Harapan → agar, supaya

 

4. Menggunakan majas

Teks inspirasi umumnya menggunakan majas, antara lain:

  • Majas hiperbola → majas yang menyatakan ungkapan yang berlebihan dan tidak masuk akal.
  • Majas metafora → majas yang memakai analogi atau perumpamaan terhadap dua hal yang berbeda.
  • Majas personifikasi → majas yang menggambarkan benda mati seolah-olah hidup dan bersikap seperti manusia.

 

Baca Juga: Macam-Macam Majas Perbandingan beserta Contoh dan Cirinya

 

Contoh Teks Inspiratif berdasarkan Strukturnya

Nah, supaya lebih afdhol nih belajarnya, berikut disediakan contoh teks inspiratif yang sudah dibedah berdasarkan strukturnya. Kita baca sama-sama, ya!

 

Contoh Kisah Inspiratif tentang Sahabat

Abstraksi:

Cerita inspiratif tentang persahabatan ini datang dari negeri tirai bambu. Kisah nyata kedua sahabat ini sempat menjadi bahan perbincangan di media sosial China sekitar tahun 2015. Bagaimana tidak, kisahnya membuat para netizen terharu.

Orientasi:

Ada dua anak SMA yang bersahabat akrab bernama Xie Xu dan Zhang Chi. Mereka bertemu pertama kali di bangku SMP Daxu High School, Xuzhou, Provinsi Jiangsu, China Utara. Xie Xu merupakan anak yang berkepribadian baik dan teladan. Ia juga memberikan pengaruh positif bagi teman-teman di sekitarnya.

Sementara itu, Zhang Chi merupakan anak yang memiliki keterbatasan fisik. Dia tidak bisa berjalan karena menderita distrofi otot, atau penyakit yang menyebabkan kelemahan progresif dan hilangnya masa otot.

Komplikasi:

Baginya, berangkat ke sekolah bukanlah hal yang mudah. Untuk menahan badannya sendiri pun tidak mudah, apalagi berjalan menuju kelas sendiri. Ketika Zhang Chi tidak mampu berjalan menuju kelasnya, Xie Xu selalu membantunya dengan cara menggendongnya dari kamar asrama menuju ruang kelas. Begitu pun saat Zhang Chi ingin balik ke asrama.

Tidak hanya itu, Xie Xu juga membantu sahabatnya dalam melakukan pekerjaan lain, seperti mencuci piring, pakaian, dan mendapatkan makanan. Kegiatan ini telah dilakukannya selama 3 tahun.

Resolusi:

Walaupun memiliki keterbatasan fisik, Zhang Chi masih semangat untuk belajar di sekolah. Berkat Xie Xu, Zhang Chi tidak mengalami kesulitan dalam belajar. Mereka dikenal sebagai siswa yang pekerja keras dan top di kelas mereka.

Koda:

Kisah dua sahabat ini sangat menginspirasi dan perlu kita contoh. Xie Xu selalu membantu Zhang Chi dengan sepenuh hati. Sifat Xie Xu sangatlah luar biasa. Begitupun Zhang Chi yang tetap bersemangat pergi ke sekolah meskipun memiliki keterbatasan fisik.

Dari teks inspiratif di atas, bisa diperoleh pembelajaran bahwa, seharusnya kita saling membantu dan menyemangati pada anak yang memiliki keterbatasan fisik. Bukannya malah melakukan tindakan bullying.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Inspiratif Singkat dan Menarik berdasarkan Strukturnya

Itu dia pembahasan tentang teks inspirasi, meliputi pengertian, tujuan, jenis-jenis, ciri-ciri, struktur, dan kaidah kebahasaannya. Kamu butuh mencari inspirasi belajar dari guru les? Yuk, daftar di ruangguru Privat! Kamu bisa memilih guru yang sesuai dengan keinginanmu dan belajar di mana pun dan kapan pun sesuai kebutuhan. Yuk, les sekarang!

CTA ruangguru privat

Referensi:

Trianto, Agus dkk. (2018). Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Contoh Teks Inspiratif [Daring]. Tautan: https://www.mapel.id/contoh-teks-inspiratif/ (Diakses pada 21 Maret 2023)

 

Artikel ini diperbarui pada 27 Maret 2024.

Kenya Swawikanti