Selamat Hari Perempuan Internasional & Nasional! Saatnya Berani Membuat Perubahan

Hari Perempuan Internasional dan Nasional

Selamat Hari Perempuan Internasional (International Women's Day)! Inilah saatnya perempuan berani membuat perubahan untuk terciptanya kesetaraan gender.

--

 

Sejak dulu, peran perempuan dalam kehidupan sosial terhalangi oleh persepsi yang kurang tepat mengenai kesetaraan gender. Selama ini, masyarakat menganggap perempuan memiliki keterbatasan kesempatan berdasarkan perbedaan ciri biologis primer (fisik). Tapi kamu tahu nggak sih, apa yang sebenarnya membedakan perempuan dan laki-laki? 

Perempuan dan laki-laki itu dibedakan berdasarkan faktor biologis dari segi alat reproduksi dan fungsi. Contohnya yaitu perempuan mengalami menstruasi, kehamilan, dan melahirkan. Sedangkan laki-laki tidak bisa seperti itu. Sehingga, berdasarkan sifat, kodrat perempuan dan laki-laki itu berbeda atau tidak bisa dipertukarkan. Nah, jika faktor biologis terbentuk karena alamiah, maka gender terbentuk oleh masyarakat

Baca juga: Benarkah Perempuan Lebih Sulit Membaca Peta Dibanding Laki-laki?

 

Apa Itu Gender?

Menurut World Health Organization (WHO), gender adalah sifat perempuan dan laki-laki, seperti norma, peran, dan hubungan antara kelompok laki-laki dan perempuan, yang dikonstruksi secara sosial. Oleh karena itu, terciptalah standar seperti laki-laki harus maskulin dan perempuan harus feminin.

 

Foundations-of-gender-landscape-1024x536

Perbedaan sex dan gender (Sumber: deliverforgood.org)

 

Persepsi ini kemudian berkembang di masyarakat dan membudaya. Hal ini yang menyebabkan peran perempuan terbatas dalam tatanan sosial. Perempuan diposisikan untuk berperan di rumah dan laki-laki berperan untuk bekerja. Stigma itu yang akhirnya melekat pada diri perempuan. Padahal, perempuan juga berhak mendapatkan kesempatan yang sama seperti laki-laki. Perempuan juga ingin memiliki akses dan kesempatan yang sama sesuai dengan kompetensinya, seperti dalam profesi di dunia kerja. 

Baca juga: Perbedaan Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan, Apakah Benar?

Hari Perempuan Internasional sendiri diperingati setiap tanggal 8 Maret, sedangkan Hari Perempuan Nasional diperingati setiap tanggal 9 Maret. Untuk memperingati Hari Perempuan Internasional tahun 2022 ini, UN (United Nations) Women mengambil tema Gender Equality Today for A Sustainable Tomorrow.

Tema ini dipilih untuk mengakui kontribusi perempuan di seluruh dunia, yang memimpin gerakan adaptasi, mitigasi, dan respon atas perubahan iklim untuk membangun masa depan yang lebih berkelanjutan (sustainable) untuk semua orang.

Melalui tema ini, perempuan semakin diakui sebagai kaum yang lebih rentan terhadap dampak dari perubahan iklim daripada laki-laki karena perempuan merupakan mayoritas dari penduduk miskin dunia dan lebih bergantung kepada sumber daya alam yang keberadaannya paling terancam oleh adanya perubahan iklim.

Pada saat yang bersamaan, perempuan juga merupakan pemimpin dan pembuat perubahan yang efektif dan kuat dalam gerakan adaptasi dan mitigasi untuk perubahan iklim. Perempuan terlibat dalam berbagai inisiatif berkelanjutan di seluruh dunia di mana partisipasi dan kepemimpinan mereka menghasilkan aksi-aksi yang lebih efektif dalam mengatasi perubahan iklim. Sehingga, dengan tema ini, perempuan diajak untuk lebih semangat dan lebih berani untuk bersuara dan menjadi setara dalam peran-peran yang melibatkan pengambilan keputusan untuk mengatasi perubahan iklim. Seperti dikutip dari UN Women, "Without gender equality today, a sustainable future, and an equal future, remains beyond our reach."

 

Mengapa Kesetaraan Gender Itu Penting?

Kesetaraan gender menjadi penting karena dengan adanya kesetaraan gender, baik laki-laki maupun perempuan dapat menjalankan dirinya sebagai manusia yang utuh. Tidak ada ketimpangan yang membuat salah satu pihak menjadi inferior atau superior. Kita semua adalah manusia yang memiliki hak dan kewajiban yang sama, kesempatan yang sama untuk merasa dihargai. Baik perempuan maupun laki-laki berhak mendapatkan pendidikan yang sama, berhak memilih masa depan kita.

 

dreamstime_s_129084990

Kesetaraan gender (Sumber: openaccessgovernment.org)

 

Cara Perempuan Memulai Perubahan

Untuk mewujudkan kesetaraan, kamu harus berani memulai perubahan. Membuat perubahan tidaklah sulit. Mulailah dengan menerima dirimu sendiri. Ketika kamu sudah menerima dirimu seutuhnya, maka kepercayaan diri akan terbentuk. Cintailah dirimu, baik kelebihan maupun kekuranganmu. 

Sebagai perempuan, kamu berhak memilih. Seperti halnya dalam memilih profesi pekerjaan, kamu punya hak untuk memiliki profesi apapun bahkan profesi yang biasanya masyarakat anggap hanya untuk laki-laki. Perempuan juga dapat sukses dalam bidang apapun, termasuk menjadi pemimpin. 

Baca juga: Makan Cantik: Sebuah Hiperrealitas dalam Sosial Media

Nah, sekarang kamu paham kan, kenapa kita perlu menyuarakan kesetaraan gender? Segala pandangan masyarakat bahwa aktivitas, jurusan kuliah, dan pekerjaan memiliki jenis kelamin adalah pandangan yang keliru. Perempuan dan laki-laki memang memiliki perbedaan dari segi biologis, namun mereka tetap berhak mendapatkan kesempatan yang sama

Seperti kata Mae C. Jemison, Astronot perempuan Afrika - Amerika pertama di dunia, “Jangan biarkan siapapun merebut imajinasimu, kreativitasmu, dan rasa ingin tahumu. Ini tempatmu di dunia, ini hidupmu. Pergi dan lakukan yang terbaik dan jalankan kehidupan yang ingin kau jalani.” 

Selamat Hari Perempuan Internasional dan Hari Perempuan Nasional untuk para perempuan hebat di seluruh dunia! Terus kobarkan semangatmu untuk mewujudkan masa depan yang setara. Buat kamu yang ingin mengetahui tentang materi kesetaraan gender secara lengkap, kamu bisa cek di ruangbelajar. Pilih mata pelajaran Sosiologi kelas 11 IPS, klik bab Perbedaan dan Kesetaraan I (Diferensiasi Sosial), lalu klik sub bab Diferensiasi Gender. Selain konten berkualitas, ada fitur-fitur menarik yang menambah minat belajarmu, lho! Yuk, download dan daftar sekarang!

ruangbelajar

Referensi:

UN Women. ‘International Women’s Day 2022: “Gender equality today for a sustainable tomorrow”’, UN Women, [Daring]. Tautan: https://www.unwomen.org/en/news-stories/announcement/2021/12/international-womens-day-2022-gender-equality-today-for-a-sustainable-tomorrow (Diakses: 7 Maret 2022)

UN Women. ‘In Focus: International Women's Day’, UN Women, [Daring]. Tautan: https://www.unwomen.org/en/news-stories/in-focus/2022/03/in-focus-international-womens-day (Diakses: 7 Maret 2022)

Sumber Foto: 

Foto 'Perbedaan Sex dan Gender' [Daring]. Tautan: https://deliverforgood.org/delivering-gender-equality-and-health-the-lancet-series-on-gender-equality-norms-and-health/ (Diakses: 7 Maret 2022)

Foto 'Kesetaraan Gender' [Daring]. Tautan: https://www.openaccessgovernment.org/kazakhstan-challenging-road-to-gender-equality/55185/ (Diakses: 7 Maret 2022)

 

Artikel ini telah diperbarui pada 7 Maret 2022.

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!