Perbedaan Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan, Apakah Benar?

Perbedaan otak kiri dan kanan

Tahukah kamu bahwa otak kanan dan otak kiri manusia memiliki fungsi yang berbeda? Lalu, benarkah ada yang fungsinya lebih dominan? Yuk, simak penjelasannya.

--

Otak merupakan organ paling penting pada makhluk hidup khususnya manusia karena bertindak sebagai pusat koordinasi. Otak besar (cerebrum) merupakan bagian terbesar dari otak manusia yang bertugas untuk memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan, hingga merencanakan masa depan.

Otak besar ini terdiri dari dua belahan, yaitu kiri dan kanan. Kedua belahan tersebut tentunya mempunyai struktur yang sangat kompleks dan fungsi yang berbeda. Ada yang bilang bahwa mereka yang lebih dominan dengan otak kiri lebih pintar matematika, sedangkan mereka yang lebih dominan dengan otak kanan lebih unggul dalam kreativitas. 

Yeah, heard about that. Tapi, emang itu beneran ya?

Well, teori mengenai perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan ini telah populer sejak tahun 1960an, dari hasil penelitian Roger Sperry. Sperry merupakan seorang neuropsikolog yang menemukan bahwa akal manusia terdiri atas dua bagian. Menurut Sperry, masing-masing bagian otak memiliki fungsi spesial tanpa harus bergantung satu dengan yang lainnya. Benarkah demikian?

Nah, supaya nggak makin penasaran, langsung aja yuk kita bahas perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri berikut ini.

Baca juga: Penemu Komputer dan Sejarah Perkembangannya, Siapa yang Memulai?

Fungsi Otak Kiri

fungsi otak kiri

Otak kiri lebih berhubungan dengan logika dan rasio manusia, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat dari matematika. Beberapa pakar menyebut bahwa otak kiri merupakan pusat dari Intelligence Quotient (IQ).

Otak kiri berfungsi untuk melakukan analisa dan proses logis, seperti pengambilan keputusan dengan logika atau melakukan sesuatu dengan perhitungan yang matang. Saat kita ingin mengungkapkan sebuah fakta, otak kiri juga lah yang akan menariknya dari memori kita.

Fungsi Otak Kanan

fungsi otak kanan

Sementara itu, otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya seperti sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain, serta pengendalian emosi. Otak kanan juga berfungsi untuk semua jenis kegiatan kreatif, seperti menari, menggambar, atau menyanyi.

Otak bagian kanan bertanggung jawab atas kemampuan spasial seseorang, yaitu meliputi pengenalan wajah dan pengolahan musik. Otak kanan juga dapat melakukan beberapa fungsi matematika lho, tetapi hanya perkiraan kasar dan perbandingan. Bagian ini juga lah yang membantu citra visual dari apa yang kita lihat. Saat seseorang berbicara, otak kanan yang akan membantu untuk menafsirkan konteks dan nada lawan bicara.

Benarkan Seseorang Memiliki Sisi Otak yang Lebih Dominan?

Otak kanan dan kiri manusia memang memiliki fungsi yang berbeda, tetapi fungsi keduanya tetap terhubung. So, kedua fungsi otak manusia itu sebetulnya digunakan secara seimbang, tidak ada yang lebih dominan dibandingkan yang lain.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2013, tes pencitraan dengan MRI kepada 1.000 orang menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan dari aktivitas kedua sisi otak tersebut. Kedua otak saling terhubung dan saling berkoordinasi dalam menjalankan fungsinya. Dengan begitu, peneliti menyimpulkan bahwa sebenarnya tidak ada sisi otak yang lebih dominan.

Jadi, yang benar yang mana nih?

Walaupun tidak ada yang mendominasi antara satu dan yang lain, perbedaan aktivitas otak kanan dan otak kiri benar adanya. Masing-masing sisi mengerjakan dua hal yang cenderung berbeda. Namun, tetap tidak ada satu sisi yang lebih dominan. Perbedaan aktivitas di kedua sisi otak ini tergantung pada kegiatan yang sedang dijalani.

Intinya, otak kanan dan otak kiri sama-sama berperan aktif dan penting bagi manusia untuk menjalani aktivitasnya. Untuk itu, lebih baik memaksimalkan fungsi kedua otak dibandingkan membagi fungsinya secara terpisah.

otak kanan kiri

Perbedaan otak kanan dan otak kiri (Sumber: livescience.com)

Tips Melatih Kedua Sisi Otak

Otak Kiri

  • Perbanyak kebiasaan membaca dan menulis setiap hari
  • Jalani hobi baru yang membutuhkan fokus
  • Terus belajar, kuasai hal-hal baru dengan ikut seminar, webinar, kelas online, dan sebagainya
  • Bermain game yang melatih strategi dan ingatan
  • Latih otak kamu dengan mengisi teka-teki silang dan bermain puzzle

Otak Kanan

  • Coba belajar alat musik, menggambar, atau mendongeng
  • Coba hobi baru untuk melatih daya imajinasi kamu
  • Baca dan dengarkan ide-ide kreatif orang lain sebagai inspirasi
  • Pergi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi untuk mempelajari budaya dan bidang yang belum kamu ketahui sebelumnya

--

So, otak kanan dan otak kiri manusia itu sama pentingnya. Walaupun memiliki fungsi yang berbeda, keduanya tetap berkoordinasi dalam aktivitas sehari-hari. Gimana, sudah paham 'kan? Yuk, latih terus otak kamu dengan belajar seru menggunakan video beranimasi di ruangbelajar.

ruangbelajar

Referensi:

Benarkah Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri Berbeda? Apa Saja Perbedaannya? [daring]. Tautan: https://hellosehat.com/saraf/fungsi-otak-kanan-dan-kiri/ (Diakses: 1 November 2021)

Ketahui Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan  [daring]. Tautan: https://www.alodokter.com/apa-yang-membedakan-otak-kiri-dan-otak-kanan  (Diakses: 1 November 2021)

Ini Beda Otak Kiri dan Otak Kanan [daring]. Tautan: https://www.sehatq.com/artikel/ini-perbedaan-otak-kanan-dan-otak-kiri-anda-mana-yang-lebih-dominan  (Diakses: 1 November 2021)

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)