7 Cara Terbaik Siapkan Dana Pendidikan Anak

cara-terbaik-siapkan-dana-pendidikan-anak

Yuk, simak tips terbaik untuk mempersiapkan tabungan pendidikan anak lewat artikel berikut ini!

Biaya pendidikan terus meningkat setiap tahun, namun anak tetap harus mendapatkan yang terbaik. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mulai mempersiapkan dana untuk pendidikan anak. Ketika nanti dibutuhkan, Anda pun sudah memiliki dana tersebut dan siap membiayainya. Kalau begitu, bagaimana cara terbaik untuk mempersiapkan dana pendidikan anak? Ayo, simak 7 cara berikut ini!

1. Merencanakan setiap jenjang pendidikan anak

Orang tua perlu berdiskusi dan merencanakan bagaimana anak akan memperoleh pendidikan di setiap tingkatan. Misalnya, sekolah dan universitas apa yang akan dipilih anak serta berapa biaya yang dikeluarkan berkaitan dengan pilihan itu (transportasi, makan, tempat tinggal, dan sebagainya). Anda juga perlu lho menentukan sampai kapan anak akan dibiayai dalam mendapatkan pendidikannya. Jika rencana ini sudah diputuskan, maka akan lebih mudah untuk memprediksi dan menyusun biaya pendidikan anak.

2. Memperkirakan dan menghitung biaya pendidikan anak

cara mempersiapkan dana pendidikan anak

Orang tua perlu menghitung dan memperkirakan biaya pendidikan anak di masa depan (sumber: livemint.com)

Setelah memiliki rencana, Anda bisa mulai menghitung berapa biaya pendidikan yang dibutuhkan. Anda juga harus menghitung kemungkinan inflasi per tahun sehingga bisa memperkirakan kenaikan biaya pendidikan di masa yang akan datang. Selain biaya, Anda perlu memperhitungkan waktu untuk menabung atau mengumpulkan biaya tersebut. “Apakah dalam jangka waktu 5 tahun biaya anak saya masuk SMP sudah terkumpul?”

Baca juga: Apakah Anda Termasuk Orang Tua yang Toxic Parents?

3. Merencanakan tabungan pendidikan

Nah, saatnya Anda mulai menabung dan mengumpulkan uang! Dari beragam jenis tabungan pendidikan yang ditawarkan lembaga-lembaga keuangan, Anda bisa memilih tabungan yang memberikan keuntungan paling banyak bagi Anda. Selain tabungan, orang tua juga bisa mencoba menabung dalam bentuk deposito, sebab bunga yang diberikan umumnya jauh lebih tinggi. Akan tetapi, Anda jangan sampai lupa ya untuk memperhatikan kewajiban penyetoran dan keperluan administrasi lainnya.

4. Mengambil asuransi pendidikan

Pilihan lain yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak adalah dengan mengambil polis asuransi pendidikan. Sistemnya hampir sama dengan menabung di bank, namun jumlah uang yang Anda dapatkan bisa lebih besar. Meski begitu, Anda harus tetap membandingkan setiap jenis asuransi pendidikan dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

5. Melakukan investasi

Investasi guna mengumpulkan biaya pendidikan anak bisa orang tua lakukan. Jenis investasinya pun beragam, seperti investasi di pasar saham, reksadana, emas, dan properti. Nah, yang perlu Anda ingat, jangan meletakkan semua uang Anda dalam satu jenis investasi, melainkan menyebarnya dalam beberapa jenis investasi. Hal ini untuk mengurangi jumlah kerugian yang mungkin terjadi.

6. Memisahkan tabungan untuk pendidikan anak

Tabungan dana pendidikan anak harus dipisah dengan tabungan lainnya agar tidak terpakai untuk keperluan lainnya. Sebab, kalau tabungan itu terus terpakai, saat nanti anak membutuhkannya, uang yang tersimpan di dalamnya tak cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dana pendidikan juga penting lho untuk masa depan anak.

7. Melibatkan anak dalam mempersiapkan dana pendidikannya

cara mempersiapkan dana pendidikan anak

Mengajak anak terlibat dalam mempersiapan dana pendidikannya (Sumber: uanews.arizona.edu)

Bukan hanya orang tua yang berperan dalam mempersiapan dana pendidikan anak, tetapi anak pun perlu diajak ikut serta. Jelaskan pada mereka, berapa uang yang orang tua miliki untuk pendidikan mereka dan bagaimana cara mengumpulkan uang tersebut. Jadi, anak mengerti biaya yang terpakai untuk pendidikannya dan mereka juga bisa belajar mengatur pengeluarannya. Mungkin saja, anak tertarik untuk mulai menabung dan membantu orang tua membiayai pendidikannya di masa depan.

Dengan cara-cara ini, Anda pasti bisa mempersiapkan dana pendidikan anak dengan baik dan matang. Sewaktu anak mencapai tingkat pendidikan tertentu, Anda pun sudah siap membiayainya. Sembari melakukan persiapan itu, anak Anda bisa lho memperoleh pendidikan dengan cara lain, yaitu melalui ruangbelajar! Di aplikasi ini, anak-anak akan mendapatkan video pembelajaran beranimasi, latihan soal, rangkuman, dan infografis. Yuk, daftar sekarang!

ruangbelajar

Andrea Lidwina