Announcement Text: Jenis, Struktur, dan Contoh | Bahasa Inggris Kelas 10

Announcement Bahasa Inggris

Yuk, ketahui jenis-jenis, struktur, contoh, serta kaidah kebahasaan announcement atau pengumuman dalam Bahasa Inggris! Baca penjelasan lengkapnya di artikel berikut, ya!

--

 

Teman-teman, pernahkah kamu membaca teks berisi pemberitahuan lomba yang dipasang di mading sekolah? Atau pernahkah kamu membaca surat pemberitahuan pengambilan rapor yang diberikan untuk orang tuamu dari sekolah?

Nah, teks pemberitahuan lomba dan surat pemberitahuan pengambilan rapor merupakan contoh dari teks pengumuman. Dalam Bahasa Inggris, pengumuman disebut sebagai announcement

Announcement atau pengumuman adalah pernyataan yang berisikan informasi tentang peristiwa atau event yang akan terjadi untuk diketahui masyarakat umum. Announcement dibuat dengan tujuan untuk mengumumkan suatu informasi penting yang harus diketahui oleh orang banyak.

Jenis-Jenis Announcement

Jenis-jenis announcement antara lain yaitu:

1. Public service announcements 

2. High school graduation announcements

3. Job announcements

4. Promotion announcements

5. Marriage and wedding announcements

Selain itu, masih banyak jenis-jenis announcement lainnya tergantung konteks dan acara yang diumumkan. Kamu bisa sebutkan lagi nggak, jenis-jenis announcement lainnya? Coba tulis di kolom komentar, ya!

Eits tapi sebelum itu, yuk, kita bahas lebih dalam mengenai announcement!

Struktur Announcement

Teks announcement terdiri atas tiga bagian, yaitu Opening, Content, dan Closing. Kamu bisa lihat infografik berikut untuk mengetahui contoh announcement beserta strukturnya. Check it out!

Struktur Announcement

Opening

Opening merupakan bagian pembuka pada teks announcement. Bagian opening berisi judul serta tujuan dibuatnya pengumuman tersebut atau garis besar informasi yang akan disampaikan dalam pengumuman tersebut. Pada contoh announcement di atas, bagian opening-nya berisi informasi bahwa Ruang School akan mengadakan Online Art Competition 2021.

Content

Selanjutnya, yaitu bagian content. Content merupakan bagian isi pada teks announcement. Bagian content berisi informasi lengkap mengenai hal yang ingin disampaikan kepada khalayak umum melalui pengumuman tersebut. Misalnya mau mengumumkan suatu event, berarti bagian content-nya akan berisi tentang waktu dan tempat pelaksanaan acara, hingga ketentuan lain mengenai acara, misalnya dresscode yang harus dikenakan atau persyaratan yang harus dibawa. Pada contoh announcement di atas, bagian content-nya berisi informasi lengkap mengenai Online Art Competition 2021, mulai dari cabang lomba yang tersedia hingga waktu pelaksanaan lomba.

Closing

Terakhir, yaitu bagian closing. Closing merupakan bagian penutup pada teks announcement. Bagian closing berisi informasi mengenai contact person yang bisa dihubungi terkait pengumuman tersebut apabila pembaca butuh informasi lebih lanjut. Pada bagian ini, kamu bisa juga mencantumkan website atau social media dari event yang diumumkan. Pada contoh announcement di atas, bagian closing-nya berisi informasi halaman website untuk mendaftar lomba, serta contact person yang bisa dihubungi terkait lomba.

Baca juga: Langkah-Langkah Membuat Announcement

 

Contoh Announcement

Seperti jenis teks lainnya, announcement juga memiliki kaidah kebahasaannya sendiri. Nah, jenis tense yang sering digunakan pada teks announcement adalah Simple Present Tense dan Simple Future Tense. Selain itu, announcement juga biasanya mengandung Imperative Sentence alias kalimat perintah, karena teks ini biasanya berisi ajakan dan disampaikan secara ringkas. Coba kamu perhatikan contoh announcement berikut:

announcement

Berbeda dengan contoh announcement yang pertama tadi, contoh announcement yang kedua ini memiliki kalimat yang lebih ringkas namun tetap jelas. Tapi, coba kamu perhatikan struktur dan kaidah kebahasaan yang digunakan, deh! Masih sama kan, dengan contoh yang pertama tadi?

Nah, itu tadi pembahasan mengenai struktur, contoh, dan kaidah kebahasaan announcement. Tentu kamu nggak akan bingung lagi ya, ketika membaca atau membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris. Kalau kamu merasa kemampuan Bahasa Inggrismu belum terlalu baik, kamu bisa mencari guru privat seru dan berkualitas di ruangles, lho! Yuk, cari guru privat yang sesuai dengan kriteriamu sekarang!

New Call-to-action

Referensi:

Widiati, Utami. 2017. Bahasa Inggris Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Shabrina Alfari dan telah diperbarui oleh Kenya Swawikanti pada 3 November 2021.

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!