Langkah-Langkah Membuat Announcement | Bahasa Inggris Kelas 10

Langkah-Langkah Membuat Announcement

Ingin membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris atau announcement tapi bingung gimana caranya? Yuk, pelajari langkah-langkah membuat announcement pada artikel berikut!

Pada artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari tentang jenis dan struktur teks pengumuman dalam Bahasa Inggris atau disebut juga Announcement Text. Nah, kali ini kita akan belajar gimana caranya membuat announcement secara step by step. Penasaran, nggak?

Eits, tapi sebelumnya aku mau remind dulu sedikit ya, tentang announcement ini! Announcement adalah pernyataan yang berisikan informasi tentang peristiwa atau event yang akan terjadi untuk diketahui oleh masyarakat umum. Contoh announcement antara lain yaitu public service announcement, high school graduation announcement, job announcement, promotion announcement, marriage and wedding announcement, dan lain sebagainya.

Dalam membuat announcement, kamu harus memperhatikan tata bahasa yang digunakan. Biasanya, announcement hanya menggunakan dua tenses saja yakni Simple Present Tense dan Simple Future Tense. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Imperative Sentence dan mengubah verb menjadi noun menggunakan suffix (akhiran). Contohnya bisa kamu lihat di infografik berikut.

Lnaguage Features pada Announcement

Nah, kalau sudah paham language features pada announcement, sekarang kita mulai langkah-langkahnya, yuk!

 

Membuat Opening

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, announcement memiliki tiga bagian pada strukturnya, yaitu Opening, Content, dan Closing. Oleh karena itu langkah-langkah membuat announcement pun harus mengikuti urutan sesuai dengan strukturnya, ya!

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Adverb dalam Bahasa Inggris

Opening sendiri merupakan bagian pembuka announcement yang berisi judul dan tujuan dari dibuatnya pengumuman tersebut. Pada bagian ini kamu bisa menggunakan kalimat pembuka sesuai konteks pengumumannya. Misalnya kamu mau membuat pengumuman lomba dance yang diadakan oleh sekolahmu, maka kamu bisa menuliskan “Rogu High School Dance Competition 2021”. Kemudian, tuliskan kalimat pembukanya seperti, “Rogu High School will hold a Dance Competition to celebrate the 127th Rogu High School’s anniversary.” 

Selain itu, kamu juga bisa membuat pengumuman lain yang agak berbeda dengan pengumuman lomba tadi, misalnya pengumuman yang biasa kamu dengar saat naik kereta api. Nah, pengumuman seperti ini termasuk ke dalam public service announcement. Pada public service announcement, biasanya kalimat pembukanya menggunakan frasa “Ladies and gentlemen, …”

 

Menulis Content

Setelah membuat bagian pembukanya, kamu bisa melanjutkan ke bagian isi atau content-nya. Bagian isi announcement ini berisikan informasi rinci dari hal yang diumumkan. Misalnya, untuk pengumuman Dance Competition tadi, kamu bisa menambahkan informasi mengenai hari dan tanggal dilaksanakannya kompetisi dance tersebut, lokasi terselenggaranya, hingga waktu pelaksanaannya.

Kemudian, untuk pengumuman di kereta api tadi, kamu bisa menuliskan rincian mengenai nama kereta, rute yang akan dilalui, nama stasiun tujuan, hingga waktu perkiraan sampai di tempat tujuan.

 

Menambahkan Closing

Last step, kamu tinggal tambahkan penutup di pengumuman yang kamu buat. Bagian closing sendiri biasanya berisikan informasi tentang pihak yang membuat pengumuman tersebut atau narahubung yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Untuk pengumuman Dance Competition tadi, kamu bisa menambahkan informasi narahubung supaya peserta yang mau mendaftar bisa langsung menghubungi narahubung tersebut.

Baca juga: Belajar tentang Present Continuous Tense, Yuk!

Sedangkan untuk pengumuman di kereta api, kamu bisa menambahkan kalimat penutup berupa himbauan kepada penumpang agar memperhatikan barang-barang bawaan serta himbauan untuk menghubungi crew kereta apabila dibutuhkan. Kemudian, sertakan juga ucapan terima kasih dan harapan agar perjalanan penumpang berjalan dengan lancar dan selamat sampai ke tujuan.

 

Contoh Announcement Text

Berikut ini adalah contoh teks announcement saat berada di kereta api. Untuk contoh ini, tidak diumumkan secara tertulis ya, melainkan diumumkan secara lisan oleh petugas di dalam kereta. Perhatikan contohnya berikut!

“Ladies and gentlemen, welcome to the Argorogu train. This train will take us to Malang Station. The train will arrive at the final destination at 11.00 p.m. Please mind your belongings and contact our crew for any service or information. 

Have a nice trip! Thank you.”

Contoh Announcement

Itu tadi langkah-langkah mudah membuat announcement atau pengumuman dalam Bahasa Inggris. Gimana? Sudah nggak bingung lagi, kan? Nah, supaya Bahasa Inggrismu makin jago dan fluent, yuk daftar English Academy sekarang!

IDN CTA English Academy Mainsite

Referensi:

Widiati, Utami. (2017). Bahasa Inggris Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Artikel ini telah diperbarui pada 8 November 2022.

Kenya Swawikanti