Jurusan Broadcasting, Nggak Hanya Syuting Lho!

Pojok Kampus - Jurusan Broadcasting-01

Jurusan Broadcasting kerap dipilih bagi yang ingin kerja di stasiun TV. Ini ulasan lengkapnya.

Penasaraģn nggak sih siapa orang yang ada di balik acara-acara TV favoritmu? Seperti apa sih cara buat program TV hingga akhirnya jadi tayangan prime time? Pertanyaan tersebut bakal terjawab jika kamu masuk ke jurusan Broadcasting atau Penyiaran. Simak ulasan lengkapnya di artikel ini, ya.


Mengenal Jurusan Broadcasting

Jurusan Broadcasting merupakan prodi yang mempelajari perencanaan produksi konten, proses siaran radio dan televisi, teknik pengambilan gambar dan olah suara, penyuntingan, hingga penggunaan aplikasi multimedia. Tak hanya itu, mahasiswa jurusan ini juga akan diajari teknik penyiaran konten yang sudah dibuat.


Mata Kuliah di Jurusan Broadcasting

Kamu yang punya ide segudang, kreatif, dan inovatif, akan cocok masuk ke jurusan Broadcasting. Pasalnya, mahasiswa prodi ini akan dituntut untuk membuat berbagai macam acara televisi atau radio yang menarik. Ditambah lagi dengan era digital, mahasiswa akan sangat mungkin dituntut membuat konten di YouTube, podcast, dan lain-lain.

Pada semester awal mahasiswa akan diajarkan berbagai pengetahuan dasar untuk masuk ke jurusan Broadcasting. Beberapa di antaranya Pengantar Ilmu Komunikasi, Dasar-dasar Penyiaran, Pengantar Periklanan, dan sebagainya.

Nantinya di semester selanjutnya, mata kuliah yang diajarkan pun akan semakin kompleks seperti Editing Program, Riset Media, Teknik Kamera, Teknik Audio, hingga Konvergensi Media.

Nggak hanya mata kuliah secara teori saja lho, teman-teman. Masuk di jurusan Broadcasting juga banyak praktek, termasuk praktek membuat konten TV, konten radio, syuting, fotografi,  dan lain-lain. Seru, kan?

Pojok Kampus - Jurusan Broadcasting-03

Daftar Universitas dengan Jurusan Broadcasting

Jurusan Broadcasting sering juga disebut dengan jurusan Penyiaran. Biasanya, jurusan ini menjadi peminatan di program studi Ilmu Komunikasi. Tetapi, ada juga universitas yang memilikinya sebagai jurusan tersendiri. Berikut ini beberapa universitas yang memiliki jurusan Broadcasting tersendiri.

  1. Universitas Indonesia (D3)
  2. Universitas Sahid (D3)
  3. London School Public Relations (S1)
  4. Universitas Padjadjaran (S1)
  5. Universitas Mercu Buana (S1)
  6. Universitas Esa Unggul (S1)
  7. Universitas Paramadina (S1)
  8. Binus University (S1)
Pojok Kampus - Jurusan Broadcasting-04

 


Prospek Kerja Lulusan Broadcasting

Lulus dari jurusan Broadcasting, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) untuk jenjang S1, dan Ahli Madya Ilmu Komunikasi (A.Md.I.Kom) untuk jenjang D3. Urusan prospek kerja, kamu bisa masuk ke industri kreatif. Meski demikian, jurusan Broadcasting termasuk jurusan yang bisa masuk ke segala lini karier.

Berikut ini beberapa prospek kerja lulusan Broadcasting:

    • Produser
    • Asisten Produser
    • Content Writer
    • Copywriter
    • Social Media Officer
    • Editor
    • Presenter
    • Fotografer
    • Sutradara
    • Voice Artist
    • Graphic Designer
    • Pengusaha Event Organizer
    • Freelancer

"Lalu, gaji lulusan Broadcasting berapa sih?"

Tak perlu khawatir soal gaji, karena lulusan jurusan Broadcasting bisa memperoleh gaji mulai dari Rp2 juta hingga Rp10 juta. Rentang ini bisa bertambah sesuai keahlian, pengalaman, dan perusahaan tempat kamu bekerja. Bahkan jika ditambah kerja freelance, kamu bisa mendapat tambahan gaji berlipat.

Baca Juga: 5 Tahap Kesedihan: Sebuah Cara untuk Mengikhlaskan Kegagalan SBMPTN

Kuliah dan bekerja di Broadcasting seru kan, teman-teman? Dengan kreativitas yang kamu punya, kamu bisa masuk ke jurusan ini dan mengeksplor keahlianmu yang lain. Selain itu, terus belajar dan tambah skill kamu dengan belajar di ruangbelajar!

ruangbelajar SMA+UTBK+UM 2022

Referensi

Mata Kuliah Broadcasting [Daring]. Tautan: http://sap.ui.ac.id/main/period/13.00.15.01/20202 diakses pada 20 Juni 2022.

Keunggulan Jurusan Broadcasting dan Prospek Kerjanya [daring]. Tautan: https://edukasi.sindonews.com/read/625237/211/keunggulan-jurusan-broadcasting-dan-prospek-kerjanya-1639199530?_gl=1*qcncd8*_ga*aXFUWHdmSU1OZnRwcVBEWnVLUXVYTFo2WFBBZlFXVFkyMW9pMUFSY3ptOFJHZ2M4X1dkU0NoMHdFbDB1SmVrQw diakses pada 20 Juni 2022.

Profile

Dinda Silviana Dewi