15 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS, Pilih yang Mana?

Anggraeni Puspitasari Agu 26, 2021 • 12 min read


Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Artikel ini membahas tentang pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS beserta informasi umum mengenai mata kuliah yang akan dipelajari.

--

Hey ho! Anak IPS mana suaranya, niccc? Absen dulu coba! Sudah bingung apa baru mau bingung nanti mau milih jurusan kuliah apa? Jangan galau kelamaan, ini lho, kita kasih tahu pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS. Nggak tanggung-tanggung, ada 17 pilihan jurusan soshum (sosial humaniora) yang bisa dipilih.

Jurusan manajemen, ilmu komunikasi, hubungan internasional, apa lagi yok kita absen di sini! Selain jurusan soshum yang rasanya sudah kamu dengar berkali-kali, kamu juga butuh untuk berkenalan dengan pilihan lain jurusan kuliah untuk anak IPS, seperti jurusan antropologi, arkeologi, ilmu kesejahteraan sosial, filsafat, banyak lagi, deh

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan yang satu ini udah sering kamu dengar lah, ya. Nggak heran, jurusan ini jadi salah satu jurusan paling diminati di SBMPTN 2021 dengan jumlah peminat lebih dari 3.000 calon mahasiswa. Biasanya disingkat Ilkom atau Ilmu Komunikasi, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan bidang jurnalistik, periklanan, marketing communication, dan public relations.

Misalnya, di prodi Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, kamu akan mempelajari mata kuliah berikut ini:

1. Komunikasi Massa dan Media
2. Statistika Sosial
3. Kajian Media Kritis
4. Public Speaking
5. Psikologi Komunikasi
6. Komunikasi Pemasaran Sosial
7. Social Network Analysis, dll.

2. Jurusan Manajemen

Ternyata, jurusan manajemen itu nggak cuma ada di bidang ekonomi aja, lho, gengs. Ada beberapa jurusan manajemen yang bisa kamu kulik lebih dalam lagi: Manajemen Pendidikan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perhotelan, Manajemen Perbankan, dan Manajemen Pariwiasata.

Baca juga: 7 Rekomendasi Drama Korea Sesuai Pilihan Jurusan Kuliah Kamu

Mata kuliah jurusan manajemen yang kamu pelajari nanti tentunya akan disesuaikan dengan bidang spesialisasi yang diambil, ya. Contohnya, kalau kamu kuliah di jurusan Manajemen Pendidikan, beberapa mata kuliah yang akan didapatkan, antara lain:

1. Manajemen Peserta Didik
2. Psikologi Pendidikan
3. Kebijakan Pendidikan
4. Perencanaan Pendidikan
5. Humas Pendidikan

3. Jurusan Hubungan Internasional

jurusan hubungan internasional-1Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di Forum PBB (Sumber: inisiatifnews.com)

Kalau kamu punya ketertarikan sama isu-isu internasional, paling pas, sih, masuk jurusan Hubungan Internasional, ya. Secara, mata kuliahnya akan lebih mendorong kamu untuk lebih dalam lagi terjun belajar mengenai hal-hal tersebut secara objektif. Mata kuliah jurusan Hubungan Internasional apa saja, sih, emangnya?

Sebagai contoh nih, jurusan Hubungan Internasional di Universitas Riau memiliki kurikulum akademik dengan mata kuliah:

1. Organisasi Internasional
2. Teori Diplomasi
3. Studi Keamanan Internasional
4. Hukum Humaniter
5. Regionalisme dan Globalisme
6. Komunikasi Internasional
7. Migrasi Global

4. Jurusan Hukum/Ilmu Hukum

Siapa yang nonton drama Korea Law School terus tertarik untuk ngambil jurusan Hukum? Kamu sudah cukup familier lah, ya, dengan jurusan soshum yang satu ini. Belajar apa saja kalau kuliah Hukum? Sebagai contoh, mata kuliah jurusan Ilmu Hukum di Universitas Brawijaya, antara lain:

1. Hukum Negara
2. Hukum Adat
3. Hukum Perburuhan
4. Hukum dan Hak Asasi Manusia
5. Hukum Internasional
6. Hukum Lingkungan
7. Ilmu Perundang-Undangan

Baca juga: Mau Melek Hukum seperti Najwa Shihab? Pilih Jurusan Ilmu Hukum

Secara lebih detail, ada juga mata kuliah pilihan yang bisa kamu pilih. Misal, konsentrasi Hukum Keluarga, maka ada beberapa turunan mata kuliah, seperti Hukum Perkawinan, Hukum Waris BW, Hukum Waris Adat, Perbandingan Hukum Perdata, dan Hukum Perdata Kontemporer.

5. Jurusan Psikologi

Kamu suka dengarin curhatan temanmu, terus respon dia “Ih kamu tuh emang paling ngerti aku tau nggak?!”, nah, mungkin kamu cocok buat mematangkan kemampuan mendengarmu ini di jurusan Psikologi. Soalnya, kamu ada bibit-bibit empati yang ‘biasanya’ anak Psikologi punya. Eits, tapi perlu kamu tahu juga, kalau jurusan Psikologi ini di universitas tertentu, seperti Universitas Padjajaran, masuk ke dalam rumpun saintek. Cek perbedaan Psikologi Soshum dan Saintek dulu, yes.

Mata kuliah di jurusan Psikologi berkaitan erat dengan pola perilaku atau kebiasaan manusia yang berpengaruh terhadap kesehatan mental orang itu sendiri. Contohnya antara lain:

1. Psikologi Klinis
2. Psikologi Kepribadian
3. Psikologi Perkembangan Anak
4. Psikologi Budaya
5. Coaching dan Mentoring
6. Hambatan Perkembangan Anak dan Remaja
7. Psikologi Konsumen

6. Jurusan Akuntansi

jurusan akuntansiJurusan Akuntansi berkaitan erat dengan uang (Sumber: Pinterest @Kathy Jones)

Uwang, uwang, uwang..”, gitu, sih, kurang lebih kalo di jurusan Akuntansi. Segala bentuk transaksi keuangan, debet kredit, laba, rugi, akan dipelajari di jurusan soshum ini. Termasuk ke dalam jurusan kuliah untuk anak IPS yang banyak diincar juga, nic. Di jurusan Akuntansi juga mempelajari tentang ranah ekonomi lainnya, seperti bisnis dan juga perpajakan. Seperti apa mata kuliah jurusan Akuntansi? Sebagai gambarannya, di Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta, kamu akan mempelajari mata kuliah berikut ini:

1. Matematika Ekonomi & Bisnis
2. Bank dan Lembaga Keuangan Lain
3. Akuntansi Biaya
4. Akuntansi Pemerintah
5. Manajemen Keuangan Internasional
6. Komunikasi Bisnis
7. Pemeriksaan Akuntansi Publik

7. Jurusan Kriminologi

Sudah pernah dengar jurusan Kriminologi? Kalau kamu mengikuti serial atau menonton film bertemakan misteri pembunuhan, yang biasanya menayangkan scene pemeriksaan TKP (tempat kejadian perkara), ini, nih, masuk ke ranah jurusan Kriminologi. Contoh mata kuliah jurusan Kriminologi yang kamu akan pelajari, yaitu Sosiologi Perilaku Menyimpang dan Sistem Peradilan Pidana, Viktimologi, hingga Analisa Resiko Kejahatan. 

8. Jurusan Sosiologi

Nah, kalau jurusan Sosiologi, sih, sepertinya kamu sudah cukup familier, ya. Secara, kan, di jurusan kuliah untuk anak IPS ini juga dipelajari di sekolah, nih. Ketika di bangku kuliah nanti, pembahasan materi dan lingkup pengetahuannya akan lebih dalam. Seperti di jurusan Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah sebagai berikut:

1. Sosiologi Gender
2. Sosiologi Fashion
3. Sosiologi Kesehatan
4. Sosiologi Pasar dan Konsumsi
5. Studi Urban dan Regional
6. Analisis Kriminalitas dan Korupsi
7. Teori Sosiologi Kritis dan Posmodern

9. Jurusan Sastra/Pendidikan Bahasa

Anak IPS, kamu bisa banget melanjutkan studi perguruan tinggi ke jurusan Sastra atau Pendidikan Bahasa. Banyak pilihan jurusan Sastra yang ada di Indonesia, contohnya Sastra Indonesia, Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Arab, Jawa, Rusia, dan Jepang. Beda-beda tipis, sih, jurusan Sastra dan Pendidikan Bahasa ini. Meski begitu, inti pembelajarannya terletak pada kemahiran menggunakan bahasa yang dipelajari. 

Penggunaan bahasa ini tidak hanya untuk kebutuhan formal saja, ya. Tapi, juga mencakup kegiatan sehari-hari manusia dalam berkomunikasi. Pendidikan Bahasa biasanya diikuti oleh mata kuliah kemahiran mengajar, seperti Perkembangan Peserta Didik, Evaluasi Pembelajaran, Kurikulum dan Desain Pembelajaran, dan Pengembangan Sumber dan Media Belajar. 

10. Jurusan Ilmu Politik

Buat yang senang mengikuti berita politik, bisa kali, nih, jadi anak Ilpol. Secara garis besar, ya, memang itu, gengs, yang akan dipelajari: dinamika dunia politik baik di dalam dan luar negeri. Yha, harapannya sih sehabis lulus dari jurusan Ilmu Politik, bisa nyaleg manusia yang berdaya untuk diri sendiri dan sekitarnya dengan mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari selama ini. Ngomongin ilmu yang kamu pelajari di salah satu jurusan soshum ini, bisa kita ambil contoh dari Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman, ya.

1. Pemikiran Politik Indonesia
2. Pengantar Studi Demokrasi
3. Teori Gerakan Sosial
4. Kebijakan Publik
5. Militer dan Politik di Negara Berkembang

11. Jurusan Ilmu Administasi (Negara, Fiskal, Bisnis)

Kalau mau melanjutkan studi ke jurusan Ilmu Administrasi, perhatikan dengan baik perbedaan dari bidang spesialisasinya, ya. Pasalnya, jurusan Ilmu Administrasi nggak hanya satu aja. Sebagai contoh, di Fakultas Ilmu Administrasi UI, ada tiga jurusan yang tersedia, yaitu Ilmu Administrasi Negara, Fiskla, dan Bisnis. Contoh lainnya, di Universitas Brawijaya, ada dua jurusan Ilmu Administasi yang tersedia, yaitu Bisnis/Niaga dan Negara/Publik.

12. Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Yang pingin hidupnya sejahtera, mungkin kamu bisa menekuni jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, nih. Selama perkuliahan nanti, kamu akan mempelajari berbagai ilmu yang menyangkut upaya meningkatkan kesejahteraan, baik itu diri sendiri atau bahkan lingkungan sekitarmu. Mata kuliah jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial yang akan dipelajari, antara lain:

  1. Metode Pekerjaan Sosial
  2. Sistem Politik Indonesia
  3. Relasi & Komunikasi Pekerjaan Sosial
  4. Ilmu Kesehatan Masyarakat
  5. Keterampilan Advokasi & Mediasi

13. Jurusan Ilmu Sejarah

Yang sukanya belajar dari pengalaman masa lalu buat introspeksi di masa depan, bisa banget mempertimbangkan jurusan soshum ini. Mata kuliahnya seru-seru banget, guys. Ada Sejarah aku dan dia Perkotaan, Militer Indonesia, Agraria, Birokrasi di Indonesia, Diplomasi Indonesia, dan yang masih banyak lagi! Dari mata kuliah tersebut, mahasiwa diharapkan bisa dapat berpikir kritis, menemukan alternatif untuk berbagai dinamika kehidupan manusia.

14. Jurusan Arkeologi

Kamu pernah nonton Dora and the Lost City of Gold? Di film itu, orang tua Dora memiliki pekerjaan yang berkaitan erat dengan artefak, bangunan bersejarah, fosil, dan apapun yang berkaitan dengan peninggalan kehidupan manusia zaman dulu. Nah, di jurusan Arkeologi kamu akan mempelajari hal-hal serupa.

jurusan arkeologiCuplikan film Dora and the Lost City of Gold (Sumber: mariviu.com)

Mata kuliah yang diajarkan, antara lain Arkeologi Maritim, Permukiman dan Perkotaan Kuno, Permasalahan Pelestarian Cagar Budaya, Museum dan Publik hingga ada kegiatan praktik lapangan yang pastinya menyenangkan!

15. Jurusan Filsafat

“Mempertanyakan segala sesuatu”, kurang lebih begitu persepsi orang-orang tentang jurusan Filsafat. Betul. Nantinya ketika kamu meneruskan untuk belajar di jurusan ini, kamu akan terus didorong utnuk berpikir kritis mengenai berbagai hal. Dengan begitu, kamu akan terbiasa dalam menganalisis suatu masalah yang dihadapi dengan mempertimbangan nilai objektivitas.

Mengambil contoh dari Universitas Gadjah Mada, mata kuliah yang dipelajari di jurusan Filsafat, antara lain:

1. Fisafat Komunikasi
2. Fisafat Akal Budi
3. Fisafat Teknologi
4. Estetika
5. Etika
6. Kosmologi
7. Metafisika/Ontologi

Banyak banget, kaaan, pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS?! Semua keputusan ada di tangan kamu, ya. Pikirkan dengan matang apa yang akan kamu pelajari nanti setelah lulus dari SMA. Tidak ada jurusan yang mudah, semua membutuhkan usaha dan ketekunan. 

Jangan lupa belajar untuk menggapai jurusan impianmu! Itu, lho, ruangbelajar dibuka sekarang, dong! Jangan dianggurin saja :(

New Call-to-action

Referensi:

Ilmu Komunikasi. Universitas Padjajaran [daring]. Tautan: https://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-komunikasi/prodi-ilmu-komunikasi/ (Diakses 25 Agustus 2021)

Program Studi Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta [daring]. Tautan: http://manajemen-pendidikan.fip.uny.ac.id/id/kurikulum (Diakses 25 Agustus 2021)

Kurikulum Jurusan Hubungan Internasional. Universitas Riau. Tautan: https://fisip.unri.ac.id/akademik/kurikulum/jurusan-hubungan-internasional/ (Diakses 25 Agustus 2021)

Kurikulum Ilmu Hukum. Universitas Brawijaya [daring]. https://hukum.ub.ac.id/programs/s1/kurikulum/ (Diakses 25 Agustus 2021)

Harususilo, Yohanes Enggar. 25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik bagi Anak IPS, Lengkap dengan Prospek Kerja. 2019. Kompas [daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/27/08400271/25-pilihan-jurusan-kuliah-terbaik-bagi-anak-ips-lengkap-dengan-prospek-kerja?page=all. (Diakses 25 Agustus 2021)

Kurikulum Fakultas Psikologi. Universitas Negeri Makassar [daring]. Tautan: http://fpsi.unm.ac.id/kurikulum/#1605251027428-1b2f856a-ccf4 (Diakses 25 Agustus 2021)

Akuntansi. Universitas Negeri Jakarta [daring]. Tautan: http://fe.unj.ac.id/?page_id=9447 (Diakses 26 Agustus 2021)

Jurusan Kriminologi - Informasi Kuliah & Prospek Kerjanya. Rencanamu [daring]. Tautan: https://rencanamu.id/cari-jurusan/humaniora/kriminologi (Diakses 26 Agustus 2021)

Kurikulum Prodi Sosiologi. Universitas Atma Jaya [daring]. Tautan: https://fisip.uajy.ac.id/akademik/kurikulum-prodi-sosiologi/ (Diakses 26 Agustus 2021)

Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Negeri Malang [daring]. http://sastra.um.ac.id/pendidikan-bahasa-sastra-indonesia-dan-daerah/ (Diakses 26 Agustus 2021)

Ilmu Politik. Universitas Jenderal Soedirman [daring]. Tautan: http://politik.fisip.unsoed.ac.id/sebaran-mata-kuliah-per-semester/ (Diakses 26 Agustus 2021)

Fakultas Administrasi. Universitas Brawijaya [daring]. Tautan:  https://fia.ub.ac.id/profil/jurusan-dan-program-studi (Diakses 26 Agustus 2021)

Program Studi Sejarah. FIB UI [daring]. Tautan: https://fib.ui.ac.id/akademik/program-sarjana-s1/program-studi-sejarah/ (Diakses 26 Agustus 2021)

Fakultas Filsafat. Universitas Gadjah Mada [daring]. Tautan: https://filsafat.ugm.ac.id/file/panduan-akademik/ (Diakses 26 Agustus 2021)

Profile

Anggraeni Puspitasari

Beri Komentar