Kupas Tuntas Jurusan PGSD, Untukmu yang Mau Jadi Guru

Jurusan PGSD

Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) adalah jurusan yang cocok untukmu yang tertarik menjadi guru. Artikel ini akan membahasnya secara lengkap.

--

Bagi kamu yang sekarang mungkin masih bingung mau melanjutkan kuliah di jurusan apa setelah lulus SMA, kamu bisa melirik jurusan yang satu ini, lho. Namanya PSGD, atau singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jurusan yang cocok untukmu yang bercita-cita menjadi guru SD.

“Berarti nanti setelah lulus PGSD aku auto jadi guru SD, kak?”

Ya, nggak juga. Kamu bisa melanjutkan karier ke bidang lain. Karena sebenarnya, lulusan PGSD nggak menuntut kita untuk menjadi guru SD kok. Tapi untukmu yang ingin sekali menjadi guru SD yang profesional, jurusan ini adalah pilihan yang tepat!

Eits, jangan memandang profesi sebagai guru SD dengan sebelah mata ya. Menjadi guru SD dan kuliah di jurusan PGSD ada banyak manfaatnya, lho. Terutama, kamu bisa ikut andil dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Keren banget'kan?

 

Apa itu Jurusan PGSD?

Seperti namanya, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau PGSD mempersiapkan para mahasiswanya untuk menjadi guru SD. Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia pendidikan, jurusan ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu akan mempelajari semua materi pelajaran yang dipelajari oleh siswa SD, seperti Tematik, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan sebagainya.

Selain materi belajar, kamu juga akan diberikan pengetahuan mengenai cara memahami karakter dan pengembangan kepribadian siswa, seperti disiplin, sopan santun, berjiwa sosial, dan sebagainya. Ini penting lho, sebab guru SD bertanggung jawab untuk membangun kepribadian siswa sejak dini. Sebagai strata pendidikan awal, jenjang SD menjadi pondasi ilmu yang berguna untuk siswa menghadapi jenjang pendidikan berikutnya.

guru SD
Guru SD (Sumber: Hipwee)

 

Mata Kuliah di Jurusan PGSD

Jurusan PGSD adalah salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya. Bahkan, secara statistik, di universitas-universitas yang memiliki jurusan PGSD, jumlah mahasiswanya hampir mencapai 50% dari jumlah keseluruhan mahasiswa di universitas tersebut.

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan Fakultas Ilmu Pendidikan

Menurut Eka Fitri Saputri, lulusan jurusan PGSD dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, "Semua mata pelajaran yang sudah diajarkan di masa-masa sekolah akan diajarkan lagi di jurusan ini. Tapi lebih mengutamakan 4 mata pelajaran wajib di SD, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS."

Masih menurut Eka, pada jurusan PGSD, kita juga akan mempelajari mengenai karakteristik anak SD yang membutuhkan keterampilan khusus untuk mengajar dan memahamkan konsep pengetahuan kepada mereka.

guru SD
Menjadi guru SD. (Sumber: Mongondow.co)

Kamu akan diajarkan materi-materi pelajaran SD di semester-semester awal kuliah. Kemudian pada semester-semester selanjutnya, kamu akan belajar lebih dalam mengenai pengembangan kurikulum SD, metode belajar SD, profesi keguruan, dan mata kuliah lainnya yang menunjang pembelajaran di SD.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui:

  • Psikologi Pendidikan

  • Psikologi Umum dan Perkembangan

  • Pengembangan Seni untuk Anak

  • Teori Belajar

  • Filsafat Pendidikan

  • Dasar Manajemen Pendidikan

  • Bimbingan di SD

  • Bahasa Indonesia

  • Konsep Dasar IPS

  • Konsep Dasar PPKn

  • Konsep Dasar IPA

  • Ilmu Alam Dasar

  • Apresiasi Sastra

  • Pendidikan Seni Rupa

Kamu juga akan diajarkan untuk gimana membentuk kepribadian dan karakter. Tujuannya adalah, sebagai guru SD, kamu nantinya akan menjadi seseorang yang membentuk kepribadian dan karakter mendasar seorang anak. Membangun pondasi diri bagi murid-murid hingga mereka siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Jurusan PGSD pun seolah menjadi jurusan “serba tahu”. Sebagai mahasiswa PGSD, kamu nggak hanya fokus mempelajari satu ilmu pengetahuan saja, tetapi berbagai macam ilmu pengetahuan yang akan menjadikanmu seorang guru yang pintar. Wah, impian banget ya! 

 

Keterampilan yang Diajarkan di Jurusan PGSD

Di jurusan PGSD, kamu nggak cuma belajar ilmu-ilmu teori, namun juga akan mendapatkan ilmu keterampilan yang sangat banyak. Bayangkan saja, kamu akan diajarkan gimana bermain piano, melukis, membuat kerajinan, menari, sampai kegiatan-kegiatan seperti Palang Merah Remaja dan Pramuka.

Yakin deh, lulus dari jurusan PGSD akan membuat kamu jadi serba bisa. Semua bidang keilmuan yang akan kamu ajarkan ke murid-murid SD akan kamu kuasai untuk menjadi guru yang baik.

keterampilan guru SDGuru SD memiliki banyak keterampilan (Sumber: hitsbanget.com)

 

Alasan Memilih Jurusan PGSD

Mungkin jurusan yang satu ini belum sepopuler jurusan favorit lainnya seperti teknik, manajemen, kedokteran, hukum, komunikasi, atau yang lainnya. Padahal, jurusan PGSD memiliki peran yang sangat penting dalam masa depan pendidikan Indonesia, lho. Indonesia masih membutuhkan banyak tenaga-tenaga pengajar yang berkualitas, terutama untuk daerah di luar pulau Jawa.

Ketimpangan sumber daya pendidik yang berkualitas inilah yang membuat pendidikan di negara kita masih jauh tertinggal dibanding negara lain. So, kamu bisa nih jadi salah satu tenaga pengajar unggulan yang dapat memajukan pendidikan anak-anak Indonesia.

Baca Juga: 7 Siasat Agar Sukses Menjadi Guru

 

Peluang Kerja yang Besar

Menurut informasi dari FaktaKampus.com, PGSD nggak hanya jadi jurusan yang paling banyak diminati, tetapi juga memiliki peluang kerja yang besar. Di tahun 2020-an saja akan banyak guru SD yang pensiun, dan itulah peluangmu untuk menjadi guru penerus.

Setelah lulus dari jurusan PGSD, kamu bisa mengajar siswa kelas I hingga kelas VI. Dengan jumlah sekolah dasar yang sangat banyak, kebutuhan akan guru juga sangat besar.

Selain menjadi guru SD, sebagai lulusan jurusan PGSD juga memiliki peluang pekerjaan sebagai guru les privat, membangun start-up yang bergerak di bidang pendidikan, membuka tempat bimbingan belajar, menjadi penulis, hingga menjadi penyiar radio lho.

 

Universitas dengan Jurusan PGSD Terbaik

Banyaknya peminat jurusan PGSD membuat sejumlah perguruan tinggi di Indonesia membuka perkuliahan dengan program jurusan ini. Nah, beberapa di antaranya pun berhasil memperoleh akreditasi A, lho. Apa saja?

perguruan tinggi dengan jurusan PGSD

Selain daftar perguruan tinggi di atas, masih banyak universitas lain dengan jurusan PGSD yang tak kalah bagus, lho. So, kamu harus cari tahu lagi ya.

--

Gimana? Sudah mantap untuk memilih jurusan PGSD? Biar kamu bisa menggapai cita-citamu sebagai guru, yuk mulai persiapkan dirimu untuk menghadapi UTBK SBMPTN dan Ujian Mandiri bersama ruangbelajar.

New Call-to-action

Referensi:

Mengenal Jurusan Kuliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar [daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/05/11473031/mengenal-jurusan-kuliah-pendidikan-guru-sekolah-dasar-ini-5-faktanya?page=all (Diakses: 23 November 2021)

Sumber foto:

Keterampilan guru SD [daring]. Tautan: https://hitsbanget.com/5-alasan-mengapa-guru-adalah-calon-menantu-idaman/o-elementary-school-teacher-facebook/(Diakses: 23 November 2021)

Profile

Riza Miftah Muharram

Beri Komentar