7 Jurusan Sepi Peminat, dengan Peluang Kerja Besar!

Jurusan Sepi Peminat

Masih bingung pilih jurusan? 7 jurusan sepi peminat berikut ini bisa jadi pertimbangan kamu lho karena peluang kerjanya besar. Ada jurusan apa aja sih?

--

Bagi kamu yang akan lulus SMA, sudah tahu ingin kuliah di mana dan mengambil jurusan apa? Saat ditanya seperti itu, pasti banyak dari calon-calon mahasiswa yang menjawab ingin masuk jurusan favorit seperti ekonomi, kedokteran, komunikasi, atau teknik. Padahal, masih banyak lho, jurusan dengan prospek kerja luas tapi masih jarang diketahui dan kurang diminati.

Eits, jangan salah, meski jurusan sepi peminat kebanyakan dari lulusannya justru digaji tinggi, lho. Penasaran apa aja jurusan tersebut? Check these out!

1. Jurusan Astronomi

jurusan astronomi Astronomi (Sumber: iitj.ac.in)
 

Dari namanya pasti kamu sudah mempunyai bayangan 'kan akan mempelajari apa di jurusan ini? Yap, kamu akan banyak belajar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan antariksa. Jurusan Astronomi termasuk sepi peminat karena dianggap sulit dan banyak yang belum mengetahui prospek kerjanya. Tapi banyak keseruan yang akan kamu dapatkan lho, dengan mempelajari ilmu astronomi. Di jurusan ini kamu akan mengamati benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi. Kamu juga akan belajar fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa bekerja di lembaga yang menjanjikan seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan astronot dengan gaji yang fantastis. Nah, ITB merupakan satu-satunya universitas dengan jurusan astronomi di Asia Tenggara, lhoKeren 'kan?

2. Jurusan Kehutanan

“Setelah lulus, kerjanya jadi penjaga hutan ya?”

Eits, jangan salah, kamu tahu ‘kan bahwa Presiden Joko Widodo adalah lulusan Fakultas Kehutanan UGM? Walaupun sepi peminat, jurusan ini punya peluang kerja yang besar, lho. Seperti kamu ketahui, Indonesia adalah negara tropis dengan hutan yang membentang luas. Tak sedikit instansi konservasi hutan yang membutuhkan tenaga dan pengetahuan dari lulusan jurusan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan.

jurusan kehutananPeneliti hutan (Sumber: hutanharapan.id)

Di jurusan ini kamu tidak hanya belajar tentang hutan saja, tetapi kamu akan belajar cara pengelolaan hutan serta segala hal yang ada di hutan, seperti pengelolaan ekosistem hutan, pemanfaatan dan perlindungan hasil hutan, hingga produktivitas hutan.

Dengan pengetahuan ini, kamu bisa bekerja di berbagai bidang yang menjanjikan, mulai dari konsultan, peneliti, wirausahawan, atau pegawai di lembaga kehutanan nasional hingga internasional.

3. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Banyak yang mengacuhkan jurusan Ilmu Perpustakaan karena beranggapan bahwa mereka hanya akan mempelajari tentang buku. Duh, salah banget. Jurusan ini akan mengajarkan kamu banyak hal, mulai dari bidang arsip, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi di sebuah perpustakaan.  Selain ilmu sosial, kamu juga akan belajar hukum dan teknik yang berkaitan dengan cara mengelola atau menyebarkan informasi.

jurusan ilmu perpustakaanPustakawan (Sumber: bernama.com)

Prospek kerja setelah kamu lulus dari jurusan ini juga sangat luas karena hampir seluruh instansi membutuhkan ahli di bidang kepustakaan dan kearsipan. Kamu bisa berkarier sebagai pustakawan, programmer, sekretaris, administrasi arsip, hingga document controller. Seru 'kan? Universitas dengan jurusan ilmu perpustakaan antara lain UI, UGM, UNS, UNDIP, UNAIR, dan UIN.

4. Jurusan Oseanografi

“Dari namanya, kayaknya belajar tentang laut ya?”

Bener banget. Walaupun masih asing, jurusan Oseanografi termasuk jurusan yang punya peluang kerja menjanjikan, lho. Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan yang mempelajari tentang berbagai aspek kelautan, seperti organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang, geologi dasar laut, dan sebagainya.

jurusan oseanografi Oseanografi (Sumber: aquanauta.hu)
 

Sebagai negara dengan mayoritas perairan, Indonesia sedang menguatkan sektor maritimnya. Jadi ilmu ini sangat dibutuhkan dan relevan dengan misi tersebut. Makanya lulusan dari jurusan ini banyak dicari dan gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi. Kamu bisa bekerja menjadi oceanographer, coastal modeler, metocean engineer, offshore navigator, oceanographic surveyor, hingga peneliti di lembaga swasta atau pemerintahan. Universitas dengan jurusan Oseanografi di Indonesia adalah UNDIP dan ITB.

5. Jurusan Filsafat

jurusan filsafat Patung Socrates (Sumber: epochtimes.com)
 

Selanjutnya, ada jurusan dengan julukan the mother of sciences, jurusan Filsafat. Studi filsafat memang terlihat rumit karena memerlukan logika berpikir dan logika bahasa, sehingga jurusan ini memiliki sedikit peminat. Namun, di jurusan ini kamu bisa mempelajari banyak hal. Mulai dari perilaku dan fenomena manusia, serta cara bersikap kritis untuk menyelesaikan masalah.

Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa menjadi pengajar, penasihat penelitian, content writer, konselor, penasihat negara, atau bekerja di industri kreatif seperti Dian SastrowardoyoKeren, kan? Universitas negeri dengan jurusan filsafat adalah UI & UGM.

6. Jurusan Arkeologi

jurusan  arkeologi Arkeolog (Sumber: celebritynetworth.com)
 

Well, arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan (manusia) masa lalu dan sekarang melalui sebuah kajian sistematis berdasarkan data benda-benda yang ditinggalkan. Selama kuliah, kamu akan sering studi lapangan ke tempat-tempat seru yang jarang dikunjungi orang lain. Kamu akan belajar dan menganalisa berbagai barang peninggalan purbakala, peristiwa masa lampau, hingga artefak.

Para lulusan arkeologi bisa bekerja sebagai peneliti, ahli benda-benda bersejarah, atau bahkan kamu mempunyai peluang untuk direkrut oleh para ilmuwan dari luar negeri. Seru 'kan? Universitas dengan jurusan arkeologi di Indonesia antara lain UI, UGM, UNHAS, Udayana, Universitas Jambi, dan Universitas Halu Oleo.

7. Jurusan Antropologi Sosial

jurusan antropologiAntropolog (Sumber: nrc.nl)

Last, but not least adalah Jurusan Antropologi Sosial. Ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan ini cukup unik dan menarik, yaitu hubungan antara masyarakat dalam suatu kelompok dan budaya etnis, mulai dari perilakunya, budaya, dan keanekaragamannya. Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka dengan budaya dan hubungan antar manusia.

Lulusan dari jurusan ini banyak dicari lembaga dan instansi negara di bidang ilmu budaya. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti, antropolog, pengajar, wartawan PNS, konsultan, budayawan, HRD, dan masih banyak lagi. Beberapa universitas yang membuka jurusan ini antara lain UI, UGM, UNAIR, Unpad, Undip dan Unibraw.

--

Nah, masih mau menganggap remeh jurusan-jurusan tadi? Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang agar dapat diterima di jurusan impian! Ingin tahu caranya? Sekarang, kamu bisa belajar online dengan menonton video di ruangbelajar. Seru kan? Yuk, segera daftarkan dirimu!

New Call-to-action

Sumber foto:

Peneliti hutan [daring]. Tautan: https://hutanharapan.id/en/pt-reki-unja-sepakati-kerja-sama-penelitian-hutan-tropis-2/ (Diakses: 2 November 2021)

Pustakawan [daring]. Tautan: https://www.bernama.com/bm/am/news_covid-19.php?id=1848608 (Diakses: 2 November 2021)

Antropolog [daring]. Tautan: https://www.nrc.nl/nieuws/2013/09/30/antropoloog-in-het-veld-is-nu-goed-te-volgen-1300218-a1297450 (Diakses: 2 November 2021)

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru