Jurusan Ilmu Sejarah Belajar Apa? Ini Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Jurusan Ilmu Sejarah

Tertarik masuk ke jurusan Ilmu Sejarah? Tapi, masih bingung, kira-kira di jurusan ini kita belajar apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

--

Indonesia memiliki catatan sejarah yang panjang, mulai dari kerajaan Hindu Budha, penjajahan Belanda dan Jepang, hingga peristiwa 1998. Semua kejadian ini bisa kamu ketahui lebih dalam di jurusan Ilmu Sejarah. Penasaran kan? Simak terus artikel ini, ya!

 

Pengertian Ilmu Sejarah

Jurusan Ilmu Sejarah merupakan program studi yang mempelajari segala peristiwa yang terjadi di masa lalu, mulai dari sejarah zaman kuno sebelum Masehi sampai zaman modern diatas abad dua puluh. Mahasiswa jurusan ini juga akan diajak untuk mempelajari aspek politik, budaya, ekonomi, agama, dan sosial pada berbagai peristiwa yang terjadi.

 

Dunia Perkuliahan Jurusan Ilmu Sejarah

Masuk ke jurusan Ilmu Sejarah, kamu akan belajar hal-hal menarik, lho! Cakupan ilmu sejarah yang luas akan membuat kamu mempelajari berbagai point of view dari sebuah peristiwa yang pernah terjadi, seperti aspek budaya, sosial, ekonomi, politik, hingga agama.

Mahasiswa Ilmu Sejarah juga akan mempelajari pola-pola yang ada dalam sejarah. Sementara itu, kamu akan dilatih untuk menganalisis perkembangan historiografi dan fakta-fakta sejarah. Seru kan?

Pada semester akhir nanti, mahasiswa akan diminta untuk mengerjakan skripsi. Kamu bisa memilih kajian dengan fokus tertentu, seperti sejarah Asia Tenggara, Amerika Serikat, atau Australia. Jika ingin mempelajari Ilmu Sejarah lebih dalam, kamu juga bisa lho melanjutkan sekolah ke program Pascasarjana (S2).

mata kuliah Jurusan Ilmu Sejarah

Baca Juga: 30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS, Pilih yang Mana Ya?

 

Kampus Favorit dengan Jurusan Ilmu Sejarah

Indonesia memiliki kampus-kampus ok untuk kamu belajar jurusan Ilmu Sejarah, di antaranya berikut ini.

  1. Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), Manado

  2. Universitas Andalas (UNAND), Padang

  3. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung

  4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta

  5. Universitas Jember (UNEJ), Jember

  6. Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang

  7. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan

  8. Universitas Negeri Malang (UM), Malang

  9. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta

  10. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar

  11. Universitas Indonesia (UI), Depok

  12. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya

  13. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang

For your information, jurusan Ilmu Sejarah di kampus tersebut memiliki akreditasi A oleh BAN-PT. Bisa jadi pilihan kamu untuk lanjut kuliah ke prodi ini.

 

Alasan Kamu Harus Masuk Ke Jurusan Ilmu Sejarah

Jurusan Ilmu Sejarah cocok banget untuk kamu yang suka dengan cerita-cerita atau peristiwa di balik suatu sejarah. Jurusan ini juga cocok untuk kamu yang punya kemampuan analisis tinggi untuk menalaah latar belakang dibalik terjadinya suatu peristiwa sejarah.

Setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Humaniora atau S.Hum. Soal prospek kerja juga tentunya sangat terbuka lebar ya, gengs. Kamu bisa memilih berbagai pilihan karier seperti peneliti, penulis, dosen, jurnalis, arkeolog, hingga ahli sejarah. 

alasan memilih Jurusan Ilmu Sejarah

Baca Juga: Ulas Jurusan Filsafat: Ibu dari Berbagai Ilmu

 

Keahlian yang Wajib Dimiliki Saat Masuk Jurusan Ilmu Sejarah

Masuk ke jurusan ini, kamu juga perlu memiliki skills yang akan membantumu di dunia perkuliahan nanti. Apa saja? Berikut di antaranya.

  • Kemampuan analitis konseptual dan teoritis

  • Kemampuan menulis

  • Kemampuan presentasi

  • Kemampuan menghafal

  • Kemampuan problem solving

  • Kemampuan berpikir rasional

Baca Juga: Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial: Dunia Kuliah & Prospek Kerjanya

 

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sejarah

Berikut ini beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih usai lulus dari Jurusan Ilmu Sejarah. Eits, prospek kerja ini tidak mutlak ya, kamu juga bisa kok berkarier di bidang lain sesuai dengan keinginan dan kemampuan kamu.

1. Sejarawan

Ahli Sejarah dibutuhkan sebagai salah satu narasumber para peneliti untuk menggali suatu tempat atau bangsa.

2. Penulis buku

Lulusan Ilmu Sejarah dapat menuliskan hasil penelitian dan temuan penting soal sejarah dalam sebuah buku dan dipublikasikan secara luas.

3. Juru Arsip

Juru arsip memiliki tugas untuk mengarahkan pengamanan arsip dan dokumen sejarah.

4. Peneliti Sejarah

Seorang peneliti sejarah bertugas mengkaji secara sistematis suatu peristiwa di masa lalu untuk memperoleh fakta-fakta sejarah yang mendalam.

5. Instansi Pemerintah

Menjadi staf di instansi pemerintahan seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata atau di Balai Konservasi Cagar Budaya yang ada di setiap provinsi.

6. Staf Museum

Kamu bisa menjadi salah satu staf museum dan menyumbangkan pemikiran-pemikiran Ilmu Sejarah untuk mengelola museum.

Lantas, bagaimana soal gaji yang akan didapatkan seorang lulusan Ilmu Sejarah? Tak perlu risau karena kamu bisa mendapatkan gaji dengan rentang Rp2 juta hingga Rp10 juta per bulan, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber. Gaji dipengaruhi oleh keahlian dan pengalaman, lho, teman-teman! Jadi, pastikan kamu terus belajar dan mengembangkan diri, ya!

--

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu Jurusan Ilmu Sejarah dan seluk beluknya. Bikin kamu semakin mantap untuk memilih prodi ini saat masuk perguruan tinggi kan? Apapun pilihanmu, tetap semangat ya! Tingkatkan prestasimu dengan belajar bareng di ruangbelajar.

ruangbelajar

Referensi:

Jurusan Ilmu Sejarah [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-ilmu-sejarah/ diakses pada 26 Juli 2022.

Profile

Dinda Silviana Dewi