Jurusan Teknik Perminyakan Bisa Dapat Gaji Besar? Ini Ulasannya!

Jurusan Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan termasuk salah satu jurusan favorit di rumpun teknik. Simak ulasan mata kuliah, dunia perkuliahan, hingga rentang gaji lulusannya berikut ini.

--

Kalau kamu memiliki cita-cita untuk kuliah di rumpun Saintek, pasti terbesit untuk masuk ke jurusan Teknik Perminyakan. Digadang-gadang, para lulusan jurusan Teknik Perminyakan bisa mendapatkan gaji yang besar. Hmm benar nggak sih? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

 

Mengenal Jurusan Teknik Perminyakan

Jurusan Teknik Perminyakan merupakan ilmu tentang eksplorasi, eksploitasi sumber daya alam berupa fluida, yaitu minyak bumi, gas alam, dan panas bumi. Tidak hanya belajar tentang eksplorasi dan eksploitasi, di jurusan ini kamu juga dituntut untuk inovatif dalam menemukan teknik yang efisien dalam pengelolaan sumber daya alam sehingga menghasilkan energi dengan emisi rendah. Aspek yang dipelajari antara lain teknik reservoir, pengeboran, produksi, hingga manajemen perekonomian minyak dan gas (migas).

Baca Juga: 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Pilih Mana?

 

Dunia Perkuliahan Jurusan Teknik Perminyakan

Bagaimana sih kuliah di jurusan Teknik Perminyakan? Susah nggak ya? Well, kalau kamu ingin masuk ke jurusan ini, sebaiknya kamu menyukai dan paham ilmu dasar di mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia, guys. Nantinya, tiga mata pelajaran tersebut akan membantu banyak dalam proses perkuliahan. Meski demikian, kamu nggak perlu khawatir karena sudah banyak software khusus perminyakan plus kalkulatornya.

Pada semester pertama, kamu akan mendapatkan semua ilmu dasar. Bisa dibilang, kamu akan sedikit mengulang pelajaran di SMA, seperti Fisika Dasar, Kimia Dasar, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan lain-lain. Bahkan, di beberapa kampus juga memberikan mata kuliah olahraga di semester pertama. Hihi

Maka, mulai di semester tiga, kamu sudah siap mempelajari mata kuliah yang lebih kompleks, seperti Pemrograman Komputer, Termodinamika Dasar, Pengantar Elektronika, hingga Petrofisika bersamaan praktikumnya. 

Pada semester 7 dan 8, mahasiswa diharuskan mengikuti kerja lapangan untuk mengasah keterampilan. Hal ini juga disertai dengan tugas akhir yang harus kamu selesaikan untuk meraih gelar Sarjana Teknik (S.T). Yup, gelar itu lah yang akan disematkan di akhir namamu kalau kamu berhasil lulus dari jurusan ini.

 

Mata Kuliah Jurusan Teknik Perminyakan

Sebelumnya, sudah dijelaskan sedikit mata kuliah apa saja yang akan kamu dapatkan selama kuliah di jurusan Teknik Perminyakan. Pada tahun pertama, kamu akan mempelajari mata kuliah dasar dan akan meningkat ke yang lebih kompleks saat naik ke tahun-tahun berikutnya.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Perminyakan-01

 

Kenapa Harus Masuk Jurusan Teknik Perminyakan?

Untuk meyakinkanmu masuk ke jurusan Teknik Perminyakan, berikut ini beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan.

  1. Lulusan jurusan Teknik Perminyakan sangat dicari. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan migas yang ada di Indonesia maupun luar negeri.
  2. Gaji yang ditawarkan sangat menarik! Dilansir dari salaryexpert.com, gaji seorang insinyur perminyakan di Indonesia bisa mencapai Rp561.378.266 per tahunnya, lho, guys!
  3. Jika kamu penyuka tantangan, kamu akan cocok di jurusan ini. Mengapa? Karena kamu akan terjun kelapangan, menentukan titik-titik minyak untuk dilakukan pengeboran. Seru 'kan? 

 

keterampilan Jurusan Teknik Perminyakan

Baca Juga: Industrial Robotic Design, Jurusan Milenial dengan Karier Cemerlang

 

Daftar Kampus dengan Jurusan Teknik Perminyakan

Berikut ini kampus yang dapat kamu pilih untuk melanjutkan kuliah di jurusan Teknik Perminyakan.

  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Pertamina
  • Universitas Islam Riau
  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Universitas Trisakti
  • Universitas Proklamasi 45
  • Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM Akamigas)
  • Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan

Sementara itu, kamu juga bisa lanjut ke kampus dengan jurusan Teknik Perminyakan terbaik di dunia berikut ini lho. Anyway, daftar kampus ini berdasarkan penilaian QS World University Ranking 2022.

  1. National University of Singapore/NUS (Singapura): 99,4
  2. University of Texas at Austin (Amerika Serikat): 94,3
  3. Technical University of Denmark (Denmark): 89,9
  4. Stanford University (Amerika Serikat): 89,2
  5. Texas A&M University (Amerika Serikat): 86,7
  6. King Fahd University of Petroleum & Minerals (Arab Saudi): 85,7
  7. Imperial College London (Inggris): 84,3
  8. University of Alberta (Kanada): 82,8
  9. Delft University of Technology (Belanda): 82,3
  10. The University of Adelaide (Australia): 80,6

 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Perminyakan

"Lalu, setelah lulus, aku kerja apa ya kak?"

Well, kamu nggak perlu bingung-bingung menentukan pekerjaan apa yang hendak kamu lakukan setelah lulus. Kamu bisa langsung melamar ke perusahaan-perusahaan migas yang ada di Indonesia sebagai ahli perminyakan. Tapi, untuk memberikan kamu referensi pekerjaan, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Perusahaan Minyak Nasional/Asing

Kamu bisa memilih untuk bekerja di Pertamina, Medco, CNOOC SES, Exxon, Chevron, Total E&P, atau BP. Sudah banyak alumni jurusan Teknik Perminyakan Indonesia yang bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut.

2. Bidang Pemerintahan

Kamu juga bisa bekerja di perusahaan pemerintah seperti di BP MIGAS, departemen ESDM (Energi Sumber Daya Mineral).

3. Perbankan dan Asuransi

Tenaga perminyakan dibutuhkan biasanya sebagai analis risiko terhadap kredit atau klaim yang diajukan dalam kegiatan eksploitasi migas (underwriter).

4. Bidang Akademis

Kalau kamu berminat, kamu dapat melanjutkan studi ke jenjang Pascasarjana untuk menjadi seorang akademisi. Selain itu, kamu bisa juga lho mengajukan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di dalam atau luar negeri.

5. Entrepreneur

Tidak jarang alumni jurusan ini yang memulai usaha sendiri di bidang migas setelah memiliki pengalaman kerja di perusahaan lain. Tak hanya itu, peluang untuk bisnis di bidang-bidang lain seperti bidang pendidikan hingga food and beverage juga terbuka luas.

--

Perjalanan kuliah yang seru, prospek kerja yang luas, serta gaji yang menggiurkan, jadi kesimpulan pada ulasan jurusan Teknik Perminyakan. Hihi. Tapi, kamu juga harus tahu bahwa masuk ke jurusan ini perlu perjuangan. Bisa dibilang, tidak sedikit yang ingin masuk ke jurusan ini.

Anyway, kalau kamu perlu bimbingan agar makin pede dan yakin bisa masuk ke Teknik Perminyakan, yuk akses fitur Ruangguru Privat untuk belajar lebih mudah. Kamu bisa memilih tentor favoritmu, dan belajar langsung secara privat. Semangat, ya!

New call-to-action

Referensi

Program Studi Sarjana Teknik Perminyakan. [Daring]. Tautan: https://www.itb.ac.id/search (diakses pada 15 Agustus 2022.)

Gaji Insinyur Perminyakan di Indonesia, Seberapa Tinggi? [Daring]. Tautan: https://www.idxchannel.com/milenomic/gaji-insinyur-perminyakan-di-indonesia-seberapa-tinggi (diakses pada 15 Agustus 2022.)

10 Kampus Teknik Perminyakan Terbaik Dunia, ITB Urutan Berapa? [Daring]. Tautan: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/10-kampus-teknik-perminyakan-terbaik-dunia-itb-urutan-berapa (diakses pada 15 Agustus 2022.)

Profile

Dinda Silviana Dewi