Mengenal Macam-Macam Games dalam Bahasa Inggris, Yuk! | Bahasa Inggris Kelas 6

Mengenal Macam-Macam Games dalam Bahasa Inggris

Petualangan Roro dan Guntur kali ini bercerita tentang Roro dan Guntur yang sedang mengenal kind of games atau macam-macam games dalam bahasa Inggris. Yuk, simak!

--

 

“Roroooo, coba tebak aku bawa apaaa!” seru Guntur seraya berlari memasuki pekarangan rumah Roro.

Hari ini, Roro dan Guntur memang sudah janjian untuk bermain bersama di rumah Roro sambil mengerjakan tugas bahasa Inggris bersama. Roro yang sudah menunggu di teras rumah, langsung menimpali ucapan Guntur,

“Emangnya kamu bawa apa, Guntur?”

“Tebak, doong!” jawab Guntur seraya menyembunyikan benda yang ia bawa di balik punggungnya.

“Pasti mainan, ya?”

“Mainan apa hayoo, coba tebak.”

“Hmm, apa ya? Kartu, bukan?”

“Bukan, ayo tebak lagi.”

“Hmmm, ular tangga?”

Guntur terkejut mendengar jawaban Roro, “Ih, kok bener sih? Kamu ngintip, ya!”

“Eh, aku nggak ngintip kokk..” ujar Roro panik.

“Hahaha.. iya iya percayaa. Nih, aku bawa ular tangga lengkap sama dadu dan pionnya. Yuk, kita main bareng!” Guntur langsung bersiap untuk menggelar papan permainan ular tangga itu di lantai teras rumah Roro. Tapi, sebelum berhasil menggelar papan permainan yang terbuat dari karton itu, Roro berkata,

“Eh, jangan main duluu. Kita kerjain tugas dulu aja. Biar nanti mainnya nggak ada beban.”

Guntur langsung berhenti menggelar papan permainannya, “Oh iya, betul juga. Oke deh, kalau gitu ular tangganya aku taruh dulu, ya.”

Guntur pun meletakkan ular tangga yang dibawanya di sisi kanan teras. Kemudian, Roro dan Guntur menyiapkan buku bahasa Inggris mereka dan membuka buku tersebut pada halaman yang ditugaskan. Mereka juga menyiapkan alat tulis mereka masing-masing. Setelah itu, Guntur langsung membaca soal nomor satu.

“Nomor satu, ‘There are three categories of games you have to know. What are they?’ Hmm? Kok cuma tiga, bukannya games itu ada banyak ya, Ro?”

Belum sempat Roro menjawab, tiba-tiba muncul Kanguru dari balik badan Guntur dan ia langsung menjawab pertanyaan Guntur.

“Macam-macam games memang ada banyak, Guntur. Tapi, secara garis besar, games itu dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu indoor games, outdoor games, dan technology based games.”

“Eh, ada kanguru!” ujar Guntur terkejut.

“Yeeyy! Ada kanguru! Kanguru, aku mau tanya dong. Tiga kategori yang barusan kamu sebut itu, bedanya apa?” tanya Roro.

Bedanya terletak pada tempat atau media yang digunakan untuk memainkan permainan tersebut, Ro.” jawab Kanguru.

 

Mengenal Kind of Games

Baca juga: Macam-Macam Holiday Activities

 

“Oohh, jadi intinya kalau indoor games itu dimainkan di dalam ruangan, kalau outdoor games dimainkan di luar ruangan, sedangkan technology based games dimainkan menggunakan media berbasis teknologi seperti komputer atau gadget. Gitu kan, Kanguru?” tanya Roro.

“Betul, Ro.” jawab Kanguru.

“Oke paham, berarti nomor satu jawabannya adalah indoor games, outdoor games, dan technology based games.” ujar Guntur seraya menuliskan jawaban tersebut ke buku tulisnya.

“Sekarang lanjuutt, nomor dua, ‘Mention at least three games that you know of all the three categories!’ Hmm, apa aja ya..” Roro berpikir sambil memandang langit-langit teras rumahnya.

“Kita mulai dari kategori indoor games dulu aja, Ro. Kira-kira, kalau dilihat dari pengertiannya, games apa aja yang termasuk indoor games?” tanya Guntur.

“Oh, Scrabble! Aku suka banget main Scrabble.” ujar Roro bersemangat. Roro pun langsung menuliskan ‘Scrabble’ ke buku tulisnya.

“Yap, betul. Scrabble adalah salah satu contoh indoor games. Sekarang, coba Guntur, sebutkan lagi contoh lainnya.”

“Hmm..” Guntur berpikir sejenak sambil mengedarkan pandangannya. Kemudian, pandangannya tertuju pada permainan ular tangga di sisi kanan teras yang dibawanya dari rumah. Guntur pun langsung berkata, “Ah, aku tau! Ular tangga!”

“Nah, betul. Ular tangga juga termasuk indoor games. Eh, tapi kamu udah tau belum bahasa Inggrisnya ular tangga?” tanya Kanguru.

“Tau, dong! Snake and Ladder, kan?” jawab Guntur.

“Betuuul! 100 buat Guntur!” puji Kanguru.

“Terima kasih, Kanguru. Eh, tapi, ular tangga yang aku bawa ini kan tergolong indoor games. Tapi kan kita mainnya di teras, berarti bisa dibilang setengah indoor setengah outdoor, dong? Hehehe..” canda Guntur.

“Hahahahaha..” Roro dan Kanguru terbahak mendengar ucapan Guntur.

“Ada-ada aja kamu, Guntur!” ucap Kanguru.

“Terus selain Scrabble sama Snake and Ladder, contoh indoor games ada apa lagi, ya?” tanya Roro.

“Ada banyak, dong! Ada Chess, Card Games, dan juga Ludo” jawab Kanguru.

 

Contoh Indoor Games

Baca juga: Belajar Direction And Location

 

“Wah, ternyata ada macam-macam, ya. Kalau contoh outdoor games ada apa aja, Kanguru?” tanya Guntur.

“Untuk outdoor games, coba deh kalian ingat-ingat. Kalau lagi jam istirahat di sekolah, kalian suka main di lapangan sekolah bersama teman-teman yang lain, kan? Nah, biasanya kalian main apa, tuh?”

“Hmm.. kalau aku biasanya main lompat tali atau engklek.” jawab Roro.

“Kalau aku sukanya main kelereng atau petak umpet.” jawab Guntur.

“Nah, permainan yang kalian suka mainkan di lapangan sekolah itu termasuk outdoor games. Sekarang, tinggal kita cari tau aja bahasa Inggris dari masing-masing permainan tersebut. Coba Roro, bahasa Inggrisnya lompat tali sama engklek apa?” tanya Kanguru.

“Hmm.. kalau lompat tali Rope Jump, ya? Eh, apa Jump Rope? Kalau engklek aku nggak tau bahasa Inggrisnya..” jawab Roro.

“Hehehe, yang betul Jump Rope, ya! Terus kalau engklek itu bahasa Inggrisnya adalah Hopscotch!”

“Kalau petak umpet apa bahasa Inggrisnya ya, Kanguru? Kalau kelereng aku tau, bahasa Inggrisnya Marbles hehehe..” ujar Guntur.

“Betul, Marbles! Nah, kalau petak umpet itu bahasa Inggrisnya adalah Hide and Seek.”

 

Contoh Outdoor Games

Baca juga: Belajar Narrative Text dari Dongeng

 

“Yeyy, sekarang tinggal menyebutkan contoh games pada kategori terakhir deh, yaitu technology based games.” ujar Roro senang.

“Kalau technology based games contohnya mobile games bukan, Kanguru? Aku kadang suka main itu tuh, pakai smartphone-nya ibuku hehe..” ujar Guntur.

“Betul, Guntur. technology based games itu contohnya ada mobile games yang dimainkan menggunakan gadget seperti smartphone atau tab. Terus ada console games yang dimainkan menggunakan perangkat console seperti Play Station (PS). Lalu, ada juga PC games atau personal computer games yang tentunya dimainkan menggunakan komputer. Terakhir, ada augmented reality games yang dimainkan menggunakan perangkat augmented reality.”

 

Contoh Technology Based Games

 

“Waahh, udah lengkap deh, tugas kita hari ini. Terima kasih, Kanguru!” ucap Guntur.

“Terima kasih, Kanguru!” Roro pun turut berterimakasih kepada Kanguru.

“Sama-sama, teman-teman. Sekarang, karena tugasnya udah selesai, kita bisa main itu, tuh!” ujar Kanguru seraya menunjuk permainan ular tangga milik Guntur.

“Yeyy! Akhirnya bisa main. Yuk, kita main bersama!” ujar Guntur bersemangat.

“Yuukk!” jawab Roro tak kalah bersemangat.

---

Itu tadi kisah Roro dan Guntur dalam mengenal kind of games atau macam-macam games dalam bahasa Inggris. Gimana? Seru, kan? Kalau kamu mau tau materi bahasa Inggris lainnya yang lebih lengkap dan menarik, kamu bisa tonton di ruangbelajarSD, lho! Yuk, download sekarang!

New call-to-action

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!