Cara Membaca & Menjelaskan Bar Chart dalam Bahasa Inggris | Bahasa Inggris Kelas 12

Cara Membaca Bar Chart

Gimana ya, cara membaca dan menjelaskan diagram batang atau bar chart dalam Bahasa Inggris? Yuk, perhatikan penjelasannya dalam artikel berikut!

Siapa yang suka belajar statistik? Dalam ilmu statistika, kamu akan sering nih, menemukan data-data yang disajikan dalam bentuk grafik atau diagram. Ada yang bentuknya lingkaran, batang, maupun garis.

 

Contoh diagram batang (Sumber: giphy.com)

 

Aku yakin nih, teman-teman pasti sudah sering membaca grafik lalu membuat laporannya dalam Bahasa Indonesia. Tapi kalau dalam Bahasa Inggris, sudah pernah belum? Atau pernah tapi jarang-jarang? Yuk, kita bahas pengertian serta cara membaca dan menjelaskan bar chart atau diagram batang dalam bahasa Inggris.

 

Pengertian Bar Chart

Nah, tahu nggak sih, dalam Bahasa Inggris, diagram batang itu disebut dengan bar chart. Bar chart sendiri merupakan salah satu bentuk grafik yang digunakan untuk membandingkan data antar variabel dan melihat frekuensi atau besaran dari variabel tersebut.

 

Pengertian Bar Chart

 

Kamu pernah membaca bar chart dalam Bahasa Inggris lalu membuat laporannya, belum? Kalau kamu berencana untuk melanjutkan studi ke negara berbahasa Inggris atau mau mengambil sertifikasi Bahasa Inggris, kamu harus menguasai materi ini, lho!

Baca Juga: Belajar Membuat Procedure Text dari Minuman Viral

 

Cara Membaca dan Menjelaskan Bar Chart

Biar kamu tahu gimana caranya membaca dan menjelaskan bar chart dalam Bahasa Inggris, langsung aja kita coba praktik, yuk!

 

Cara Membaca dan Menjelaskan Bar Chart

 

Coba kamu amati contoh bar chart di atas! Bar chart tersebut menjelaskan tentang murid-murid asing yang mengambil kursus desain grafis di daerah Inggris Selatan. Untuk menjelaskan suatu bar chart atau membuat laporan berdasarkan bar chartkamu bisa memulai dengan menuliskan paragraf pembuka yang berisi pengenalan setiap fitur yang ada di bar chart tersebut. Fitur-fitur ini berada pada domain (horizontal line) dan kodomain (vertical line) pada bar chart tersebut.

 

1. Tulis Pengenalan Fitur pada Paragraf Pertama

Lalu, pada paragraf pertama, bisa ditulis seperti apa ya? Nah, berdasarkan contoh di atas, kamu bisa menuliskan poin-poin pengenalan fitur penting yang ada di horizontal domain dan vertical domain. Contoh paragrafnya adalah “According to the bar chart, students from four European countries (Sweden, Spain, France and Germany) and one Middle Eastern country (Syria) are taking Graphic Design at the college. Some students are enrolled in the Computer-Aided Design (CAD) core option; the others are taking Photography.”

Laporannya cuma 1 paragraf aja, nih? Wah, tentu tidak, dong!

 

2. Tonjolkan Hal-Hal Menarik pada Paragraf Kedua

Untuk langkah selanjutnya, kamu harus membahas hal-hal menarik yang terdapat dalam bar chart tersebut, misalnya jumlah tertinggi dan terendah serta total datanya. Oleh karena itu, paragraf kedua dapat ditulis menjadi “Overall, Sweden has the largest number of enrolled students (17) and Syria the smallest (5). France and Spain both have 12 students; Germany has 11. It is noticeable that France and Germany have similar profiles.” jangan lupa poin-poin menariknya, ya!

 

3. Bahas Data-Data Berdasarkan Fokus Setiap Bar pada Paragraf Ketiga

Lalu, di paragraf ketiga bisa ditulis apa, ya? Di paragraf ketiga, kamu bisa membahas setiap data berdasarkan kelompok besar yang menjadi fokus dari setiap bar yang ada pada chart. Pada contoh di atas, kelompok-kelompok basarnya adalah CAD core option dan Photography core option. Paragraf ketiga dapat ditulis menjadi “Students from all five countries are enrolled in CAD, but more females are taking this option than males (21 and 9 respectively). For each nationality the females taking CAD outnumber the males, except in the case of the Syrians with only females. Sweden has the most students studying CAD (9); Spain is next with 7, while France has 6. Germany and Syria have 4 CAD students each.”

 

4. Tambahkan Penjelasan Lanjutan pada Paragraf Keempat

Lalu, paragraf keempat diisi apa, dong? Paragraf keempat dapat diisi dengan penjelasan lanjutan mengenai kelompok besar tersebut. Misalnya, “As for the photography option, more males than females are enrolled from every country except Syria. In fact, no female Syrian students are taking Photographic Design. Only 1 female from each country is enrolled in Photography, except for 2 females from Spain.”

Kamu perlu ingat, nih. Dalam laporan yang datanya berdasarkan pada bar chart, kamu tidak perlu menuliskan kesimpulan, ya. Kamu hanya perlu menjelaskan informasi-informasi dalam bar chart tersebut secara mendetail. Jangan lupa, ya! 

Baca juga: Struktur dan Contoh News Item (Berita Berbahasa Inggris)

Mudah kan, teman-teman? Jangan lupa untuk terus berlatih supaya makin jago, ya! Nah, supaya latihannya makin seru, yuk belajar bersama ruangbelajar! Kamu nggak cuma bisa latihan soal aja, tapi kamu juga bisa nonton video belajar dan lihat rangkuman lengkap yang pastinya membantu banget dalam belajar. Download aplikasinya sekarang, yuk! 

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Sumber Gambar:

GIF ‘Chart’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/Biteable-r7Rwd7KDGhzoiJt6vZ (Diakses: 6 September 2021)

Artikel ini telah diperbarui pada 14 September 2022.

Kenya Swawikanti