Menang Ruangguru Champion, Siswa Asal Malang dan Palembang Raih Hadiah Utama Senilai Ratusan Juta

PR_-_RG_Champion_Season_2-01

Para pemenang Ruangguru Champion, siswa asal Malang dan Palembang berhasil meraih hadiah utama senilai ratusan juta rupiah

Jakarta, 11 Desember 2020 – Ajang cerdas cermat daring terbesar di Indonesia, Ruangguru Champion Season 2, resmi menentukan pemenang. Marcello, siswa SMP Ignatius Global School Palembang berhasil menjadi juara kategori SMP dan sederajat. Sementara itu, Emilda Puteri Amelia, siswa MAN 2 Kota Malang, sebagai pemenang kategori SMA dan sederajat. Keduanya mengungguli lebih dari 6.500 peserta dari 1.300 sekolah unggulan yang berpartisipasi secara daring. Atas prestasinya, Emilda dan Marcello masing-masing memperoleh hadiah utama senilai seratus juta rupiah.

Pelaksanaan Ruangguru Champion Season 2 secara daring selama pandemi menjadi salah satu alternatif bagi para siswa untuk tetap belajar secara lebih variatif. Survei internal Ruangguru pada Juli-Agustus 2020 yang dilakukan kepada lebih dari 800 siswa di 32 provinsi menyimpulkan bahwa salah satu tantangan terbesar yang dihadapi para siswa selama mengikuti PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) adalah para siswa merasa mendapat lebih banyak tugas tanpa ada pembelajaran yang variatif dan interaktif. [1]

“Selamat untuk para pemenang Ruangguru Champion Season 2. Kalian telah bekerja keras menghadapi ribuan siswa dari ribuan sekolah di seluruh Indonesia. Semoga Ruangguru Champion bisa menjadi inspirasi bagi para siswa dan anak-anak di Indonesia untuk terus belajar dan berprestasi. Melalui program ini, Ruangguru berupaya untuk mengajak para siswa di Indonesia untuk tetap produktif,  meningkatkan pengetahuan, kreativitas, disiplin, dan mengembangkan suasana kompetitif yang sehat di tengah pandemi,” ujar Iman Usman, Pendiri dan Direktur Produk dan Kerja Sama (CPO) Ruangguru.

championPemenang Ruangguru Champion Season 2

Baik Emilda maupun Marcello berasal dari keluarga sederhana. Emilda adalah satu dari empat bersaudara. Ayahnya bekerja sebagai pedagang baju keliling. Sementara Marcello merupakan anak bungsu dari tiga bersaudaradan bertekad untuk membanggakan kedua orang tuanya yang bekerja sebagai pengajar kursus, apalagi sejak ayahnya sudah tidak bekerja di luar rumah semenjak sakit.

“Saya melihat teman-teman saya sudah sukses di bidangnya masing-masing. Itu memotivasi saya untuk menjadi juara di Ruangguru Champion. Terima kasih Ruangguru atas kesempatannya dan hadiah yang diberikan. Saya ingin menyumbangkan sebagian hadiah dari Ruangguru untuk pihak yang membutuhkan, apalagi selama pandemi ini banyak yang mengalami kesulitan,” kata Emilda Puteri Aulia, siswa MAN 2 Kota Malang, pemenang Ruangguru Champion Season 2 kategori SMA dan sederajat.

“Selama persiapan di Ruangguru Champion, saya sering membuka video pembelajaran dan latihan soal Ruangguru karena saya kurang mengerti kalau cuma baca materi, apalagi kita sulit berkomunikasi langsung dengan guru saat pandemi Covid-19. Ini hal kecil untuk balas budi ke orang tua saya yang selalu merawat dan mendukung saya sejak kecil,“ tutur Marcello, siswa SMP Ignatius Global School Palembang, pemenang Ruangguru Champion Season 2 kategori SMP dan sederajat.

Di babak terakhir kategori SMP dan sederajat, Marcello berhadapan dengan tiga finalis, yaitu Ataya Cendana Pambudi (SMPN 1 Magelang, Jawa Tengah), Farel Ahmad Azzikri (SMP Pribadi Bandung, Jawa Barat), dan Zaskia Adya Balqis (SMPN 1 Muara Enim, Sumatera Selatan). Untuk kategori SMA dan sederajat, Emilda mengungguli Puti Nabilla Aidira (SMA Pribadi Bandung, Jawa Barat), Richard Fernando (SMA Mondial Batam, Kepulauan Riau), dan Ignatius Jhon Hezkiel Chan (SMAK Yos Sudarso Batam, Kepulauan Riau).

Ruangguru Champion merupakan ajang cerdas cermat tingkat nasional untuk memunculkan tokoh-tokoh pelajar baru yang dapat menjadi inspirasi bagi seluruh pelajar di Indonesia. Program ini diselenggarakan mulai tahun 2019. Mata pelajaran yang diujikan untuk kategori SMP terdiri dari matematika, fisika, biologi, sejarah, geografi, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan pengetahuan umum. Sedangkan untuk kategori SMA, materi terdiri dari matematika, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), bahasa Indonesia, dan pengetahuan umum.

[1] Ruangguru. Laporan Survei Ruangguru “Apa Kabar Guru dan Siswa Selama PJJ?” Periode Juli-Agustus 2020. Jakarta

 

Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang berfokus pada layanan pendidikan. Saat ini, Ruangguru telah memiliki lebih dari 17 juta pengguna terdaftar dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat.

Ruangguru menyediakan layanan bimbingan belajar online dan marketplace guru melalui aplikasi Ruangguru, pelatihan soft skills untuk umum dan profesional secara online melalui platform Skill Academy, pusat pembelajaran blended learning secara online-offline di 18 cabang Brain Academy di 10 kota seluruh Indonesia, serta platform pelatihan bagi korporasi di aplikasi ruangkerja. Ruangguru juga telah melakukan ekspansi layanan dan produk ke pasar Vietnam  dan Thailand.

 

Ruangguru