Yuk, Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung! | Bahasa Indonesia Kelas 4

Gagasan Pokok dan Pendukung

Kali ini, Dira mengajarkan Cika tentang cara menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk mempermudah memahami isi teks. Yuk, baca artikelnya sampai habis!

Dira dan Cika sedang belajar bersama di ruang tamu. Mereka belajar untuk mempersiapkan ujian besok. Tapi, tiba-tiba Cika menghela napas panjang.

Hufft… teksnya panjang sekali. Gimana mau memahami isinya kalo aku aja pusing bacanya?”

Dira menanggapi ucapan Cika, “Tenang, Cika. Sebenarnya ada cara supaya kita bisa memahami teks dengan mudah. Kita bisa dapetin inti teks dengan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Kalo kita tau gagasan pokok dan pendukungnya, kita akan lebih mudah memahami isi teks ini.”

“Gagasan pokok dan gagasan pendukung?” tanya Cika.

“Iya, Cik! Setiap paragraf itu memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide utama dalam sebuah paragraf. Sedangkan, gagasan pendukung adalah informasi yang melengkapi gagasan pokok paragraf.”

“Terus, gimana cara mencari gagasan pokok dan gagasan pendukungnya, Dira?”

“Gagasan pokok dan gagasan pendukung ini bisa dicari dengan memperhatikan ciri-cirinya. Ciri-ciri yang bisa kita lihat seperti ini, Cika.” 

ciri-ciri Gagasan Pokok dan Pendukung

Waaahh, kalo gitu aku mau cari gagasan pokok dan gagasan pendukungnya aja, biar bisa memahami isi teksnya.” 

Cika senang setelah dijelaskan oleh Dira. Ia pun langsung membaca kembali bukunya.

 

Namun, beberapa saat setelah membaca buku, Cika kembali kebingungan, “Eh, tapi bagaimana cara menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya?”

Dira hanya tersenyum kecil melihat tingkah Cika, “Cika, ada tiga langkah yang bisa dilakukan untuk menentukan gagasan pokok. Pertama, menemukan kalimat utama, yang kedua mencari kata kunci, dan yang terakhir menuliskan kembali menjadi lebih ringkas.”

“Kalo gagasan pendukung, gimana?”

“Sama saja, Cika! Tapi, saat menentukan gagasan pokok kita perlu menemukan kalimat utama. Nah, kalo menentukan gagasan pendukung, kita perlu menemukan kalimat penjelasnya. Jadi, ada tiga cara menentukan gagasan pendukung, pertama-tama adalah menemukan kalimat penjelas. Kemudian yang kedua mencari kata kunci, dan yang terakhir menuliskan kembali menjadi lebih ringkas. Seperti ini kalau kita rangkum.”

cara menentukan Gagasan Pokok dan Pendukung

“Nah, dengan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung ini, kamu jadi bisa mengetahui inti dari teksnya deh, Cik! Sehingga, teks panjang pun bisa dibaca dengan lebih mudah!”

Yeay, terima kasih, Dira!”

Beberapa jam kemudian, Cika sudah memahami isi teks karena sudah mengetahui apa itu gagasan pokok dan gagasan pendukung, serta cara menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf pada teks tertulis. Ia pun siap menghadapi ujian besok.

 

Kalau kalian, bagaimana? Kalian juga sudah bisa menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks panjang, bukan? Coba tulis jawaban latihan soal berikut di kolom komentar, ya! 

latihan soal Gagasan Pokok dan Pendukung

Ternyata memahami gagasan pokok dan gagasan pendukung cukup menyenangkan ya, teman-teman! Nah, buat kalian yang mau belajar lebih jauh lagi, aplikasi ruangguru menyediakan latihan-latihan soal disertai dengan macam-macam permainan menarik loh! Yuk, download aplikasinya Ruangguru dan jangan lupa berlangganan!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi oleh: Afny Irfani dan Putri Margareth Siagian

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

Akmaliya Alimah Nabila