Kupas Tuntas Jurusan Astronomi, Belajar Apa Aja Sih?

Jurusan Astronomi

Suka mengamati benda-benda luar angkasa? Jurusan Astronomi bisa dipertimbangkan untuk kamu pilih. Simak informasi mata kuliah dan prospek kerjanya di artikel ini.

--

Tidakkah kamu penasaran dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di langit dan luar angkasa? Fenomena red moon, blue moon, supermoon, komet, atau jajaran rasi bintang ternyata bisa kamu pelajari lebih dalam, lho! Kamu bisa belajar tentang itu semua di jurusan Astronomi! Yuk, gali lebih dalam jurusan Astronomi lewat artikel ini.

Jurusan Astronomi menjadi pilihan studi yang kurang familiar di Indonesia. Bahkan, jurusan ini hanya ada di satu kampus di seluruh Indonesia. Yup, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB). Di fakultas ini, kamu bisa belajar ilmu Astronomi mulai dari jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktoral (S3).

 

Mengenal Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi adalah studi yang mempelajari ilmu fisika, biologi, kimia, dan evolusi yang berhubungan dengan bintang, planet, serta benda luar angkasa lainnya. Kamu akan belajar banyak soal struktur dan evolusi alam semesta dengan menerapkan ilmu fisika terhadap objek di langit. Lebih rincinya, pertanyaan soal benda planet, seperti karakteristiknya, pergerakan, persebaran meteorid, dan asteroid, akan terjawab jika kamu masuk ke jurusan Astronomi.

Kalau kamu teliti, detail, tekun, memiliki kemampuan observasi, kamu sangat cocok masuk ke jurusan Astronomi. Tak hanya itu, kamu juga harus punya kemampuan menganalisa, jago dan paham matematika serta fisika, jika kamu ingin masuk ke jurusan ini. Seru kan?

Keahlian untuk Masuk Jurusan Astronomi

 

Mata Kuliah Jurusan Astronomi

Saat masuk ke jurusan Astronomi, hari-harimu di perkuliahan tak akan jauh dari mata kuliah Kimia, Fisika, dan Matematika. Memang, ketiga ilmu alam tersebut sangat diperlukan untuk memahami fenomena alam dalam rentang waktu yang ekstrim. Contohnya adalah saat menguak pembentukan unsur helium dari hidrogen melalui reaksi fusi pada inti matahari.

Nantinya, kamu akan diminta untuk memilih bidang keahlian jika telah masuk ke tahun kedua perkuliahan. Adapun bidang keahlian yang bisa kamu pilih di antaranya, Fisika Bintang, Tata Surya Galaksi, dan Kosmologi. Sementara itu, ilmu Astronomi pun terbagi dalam cabang-cabang ilmu khusus yang lebih spesifik, seperti Astronomi Praktis, Astrometri, Astrofisika, Kosmologi, Astronomi Deskriptif, hingga Astronomi Stellar. Keseluruhan ini akan kamu pelajari saat masuk ke jurusan Astronomi.

Baca Juga: Kenalan Dengan Jurusan Agribisnis, Prospek Kariernya Luas Banget, Lho!

 

Mata Kuliah Jurusan Astronomi

 

Kenapa Harus Pilih Jurusan Astronomi?

Sebelum memilih jurusan Astronomi sebagai program studi di perkuliahan kamu, pastikan kamu sudah yakin terlebih dahulu. Banyak orang yang ingin masuk ke jurusan ini berdasarkan pada kekagumannya dengan alam semesta. Padahal, itu belum cukup lho, teman-teman.

Usai lulus dari jurusan Astronomi, kamu akan menggeluti bidang ini sebagai profesi. Tentu saja, akan lebih banyak tantangan yang kamu hadapi di dunia kerja. Jadi, memilih jurusan Astronomi sebagai jurusan kuliah memang seharusnya didasari dengan rasa keingintahuan dan kemauan belajar yang tinggi.

Sementara itu, mempelajari ilmu Astronomi ternyata memiliki banyak manfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Ilmu Astronomi membantu kita untuk mengetahui pergerakan dan persebaran benda-benda langit. Tak hanya itu, dengan ilmu ini kita dapat mengetahui hitungan waktu berdasarkan peredaran matahari dan bulan.

Alasan Memilih Jurusan Astronomi

 

Prospek Kerja Lulusan Astronomi

Saat lulus dari jurusan Astronomi, kamu akan diberikan gelar Bachelor of Science (BSc). Namun, beberapa universitas akan menyematkan gelar Sarjana Sains dan Seni bagi lulusan jurusan ini. Hal ini mengacu pada mata kuliah yang dipelajari yang tak jauh ilmu alam, yaitu Fisika, Kimia, Matematika, dan Biologi.

Soal pekerjaan dan prospek kerja, ada hal menarik nih yang harus banget kamu tahu. Berdasarkan data sensus Wall Street Journal, lulusan beberapa program studi memiliki tingkat pengangguran nol persen, salah satunya adalah jurusan Astronomi. Hal ini karena kamu memiliki banyak kesempatan untuk bekerja di berbagai lembaga penelitian pemerintahan bidang astronom dan observatorium. Selain itu, ada beberapa prospek kerja jurusan Astronomi dan rentang gajinya sebagai berikut.

  • Astronot (Gaji mulai Rp980 juta per tahun hingga Rp1,27 miliar per tahun)
  • Astronom (Gaji mulai Rp5 juta per bulan)
  • Dosen (Gaji mulai Rp5 juta per bulan)
  • Lembaga penelitian (Gaji mulai Rp6 juta per bulan)
  • Lembaga pemerintah (Gaji mulai Rp5 juta per bulan)
  • Komunikator sains (Gaji mulai Rp4 juta per bulan).

Meski demikian, perlu kamu ingat bahwa gaji yang diperoleh akan bergantung pada pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh karena itu, kamu harus siap belajar banyak untuk menambah ketiga hal tersebut saat masuk di dunia kerja.

 

Di mana Bisa Belajar Jurusan Astronomi?

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi satu-satunya tempat belajar jurusan Astronomi di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Kamu harus siap bersaing jika hendak masuk ke jurusan ini karena hanya 30 mahasiswa per tahun yang akan diterima.

Namun, ada kampus internasional yang bisa menerima kamu yang cinta dengan ilmu Astronomi. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini kampus dunia yang menyediakan jurusan Astronomi.

  1. Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat

  2. Universitas Harvard, Amerika Serikat

  3. Stanford University, Amerika Serikat

  4. Universitas Oxford, Inggris

  5. Universitas Cambridge, Inggris

  6. California Institute of Technology, Amerika Serikat

  7. Universitas Princeton, Amerika Serikat

  8. Institut Teknologi Bandung, Indonesia

Baca Juga: Minat Baca Orang Indonesia Rendah, Masa Sih?

Sungguh persaingan yang sangat ketat, ya, untuk bisa masuk ke jurusan Astronomi. Bekali diri dengan lebih giat bekerja untuk kamu yang hendak memilih jurusan Astronomi sebagai program studi di perkuliahan. Yuk, belajar bareng ruangbelajar by Ruangguru!

New call-to-action

Referensi

Prospek Kerja Jurusan Astronomi [daring]. Tautan: 6 Prospek Kerja Jurusan Astronomi Yang Perlu Anda Ketahui (gramedia.com) diakses pada 18 April 2022.

Ini 8 Kampus Terbaik di Dunia yang Tawarkan Studi Fisika Astronomi [daring]. Tautan: Ini 8 Kampus Terbaik di Dunia yang Tawarkan Studi Fisika Astronomi (idntimes.com) diakses pada 18 April 2022.

10 Peluang atau Prospek Kerja Astronomi [daring]. Tautan: 10 Peluang Atau Prospek Kerja Astronomi Dan Gajinya (renesia.com) diakses pada 18 April 2022.

Jurusan Astronomi [daring]. Tautan: Jurusan Astronomi - Mata Kuliah, Prospek Kerja, Universitas (gramedia.com) diakses pada 18 April 2022.

Profile

Dinda Silviana Dewi