Mengenal Law of Attraction, Prinsip, dan Cara Menerapkannya

pengertian law of attraction, prinsip, dan cara menerapkannya

Percaya nggak kalau pikiran kita itu sangat kuat? Nah, untuk memahaminya, yuk kita bahas tentang law of attraction di artikel kali ini!

 

Kamu pernah dengar nggak tentang law of attraction atau yang sering disingkat dengan LOA? Istilah yang satu ini lagi ramai dibicarakan di media sosial, lho. Pada dasarnya, law of attraction atau hukum ketertarikan adalah pemikiran positif yang akan berdampak positif pula pada kehidupan kita. Sebaliknya, pemikiran negatif akan membuahkan hal negatif pula.

Hmmm, kira-kira kamu percaya nggak, guys?

Apakah benar pikiran kita memiliki kekuatan untuk membuat perubahan nyata dalam kehidupan? Nah, supaya nggak penasaran, kita bahas sama-sama yuk tentang filosofi law of attraction berikut ini.

 

Pengertian Law of Attraction

Law of attraction adalah hukum yang menyatakan bahwa energi positif maupun negatif yang ada di pikiran kita, akan menarik energi dari luar diri untuk ikut masuk ke dalam pikiran. Jadi, kalau pikiran kita positif, maka akan membawa hal positif juga. Sementara, pikiran negatif juga akan membawa hasil yang negatif.

ilustrasi law of attraction

Ilustrasi Law of Attraction (Sumber: Quora.com)

 

Konsep law of attraction sebetulnya sudah ada sejak abad ke-19. Namun, semakin populer sejak rilisnya The Secret di tahun 2006.

Bisa dibilang, law of attraction adalah apa yang kamu pikirkan, maka itulah yang akan terjadi. Maka dari itu, law of attraction juga disebut sebagai hukum ketertarikan atau hukum manifestasi. Artinya, apa pun yang kamu inginkan, selama kamu fokus dan terus memikirkannya, maka hal tersebut pasti bisa terjadi.

Hal tersebut didasarkan pada keyakinan bahwa pikiran kita adalah bentuk energi, dan energi positif akan menarik kesuksesan di semua bidang kehidupan, seperti kesehatan, keuangan, dan hubungan.

Baca Juga: 5 Macam Love Language, Kamu Termasuk yang Mana?

 

Prinsip Law of Attraction

Gimana sih cara law of attraction ini bekerja? Menurut para ahli, ada tiga prinsip utama yang membentuk hukum ketertarikan ini.

1. Like Attracts Like (Hal yang Serupa akan Saling Tarik Menarik)

Prinsip yang pertama mengatakan bahwa hal yang serupa atau mirip akan saling tarik menarik. Maksudnya, orang akan cenderung suka dengan orang yang memiliki kemiripan sifat atau pemikiran yang sama dengannya.

Contohnya, kamu biasanya akan memilih berteman dengan orang yang memiliki kesukaan yang sama, atau menyukai pasangan hidup yang memiliki pemikiran atau goals yang sama.

Nah dari hal ini diyakini, bahwa pemikiran seseorang, baik itu positif atau negatif, akan cenderung menarik hasil yang serupa. Pemikiran negatif akan menarik pengalaman yang negatif, sedangkan pemikiran positif akan membawa kamu pada pengalaman yang kamu inginkan. So, selalu penuhi diri kamu dengan hal-hal yang positif ya.

2. Nature Abhors a Vacuum (Semesta Tidak Menyukai Kehampaan)

Law of attraction menunjukkan bahwa menghilangkan hal-hal negatif dari hidup kamu akan memberikan ruang bagi hal-hal yang lebih positif. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa pikiran dan hidup kita tidak akan pernah kosong. 

Maka dari itu, penting untuk kita mengisi ruang dalam pikiran dan hidup dengan hal-hal yang positif. Pilah mana pikiran yang harus kamu konsumsi dan mana yang tidak. Isilah pikiran dan hidup kita dengan hal-hal yang lebih bermanfaat.

3. The Present is Always Perfect (Hari Ini adalah yang Paling Sempurna)

Law of attraction mengatakan bahwa selalu ada hal yang bisa kamu lakukan untuk menikmati hidup di hari ini. Meskipun hidup itu seringkali tidak sempurna, alih-alih merasa takut dan tidak bahagia, kamu bisa memfokuskan energi untuk menikmati dan menyempurnakan momen saat ini sebaik mungkin.

Curahkan energi kamu untuk menikmati hidup di masa kini, bukan menghabiskan waktu untuk menyesali masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan. Fokus pada hal-hal yang bisa kamu perbaiki dan selesaikan, bukan pada hal yang sulit untuk kita kendalikan.

Baca Juga: Sudah Coba Tes Kepribadian MBTI? Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

 

Cara Menerapkan Law of Attraction

Yuk, ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk membantu kamu menerapkan law of attraction di kehidupan sehari-hari.

1. Buat Tujuan yang Jelas

Mulailah dengan merumuskan tujuan yang spesifik dan jelas dalam berbagai aspek kehidupan kamu, seperti karier, kesehatan, hubungan, atau keuangan. Pastikan tujuan tersebut terukur, realistis, dan sesuai dengan nilai-nilai pribadi.

2. Visualisasikan Ide

Setelah membuat tujuan, coba untuk memvisualisasikannya melalui suatu gambar, seperti menggambarnya di papan dan meletakkannya di tempat yang mudah terlihat. Kamu juga bisa memasang wallpaper berisi quote di handphone atau laptop untuk membantu kamu selalu semangat.

contoh gambar vision board

Contoh gambar vision board untuk membantu menentukan goals. (Sumber: artfulparent.com)

 

3. Bayangkan Kamu Sudah Mencapai Tujuan

Bayangkan dengan jelas dan detail saat kamu telah mencapai tujuan tersebut. Rasakan emosi positif yang muncul dengan pencapaian tujuan tersebut, seperti kegembiraan, kepuasan, atau rasa syukur. Lakukan ini secara rutin dalam meditasi atau sesi visualisasi.

4. Jaga Pikiran Positif

Sadari dan kendalikan pikiran. Hindari pola pikir negatif, seperti keraguan, kekhawatiran, atau ketakutan, dan gantilah dengan pikiran positif dan penuh keyakinan. Fokus pada apa yang ingin kamu capai, bukan pada apa yang ingin kamu hindari.

5. Gunakan Afirmasi Positif

Katakan kalimat-kalimat afirmasi yang mendukung tujuan kamu dan ulangilah secara teratur. Misalnya, “Aku layak untuk sukses”, “Aku sehat dan semangat setiap hari”, atau “Aku pasti akan mendapatkan peluang besar dalam hidup ini”. Afirmasi ini membantu memperkuat keyakinan positif dalam diri kamu.

6. Jangan Lupa Bersyukur

Luangkan waktu setiap hari untuk menghargai apa yang sudah kamu miliki. Rasa syukur akan membantu memperkuat energi positif dan membuka pintu bagi lebih banyak hal positif dalam hidup.

7. Lakukan Tindakan Nyata

Law of attraction tidak hanya mengenai berpikir positif, tetapi juga tentang mengambil tindakan yang sesuai. Susun langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk mencapai tujuan, dan lakukanlah secara konsisten. Bertindak merupakan bagian penting dalam mewujudkan tujuan Anda.

8. Tetap Terbuka Terhadap Peluang

Selalu terbuka terhadap peluang dan pertanda yang muncul di sekitar kamu. Terkadang, alam semesta memberikan jalan yang tak terduga untuk mencapai tujuan kita. Kamu harus peka terhadap kesempatan yang mungkin datang dan ambillah langkah untuk mengikutinya.

Baca Juga: 8 Manfaat Journaling, Cara Kreatif untuk Stabilkan Kesehatan Mental

 

Manfaat Law of Attraction

Walaupun belum ada bukti ilmiahnya, banyak orang yang percaya bahwa menerapkan law of attraction bisa menghasilkan perubahan positif dalam kehidupan, lho. Apa saja sih manfaatnya?

1. Efek Spiritual

Menurut Very Well Mind, menerapkan prinsip-prinsip law of attraction dalam kehidupan sehari-hari bisa meningkatkan spiritualitas seseorang. Banyak orang yang percaya bahwa law of attraction berkaitan dengan Tuhan yang mengabulkan keinginan kita.

Hal ini akan membuat pikiran kita menjadi lebih positif, terutama menjadi lebih bersyukur akan apa yang sudah kita miliki. Aspek spiritual ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat seperti mengurangi stres, depresi, serta meningkatkan kesejahteraan.

2. Kesejahteraan (Well-Being)

Menerapkan law of attraction juga akan berdampak positif pada kesehatan mental. Ini dikarenakan kita bisa menjadi lebih optimis dan percaya bahwa akan ada hal-hal baik yang terjadi dalam hidup ini. Perlahan-lahan, pola pikir negatif dan pesimis akan tergantikan dengan hal yang lebih positif. Cara pikir ini akan membuat kamu lebih terbuka pada peluang dan hal-hal baru.

Gimana, guys, tertarik nggak untuk mulai menerapkan prinsip-prinsip law of attraction dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, dicoba dan mulai rasakan manfaat positifnya. Mulai dari hal kecil seperti lebih semangat belajar dan menambah skill baru dengan bantuan guru privat terbaik di Ruangguru Privat.

CTA ruangguru privat 

Referensi:

What is the law of attraction? [daring]. Tautan: https://www.verywellmind.com/understanding-and-using-the-law-of-attraction-3144808 (Diakses: 19 Juni 2023)

Mengenal law of attraction [daring]. Tautan: https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-law-of-attraction-apa-manfaatnya (Diakses: 19 Juni 2023)

Law of attraction [daring]. Tautan: https://satupersen.net/blog/law-of-attraction (Diakses: 19 Juni 2023)

Sumber Gambar:

https://www.freepik.com/free-photo/front-view-woman-healing-process_34877559.htm#query=law%20of%20attraction&position=1&from_view=search&track=ais&uuid=52d413c8-74af-4c2f-9578-71c7963b26da (Diakses pada 24 November 2023)

https://artfulparent.com/make-vision-board-works-10-steps/ (Diakses pada 24 November 2023)

Kenya Swawikanti