Mengenal Ciri-Ciri Teks Prosedur, Struktur & Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 7

pengertian teks prosedur, ciri-ciri, struktur, dan contohnya

Artikel Bahasa Indonesia kelas 7 ini akan menjelaskan kepada kamu tentang teks prosedur, mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, dan contoh yang diberikan.

Hai, teman-teman! Tahukah kamu apa itu teks prosedur? Nah, apakah kamu pernah memperhatikan cara membuat sesuatu di televisi, Youtube, Tiktok, atau Instagram? Misalnya, cara membuat makanan atau cara mudah membuat hiasan untuk dekorasi rumah. Sebenarnya langkah membuat sesuatu tadi termasuk ke dalam teks prosedur! Secara umum, teks prosedur adalah teks yang menunjukkan cara membuat atau melakukan sesuatu. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai pengertian, struktur, dan ciri umum teks prosedur beserta contoh singkatnya. Selamat membaca!

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah sebuah bahan tertulis yang dijadikan dasar untuk menjelaskan tahap kegiatan dalam menyelesaikan suatu aktivitas. Tujuan dari teks prosedur adalah menjelaskan bagaimana kegiatan harus dilakukan, agar pembaca dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat.

Contoh simpelnya itu petunjuk cara memasak mie instan. Tentu kamu pernah masak mie instan dong, ya. Nah, di bagian belakang kemasan mie instan itu, ada petunjuk bagaimana cara memasak mie instan yang tepat, mulai dari takaran air sampai lama waktu merebus mie. Tujuannya ya supaya kita jadi tau proses memasak mie instan yang benar. Jadi, mie nya nggak akan kematangan, atau bahkan belum matang.

Baca Juga: Memahami Pengertian dan Unsur-unsur Teks Cerita Fantasi

 

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Ciri-ciri teks prosedur yang membedakannya dengan jenis teks yang lain, di antaranya sebagai berikut:

  1. Menggunakan pola kalimat perintah (imperatif) yang harus ditaati dalam pelaksanaan teks prosedur.
  2. Terdapat panduan langkah-langkah yang harus dilakukan.
  3. Menggunakan kata kerja aktif.
  4. Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan.
  5. Terdapat aturan atau batasandalam hal bahan atau kegiatan yang dilakukan.
  6. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, tempat, dan cara yang akurat.
  7. Terdapat isi kegiatan yang dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut tips).

 

Baca Juga: Mengenal Ciri-Ciri Fabel dan Legenda, Yuk!

 

Struktur Teks Prosedur

Nah, setelah mengetahui ciri umum teks prosedur, selanjutnya kita akan mempelajari tentang struktur penulisan teks prosedur, nih. Struktur penulisan teks prosedur dibagi menjadi  empat bagian, yaitu tujuan, alat dan bahan, langkah pengerjaan, dan penutup.

1. Tujuan

Bagian ini berisi hal yang ingin dilakukan. Nah, tujuan teks prosedur ini disesuaikan dengan jenis teks-nya yah. Bisa untuk menggunakan suatu alat, membuat makanan, minuman, kerajinan, atau melakukan sesuatu.

2. Alat dan Bahan

Struktur teks prosedur ini isinya tentu memuat segala alat dan bahan yang diperlukan. Bedanya alat dan bahan itu apa, sih? Kalo alat-alat itu berkaitan dengan benda yang nggak bakal habis atau berkurang ketika kita pakai. Misalnya, alat yang digunakan untuk memasak, ada wajan, pisau, talenan, mangkok, dsb. Sementara itu, bahan-bahan merupakan sesuatu yang akan berkurang ataupun habis ketika dipakai. Misalnya, bahan yang digunakan untuk membuat roti, berarti ada tepung terigu, gula, garam, mentega, telur, dsb.

3. Langkah-langkah

Bagian langkah-langkah berisi urutan langkah secara rinci dan bertahap. Jadi, step by step gitu, lho! Hehe… Hal ini bertujuan untuk membuat suatu kejadian menjadi runtut, sehingga tujuan teks prosedur bisa tercapai.

4. Penutup/Simpulan

Struktur teks prosedur yang terakhir ada penutup atau kesimpulan. Isinya ya berupa simpulan dari suatu prosedur yang udah dilakukan, ya. Bagian ini juga biasanya berisi harapan atau manfaat yang didapat, jika langkah-langkah pada teks prosedur dilakukan dengan baik.

kaidah kebahasaan teks prosedur-1

Baca Juga: Bagaimana ya Cara Membuat Cerita Fantasi?

Jenis Teks Prosedur

Jenis teks prosedur dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:

jenis teks prosedur

1. Cara menggunakan/mengoperasikan sesuatu

Jenis teks prosedur yang satu ini menunjukkan cara atau langkah dalam menggunakan atau pengoperasikan sesuatu. Misalnya, cara memainkan biola, cara menggunakan mesin cuci, cara menggunakan cat air, dan lain-lain.

2. Cara membuat sesuatu

Seperti namanya, teks prosedur ini menjelaskan langkah-langkah dalam membuat sesuatu. Misalnya, cara membuat es limun, cara membuat kue tart, cara membuat boneka dari kayu, dan lain-lain.

3. Cara melakukan sesuatu

Teks prosedur ini menunjukkan langkah secara berurutan dalam melakukan sesuatu. Misalnya, cara melakukan gerak tarian, cara melakukan senam sehat, cara melakukan gerakan yoga, dan lain-lain.

 

Contoh Teks Prosedur

Supaya kamu lebih paham tentang apa itu teks prosedur, kita langsung terjun ke contohnya yuk! Perhatikan contoh teks prosedur berikut:

 

Contoh Teks Prosedur dalam Melakukan Pekerjaan

Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Tujuan

Setiap orang harus memerhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti mencuci tangan. Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Langkah-Langkah

  1. Basahi tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir, lalu  tuangkan sabun ke telapak tangan, dua sampai tiga tetes.
  2. Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan secara bergantian.
  3. Kemudian, gosok punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.
  4. Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari pada masing-masing ruas jari.
  5. Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, lalu gosoklah secara perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.
  6. Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari tangan sebelah kanan.
  7. Gosokkan telapak tangan kiri dengan gerakan memutar ujung jari-jari tangan kanan begitu juga sebaliknya.
  8. Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.

 

Penutup

Dengan sedikit peduli mencuci tangan secara benar kita akan terhindar dari penyakit. Selamat menyongsong hidup sehat!

Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Bubur Manado

Cara Membuat Bubur Manado

Tujuan

Bubur ini merupakan menu sarapan super sehat dan kaya serat. Penambahan singkong dan ubi ungu, selain untuk memperkaya warna dan gizinya, juga membuat tekstur bubur beras merah ini lebih pulen.

 

Bahan dan Alat

Bahan-bahan:

400 gram nasi merah

200 gram singkong, cuci, potong dadu

200 gram ubi ungu, cuci, kupas, potong dadu

2 batang serai digeprek

1 ikat kangkung, cuci, petik  daunnya, rajang kasar

1 ikat bayam, cuci, petik daunnya

1 buah jagung manis, dipipil

1500 ml air

 

Langkah-Langkah

  1. Didihkan air, masukkan berurutan nasi merah, singkong, ubi, jagung pipil dan serai. Aduk sampai bubur mengental.
  2. Tambahkan kangkung dan bayam, aduk beberapa saat, jangan sampai terlalu layu.
  3. Angkat dan hidangkan panas, ditemani ikan asin dan kerupuk.

 

Penutup

Pembuatan buburnya cukup mudah, murah, dan sekaligus sehat. Sarapan sehat dengan menu makanan tradisional yang telah dikreasikan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks, dan Protokol

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai ciri dan struktur teks prosedur. Tentu setelah ini kalian dapat mengenali apa itu teks prosedur, ciri umum teks prosedur, hingga struktur dan contohnya dengan mudah, ya. Teks prosedur sangat dibutuhkan agar suatu kegiatan dapat berjalan dengan baik dan benar. Yuk, belajar macam-macam teks lainnya dengan seru dan menyenangkan di ruangbelajar. Mulai dari video belajar, soal latihan, dan rangkumannya yang akan membuat belajar kamu jadi lebih mudah.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Harsiati, Titik dkk. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sumber gambar:

GIF ‘Breakfast Snack’ [Daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=e2ZGRSLxopA (Diakses pada 22 September 2021)

Artikel diperbarui 22 September 2022.

 

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D