Mudah Lupa? Ikuti 9 Tips Berikut untuk Tingkatkan Konsentrasi Belajar

Cara Meningkatkan Konsentrasi dalam Belajar

Apakah kamu tipikal orang yang mudah lupa? Coba terapkan tips berikut ini yuk, untuk tingkatkan konsentrasi dan fokus kamu, supaya belajar jadi lebih optimal!

 

Kamu sulit konsentrasi saat menerima materi pelajaran di sekolah?

☑ Kemarin malam kamu baru belajar materi A, tapi malam berikutnya sudah lupa lagi materinya?

☑ Lupa kalau ada tugas sekolah yang harus dikerjakan? 

Pernah mengalami hal-hal di atas waktu belajar? Pada dasarnya, perasaan lupa itu normal, kok. Kenapa? Semakin kita bertumbuh, daya ingat kita memang menurun, tidak setajam sebelumnya.

Namun, terkadang, perasaan mudah lupa menjadi hal yang mengganggu dalam beraktivitas, ya. Apalagi kalau kamu sedang belajar, mengerjakan banyak tugas sekolah, atau menyelesaikan deadline. Akibatnya, kamu jadi sulit fokus atau berkonsentrasi.  

Biasanya, perasaan lupa saat belajar juga bisa dipicu oleh beberapa hal, loh. Misalnya saja terlalu banyak tugas yang sedang kamu kerjakan, atau kondisi tubuh kamu yang memang sedang kurang sehat.

Nah, buat kamu yang suka lupa saat belajar, simak 9 tips berikut ini untuk menambah konsentrasi kamu! Let’s go~

 

1. Doodling

Waktu kamu sedang bosan di dalam kelas, pernah nggak iseng gambar-gambar? Tanpa disadari, kamu sedang membuat doodle. Doodling sendiri adalah istilah untuk menggambar tanpa tujuan. Oleh karena itu, ciri khas doodle adalah spontan.

Katanya sih, orang yang hobinya doodling itu kurang memperhatikan keadaan sekitar. Pada kenyataannya, kegiatan ini dapat membantu kita agar otak tetap aktif, loh!

 sulit konsentrasi - doodling

Ilustrasi seorang anak sedang doodling. (Sumber: thumbs-mic.com)

 

Di tahun 2009, seorang profesor bernama Jackie Andrade melakukan sebuah studi yang membuktikan bahwa doodler mampu mengingat fakta 30% lebih baik ketimbang non-doodlers.

Pada studi tersebut, peserta diminta untuk mendengarkan pesan tentang sebuah pesta yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Nah, peserta harus menuliskan nama semua orang yang bisa menghadiri pesta, dan mengabaikan nama-nama yang tidak dapat hadir.

Setengah dari peserta diminta untuk mengisi kotak dan lingkaran pada secarik kertas, kemudian menuliskan nama-nama tersebut. Sebagian lagi hanya diminta untuk mendengar pesan dan menuliskan nama, tidak boleh mencoret-coret pada lingkaran.

Hasilnya? Kelompok yang mengisi kotak dan lingkaran mampu mengingat sedikit lebih baik daripada mereka yang hanya menuliskan nama.

Selain itu, doodling juga bisa membantumu kamu mengingat dan memahami materi berdasarkan tipe belajar. Misalnya nih, jika kamu tipe visual, kamu akan lebih senang belajar dari catatan yang diberi warna dan gambar-gambar lucu.

Kalau kamu tipe yang kinestetik, kamu bisa belajar sambil memahami materi menggunakan tangan untuk mencatat dan menggambar.

Baca Juga: Apa Sih Penyebab Kita Bisa Lupa?

 

2. Rosemary

Peneliti menemukan fakta bahwa menghirup aroma tumbuhan rosemary dapat meningkatkan kinerja otak dan daya ingat sebesar 60-75%, loh! Cara ini sempat dilakukan pada orang yang sering lupa minum obat tepat waktu dan juga mengingat tanggal.

Jadi, sebuah tim psikologi di Northumbria University melakukan uji coba minyak rosemary pada 66 orang dengan membagi peserta menjadi dua ruangan. Satu ruangan sudah disemprot aroma rosemary, sedangkan satunya lagi tidak.

 sulit konsentrasi - tumbuhan rosemary

Gambar tumbuhan rosemary. (Sumber: thefamilyceoblog.com)

 

Lalu, mereka diminta melakukan serangkaian tes yang ditujukan untuk menguji daya ingat. Hasilnya, orang yang berada dalam ruangan beraroma rosemary memiliki performa lebih baik dibanding yang tidak.

Nah, selain meningkatkan daya ingat, tanaman ini juga bermanfaat untuk mengatasi migrain, antibakteri, meningkatkan imunitas, mengatasi masalah pencernaan, membuat nafas lebih segar, dan detoksifikasi liver. Psst, kamu bisa coba tempatkan tanaman rosemary di tepi jendela dan hiruplah setiap hari.

 

3. Mengepalkan Tangan

Tahukah kamu kalau mengepalkan tangan berpengaruh pada daya ingat? Sejumlah ahli di Amerika Serikat melakukan sebuah eksperimen terhadap 50 orang dewasa.

Para ahli tersebut mengemukakan bahwa hanya dengan mengepalkan tangan kanan, maka dapat membantu meningkatkan keampuan mengingat sesuatu, misalnya daftar belanja atau nomor telepon. Kemudian, mengepalkan tangan kiri dapat membantu mengingat peristiwa yang terjadi di masa lalu.

sulit konsentrasi - Mengepalkan tangan
Ilustrasi orang yang sedang mengepalkan tangan. (Sumber: menshealth.co.uk)

 

Nah, dari penelitian tersebut juga ditemukan fakta bahwa ketika melakukan gerakan mengepal, mereka lebih mudah mengingat kata-kata dan kalimat yang panjang. Well, mengepalkan tangan memang ada kaitannya dengan bagian otak tertentu yang berhubungan dengan ingatan. Sedikit tips untuk kamu, beli stress ball.

“Gerakan tubuh sederhana dapat mengubah cara kerja fungsi otak, termasuk meningkatkan daya ingat”, kata salah satu peneliti, Dr. Ruth Propper.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif Supaya Nggak Cepat Lupa 

 

4. Permainan Asah Otak

Untuk menjaga agar otak tetap bekerja sebagaimana mestinya, maka harus terus diasah. Kenapa? Karena otak kita itu seperti mesin, guys. Kalau mesin terlalu sering didiamkan, tidak bergerak, maka lama-kelamaan akan rusak, kan. Tapi, sebaliknya, ketika mulai dipanaskan, lalu digunakan, maka mesin akan menjadi lebih lincah.

sulit konsentrasi - Teka-teki silang
Gambar teka-teki silang. (Sumber: ems-solutionsinc.com)

 

Kamu bisa coba bermain permainan klasik, seperti Sudoku atau teka-teki silang yang dapat memperbaiki ingatan dan menunda kepikunan. Permainan asah otak dipercaya mampu meningkatkan kemampuan kognitif, menguji kemampuan otak dalam hal perhatian dan juga kecepatan.

 

5. Menguasai Skill Baru

sulit konsentrasi - Belajar merajut
Siapa nih yang suka merajut? (Sumber: lifehack.org)

 

Peneliti mengatakan bahwa, setiap aktivitas yang rajin dilakukan secara rutin akan memperbaiki ingatan. Kamu bisa mulai dari belajar bahasa asing yang disukai, merajut, memasak, menjadi relawan, dan sebagainya.

Lakukan dengan disiplin dan coba lihat perubahan setelahnya. Dari kegiatan itu, kamu harus selalu upgrade kemampuan belajarmu. Jadi, pelajarilah satu hal baru setiap harinya. Kalau kamu butuh tutor ahli, kamu bisa coba belajar dengan guru privat, ikut komunitas, atau cari referensi melalui channel Youtube yang menyajikan konten-konten berkualitas.

 

6. Keluar dari Zona Nyaman

sulit konsentrasi - Nyemplung ke air yang lebih dalam
Suka tantangan? Coba ‘nyemplung’ lagi ke air yang lebih dalam. (Sumber: forbes)

 

Ketika kita berada di zona nyaman, tentu enggan rasanya untuk keluar. Namun, justru di luar zona nyaman itulah kamu bisa berkembang.

Kalau terus-menerus ada di kondisi nyaman, hidup kamu tentu tidak berwarna. Menjalani rutinitas itu-itu saja, tidak menemukan tantangan baru, tidak akan membentukmu jadi pribadi yang lebih berkualitas.

Coba deh beranikan diri untuk ‘nyemplung’ ke air yang lebih dalam lagi, dan nikmati sensasi yang kamu dapatkan. Tidak usah terlalu muluk-muluk mikirnya, mulai saja dari menekuni sebuah hobi baru. Cermati, pelajari, dan serap semua ilmu yang kamu dapat.

Baca Juga: 9 Cara Cermat Agar Cepat Memahami Pelajaran

 

7. Menggunakan Font Unik

Ketika membaca buku, koran, majalah, atau apa pun yang ada di internet, tentu kita menginginkan font yang mudah dibaca, kan? Eits, tapi peneliti berpendapat lain, lho!

Cara terbaik untuk mengingat sesuatu yang sudah kamu baca adalah membacanya dengan font yang tidak biasa. Pasalnya, jika kamu membaca sesuatu yang agak sulit dibaca, kamu ‘dipaksa’ untuk berkonsentrasi penuh pada bacaan tersebut. Dengan demikian, cara ini akan lebih memudahkanmu untuk mengingat. Wow, unik juga, ya!

 

8. Neurobics

sulit konsentrasi - Mencoba rute baru berangkat ke sekolah
Mencoba rute baru berangkat ke sekolah. (Sumber: signal.co)

 

Bagi kamu yang belum tahu, neurobics adalah latihan atau olahraga otak yang menghubungkan rangsangan kelima indra kita. Tujuannya untuk meningkatkan performa otak.

Neurobics ini melibatkan perubahan rutinitas yang tidak biasa. Jadi, otak akan melakukan tugas-tugas yang berbeda untuk membuat jalur saraf (neural pathways) yang baru.

Misalnya, coba gunakan tangan kirimu untuk menyikat gigi. Jika kidal, lakukan dengan cara sebaliknya. Atau, cobalah untuk mandi dengan mata terpejam. Kamu juga bisa mencoba mengubah rute perjalananmu dari rumah ke sekolah/kampus/kantor biar lebih seru.

 

9. Mengajar

sulit konsentrasi - mengajar
Ilustrasi guru yang sedang mengajar anak muridnya (Sumber: pharmacyforme.org) 

 

Kalau kamu susah mengingat materi pelajaran, padahal sudah giat belajar sebelumnya, mungkin metode ini bisa membantu. Kamu bisa berpura-pura sebagai guru/mentor/dosen yang sedang mengajar di kelas. Ajaklah temanmu untuk menjadi anak muridnya. Atau, kamu bisa bermonolog memaparkan materi.

Dengan mengajarkan materi yang baru saja kamu pelajari kepada teman/orang lain, ini bisa meningkatkan daya ingat serta pemahaman kamu terhadap materi. Selain itu, kamu juga sekaligus mentransfer ilmu kepada orang lain.

Itu dia 9 cara untuk meningkatkan daya ingatmu, supaya nggak mudah lupa dan lebih berkonsentrasi. Selain tips yang sudah disampaikan di atas, jangan lupa untuk memberi otak asupan yang baik, olahraga teratur, serta istirahat cukup, ya. Karena badan yang fit juga akan mempengaruhi kinerja otak.

Dicoba satu-persatu yuk, guys! Kemudian, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya. Nah, untuk pengalaman belajar yang lebih menarik, asik, dan mudah paham, kamu juga bisa manfaatkan aplikasi ruangbelajar, loh! Materi belajar dalam bentuk video animasi menarik akan membantumu semangat belajar juga!

CTA ruangbelajarSumber Gambar:

Gambar ‘Gadis Belajar’ [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/little-ethnic-girl-studying-home_4975733.htm

Ruangguru