10 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif Supaya Nggak Cepat Lupa

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Suka lupa? Baru belajar tapi sudah lupa materi? Nah, ikuti beberapa cara dan tips meningkatkan daya ingat yang efektif berikut ini.

--

“Eh, kayaknya ada tugas yang belum dikerjain deh..tapi apa ya.”

Kamu suka lupa? Lupa taro remot TV, lupa kunci rumah, atau lupa kalau besok ada ujian? Wah, jangan dianggap sepele ya. Apalagi di umur kamu yang masih muda, kemampuan mengingat sangat dibutuhkan untuk mempertahankan materi pelajaran yang kamu dapatkan setiap harinya.

Memiliki ingatan yang kuat juga akan berdampak positif untuk menentukan keberhasilan akademik kamu. So, bagi kamu yang merasa mudah lupa, ketahui yuk beberapa cara meningkatkan daya ingat sebagai tips belajar ampuh.

1. Merangkum kembali

Suka merasa materi yang diberikan oleh guru terlalu banyak? Sampai kamu bingung bagian mana yang paling penting?

Duh, bener banget.

Nah, terkadang kita tidak mengerti bagaimana cara mengelola informasi yang masuk ke dalam memori kita. Untuk mengingat informasi baru yang kamu terima, cobalah untuk merangkum kembali seluruh informasi dengan menggunakan kata-kata kamu sendiri. Dengan begitu, kamu pun akan lebih mudah untuk memahami informasi yang didapatkan. Jika kamu tidak bisa melakukan ini, maka berarti kamu tidak paham sama sekali dengan materi yang diberikan dan harus mengulangnya kembali.

2. Belajar dengan gambar

 

Siapa yang lebih suka baca komik dibanding novel? Hayo, ngaku. Gambar memang lebih mudah untuk diingat dan dipahami dibandingkan teks buku. Visualisasi ini bisa menjadi salah satu strategi untuk mengingat informasi dengan lebih mudah.

Kamu bisa mulai dengan memvisualisasikan gambar dalam pikiran saat mendapatkan informasi. Informasi yang diterima secara visual akan lebih membekas di dalam pikiran, sehingga kamu jadi lebih mudah untuk mengingat. Nggak perlu repot, cus langsung mulai belajar dengan video beranimasi yang seru banget di ruangbelajar.

3. Mengajarkan kembali

mengajarkan materi kembaliMengajarkan kembali materi yang sudah dipelajari kepada teman (Sumber: parents.com)

Saat ini, berbagai ujian akademik menuntut kamu untuk paham konsep materi, bukan hanya menghafal, seperti soal HOTS. Untuk mengingat konsep, kamu harus berlatih dengan belajar secara aktif. Salah satu cara untuk mempertahankan daya ingat terhadap suatu informasi adalah dengan mengajarkan kembali pelajaran yang sudah kamu pahami kepada teman. Kamu bisa membuat kelompok belajar dan bergantian menjelaskan materi yang sudah dipelajari. Pasif dalam belajar akan membuat kamu sangat sulit untuk mengingat apa yang dibaca.

4. Review, review, review

Masih suka belajar SKS atau sistem kebut semalam? Duh, jangan dibiasain ya. Menjejalkan banyak informasi untuk diingat dalam waktu singkat adalah kebiasaan yang nggak baik. Materi-materi itu pasti akan langsung hilang seketika. Kunci dari meningkatkan daya ingat yang baik adalah dengan sering melakukan review atau meninjau ulang catatan dan materi belajar mingguan. Lakukan review berulang-ulang dan rasakan manfaatnya.

Baca juga: 5 Cara Belajar yang Dapat Dilakukan dalam 30 Menit!

5. Gunakan akronim untuk mengingat

Tahu istilah jembatan keledai? Jembatan keledai adalah trik menghafal dan mengingat dengan menggunakan akronim atau singkatan, kata-kata kunci, rima, hingga gambar. Dalam jembatan keledai, setiap huruf yang ada mewakili satu kata dalam kalimat terpisah.

Contohnya untuk menghafal tabel periodik, kamu bisa menggunakan HaLiNa Kawin Robi Cs Frustasi. Singkatan ini terdiri dari unsur H (Hidrogen), Li (Lithium), Na (Natrium), K (Kalsium), Rb (Rubidium), Cs (Caesium), dan Fr (Fransium). Apakah kamu punya jembatan keledaimu sendiri? Coba tulis di kolom komentar ya!

6. Lakukan asah otak dengan permainan

bermain puzzle gameBermain puzzle game (Sumber: highlights.com)

Untuk meningkatkan daya ingat, otak kamu juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Nah, kamu bisa mengasah otak dengan beberapa cara seperti bermain puzzle, catur, mengisi teka-teki silang, menghafal gambar, bermain alat musik, atau membaca. Permainan ini dapat menstimulasi otak untuk menggunakan ingatan.

7. Biasakan untuk mengorganisir hal kecil

Sering kehilangan barang-barang kecil? Nah, untuk menghindari kebiasaan lupa ini, cobalah untuk merapikan barang-barang pribadi kamu dengan teliti. Mulailah dengan yang sepele, seperti membuang barang yang tidak terpakai, meletakkan kembali barang ke tempatnya, dan mengkategorikan barang. Dengan begitu, otak akan lebih fokus dan daya ingat tetap terjaga.

8. Mengonsumsi nutrisi penguat otak

makanan bernutrisi untuk otakMakanan bernutrisi (Sumber: sarasotamagazine.com)

Tak hanya melalukan tips meningkatkan daya ingat tadi, otak juga memerlukan asupan makanan bergizi agar dapat berfungsi optimal. Kamu bisa memperbanyak konsumsi makanan seperti ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau, teh hijau, dan kuning telur.

9. Rutin berolahraga

Olaharga rutin juga bisa menjadi cara menjaga daya ingat dan konsentrasi, lho. Nggak percaya? Ada banyak manfaat olahraga bagi kesehatan otak seperti melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh, meningkatkan suplai darah ke otak, merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak, mendorong perkembangan sel saraf baru, dan sebagainya. So, disarankan kamu untuk melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, berjalan kaki, atau berenang selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

10. Istirahat yang cukup

Masih sering begadang nonton drakor? Eits, istirahat yang cukup juga ternyata berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan dalam mengingat, lho. Saat kamu tidur, ingatan akan menyusun kembali informasi yang telah didapatkan dan hal-hal apa saja yang sudah terjadi. Dengan tidur yang cukup sekitar 7-9 jam sehari, tubuh kamu akan terasa bugar dan terhindar dari stres. Tidur berkualitas juga akan membantu kamu dalam mengingat sesuatu yang baru.

--

Jangan mulai besok, mulai sekarang dan terapkan cara serta tips meningkatkan daya ingat di atas sebagai bagian dari kebiasaan kamu setiap hari. Buat kamu yang mau belajar seru dengan video animasi, games, dan challenge harian langsung aja buka ruangbelajar ya.

New Call-to-action

Referensi:

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi [daring]. Tautan: https://www.alodokter.com/coba-pelajari-cara-meningkatkan-daya-ingat-di-sini (Diakses: 29 November 2021)

Cara Ini Bisa Meningkatkan Daya Ingat [daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2012/07/26/0829354/~Edukasi~Panduan%20Studi (Diakses: 29 November 2021)

Tabel Periodik Unsur dengan Jembatan Keledai [daring]. Tautan: https://kumparan.com/berita-update/table-periodik-unsur-mudah-dihafalkan-dengan-jembatan-keledai-1ukNw40UCG7 (Diakses: 29 November 2021)

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru