Cara Menjumlahkan Bilangan Bulat dengan Pecahan | Matematika Kelas 5

Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pecahan

Dira dan Cika menghitung jumlah tepung dan gula yang dibutuhkan untuk membuat kue menggunakan penjumlahan bilangan bulat dengan pecahan. Yuk, ikuti kisah lengkapnya di artikel Matematika kelas 5 berikut!

--

Pagi itu, matahari bersinar dengan indah. Cika yang sedang ada di rumah Dira, terlihat bersemangat ingin membantu Dira membuat dua buah kue untuk kedua orang tuanya.

Nih! Aku udah pinjam buku resep dari Dafa,” kata Dira sambil menyerahkan buku resep ke Cika. “Sebelum belanja ke pasar, kita catet dulu ya bahan yang mau dibeli apa aja,” lanjutnya.

Oke deh,” jawab Cika.

Cika membuka buku resep itu dan membaca bahan apa saja yang mereka butuhkan. Tiba-tiba, ekspresinya berubah bingung.

“Cik, kenapa?” tanya Dira penasaran.

“Ini Dir… Ternyata kue pertama butuh 9 kg tepung dan 5 kg gula, sedangkan kue kedua butuh 1-Aug-09-2022-10-38-20-95-AM kg tepung dan 2-Aug-09-2022-10-38-21-00-AM kg gula. Aku jadi bingung berapa total tepung dan total gula yang kita butuhkan, ya?” tanya Cika bingung.

Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pecahan

 

“Oh, kalo gitu kita bisa pake penjumlahan bilangan bulat dengan pecahan aja, Cik! ” jawab Dira.

“Caranya gimana, ya?” tanya Cika.

“Kita cari total tepungnya dulu, yuk! Oh iya, karena satuannya sama, kita lihat angkanya saja ya! 9 adalah bilangan bulat dan 1-Aug-09-2022-10-38-20-95-AM adalah pecahan biasa. Berarti, ini adalah penjumlahan bilangan bulat dengan pecahan biasa. Saat menjumlahkan bilangan bulat dengan pecahan biasa, kita bisa langsung jumlahkan aja. Tapi, kamu harus perhatikan posisinya,” jelas Dira.

“Posisinya harus gimana?” tanya Cika, masih bingung.

“Posisi bilangan bulat harus di depan bilangan pecahannya. Berarti kalau soal tadi, 9 ditambah 1-Aug-09-2022-10-38-20-95-AM, maka hasilnya adalah 3-Aug-09-2022-10-38-21-00-AM,” jawab Dira.

Cika mengangguk-angguk paham. “Oh, aku mengerti! Berarti, kalau contoh lainnya seperti 4-Aug-09-2022-10-38-21-03-AM, hasilnya 5-Aug-09-2022-10-38-21-05-AM!” katanya dengan semangat.

Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pecahan Biasa

Baca Juga: Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Beda dengan Metode KPK

“Betul! Kita lanjut menghitung total gula yang dibutuhkan, ya!” usul Dira

Oke. Berarti…  6-Aug-09-2022-10-38-21-06-AM, ya?” tanya Cika.

“Iya. Karena 5 adalah bilangan bulat dan 2-Aug-09-2022-10-38-21-00-AM adalah pecahan campuran, berarti kita akan menggunakan penjumlahan bilangan bulat dengan pecahan campuran.”

Gimana caranya?”

“Ada 3 langkah yang harus dilakukan. Pertama, menguraikan pecahan campurannya. 2-Aug-09-2022-10-38-21-00-AM bisa kita uraikan menjadi 7-Aug-09-2022-10-38-21-10-AM,” jelas Dira.

“Oh, begitu ya… Terus apa lagi?” tanya Cika antusias.

“Kedua, menyelesaikan operasi hitung bilangan dengan bentuk sama. Bentuk yang samanya adalah bilangan bulatnya, berarti 5 + 3. Lalu terakhir, menentukan hasil operasi hitungnya, deh!” jelas Dira.

Hm… Hasil penjumlahannya adalah 8-Aug-09-2022-10-38-21-10-AM ya?”

“Betul, Cika!” Dira membenarkan sambil mengacungkan ibu jarinya.

Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pecahan Campuran

 

“Wah… Berarti kita butuh 3-Aug-09-2022-10-38-21-00-AM kg tepung dan 8-Aug-09-2022-10-38-21-10-AM kg gula ya untuk membuat dua buah kuenya,” kata Cika.

“Iya, benar! Ya udah yuk kita langsung ke pasar aja untuk belanja, biar gak kesiangan!” ajak Dira sambil berdiri.

Ayuk!” balas Cika sambil membawa tas belanja.

Mereka pun pergi belanja ke pasar bersama-sama.

Baca Juga: Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Bulat

Gimana kisah Dira dan Cika hari ini? Melalui kisah ini, kamu bisa belajar ilmu baru loh tentang penjumlahan bilangan bulat dengan pecahan biasa. Nah, kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang kisah mereka sambil belajar bersama, tonton video Dafa & Lulu di ruangbelajar, yuk!

New call-to-action

Materi oleh: Hana Wibawanty Baihaki

Disunting oleh: Taufiq Radityadji

Profile

Erin Dharma Damayanti

Hai, Erin di sini! Selain senang jalan-jalan dan membaca komik, aku juga senang menulis. Baca tulisanku yang lain ya!