Pentingnya Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak Beserta Tipsnya

Pentingnya Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak Beserta Tipsnya

Mengapa mempersiapkan tabungan pendidikan anak itu penting? Mari simak beberapa alasannya, beserta tips mempersiapkannya.

Para orang tua pasti menginginkan pendidikan terbaik untuk anak-anak mereka, karena warisan terbaik yang bisa orang tua tinggalkan kepada anak-anak adalah pendidikan. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan pendidikan anak semaksimal mungkin. Mendaftarkan anak ke sekolah berkualitas, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, Anda bisa mulai membuat tabungan pendidikan anak dari sekarang.

Kali ini, Ruangguru akan menjelaskan beberapa manfaat dan tips dalam mempersiapkan tabungan pendidikan anak. Pertama, mari kita simak 3 manfaat tabungan pendidikan anak berikut.

 

Manfaat Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

 

1. Biaya pendidikan yang sangat mahal

pentingnya mempersiapkan tabungan pendidikan anak

Mempersiapkan tabungan pendidikan anak akan memudahkan orang tua di masa depan. (Sumber: edchoice.org)

Kendala terbesar dalam mempersiapkan pendidikan anak-anak adalah biaya yang sangat tinggi. Tahukah Anda, jika setiap tahun biaya pendidikan anak meningkat hingga 15%?  Oleh karena itu, orang tua sebaiknya mempersiapkan tabungan pendidikan sedini mungkin.

Baca Juga: 7 Cara Terbaik Siapkan Tabungan Pendidikan Anak

 

2. Mempersiapkan pendidikan yang lebih tinggi

manfaat mempersiapkan pendidikan anak

Dengan tabungan pendidikan, orang tua sekaligus bisa merancang pendidikan untuk anak. (Sumber: kiplinger.com)

Orang tua pasti menginginkan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya, namun semakin lama, biaya sekolah dan biaya universitas terus meningkat. Nah, tabungan pendidikan dapat menjadi solusi atas mahalnya biaya pendidikan di masa mendatang. Selain itu, orang tua bisa meminimalisir hal-hal tidak terduga yang mungkin terjadi nantinya.

Baca Juga: 5 Cara Menghargai Usaha Anak dalam Memperoleh Pendidikan

 

3. Ada fasilitas asuransi jiwa

Jika orang tua ingin mempersiapkan uang pendidikan serta asuransi kesehatan secara sekaligus, membuat tabungan pendidikan dapat menjadi solusi untuk keduanya. Dalam tabungan pendidikan, ternyata juga terdapat keuntungan berupa bunga dan asuransi kesehatan.

 

Tips Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya, berikut 3 tips mempersiapkan tabungan pendidikan untuk anak yang bisa Anda coba.

 

1. Mulai secepat mungkin

Tabungan Pendidikan Anak

Orang tua bisa mempersiapkan tabungan pendidikan sedini mungkin. (Sumber: southerncourier.co.za)

Seperti yang sudah dijelaskan pada uraian di atas, biaya pendidikan sangatlah mahal. Oleh sebab itu, semakin cepat orang tua menyiapkan dana, maka akan semakin baik, dan anggaran yang harus disiapkan setiap bulannya juga menjadi lebih kecil.

 

2. Pertimbangkan jenis pendidikan

Orang tua tentu perlu menentukan sekolah atau universitas apa yang akan dipilih untuk anak. Misalnya, apakah anak akan pergi ke sekolah negeri atau swasta. Dengan mempertimbangkan pilihan jenis pendidikan anak nantinya, orang tua bisa menghitung kebutuhan biaya untuk ditabung.

Baca Juga: Apakah Anak Harus Kuliah di Luar Kota?

 

3. Pertimbangkan pembayaran biaya pendidikan

Beberapa sekolah akan memberikan potongan biaya atau diskon jika orang tua membayar biaya pendidikan dimuka. Hal ini tentu memberikan keringanan untuk Anda.

Itu dia beberapa manfaat dan tips yang bisa orang tua pertimbangkan untuk mempersiapkan tabungan untuk anak. Tentu saja, selain tabungan pendidikan, orang tua juga perlu mempersiapkan anak-anak untuk belajar. Salah satunya dengan mendaftarkan mereka ke Kursus Ruangguru for Kids dari Ruangguru. Kursus online calistung, Bahasa Inggris, dan Sains untuk anak usia dini. Coba trial class nya dengan meng-klik banner di bawah ini!

CTA IDN Blog Kursus Ruangguru

Chairunnisya Tisa