Peran Guru dalam Mengarahkan Minat dan Bakat Siswa

Tedy Rizkha Heryansyah Jan 7, 2021 • 4 min read


minat dan bakat siswa

Guru bukan hanya melakukan transfer ilmu pengetahuan, lebih dari itu guru juga berperan dalam proses mengarahkan minat dan bakat siswa? Di artikel berikut ini, kita akan sama-sama membahas hal tersebut secara lebih jelas.

---

Guru sebagai orang tua siswa yang berada di sekolah memiliki kewajiban tidak hanya sekadar mematangkan aspek kognitif saja. Hal lain yang tidak kalah pentingnya menjadi kewajiban seorang guru ialah menjadi tempat bimbingan di luar pemahaman terhadap sebuah materi pelajaran.

Peran guru juga sangat penting ketika dihadapkan pada proses pengarahan minat dan bakat siswa. Minat dan bakat dari seorang siswa nantinya bisa menjadi life skill yang bisa membantu mereka menjalani kehidupan. Nah, sekarang bagaimana peran dari seorang guru dalam proses pengarahan minat dan bakat siswa?

1. Memberikan perhatian

Siswa yang merasa tidak diperhatikan oleh gurunya tidak jarang prestasi dan motivasi belajarnya menurun. Pada hakikatnya, siswa butuh adanya perhatian atau dukungan dari guru. Salah satu cara yang Bapak/Ibu Guru bisa lakukan ialah meluangkan waktu di luar jam mengajar untuk mendengar cerita mereka.

2. Menjalin kerjasama dengan orangtua siswa

Kerjasama yang dilakukan oleh guru dan orang tua jika dilakukan dengan baik dan benar, maka bisa mendorong semangat siswa dalam berkegiatan di sekolah. Guru sebisa mungkin harus proaktif berkomunikasi dengan orang tua. Memberi info kemajuan belajar siswa hingga menawarkan konseling kepada orang tua siswa itu sendiri. 

Baca Juga: Cara Memberitahu Orang Tua Mengenai Masalah Siswa

pengarahan minat dan bakat siswa oleh orang tua dan  guru

Menjalin komunikasi guru dengan orang tua siswa. (sumber: sindonews.com)

3. Rutin memberikan latihan

Minat dan bakat yang sudah terlihat dari siswa harus diberikan pembinaan dan pelatihan rutin oleh guru. Hal ini bertujuan supaya minat dan bakat dari siswa tersebut bisa berkembang dengan baik. Latihan yang diberikan oleh guru tidak harus banyak, melainkan konsisten. Selain itu, pendampingan saat latihan juga merupakan hal yang tidak kalah penting.

4. Penguatan motivasi belajar

Cara meningkatkan motivasi belajar siswa sudah pernah di bahas di blog ini. Begitu pentingnya dukungan untuk penguatan motivasi belajar dari seorang guru kepada siswanya. Nantinya, motivasi belajar untuk mengembangkan minat dan bakatnya ini bisa saja menjadi penentu hasil akhir yang diperoleh dari proses latihan/pembelajaran itu sendiri.

5. Mendukung kegiatan ekstrakurikuler

Beberapa guru merasa tidak nyaman jika siswanya merasa lebih aktif dalam kegiatan ekstrakurikulernya. Guru khawatir jika siswa lebih aktif di kegiatan tersebut, materi pelajaran di kelas nantinya akan tertinggal. Di sinilah pentingnya komunikasi dan pembimbingan kepada siswa dan pengampu kegiatan tersebut. Jika guru melihat siswa tersebut memiliki potensi yang bagus untuk berkembang melalui ektrakurikulernya, maka guru bisa mempertimbangkan bahwa siswa tersebut minat dan bakatnya berkembang melalui kegiatan itu.

kegiatan ekstrakurikuler robotik

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler, robotik. (sumber: tribunnews.com)

6. Melaksanakan evaluasi

Guru juga berperan sebagai evaluator yang bertugas memberikan masukan kepada siswa terkait pengembangan minat dan bakatnya. Misalnya, jika ternyata minat dan bakat tersebut 

sulit diwujudkan oleh siswa, guru bisa memberikan masukan terkait hal-hal apa saja yang harus dilakukan siswa untuk mewujudkan hal tersebut. 

Demikian tadi penjelasan singkat tentang peran guru dalam mengarahkan minat dan bakat siswa. Sudah siapkah Bapak/Ibu Guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di semester genap 2021? Yuk, gunakan layanan penyedia kelas virtual gratis dari ruangguru yakni ruangkelas. Kelola kelas Anda serta berikan tugas dan nilai secara online langsung di aplikasi ruangkelas sekarang juga.

ruangkelas untuk guru

Referensi

Magdalena, Ina dkk. 2020. Peran Guru dalam Mengembangkan Bakat Siswa via Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah Volume 2, Nomor 1, Januari 2020:61-69 (daring). Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang. Tautan: https://core.ac.uk/download/pdf/287210823.pdf

Mutmainnah, Dian. 2020. Peran Guru dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Peserta Didik pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Kelas IV A SD Negeri 5 Kota Bengkulu (daring). Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Tautan: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4849/1/SKRIPSI%20DIAN%20MUTMAINAH.pdf

Sumber foto

Foto header guru dan siswa pramuka. Tautan: https://unsplash.com/photos/DIC2XZd_YgQ

Foto pengarahan guru dengan orang tua siswa. Tautan:

https://lifestyle.sindonews.com/berita/1041155/166/orang-tua-siswa-harus-tahu-guru-sekolah-butuh-kerjasama-anda?showpage=all

Foto ekstrakurikuler robotik. Tautan:

https://surabaya.tribunnews.com/2018/09/10/sekolah-dan-wali-murid-patungan-demi-ekskul-robotika-pilih-sewa-robot-daripada-beli

Profile

Tedy Rizkha Heryansyah

Beri Komentar