10 PTN dengan Kuota Jalur Mandiri Terbanyak, Mau Daftar?

Pojok_Kampus_-_PTN_dengan_Kuota_Jalur_Mandiri_Terbanyak-01

Belum berhasil lolos SBMPTN? Jangan galau, ini daftar 10 PTN dengan kuota jalur mandiri terbanyak yang bisa kamu coba. Yuk, daftar!

Gimana hasil pengumuman SBMPTN kamu hari ini? Bagi yang belum berhasil, ayo segera bangkit! Kamu masih punya kesempatan untuk bisa masuk ke kampus dan jurusan impian melalui jalur Seleksi Mandiri. Masih banyak kok perguruan tinggi negeri (PTN) yang telah membuka pendaftaran untuk jalur mandiri. Bagi kamu yang ingin mengikuti jalur Seleksi Mandiri ini bisa diterima tidak hanya melalui hasil ujian tulis saja, tetapi ada juga seleksi dari hasil UTBK, nilai rapor, dan prestasi lainnya.

LTMPT telah menetapkan daya tampung untuk Seleksi Mandiri adalah paling banyak 30% dari daya tampung program studi yang bersangkutan. Maka dari itu, peluang kamu untuk bisa masuk melalui jalur mandiri masih terbuka lebar, lho.

Kampus UGMKampus UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Nah, ada beberapa PTN yang menyediakan kuota besar untuk jalur Seleksi Mandirinya. Apa saja? Lihat daftarnya berikut ini.

1. Universitas Gadjah Mada

Kuota: 6.927

2. Universitas Padjadjaran

Kuota: 5.545

3. Universitas Diponegoro

Kuota: 5.089

4. Universitas Brawijaya

Kuota: 4.286

5. Universitas Negeri Yogyakarta

Kuota: 3.664

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Kuota: 3.145

7. Universitas Airlangga

Kuota: 3.110

8. Universitas Indonesia

Kuota: 2.675

9. Institut Teknologi Bandung

Kuota: 1.176

10. Institut Pertanian Bogor

Kuota: 1.059

Tertarik untuk mendaftarkan diri ke salah satu PTN yang ada pada daftar di atas? Bagi kamu yang ingin ikut jalur mandiri, kamu perlu mencari tahu ketentuan serta tanggal penting dari masing-masing PTN. Ada beberapa jalur mandiri yang sudah ditutup sebelum pengumuman SBMPTN hari ini. Jadwal resmi pendaftaran dan pelaksanaan seleksi mandiri tiap PTN bisa kamu lihat melalui website PTN yang bersangkutan ya.

Tak perlu khawatir, sebagian besar PTN masih membuka kesempatan untuk calon mahasiswa baru mendaftarkan diri melalui Seleksi Mandiri. So, kamu masih bisa berjuang untuk mendapatkan kursi di kampus dan jurusan impian kamu. Ingat ya, tak ada hasil yang mengkhianati usaha. Kamu pasti bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Selain jalur Seleksi Mandiri PTN, kamu juga bisa mencoba mendaftarkan diri ke perguruan tinggi swasta (PTS), lho. Banyak juga PTS yang bagus dan menawarkan program menarik untuk mahasiswanya. Yuk, tetap semangat dan terus gunakan bimbel online Ruangguru untuk menemani perjuangan kamu masuk ke kampus idaman.

Bimbel Ruangguru

Referensi:

10 Daftar PTN dengan Kuota Jalur Mandiri Terbanyak. Instagram.com/ruangguru [daring]. Tautan: https://www.instagram.com/p/CP9RMz2hJ2M/?utm_medium=copy_link (Diakses: 14 Juni 2021)

H-7 Pengumuman SBMPTN, Ini 10 PTN dengan Kuota Jalur Mandiri Terbanyak. Kompas.com [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/07/105256571/h-7-pengumuman-sbmptn-ini-10-ptn-dengan-kuota-jalur-mandiri-terbanyak?page=all (Diakses: 14 Juni 2021)

Sumber foto:

Kampus UGM [daring]. Tautan: https://www.ugm.ac.id/id/berita/19516-menilik-kesiapan-perkuliahan-di-kampus-ugm-jelang-new-normal (Diakses: 14 Juni 2021)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D