Sekolah Tatap Muka Dimulai, Berikut Tips Agar Tetap Sehat di Sekolah!

Leo Bisma Sep 6, 2021 • 7 min read


Fakta_Seru-_Sekolah_Tatap_Muka_Dimulai,Tips_Agar_Tetap_Aman_dan_Menjalankan_Prokes_di_sekolah-01

Setelah sebelumnya sempat ditunda bahkan dibatalkan, sekolah kembali dibuka dan belajar tatap muka akan dimulai. Yuk, simak tips di artikel ini, dan persiapkan hal-hal penting untuk menjagamu tetap sehat selama belajar di sekolah!

--

Sudah hampir 2 tahun kita melewati masa sekolah yang indah secara daring di rumah, akhirnya datang juga kabar baik untuk kita. Presiden Jokowi dan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mengumumkan mulai September, uji coba belajar tatap muka akan dilakukan. Gimana nih, apakah sudah mulai rindu bertemu dengan teman-teman sekelas?  

Kutipan Joko Widodo Sekolah Tatap Muka

Sekolah tatap muka sudah dimulai di beberapa kota besar dengan status PPKM Level 3. Di antaranya Jakarta, Bandung, dan Solo. Kamu pasti menyambut baik kabar ini, bukan? Tapi tunggu dulu, jangan sampai karena antusias, jadi tidak disiplin protokol kesehatan ya. Kamu tetap harus beradaptasi nih dengan gaya hidup baru selama pandemi. Apa saja tipsnya? Yuk, simak artikel berikut!

1. Membawa Bekal dari Rumah

Siapa yang dari dulu sudah rutin bawa bekal ke sekolah? Nah, selama mulai belajar tatap muka nanti, buat kamu yang sudah biasa atau belum pernah, jangan lupa minta tolong ke ibu kamu untuk siapin bekal, dan bawa bekal yang enak nan bergizi yah!

Kenapa membawa bekal itu penting? Pastinya untuk menjaga kebersihan dan nilai gizi dari makanan kamu nih. Kamu bisa makan dengan alat makan pribadimu sendiri, lebih hemat uang jajan, dan juga nggak perlu kelamaan ngantre di kantin!

Bekal makanan sehat untuk sekolah tatap mukaBekal makanan sehat untuk sekolah tatap muka. (sumber: sajiansedap.grid.id)

Selain itu, dianjurkan juga untuk tidak saling berbagi makanan ya! Bukannya pelit, tapi biar tetap saling menjaga kesehatan, terutama dari alat makan yang digunakan antara kamu dan teman-teman. 

Saat makan, sebisa mungkin juga tetap di kelas guys, jangan di lapangan, apalagi di tempat parkir, kejauhan~.  Kamu bisa makan bareng teman-teman lain dengan jarak yang aman. Jangan lupa juga cuci tanganmu dengan benar-benar bersih, dan segera pakai kembali maskernya ketika sudah selesai makan ya! 

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19

2. Sedia Masker Cadangan dan Hand Sanitizer

Salah satu yang terpenting nih, jangan lupa selalu bawa masker cadangan kalau-kalau masker yang kamu pakai kotor atau basah. Kamu bisa bawa 1-2 masker cadangan untukmu sendiri, atau buat teman yang butuh masker baru. Pastiin juga, selalu gunakan masker yang sudah sesuai dengan standar yang bisa melindungi kamu dari paparan virus ya!

Lalu jangan lupa juga, hand sanitizer, guys! Selalu gunakan ketika kamu baru menyentuh permukaan yang sering disentuh orang lain. Membawa perlengkapan kebersihan pribadi seperti sanitizer sangat penting, untuk antisipasi seandainya di sekolahmu, hal tersebut tidak tersedia.

Baca juga: Cegah Corona, Pilih Sabun atau Hand Sanitizer?

Tapi perlu diingat juga nih, jangan mentang-mentang kamu bawa sanitizer, eh terus jadi lalai menjaga protokol kesehatan, guys. Tetap sebisa mungkin kurangi kontak fisik. Bisa seperti ganti bersalaman atau tos-tosan kamu pakai siku, bisa juga dengan menangkup tangan kaya pas lebaran!

Menjaga protokol kesehatan selama sekolah tatap mukaMenjaga protokol kesehatan selama sekolah tatap muka (Sumber: hksinc.com)

 

3. Membawa Alat Ibadah Pribadi

Buat kamu yang mungkin juga bakal seharian di sekolah, jangan lupa juga nih bawa alat ibadahmu ya. Hal ini juga penting,  karena alat ibadah khususnya yang ada di sekolah berpeluang jadi media penyebaran virus.  Dengan menggunakan alat ibadah pribadi, kamu bisa saling menjaga kesehatan dan juga bisa beribadah dengan nyaman, bukan?  

4. Jangan Lupa Alat Tulis Buat Belajar

Nah kalo ini, tidak pakai tawar menawar ya guys! masing-masing bawa sendiri (Colek yang suka minjem pulpen :D). Alat tulis yang kamu bawa juga pastiin yang lengkap dan cukup buat menuhin kebutuhan kamu ya. Misalnya, pulpen, buku tulis, pensil, mistar, penghapus, jangka, dan lainnya. Pastikan juga  alat tulis kamu jangan ketuker dengan punya teman ya, kalau ragu, bisa tuh ditulisin nama bolpoinnya satu-satu hihi!

Sekolah Tatap Muka Starter Pack

5. Surat Izin dari Orang Tua Jika Diperlukan

Menurut aturan, belajar tatap muka saat ini belum diwajibkan, walau sebagian sekolah sudah kembali tatap muka. Nah, beberapa sekolah mungkin juga membutuhkan persetujuan tertulis dari orang tua untuk mengizinkan kamu kembali ke sekolah saat pandemi.

Kalau sekolahmu memerlukan hal itu, pastikan kamu juga membawa surat persetujuan dari orang tuamu ya di hari pertama ke sekolah!

6. Pastikan Membawa PR dari Sekolah

Last but not least, jangan lupa juga untuk bawa PR dari sekolah ya! Pastiin PR kamu juga sudah dikerjakan hehe. Karena sudah nggak daring lagi, jadi ngumpulin PR-nya jangan telat dan pakai alasan internet macet, atau ketiduran :)

Jangan kerjain PR-nya di sekolah dan menyalin jawaban teman. Inget, copas itu kebiasaan buruk, lho!  Yuk, bawa suasana positif ke sekolah sejak hari pertama kamu kembali sekolah tatap muka! 

Baca juga: Tips Menahan Diri Biar Nggak Copy Paste

Buat kamu yang mungkin sekarang belum punya kesempatan untuk bertemu kembali dengan temanmu di sekolah, tetap bersabar ya! Pada intinya, kita tetap harus tekun belajar, baik di rumah maupun di sekolah. 

Nah, kalau kamu ingin vibe belajar mu jadi lebih seru nan menyenangkan, bisa banget buat ikut live teaching di Brain Academy by Ruangguru. Tutornya seru dan juga ada fitur live chat yang bisa bikin suasana belajar jadi rame dan kamu bisa belajar secara interaktif juga, nggak terasa sepi walau belajar di rumah!

BA online

Referensi:

Safe Back to School: A Practitioner’s Guide [Daring]. Tautan: https://www.cpaor.net/sites/default/files/2020-11/Safe%20Back%20to%20School%20A%20practioner%20s%20Guide_EN.pdf (Diakses: 3 September 2021)

Untuk Area Jawa, Ini Daerah yang Boleh Sekolah Tatap Muka dengan Prokes Ketat [Daring]. Tautan: https://www.suara.com/news/2021/08/31/073447/untuk-area-jawa-ini-daerah-yang-boleh-sekolah-tatap-muka-dengan-prokes-ketat (Diakses: 3 September 2021)

 Jokowi Umumkan Sekolah Tatap Muka Serempak September 2021, Satgas: Bakal Dihentikan 3 Hari Jika Ada Siswa Positif Covid-19  [Daring]. Tautan: https://health.grid.id/read/352868145/jokowi-umumkan-sekolah-tatap-muka-serempak-september-2021-satgas-bakal-dihentikan-3-hari-jika-ada-siswa-positif-covid-19?page=all (Diakses: 3 September 2021

Sumber foto:

Why Going Back to School After COVID-19 Won’t Be a Return to Normal. Tautan: https://www.hksinc.com/our-news/articles/why-going-back-to-school-after-covid-19-wont-be-a-return-to-normal/ (diakses 6 September 2021)

5 Resep Bekal Sekolah Enak dan Praktis, Pasti Bikin Si Kecil Semangat. Tautan: https://sajiansedap.grid.id/read/101788636/5-resep-bekal-sekolah-enak-dan-praktis-pasti-bikin-si-kecil-semangat?page=all (diakses 6 September 2021)

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru

Beri Komentar