Mengenal 6 Organ Sistem Pernapasan Manusia | Biologi Kelas 8

organ sistem pernapasan manusia

Artikel Biologi kelas 8 ini akan membahas mengenai macam-macam organ sistem pernapasan manusia, yaitu rongga hidung, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, paru-paru. Yuk, kita pelajari bersama!

 

Pada hari minggu kemarin, Rogu sedang lari pagi bersama Budi di lapangan dekat rumah.

Rogu: “Kok bau ya, ini bau apa sih?”

Budi: “Iya Rogu, ini bau sampah. Karena di sebelah kiri kamu ada tumpukan sampah berserakan”.

Rogu: “Pantesan, yuk  kita lari lebih cepat supaya baunya ilang”.

Setelah berlari sekitar 100 m, Rogu kembali berhenti.

Rogu: “Wah, ini bau apa? kok enak?”

Budi: “Iya Rogu, ini bau Ayam goreng. Karena di depan kamu ada warung ayam goreng”.

Wah, Rogu makin sehat ya sekarang. Tapi tahukah kamu, kok Rogu bisa membedakan bau sampah dan bau ayam goreng ya? Yup, kita mampu ngebedain bau ayam goreng dan sampah itu karena hidung kita lho! Rongga hidung ini termasuk ke dalam organ yang berperan dalam sistem pernapasan kita.

organ pernapasan manusia

 

Organ sistem pernapasan manusia adalah organ dan jaringan yang membantu kita bernapas. Urutan alat pernapasan manusia yang benar adalah rongga hidung, pangkal tenggorokan, trakea, bronkus, bronkiolus, hingga paru-paru. Yuk belajar tentang organ sistem pernapasan manusia, check this out!

 

1. Rongga Hidung

rongga hidung

 

Organ pertama yang membantu proses pernapasan kita adalah rongga hidung. Rongga hidung adalah rongga tempat masuknya udara untuk kita bernafas. Pada rongga hidung, terdapat rambut hidung yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke rongga hidung.

Tidak hanya itu, di rongga hidung juga terdapat ujung-ujung saraf pembau. Nah, saraf ini berguna untuk membedakan bau-bau yang masuk ke hidung. Dari saraf ini, kamu dapat membedakan mana bau parfum, bau sampah, hingga bau ayam goreng yang bikin laper.

Jadi, secara keseluruhan fungsi rongga hidung kita adalah:

  • Tempat masuknya udara.
  • Penyaring udara melalui rambut-rambut halus dan lendir di dalam hidung.
  • Sebagai indra penciuman.

 

Baca Juga: Apa Saja Bagian-Bagian Hidung Beserta Fungsinya?

 

2. Pangkal Tenggorokan (Laring)

laring

 

Next, organ yang kedua adalah laring. Laring atau yang biasa disebut pangkal tenggorokan, berfungsi sebagai tempat melekatnya selaput atau pita suara. Nah, pada laring lah suara kita dapat dihasilkan.

Laring dapat terkena infeksi loh, yang biasa dikenal dengan penyakit laringitis. Penyebab infeksi ini adalah karena adanya peradangan akibat sering teriak, iritasi, atau infeksi. Jadi kamu harus menjaga pita suara kamu ya! Dengan cara minum air putih dan istirahat yang cukup ya.

 

3. Trakea (Batang Tenggorokan)

trakea

 

Organ yang ketiga adalah trakea. Trakea terletak di depan kerongkongan dan terdiri dari tulang-tulang rawan berbentuk cincin. Pada trakea ini, ada katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pernafasan. Berikut ini adalah sistem kerja trakea:

  • Ketika sedang berbicara, katup menutup, saluran makanan tertutup dan saluran pernapasan terbuka.
  • Ketika sedang menelan, katup membuka, saluran makanan terbuka dan saluran pernapasan tertutup.

 

4. Bronkus (Cabang Batang Tenggorokan)

bronkus

 

Selanjutnya organ dalam sistem pernapasan manusia yang keempat adalah bronkus. Bronkus merupakan cabang batang tenggorokan yang menyambungkan antara trakea dan paru-paru.

Hampir mirip dengan trakea, bronkus tersusun atas tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin. Namun, bronkus terdiri dari dua cabang, yang di masing-masing cabang menyambungkan ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Baca Juga: Apa Saja Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia?

 

5. Bronkiolus (Anak Cabang Batang Tenggorokan)

bronkiolus

 

Bronkiolus merupakan percabangan bronkus yang terdapat dalam paru-paru. Jumlah cabang pada bronkiolus sesuai dengan jumlah lobus (gelambir) pada paru-paru. Pembagiannya adalah pada paru-paru sebelah kanan terdapat 3 lobus dan paru-paru kiri terdapat 2 lobus.

 

6. Paru-Paru (Pulmo)

paru-paru

 

Organ yang terakhir adalah paru-paru. Paru-paru terletak di dalam rongga dada dan terdiri dari 3 gelambir pada paru-paru kanan dan 2 gelambir pada paru-paru kiri.

Di dalam paru-paru inilah terjadi pertukaran udara kotor yang mengandung karbon dioksida (CO2) dengan udara bersih yang mengandung oksigen (O2). Pertukaran udara ini tepatnya terjadi dalam gelembung paru-paru (alveolus) yang bersentuhan dengan bronkiolus.

Baca Juga: Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Organ Sistem Pernapasan

Jadi secara garis besar, proses sistem pernapasan manusia terdiri dari 6 organ, yaitu rongga hidung, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru. Masing-masing organ, punya peran penting dalam menjalankan fungsinya. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan sistem pernapasan kita.

Wah, ternyata sistem pernapasan manusia itu terdiri dari beberapa organ ya. Nah untuk mempelajari materi-materi lainnya. Yuk berlangganan ruangbelajar. Agar belajar kamu semakin asik dan menyenangkan dengan video-video interaktif dan soal-soal latihan yang banyak.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi: 

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTS Edisi Revisi 2017. Jakarta: Balitbang Kemendikbud

Zara Larasati