8 Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi pada Manusia | Biologi Kelas 8

Header_BIO_Upaya Menjaga Sistem Ekskresi Manusia

Artikel Biologi kelas 8 ini menjelaskan tentang apa saja upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga sistem ekskresi agar tetap sehat.

Teman-teman, siapa di antara kamu yang suka nahan-nahan untuk buang air kecil? Padahal udah kebelet banget, tuh. Tapi, masih ada aja alasan untuk ditahan-tahan. Entah itu mager ke kamar mandi lah, toiletnya kotor lah, nanggung karena lagi asik ngerjain sesuatu, pokoknya banyak! Asal kamu tau ya, menahan buang air kecil itu nggak baik, lho! Bahaya! Apalagi kalau sampai berjam-jam.

Hmm… Sebahaya apa sih emangnya?

Kamu tau nggak sih, tubuh kita memiliki kemampuan untuk menjaga agar cairan dalam tubuh tetap seimbang. Jika tubuh kelebihan cairan, maka untuk menyeimbangkannya, cairan tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk urin atau air kencing. Nah, urin ini mengandung racun, urea, serta zat-zat sisa yang sudah tidak digunakan lagi.

Kalau kamu suka menahan buang air kecil, otomatis kamu juga akan menahan keluarnya zat-zat kotor dalam tubuh yang mengandung banyak bakteri. Bila dibiarkan terus menerus, bisa membahayakan ginjal kamu, loh!

upaya menjaga sistem ekskresi

Serem banget nggak, sih? (Sumber: giphy.com)

 

Gimana nggak jadi bahaya, zat kotor yang seharusnya dikeluarkan secara teratur oleh tubuh melalui urin, malah jadi menumpuk dan mengendap di ginjal akibat seringnya kamu menahan buang air kecil. Akibatnya, sistem ekskresi kamu jadi terganggu, deh. Kalau ginjal kamu udah rusak, siap-siap nih kamu bakal mengalami macam-macam gangguan pada sistem ekskresi. Oleh karena itu, kamu jangan suka nahan buang air kecil lagi, ya.

Baca Juga: Macam-Macam Gangguan Sistem Ekskresi Manusia

Sebenarnya, bukan hanya “buang air kecil pada waktunya” aja yang bisa menghindarkan kamu dari penyakit yang menyerang organ sistem ekskresi. Seperti yang udah kamu ketahui, organ sistem ekskresi nggak cuma ginjal aja, tapi juga ada kulit, paru-paru, dan hati. Nah, keempatnya harus kita jaga karena peran mereka yang amat penting, yaitu mengeluarkan racun yang berbahaya bagi tubuh.

Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga sistem ekskresi agar tetap sehat. Di bawah ini telah dirangkum menjadi lima upaya aja, loh. Wah, apa aja ya kira-kira? Yuk, kita cari tau sama-sama!

 

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk organ sistem ekskresi seperti kulit dan ginjal. Minum air putih yang cukup dapat mencegah tubuh agar tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Hal ini penting banget loh karena bila tubuh mengalami dehidrasi, tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

minum air putih yang cukup - upaya menjaga sistem ekskresi

Baca sambil minum air (Sumber:giphy.com)

 

Kandungan air yang optimal dalam tubuh berfungsi untuk mengatur suhu tubuh agar tetap stabil, melindungi organ dan jaringan dalam tubuh, membantu kerja sistem pencernaan, membawa oksigen dan nutrisi dalam darah untuk disalurkan ke sel-sel tubuh lain, menjaga kulit agar tetap lembab dan sehat, serta membantu kerja ginjal untuk membersihkan racun yang ada pada tubuh.

Sebegitu banyak manfaatnya, masih mau jarang minum air putih? Daripada minum boba mending minum air putih.

 

2. Mengatur Pola Makan

Selain minum air putih yang cukup, makan juga harus diatur, nih. Kamu pasti pernah dengar istilah “makanan 4 sehat 5 sempurna”, kan. Yap, istilah itu telah dijadikan ukuran kecukupan gizi yang ideal bagi tubuh kita. Alasannya karena “makanan 4 sehat 5 sempurna” mengandung zat gizi yang lengkap, mencakup karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

makanan 4 sehat 5 sempurna - upaya menjaga sistem ekskresi

Makanan 4 sehat dengan susu sebagai penyempurna (Sumber: fortune.com)

 

Nah, biasanya, banyak dari teman-teman yang nggak suka makan sayuran, kan. Hayoo… Jangan sampai kebutuhan vitamin dan serat harian kamu kurang, ya. Dengan mengatur pola makan yang benar, tubuh akan menjadi lebih berenergi karena sistem metabolisme yang meningkat. Selain itu, kita juga akan membantu menjaga kesehatan hati dan ginjal dengan mengurangi makan makanan yang tidak baik untuk tubuh.

Baca Juga: Macam-Macam Organ Sistem Ekskresi Manusia

 

3. Istirahat yang Cukup

Upaya selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga organ sistem ekskresi agar tetap sehat adalah istirahat yang cukup. Saat kamu tidur, kulit juga ikut beristirahat, lho. Jadi, kualitas tidur yang baik akan membuat kulit menjadi sehat dan tidak kering. Tidur yang cukup ternyata juga penting untuk masa pertumbuhanmu. Kenapa? Saat tidur, tubuh akan melepaskan hormon yang membantu masa pertumbuhan tulang, memperbaiki sel dan jaringan, serta meningkatkan massa otot. Tapi ingat! tidurnya yang cukup ya, jangan berlebihan.

tidur untuk menjaga sistem ekskresi

Eh, eh, jangan langsung tidur dulu, dong. Masih ada dua bahasan lagi, nih.

(Sumber: giphy.com)

 

4. Rajin Berolahraga

Nah, kalau upaya yang satu ini kamu pasti agak males buat ngelakuinnya, kaaan. Ngaku aja, deh. Eits! Sebenarnya, olahraga itu nggak perlu yang berat-berat, kok. Cukup jalan kaki aja dari rumahmu ke sekolah. Itu juga udah membantu menjaga kesehatan ginjal dan paru-paru kamu. Tapi, kalau jarak rumahmu ke sekolah cukup jauh, jangan dipaksa ya. Bisa-bisa, gempor deh itu kaki.

 

5. Tidak Merokok dan Minum Alkohol

Terakhir adalah tidak merokok dan minum alkohol. Kamu pasti udah tau kan bahaya rokok dan alkohol. Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru karena mengandung nikotin, tar, karbon monoksida, dan zat berbahaya lainnya.

Sementara itu, alkohol dapat membuat kerusakan pada hati karena harus bekerja jauh lebih keras untuk menetralisir racun yang terkandung dalam alkohol. Hiii… Serem banget! Oleh karena itu, jangan merokok dan minum alkohol ya teman-teman. Mabuk-mabukan itu kan juga nggak baik.

tidak merokok dan minum alkohol - upaya menjaga sistem ekskresi

(Sumber: giphy.com)

Teman-teman, setelah kita mengetahui kelima upaya di atas, ternyata untuk menjaga sistem ekskresi agar tetap sehat itu mudah dan menyenangkan, ya. Yuk, kita mulai membiasakan diri untuk menjalankan kelima upaya tersebut. Bukannya lebih baik mencegah daripada mengobati, ya?

Baca Juga: Proses Ekskresi dalam Tubuh Manusia

 

6. Membatasi Asupan Garam

Pasti banyak di antara kamu yang doyan ngemil jajanan micin yaaa. Hehehe… kakak juga suka, kok! Tapi, jangan terlalu sering ya, teman-teman. Soalnya, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat mengganggu keseimbangan garam, air, dan mineral di ginjal (wich is organ sistem ekskresi kamu). 

Terlalu banyak mengonsumsi garam juga berpotensi meningkatkan tekanan darah, loh. Nah, kondisi tekanan darah yang nggak terkontrol ini, dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Hiiii… serem banget kan? Maka dari itu, kamu bisa mulai mengurangi makan jajanan micin, dan mengganti ke camilan yang lebih sehat. Salad buah misalnya. 

 

7. Menjaga Berat Badan

Salah satu penyebab gangguan sistem ekskresi manusia adalah obesitas, atau berat badan berlebih. Obesitas sangat nggak baik untuk kesehatan ya teman-teman, karena organ-organ tubuh akan bekerja jauh lebih keras untuk mengikis timbunan lemak tersebut. Salah satunya adalah ginjal.

Nah, jika kamu sudah merasa punya kelebihan berat badan, yuk mulai perbaiki pola hidup sedikit demi sedikit. Contohnya, kamu bisa mulai mengatur pola makan harian, mengurangi mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat, rajin berolahraga, dan tidur yang cukup. 

 

8. Tidak Menahan Buang Air Kecil

Kalau poin yang ini, sudah sempat dijelaskan di awal artikel tadi yaaa. Kamu tahu nggak sih, terlalu sering menahan buang air kecil bisa melemahkan otot-otot kandung kemih, loh! Hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi kandung kemih. So, mulai sekarang, cobalah untuk segera buang air kecil jika sudah kebelet ya. Jangan lupa juga untuk membasuh area kelamin dengan cara yang tepat dan bersih setelah buang air kecil. 

upaya menjada sistem ekskresi ginjal

POV: Waktu kebelet dan di dalam toilet ada orang 🙁 (Sumber: giphy.com)

Baca Juga: Mempelajari Proses Ekskresi pada Belalang dan Cacing

 

Oke, itulah penjelasan mengenai beberapa upaya menjaga sistem ekskresi manusia. Gimana, seru banget kan pembahasan kita kali ini? Nah, kalau kamu mau mempelajari materi siste ekskresi lebih lengkap dan menarik lagi, kamu bisa coba lewat ruangbelajarEits! Bukan cuma materi ini aja loh. Di ruangbelajar, semua video belajar telah lengkap tersedia untuk kamu. 

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTS Semester II. Jakarta: Balitbang Kemendikbud

Sumber foto:

Foto ‘Makanan 4 sehat 5 sempurna’ [daring] Tautan: https://fortune.com/2015/10/07/dietary-guidelines-usda/

 

Artikel ini diperbarui pada 15 Februari 2023.

Hani Ammariah